Rafting Seru di The Pikas Resort

Bagaimana sih rasanya mengarungi jeram Sungai Serayu sejauh 14 KM? Mungkin untuk yang biasa melakukan rafting atau arung jeram biasa saja rasanya. Tetapi untuk saya yang baru pertama kali melakukan arung jeram harus maju mundur meyakinkan diri sendiri untuk mengikuti aktivitas arung jeram pagi itu. Akhirnya bisa melawan rasa takut untuk berarung jeram dibawah guyuran hujan. Ternyata tidak seseram yang saya bayangkan sebelumnya.

Ya ini adalah petualang pertama saya dalam mengarungi derasnya arus sungai, saat di ajak Pungky melakukan perjalanan Ayo Plesir Maring Banjarnegara pada 15 November 2016 lalu. Tiga hari kami akan bertualang di sekitar Banjarnegara bersama Blogger.

Allhamdulillah masih punya tenaga, kekuatan dan semangat setelah 11 jam perjalanan dari Jakarta menuju Purwokerto menggunakan kereta. Hal ini disebabkan karena gangguan signal,  seharusnya hanya membutuhkan waktu 5 jam perjalanan. Tetapi rasa lelah sudah terbayar dengan petualangan seru yang akan saya jalani.

Pagi itu hujan sudah mulai turun sejak subuh, tapi tidak menghalangi kami untuk tetap melakukan rafting di PIKAS. Oh ya Pikas ini sebetulnya adalah kependekan dari Pinggir Sungai Serayu. Kami sudah bersiap-siap menuju lokasi rafting. Paket rafting yang diambil adalah BOJA sejauh 14 KM dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam.

Paket rafting lainnya dari Banyuwong Adventure adalah :
  • Randegan Surya Yudha Park (26KM - 5, 5 jam)
  • Randegan (16KM - 3,4 jam)
  • The Pikas (10KM - 2,5 jam)
  • Prigi (7KM - 1 jam)
Semua paket yang diambil sudah termasuk makan, air mineral, carica/kelapa muda, snack, transportasi, perlengkapan arung jeram, guide, sertefikat dan asuransi.

Saya dan teman-teman sudah mengenakan perlengkapan untuk rafting seperti jaket pelampung, helm dan dayung. Untuk perafting yang menggunakan kacamata diberikan karet terlebih dahulu agar tidak lepas. Saya memilih melepas kacamata saja agar tidak repot.

Sebelum rafting kami diberikan briefing cara melakukan arung jeram. Kami jadi tahu cara mendayung maju atau mundur serta fungsinya. Juga diajarkan cara melakukan penyelamatan. Menurut guidenya sih jangan panik kalau terjatuh dari perahu. Jangan melawan arus dan mencoba berenang, tetapi ikuti saja sambil mengapung. Nanti akan ada tim penyelamat yang akan mengangkat.

Akhirnya kami pun turun ke sungai untuk naik ke perahu. Satu perahu diisi oleh 5 orang plus 1 orang guide. Saya sempat bilang "Mas saya baru pertama kali arung jeram jadi agak takut" , eh si mas-masnya malah bilang "sama mbak saya juga baru pertama kali". Melongo dong saya dengarnya hehehe. Ternyata cuma bercanda, gak mungkin lah baru pertama kali. Semua operator dan guis rafting sudah mempunyai sertifikat.

Saya duduk di sebelah kanan, dan agak ke dalam, karena takut kecemplung :). "Dayung maju..." perintah si masnya. Saat mendengar instruksi Boom Masuk, kami otomastis masuk ke dalam perahu dan jongkok. Ini dilakukan saat melewati jeram yang aduhai. Saat merasakan jeram , agak-agak ngeri tapi seru dan menyenangkan. Untuk mengabadikan kegiatan ini di spot yang sudah ditentukan kami difoto oleh photographer dari Pikas. Namanya difoto, walaupun dalam arus yang deras tetap lah kami bergaya dulu hehehe.

Kampi pun tiba di pemberhentian rafting, tepatnya di Surya Yudha. Sebelum kembali ke The Pikas Resort kami menikmati snack berupa tempe mendoan dan kelapa muda. Masih ditengah guyuran hujan, kami kembali ke The Pikas.

The Pikas Resort

the pikas resort
cottage tempat kami menginap

Lumbir 2 adalah cottage tempat kami menginap di The Pikas Resort. Resort yang terletak di pinggi sungai Serayu yang mengusug konsep gree-art-adventure yang berada di Banjarnegara. Berbagai kegiatan adventure ada di sini. Selain rafting ada paintball, resto, outbound training, dan jeep tracking.

ini nih sungai serayu
The Pikas Resort memang bukan hotel mewah, tetapi disini pengunjung diberikan hal yang alami. Maklumlah di Jakarta tidak ada tempat macam ini, jadi sesekali refreshing menikmati alam yang indah. Kami blogger perempuan menempati kamar Lumbir 2, hanya tersedia kasur di bawah yang sudah dilengkapi dengan bantal dan selimut. Bangunannya juga terbuat dari kayu, jadi benar-benar nuansa pedesaan sekali. Tetapi tidak perlu khawatir di sini ada listrik kok, buat yang hobby upload foto di sosmed masih bisa lanjut terus :)

Nih uniknya kamar madni di The Pikas Resort hanya tersedia shower, yang ditutupi oleh tirai. Malu? gak perlu sih soalnya ini seru. Sambil mandi bisa ngobrol dengan sebelahnya, minat sabun atau shampoo hehehe. Tetapi buat yang mau masih ada toilet kok. Oh ya saran saya yang mau menginapdi The Pikas bawa haduk sendiri ya, maklum lah saya lupa bawa sendiri. Saya pikir sudah disediakan seperti hotel pada umumnya.

Seru juga mengadakan gathering di The Pikas Resort yang sudah dilengkapi dengan pilihan paket. Tersedia juga ruang pertemuan dan resto yang bisa dijadikan tempat berkumpul jika mengadakan gathering. Harga cottage per malam mulai 100 ribu murah banget ya. Mau Raftging Seru di The Pikas Resort saja.