Sunday, January 15, 2017

Arrival (2017) - Memento rasa Alien



Film Arrival ini dibuat berdasarkan dari sebuah Novel Pendek berjudul "Story of Your Life" (1998) karya Ted Chiang. Novel tersebut memenangkan penghargaan Nebula Award sebagai novel terbaik tahun 2000.

Film ini mengingatkan saya dengan film Memento (2000) karena jalan ceritanya yang tidak linear. Sepanjang 116 menit menonton ini saya berfikir keras untuk mengerti jalan ceritanya, karena berasumsi bahwa ceritanya linear dan ternyata saya salah dan tertipu :-)

Filmnya fantastic dari segi cerita dan bintangnya juga keren. kayaknya film ini bakal jadi cult. Ceritanya dibuka dengan adegan ketika Louise Banks (Amy Adams) sedang dalam proses melahirkan seorang bayi perempuan. Fast forward sampai bayi perempuan tersebut tumbuh remaja dan terbaring sekarat di bangsal Rumah Sakit karena menderita kanker yang tidak bisa disembuhkan hingga akhirnya meninggal dunia.

Selanjutnya dikisahkan bagaimana sosok Louise Banks yang mengisi kehidupannya dengan menjadi Ahli Bahasa dan sekaligus mengajar sebagai Dosen Ilmu Bahasa di sebuah Universitas. Inilah awal dari tertipunya saya nonton film ini :-)

Ya..i saya tertipu karena menganggap bahwa Louise Banks ini sedang berusaha tegar melewati dukanya atas kehilangan putri tercintanya. Meskipun saat itu benak saya juga bertanya-tanya kenapa Louise ini masih tetap muda dan cantik meskipun sudah pernah punya anak yang tumbuh remaja.

Cerita selanjutnya bergulir dengan mendaratnya 12 Pesawat Alien di Bumi. Louise mendapatkan kunjungan dari Militer yang merekrutnya untuk misi berkomunikasi dengan Alien secara langsung. Bahasa Alien tersebut susah untuk dipahami, karena mereka lebih dominan untuk berkomunikasi secara visual bukan secara suara. Cara berkomunikasi visual tersebut adalah lewat tulisan, akan tetapi tulisannya tersebut pun berbeda dengan cara penduduk bumi menulis.

Alasan utama Alien datang ke Bumi sebenarnya baik, mereka ingin mengajari manusia bahasa mereka. Bahasa ini bukan sekedar bahasa, tapi juga bisa menjadi senjata dikarenakan siapapun yang menguasai bahasa ini akan memiliki kemampuan untuk melihat gambaran masa depan. Buat yang belum nonton film ini tolong dicatat aja bagian yang saya cetak tebal diatas, karena itu kunci untuk memahami cerita dari film Arrival :-)

Kenapa Alien sampai susah - susah datang dari jauh cuma untuk mengajari bahasa mereka ke manusia? Jawabannya adalah karena 3000 tahun dari sekarang, Alien tersebut akan sangat membutuhkan bantuan manusia. Itu sebabnya dari sekarang mereka mengajari manusia.

Kenapa Alien bisa tahu kalau 3000 tahun lagi butuh manusia? Karena mereka bisa melihat masa depan.

Rasanya saya tidak perlu cerita banyak untuk film ini, biar tidak jadi spoiler ya :-)

Moral of the story dari film ini ada pada pertanyaan Louise kepada koleganya Ian Donelly di akhir cerita. Apa pertanyannya Louise? silahkan ditonton filmnya. :-)

Arrival bukan film untuk semua orang. Namun jika kalian suka film yang menantang dan menambah wawasan, film ini cocok buat kalian. Dan ini adalah salah satu film terbaik yang saya tonton di tahun ini.


7 comments:

  1. Jadi penasaran nih mbak. Amy Adams pasti keren aktingnya. Asyik banget dunia bahasa. Ingat ma buku Doomsday Conspiracy. Makasih udah dibikin mupeng.

    ReplyDelete
  2. Jarang saya Mbak nonton film tema-tema begini, :D. TFS ya Mbak, :)

    ReplyDelete
  3. sama Teeeh, aku jg tertipu nonton film ini hihihihi, sempet ga mudeng, tp setelah disuki sm AM akhirnya baru bilang "ooooh...maksudnya begitu" hahaha

    ReplyDelete
  4. Aaaa, jadi penasaran nih sama filmnya. Ada di bioskop kah? *maklum udah lama gak ke bioskop, hihi.

    ReplyDelete
  5. Hmm, ini must see movie selain La La Land ya mbaa?
    Siaaappp!

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  6. Ah...kalau film luar banyak spoilernya juga ngga pa pa mba.. Asal jangan film karya anak bangsa sendiri... :)

    Malah syukur2 karena banyaknya spoiler jadi pada beralih nonton film lokal.

    ReplyDelete
  7. Aaah... mba Lid mah bikin penasaran hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...