badge

Thursday, July 13, 2017

Wujudkan Impiannya di Mercusuar Belitung

Hi, I'm Pablo
My name's Tyrone
I'm Uniqua
I'm Tasha
And my name is Austin
And we're...

Your backyard friends, the Backyardigans
Together in the backyard again
In the place where we belong
Where we'll prob'ly sing a song
And we'll maybe dance along

Penggalan soundtrack film The Backyardigans ini sering saya dengar dulu waktu anak-anak masih kecil. Awalnya Pascal yang suka, waktu Alvin lahir jadi ikutan suka nonton juga. Film animasi dari Amerika - Kanada yang diciptakan oleh Janice Burgess punya tokoh 5 binatang yang selalu bermain di halaman belakang. Uniknya mereka selalu berkhayal sedang bertualang di tempat-tempat yang diinginkan.

Gambar mercusuar buatan Pascal

Nah di salah satu episodenya, Mereka sedang bertualang di sebuah pulau yang mempunyai menara mercusuar. Dari sini, Pascal terobsesi sekali ingin melihat dan berkunjung langsung ke menara mercusuar. Dia sempat cari tahu juga tentang menara mercusuar ini, tempat untuk membantu navigasi kapal laut. lewat cahaya. Kalau sekarang sih navigasi kapal laut sudah menggunakan GPS ya.




Saya punya keinginan untuk membawa anak-anak untuk berkunjung ke manara mercusuar. Setahu saya ada di Pulau Lengkuas. Enaknya sih sekalian jalan-jalan ke Belitung ya. Kebetulan mereka juga minta untuk liburan selanjutnya di Indonesia saja. Toh tempat wisata di dalam negeri juga tidak kalah menarik dan indahnya.

Bismillah, liburan selanjutnya ke Belitung aja deh. Kebetulan ada sepupu juga di sana, jadi sekalian silaturahmi deh. Sudah lama sekali gak ketemu. Saya sudah cari-cari info nih nanti di sana mau jalan-jalan ke mana aja sih. Nah belum lama ini juga teman baru berlibur ke sana, dia mengirimkan foto-fotonya, makin mupeng lah saya ke sana.



Pulau Lengkuas

Tentunya ini tujuan utama yang mau didatangi, sesuai keinginan anak-anak yang mau melihat menara mercusuar. Mercusuar tua yang sudah ada sejak jaman pemerintah Belanda, sampai saat ini masih berfungsi dengan baik ternyata. Pulau Lengkuas tepatnya ada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Jadi ga sabar pingin lihat batu-batu granit yang unik, juga pasr putih dan birunya laut yang indah. Buat yang suka dunia bawah laut, jangan lupa untuk snorkeling atau diving di sini. 

Asyik juga nih bisa dijadikan objek foto di sini. Bisa puas-puasin bermain di pantai, jauh dari kebisingan suara kendaraan. Apalagi kalau diperbolehkan naik ke menara mercusuar, pasti bisa melihat pemandangan yang indah dari atas sana.

Museum Kata

Pascal yang sudah pernah menonton film Laskar Pelangi, tentunya akan senang di ajak ke Museum Kata Andrea Hirata, yang merupakan museum literatur pertama di Indonesia. Koleksi dari film Laskar Pelangi bisa dijumpai di sini. Berbagai karya Andrea Hirata juga ditampilkan di museum ini. Konon ada sebuah cerpen yang dibuat oleh Andrea Hirata yang tidak diterbitkan, cuma bisa dilihat di museum ini.

Dengan melihat sekolahan tempat Laskar Pelangi, untuk mengingatkan anak-anak agar selalu bersyukur. Masih bisa sekolah dengan fasilitas yang lebih baik. Semoga saja di seluruh Indonesia fasilitas pendidikannya bisa lebih diperhatikan lagi dan merata ya.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Belitung, seperti Danau Biru, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Nyour Melambai, Danau Kaolin Belitung, Rumah Adat Belitung dan lainnya. Tidak lupa untuk mampir di replika SD Muhammadiyah  Laskar Pelangi, untuk melihat kegigiahan anak-anak Laskar Pelangi berjuang dengan belajar di sini.



Pesan Tiket dan Hotel 

Untuk menuju ke Belitung, tentu saja diperlukan persiapan yang matang. Sebisa mungkin menyiapkan transportasi yang mudah dan murah. Karena waktu berliburnya tidak lama, baiknya sih kami naik pesawat saja untuk menghemat waktu dan tenaga. Siapa bilang naik pesawat tidak bisa berhemat, bisa banget kok.

Dari Bandar Udara Soeta kita menuju ke Bandar udara H.A.S. Hanandjoeddin di tanjung Pandan. Berbagai penerbangan bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Tapi agak repot dan menghabiskan waktu juga ya mau membandingkan harga tiket pesawat dari satu maskapai ke maskapai lainnya. 

Enaknya sih bisa memesan dengan membandigkan harga di satu tempat saja, syukur-syukur bisa memesan hotel sekaligus.  Untungya ada Paket Wisata Traveloka yang bisa mewujudkan impian kami untuk berkunjung ke Belitung.



Ternyata kita tidak perlu lagi memesan tiket dan hotel secara terpisah, semuanya bisa dilakukan sekaligus. Ini sangat memudahkan dan menghemat banyak waktu. Lagi pula dengan memesan sekaligus kita bisa mendapatkan harga paket yang lebih murah, dibandingkan dengan membeli terpisah.

Gak usah khawatir mengenai metode pembayaran, kare tersedia berbagai metode yang dapat dipilih. Mulai dari transfer bank dan kartu kredit.

Ga sabar nunggu liburan sekolah anak-anak untuk berlibur lagi :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...