badge

Saturday, April 15, 2017

HalloBumil Persembahan Terbaik Untuk Yang Teristimewa

Pregnancy seems designed to prepare you for life as a mother. You start making sacrifices nine months before the child is born, so by the time they put in an appearance you are used to giving things up for them - Brett Kiellerop


Ada perasaan sedih dan bahagia melihat foto bayi Pascal dan Alvin di atas. Bahagia karena mereka kini sudah menjadi anak-anak, bukan bayi lagi. Sedih karena momen seperti ini tidak bisa terulang lagi. Semoga saja saya sudah memberikan yang terbaik untuk yang teristimewa bagi kedua jagoan, dan si penerus bangsa ini.

Masya Allah, saya takjub sekali waktu pertama kali melihat hasil USG Pascal, si sulung saya waktu masih dalam kandungan, sekitar 11 tahun lalu. Di dalam rahim saya ada makhluk mungil yang hidup. Tanggung jawab saya yang harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk mereka, agar bisa lahir dengan sehat.



Membaca artikel tentang kehamilan salah satu cara saya mempersiapkan dan memastikan janin yang dikandung sehat. Sempat diprotes oleh teman dan keluarga, mengenai berat badan saya yang terlalu kurus untuk ukuran ibu hamil. Sempat kepikiran juga tentang hal ini, untungnya saat kontrol ke dokter kandungan menyatakan berat badan saya normal. Menurut penjelasan dokter,  kenaikan badan ibu hamil itu tergantung dari indeks massa tubuh atau IMT sebelum hamil. Cara mengukurnya yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat.

Nah, untuk bunda-bunda yang sedang hamil saat ini, ga perlu bingung lagi seperti saya dulu. Karena saat ini ada HalloBumil yaitu aplikasi kehamilan pertama di Indonesia yang bisa interaktif memberikan informasi pada ibu hamil. Aplikasi yang dulunya bernama ILUVBABY saat ini sudah berganti nama menjadi HalloBumil. PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui serta Kalbe Nutritionals sebagai sponsor utama APPS HALLO BUMIL dan dibuat oleh PT Cakra Radha Mustika.



HALLO BUMIL dapat diunduh di Android atau langsung klik gambar di bawah ini.




Dari aplikasi tersebut saya membaca artikel pada minggu ke-9 mengenai Kenaikan Berat Badan Selama Hamil yang Normal. Masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat mengenai pola makan ibu hamil yang harus makan untuk dua orang. Hal ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan mengakibatkan adanya masalah kesehatan. Menurut artikel tersebut kenaikan berat badan ibu hamil dilihat dari kondisi gizi sebelum hamil. Ternyata infonya sama seperti yang saya dapatkan dari dokter kandungan. 
  • IMT kurang dari 18,5 kg/m2 kenaikan berat badan yang dianjurkan 12,5-18 kg
  • IMT 18,5-24,9 kenaikan berat yang dianjurkan 11,5 - 16 kg
  • IMT 25 - 29.9 kg berat badan yang dianjurkan 7 - 11,5 kg
  • IMT lebih dari 30 kg maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.

Aplikasi HalloBumil bukan hanya bisa membaca artikel yang berkaitan dengan kehamilan saja. Tetapi ibu hamil dapat dipandu dari minggu ke minggu dengan konten terpadu. Terdapat 5 fitur yang dapat dimanfaatkan.  Fitur apa saja yang ada di dalamnya bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini.


Perminggu ibu hamil dapat notifikasi hal apa saja yang sedang terjadi pada janin. Kita juga dapat melihat artikel dari minggu-minggu sebelumnya. Berikut ada video tutorial penggunaan aplikasi HalloBumil.



PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) 

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) - Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil dan Launch Pregnancy APPS, di Pullman Hotel, Central Park, Jakarta pada hari Sabtu, 8 April 2017 lalu. Bukan berarti saya sedang hamil ya, tapi saya ingin membagikan informasi buat teman-teman atau siapa saja yang membutuhkan.

Sejak pagi bunda-bunda cantik sudah berkumpul di Lantai L Hall 3 Hotel Pullman dengan mengenakan pakaian bernuansa ungu. Sebelum talkshow dimulai, bunda-bunda bisa berkonsultasi dengan dokter, atau mencicipi sarapan pagi yang disediakan juga susu prenagen dengan berbagai rasa seperti berry, kacang hijau, sayuran, dan buah.

Pada salah satu booth, ada chef Eddrian yang sedang menjelaskan menu-menu yang sehat untuk ibu hamil. Undangan melihat chef membuat resep menggunakan PRENAGEN dan kami bisa mencicipi hasilnya.


PRENAGEN sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1986 sebagai sahabat terbaik orang tua untuk menjalani tahapan kehamilan. PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui mempersembahankan produk :
  1. PRENAGEN esensis. Susu untuk mempersiapkan kehamilan yang memenuhi kebutuhan harian asam folat.
  2. PRENAGEN Mommy. Untuk awal kehamilan mengurangi frekuensi mual dan muntaj agar nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi.
  3. PRENAGEN Lactamom. Agar kualitas dan kuantitas ASI optimal.


Ibu Yang Sehat Akan Menghasilkan Anak Yang Sehat


Talkshow pagi itu dibuka oleh dokter Budi dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) yang mendukung program PRENAGEN untuk menyehatkan ibu hamil karena penting untuk anak-anak ke depannya menjadi generasi emas. Sebaiknya sejak sebelum hamil, ibu harus mulai merencakan kesehatan. Menurut doket Budi, wanita dengan usia emas bisa menghasilkan kualitas janin yang baik asalkan dilengkapi dengan nutrisi yang baik juga. Yang harus disiapkan sebelum hamil adalan nutrisi yang mengandung folat, zat besi, dan kalsium.

Kegiatan kampanye PPEJ yang mengambil tema"PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat" ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN, yang dikenal sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui ingin menjadi "sahabat terbaik" menemani calon orang tua menjalankan perannya dan memberikan edukasi secara berkelanjutan.



Talkshow kali ini dimoderatori oleh Mona Ratuliu, sebagai artis dan praktisi parenting. Menurut Mona, jaman sekarang lebih mudah dan akses informasi seputar kesehatan. Mona juga menceritakan tentang kehamilan pertamanya di usia muda yaitu sekitar 20 tahun.

Interaktif Talkshow 

dr. Boy Abidin, SpOG(K) - Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil

Plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya.

Plasenta mempunyai peran penting sebagai organ untuk mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. Sebagai kompartemen kehamilan yang harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil.

You are WHAT your mother eat


Nutrisi yang dikonsumsi ibu akan dialirkan ke janin melalui plasenta. Untuk itu perlunya seorang ibu hamil bisa memilih asupan nutrisi yang baik untuk janin selama kehamilannya. Kebutuhan nutrisi harus lengkap dan seimbang antara makro dan mikronutrisi yang diperlukan agar bisa masuk kedalam tubuh ibu dan janin. Susu Ibu Hamil merupakan alat yang dapat membawa zat nutrisi tersebut kepada janin.

Terdapat masalah yang berhubungan dengan plasenta yang dapat mengganggu kehamilan yaitu :
  • Preeklamsia
  • Diabetes melitus gestasional
  • Prematur
  • Kematian janin
Komplikasi kehamilan tersebut bisa mengakibatkan efek kesehatan jangka panjang.


dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA(K) - Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf dan Redflag Si Kecil


Tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh nutrisi ibu di masa kehamilan dan menyusui. Nutrisi yang diperlukan seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolis akan membantu pembentukan sistem saraf pusat. Untuk memantau perkembangan saraf dapat dilakukan dengan pengukuran lingkar kepala saat lahir.

Nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI


Pada ASI terkandung zat yang dapat membentuk saraf pusat meliputi :
  • laktosa yang membantu pembentukan memori jangka panjang. 
  • Kolosturm pada ASI mengandung kolesterol tinggi yang menunjang pembentukan mielin
  • Zat besi yang berguna untuk perkembangan otak

Kita juga perlu mengenal tumbuh kembang bayi dan mengenal red flag yaitu perkembangan yang harus dilalui pada usia tertentu.

Untuk membentuk anak  yang sehat dan cerdas harus dimulai dari masa kehamilan dan menyusui


Senam PRENAFit


Hamil bukan berarti menghentikan bermacam kegiatan termasuk olahraga. Ga dilarang kok ibu hamil melakukan olahraga ringan, yang terpenting berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan tidak ada riwayat penyakit serius. Pada kesempatan itu juga PRENAGEN memperkenalkan olah raga untuk ibu hamil yaitu senam PRENAFit yang dipandu oleh Adianti Reksoprodjo.

Manfaat dari senam PRENAFit bagi ibu antara lain :
  • Membantu ibu lebih rileks
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat persalinan
  • Mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata

Sedangkan pada bayi , senam ini bermanfaat menurunkan obesitas dikemudian hari, karena kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan, bayi juga akan lebih tenang dan memiliki skor kecerdasan yang lebih tinggi serta mempunyai kemampuan bahasa lisan yang lebih baik

Sharing Andien - Penyanyi dan brand ambassador PRENAGEN


Andien tahu banyak mengenai ilmu tentang kehamilan dari PRENAGEN Pregnancy Educational Journey tahun lalu, saat masih hamil. Hingga kini, Andien pun terus belajar untuk merawat buah hatinya yang bernama Kawa. Pemberian ASI Exclusive diberikan untuk yang terbaik. 

Tips lancar menyusui dari Andien adalah dicintai suami 


Resep Nutrisi Sehat PRENAGEN - Chef Eddrian Tjhia



Tidak hanya di booth yang berada di luar saja, Chef Eddrian juga memberikan beberapa resep sehat yang menggunakan PRENAGEN. Dibantu oleh Andien dalam mempraktekkan menu-menunya. Menu yang dibuat antara lain smoothies bowl yang terbuat dari ubi ungu, pisang dan prenagen esensis. Sebagai topping yang ditaburkan diatasnya ada berbagai  kacang-kacangan. Menu ini dapat membantu proses kesuburan agar mendapatkan buah hati. Di dalamnya mengandung asam folat, kalium, protein, zat besi, Omega 3 dan Omega 6.

Selain itu Chef Eddrian juga memberikan resep nutrisi sehat lainnya dalam sebuah booklet yang dibagikan kepada undangan yang hadir. Saya sudah membuat Smothies Pisang Coklat dan Puding Coklat yang menggunakan PRENAGEN coklat. Susu coklat memang kesukaan saya, jadi walapun ga lagi hamil , saya makan juga. Hmmmm rasanya enak ternyata. Buat temen-teman yang sedang hamil, boleh nih saya kasih hasilnya.






Demikian ilmu yang saya dapatkan saat menghadiri PRENAGEN Pregnancy Educational Journey. Semoga dapat membantu bunda-bunda yang akan merencanakan kehamilan maupun yang sedang hamil. Jangan lupa menggunakan aplikasi HalloBumil yang merupakan persembahan terbaik untuk yang teristimewa buah hati.

Facebook : Prnagenworld
Twitter : @Prenagenworld
Instagram : @prenagenworld

8 comments:

  1. Aih serunya acara Prenagennya. Kalau hamil lagi seru juga nih ya, bisa instal HalloBumil untuk tahu perkembangan janin kita setiap harinya. :)))

    ReplyDelete
  2. Cobaaa dari dulu sudah marak ya edukasi begini :(

    Hebat banget Prenagen bisa mengadakan acara sekomplit ini edukatif informatif

    ReplyDelete
  3. Wiih,bagusss acaranya.sayang,aku diundang pas ga bisa datang

    ReplyDelete
  4. Sekarang udah enak, banyak aplikasi untuk mendidik bumil, thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  5. Noted! Nanti kalo sudah punya istri suruh install HalloBumil akh supaya bisa belajar dari sana :)

    ReplyDelete
  6. Alvin Pascal persiiss banget pas bayi. Aplikasinya bisa dicoba nih ntar kalo hamil adeknya Hana 😁

    ReplyDelete
  7. Hallo Bumil ini aplikasi pertama yg aku install utk pendamping kehamilan. Aku suka aku sukaa

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen punya bayi lagi pas liat aplikasinya. Bagus banget ya aplikasinya lengkap

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...