badge

Thursday, October 20, 2016

Nyeri Tumit Saat Liburan, Lakukan Ini

Banyak orang suka jalan-jalan, tapi... kalau sudah jalan kelamaan, nyeri tumit kadang bisa muncul. Jika ini terjadi pasti menjengkelkan dan juga tidak nyaman. Apalagi kalau kejadiannya tidak hanya sekali dua kali, tapi hampir setiap kali berjalan jauh. Ada cara-cara yang sebenarnya bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama untuk tumit nyeri. Tapi, sebelum itu, ada baik kita mengetahui lebih dalam soal nyeri tumit dan apa penyebabnya.




Nyeri tumit adalah masalah kesehatan umum yang dialami banyak orang. Di Amerika Serikat saja, ada lebih dari dua juta orang yang menderitanya. Biasanya disebabkan oleh sejumlah kondisi, termasuk cedera dan kelainan tulang, otot, tendon, dan saraf dari kaki, nyeri tersebut dirasakan baik di bawah tumit atau di belakang tumit.

Menurut WebMD, salah satu penyebab yang paling sering ditemui adalah Plantar Fasciitis. Kondisi ini terjadi saat plantar fascia (ligamen) yang menghubungkan tulang kaki dengan jempol mengalami keseleo, sehingga membuat kaki melemah, membengkak, dan meradang. Keseleonya plantar fascia dipicu oleh berbagai hal, di antaranya: kaki yang menekuk saat berjalan (karena alas kaki terlalu kecil); lengkungan kaki yang terlalu tinggi; berjalan, berdiri, dan lari dalam jangka waktu panjang di permukaan keras; berat badan berlebih; dan tendon Achilles yang terlalu tegang. 

Jika nyeri tumit muncul, ada beberapa hal yang bisa membantu meredakannya dan dapat dianggap sebagai langkah pertolongan pertama, yaitu: 

  • Cari es batu yang dapat digunakan untuk mengompres kaki
  • Duduk dengan nyaman saat mengompres kaki dengan es batu
  • Kompres sekitar 10 – 15 menit
  • Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, jika nyeri tidak tertahankan 

Apabila nyerinya tidak kunjung hilang, kompres tetap dapat dilanjutkan sebanyak dua kali sehari. Sebenarnya kondisi ini bisa dicegah dengan menggunakan alas kaki yang nyaman, jika menggunakan bantalan kaki ortotik. Dan selalu beristirahat 5 – 10 menit setelah berjalan sekitar 60 menit.

6 comments:

  1. wah,aku sering nih, nyeri di kaki. Mau coba cara ini deh..

    ReplyDelete
  2. Aq pernah nyeri tumit pas hamil, waktu itu masih kerja di lapangan, survey tanaman kedelai ratusan ribu hektare. Sampe rumah langsung berendam air anget :(

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya mba, aku sering nyeri tumit kalo jalan apalagi sambil gendong anak hehe

    ReplyDelete
  4. Iyaaa kalau jalan kaki kebanyakan, tumitnya sakit... badannya juga deng

    ReplyDelete
  5. nice tips, soalnya aku sering tuh mbak nyeri tumit klo kebanyakan jalan.

    ReplyDelete
  6. Aku juga paling seriiing nih.. Kebanyakan jalaan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...