badge

Friday, January 20, 2017

4G Bikin Paket Internet Cepat Habis? Ini Solusinya

Saat ini kebutuhan internet 4G sudah menjadi kebutuhan sehari-haribuat kami di rumah. Di hari libur anak-anak biasanya menonton streaming film, dengan jaringan internet 4G dengan akses super cepat dan stabil ga ada lagi deh yang namanya buffering. Apalagi mereka suka browsing mencari bahan pelajaran untuk tugas sekolahnya, ga perlu lagi loading yang lama. Jadi gak heran bukan dengan hadirnya jaringan 4G sejak 2016 lalu sangat membantu sekali. Apalagi sekarang semua operator sedang membangun jaringan 4G-nya dari Sabang sampai Merauke. Tahu sendiri dong kalau ke daerah yang belum mengcover jarigan 4G bisa-bisa saya bete.

Penggunaan jaringan 4G kendalanya adalah kuota cepat habis, karena akses yang super cepat, Kondisi seperti ini memaksakan saya untuk membeli paket internet tambahan supaya bisa tetap aktif.




Kok bisa kuota cepat habis? 

Saking asyiknya menggunakan 4G kadang lupa waktu ketika menggunakan gadget. Menonton, main game, browsing atau chat hingga berjam-jam. Boros kuota pastinya, tapi ada solusinya kok agar bisa hemat dan menjadi pengguna internet yang cermat. 

Buatlah Daftar Penggunaan Internet 

Kita perlu tahu bagaimana sih cara penggunaan internet di gadget masing-masing agar bisa berhemat. Paling sering kuota habis untuk aktivitas apa? Selain untuk download foto dari aplikasi chat, paling sering kuota habis itu untuk menonton streaming film di Iflix atau mendengarkan musik di gadget. Lainnya paling untuk browsing dan membaca email yang masuk. Nah dari situ bisa dihitung kota yang biasa dihabiskan dalam seminggu atau sebulan.

Dari daftar penggunaan internet tersebut kita bisa menentukan paket internet yang tepat. Contohnya jika hanya menggunakan gadget untuk membuka sosial media dan browsing. Belilah paket yang murah seperti di Traveloka, yang mendukung kebutuhanmu. Di situs tersebut tersedia paket internet Im3, Kartu As, Indosat, Tri, dan operator lainnya. Tidak perlu paket dengan kuota besar, karena biasanya kuota tersisa banyak dan justru buang-buang uang.

Begitu juga sebaliknya, jika kebutuhan untuk gaming atau streaming video, belilah paket internet khusus dengan kuota besar dan menawarkan banyak bonusan. Jadi harus tahu dulu kebutuhan internet kita agar bisa melakukan penghematan dalam pemakaian kuota internet.


Tetapkan Bujet dan Sesuaikan 

Setiap orang memiliki anggaran yang berbeda-beda untuk membeli dan menggunakan internet. Bila merasa boros dan ingin berhemat, maka tetapkan bujet bulanan untuk kebutuhan internet. Belilah kuota sesuai dengan daftar penggunaan dan anggaran yang sudah dipersiapkan.

Usahakan untuk disiplin dan menepati daftar penggunaan dan ketentuan anggaran yang sudah dibuat. Atur kegiatan berinternet dengan gadget, seperti layaknya mengatur keuangan bulanan. Jika ingin lebih berhemat bisa membeli paket internet di Traveloka. Tempat yang menawarkan harga lebih murah dan banyak promo menarik.



Pilih Paket Internet yang Tepat 

Masing-masing operator memiliki banyak varian paket internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk bisa memilih yang tepat, kamu perlu melakukan dua langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, kita harus tahu di mana tempat yang tepat membelinya.

Tempat yang menawarkan banyak keuntungan, seperti kenyamanan, keamanan, dan penghematan. Bayangkan saja kita membeli paket dengan harga termurah, cepat, dan mudah sambil duduk di rumah. Tempat itu ada yakni lewat aplikasi Traveloka. Cukup buka aplikasinya, pilih paket internet, dan lakukan transaksi. Prosesnya hanya sekitar 3 menit saja.


Tutup dan Offline-kan Aplikasi yang Tak Dipakai 

Jika tidak digunakan, sebaiknya sejumlah aplikasi  ditutup saja. Kebanyakan aplikasi yang terbuka akan membuat kinerja perangkat meningkat dan menguras banyak kuota. Baterai juga cepat terkuras dan tak jarang gadget menjadi panas.

Selain itu, sebaiknya mengatur setting-an di gadget untuk mengubah sejumlah fitur ke mode offline. Misalnya seperti matikan update otomatis, ubah GPS ke mode offline, matikan sinkronisasi yang tidak perlu, dan sebagainya. Hal-hal kecil ini sangat berpengaruh pada penggunaan kuota internet.


Bijak Menggunakan Gadget 

Langkah terakhir yang harus kita lakukan agar hemat ialah menggunakan gadget dengan bijak. Contohnya simpanlah sejumlah musik dan video favorit dalam mode offline. Mendengarkan musik secara offline bisa juga loh di Spotify.  Ini adalah cara terbaik menghemat kuota untuk video atau musik favorit yang sering kita buka. 

Jika streaming video, sebaiknya menurunkan kualitasnya. Minimalisir kegiatan mengunduh aplikasi. Jangan lupa untuk  mengatur waktu menggunakan gadget dan jangan sampai berlebihan. Penggunaan berlebihan bukan hanya boros kuota, tapi juga bisa meganggu kesehatan dan kewajiban lainnya. Ubahlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang tampaknya biasa, karena itu bisa menjadi penyebab pemborosan kuota internet di ponsel.

9 comments:

  1. Kalau saya bilang sih bun, paket internet sudah jadi kebutuhan pokok bareng pangan, papan dan sandang. :D

    ReplyDelete
  2. Punyaku masih 3G,tapi paket internet 4G menggiurkan...murah dapet banyak.
    makasih tipenya mbak

    ReplyDelete
  3. 4G memang nyaman ketika berinternet.
    Solusinya masuk ke notepad

    ReplyDelete
  4. Ya ... kadang kita tergoda untuk menonton video teman/atau video yang lagi viral. sehingga tak terasa ini bisa menguras kocek ... hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku suka dgrin Musik lewat Spotify mbaa,klo anak2 lagi tidurr 😅😅

    ReplyDelete
  6. nerapin budget mah sering tapi penerapannya yang gak pernah dilakuin . hihihi

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk orang yg boros pakai internet mb. Sering kehabisan. Hpku blm 4G sih.
    Tapi emang perlu perhatikan tips dari mb Lid itu juga biar awet

    ReplyDelete
  8. No hp ku sudah bisa 4G tinggal nunggu 4G nya masuk ke kotaku, katanya akhir Februari sih.

    ReplyDelete
  9. internet bukan hanya sebagai hiburan saja ya, tapi juga bisa mendapatkan ilmu lewat internet. Farras saja sekarang ini kalau mau baca materi pelajaran, lewat internet pakenya HP :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...