badge

Sunday, October 16, 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kewanitaan


Menstruasi adalah masa-masa dimana mood wanita turun naik karena pengaruh fluktuasi hormon. Walau tidak semua wanita lebih emosional saat menstruasi, tetapi ada kok caranya supaya mood tetap stabil. Tidak kalah pentingnya saat menstruasi adalah menjaga kesehatan kewanitaan. Karena saat inilah jumlah bakteri buruk di daerah kewanitaan meningkat.


Mau tahu cara menjaganya? Nah ini ada sharing dari ahlinya saat saya menghadiri Blogger Gathering "It's Better to be Protected in Your Red Days" pada hari Kamis, 6 Oktober 2016 lalu di  Letter D Cuisine, Ahmad Dahlah, Jakarta. Dalam gathering yang membahas tentang kiat-kiat menjaga kesehatan kewanitaan pada saat menstruasi ini dihadiri oleh beberapa orang nara sumber seperti dr. Liva Wijaya, SpOG, Merry Sulastri, dan Andra Alodita.

Pada saat menstruasi ada perubahan pH pada daerah kewanitaan, untuk itu sangat penting menjaganya. Karena masih ada perempuan yang belum mengetahui gejala yang dialami di daerah kewanitaannya dan belum tahu benar cara menjaga kebersihannya. pH daerah kewanitaan yang sehat itu ada di angka 3,8 - 4.5.

Menurut dr. Liva Wijaya, SpOG, spesialis kedokteran obstetric dan ginekologi saat menstruasi sebaiknya organ kewanitaan dibersihkan dengan teratur dengan mambasuh organ tersebut dari depan ke arah belakang. Bersihkan setidaknya 3-4 jam sekali agar daerah tersebut terhindar dari kelembapan. Tidak lupa untuk mengeringkan organ kewanitaan setelah dibasuh dan mengganti pembalut sesering mungkin.

Kondisi tuba fallopi normal wanita bisa mengalami siklus menstruasi dua arah yang memungkinkan kontaminasi mikroorganisme makin tinggi. Untuk mengatasi banyaknya jumlah bakteri buruk dan mengembalikan kondisi floral bakteri natural di daerah kewanitaan bisa menggunakan pembersih khusus kewanitaan. Yaitu dengan menggunakan Povodine - Iodine sebuah zat antimikroba dari BETADINE Feminine Hygiene. Yang mampu mengatasi berbagai jenis bakteri buruk, virus, jamur dan protozoa yang mengakibatkan infeksi.



Merry Sulastri, Educator and Trainer Mundhipharma menganjurkan penggunaan BETADINE Feminine Hyginine saat menstruasi untuk menjaga daerah kewanitaan. Caranya pun cukup mudah dengan menuangkan 1 tutup botol (kurang lebih 8ml) Betadine Feminine Hygiene yang dicampur dengan 1 liter air bersih kemudian dibasuhkan pada area kewanitaan. Biarkan 1 menit lalu bilas dengan air besih dan dikeringkan. Ingat ya cairan ini hanya digunakan saat menstruasi saja bukan untuk penggunaan sehari-hari. Untuk menurunkan resiko infeksi bisa digunakan 2X seminggu dan untuk pengobatan digunakan 2X sehari selama 5 hari berturut-turut.

Andra Alodita juga membagikan sharingnya kepada kami betapa pentingnya menjaga kesehatan daerah kewanitaan. Apalagi Andra juga harus kehilangan Tuba Fallopinya

Beberapa tips dari dr. Liva untuk menjaga kesehatan daeran kewanitaan :
  • Rutin mencuci daerah vulva dengan menggunakan air bersih dan sabun, tentu saja harus memilih sabun yang tidak menimbulkan iritasi.
  • Biasakan mencuci dari arah depan ke belakang , maksudnya agar bakteri dari belakang tidak masuk ke daerah depan. Mengeringkannay juga harus dengan arah yang sama.
  • Memakai tissue atau handuk sekali pakai. 
  • Memakai underwear yang nyaman dan tidak ketat terbuat dari katun agar bisa menyerap keringat.
  • Jika mengalami kelembaban segera ganti pakaian dalam, juga pembalut atau pantyliner secara berkala.
  • Tidak saling bertukar handuk dan pakaian dalam.
  • Penting juga mencucui tangan sebelum membasuh daerah kewanitaan.
Semoga sedikit informasi yang saya dapatkan di atas bisa menjadi perhatian saya juga teman-teman agar selalu menjaga kesehatan kewanitaan.

12 comments:

  1. Penting banget emang ya mbak menjaga daerah kewanitaan klo ga bersih kita sendiri yg merasa ga enak. Tfs ya :)

    ReplyDelete
  2. Waktu bulan puasa, Betadine undang saya juga tp lebih kepada produk obat kumur. Kapan2 mau coba Betadine satu ini.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu, trnyata ada Betadine khusus utk kewanitaan ya, Bunda.

    Berusaha utk tdk lembab kalau lagi mens. Risih juga. ;)

    ReplyDelete
  4. catet tip nya, haduh ini yang bingung kalau pas aku lagi di gunung mbak

    ReplyDelete
  5. benar mba penting banget menjaga kesehatan daerah V terutama pas haid

    ReplyDelete
  6. Info yang penting nih. Tadinya saya pikir pakai obat seperti ini setiap hari. Ternyata saat menstruasi aja yaaa.

    ReplyDelete
  7. Ho oh ya, klo pas haid tuh duuuuhh rasanya ga enak banget, bawaannya sedikit2 pengin cebok. Perlu banget pake Betadine khusus kewanitaan ya.

    ReplyDelete
  8. Emang penting banget ya teh untuk menjaga area kewanitaan kita, karena itu aset :D nah sering banget kalo aku bersihin pakai pembersih khusus sih.

    ReplyDelete
  9. aku baru tahu asli kemarin bahwa ternyata justru pas lagi mens sebaiknya dibasuh dengan antiseptik ini

    ReplyDelete
  10. Weh kalo ada yang sampai tukeran kancut ini mah keterlaluan yaaaa hahaha

    ReplyDelete
  11. Kesehatan kewanitaan kudu terus dijaga ya, saya biasanya pake cara alami.

    ReplyDelete
  12. Pake betadine kewanitaan ini enak banget lho klo lg haid, berasa bersih dan gak mau deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...