badge

Wednesday, August 9, 2017

Investasi Reksadana dengan Berbagai Kelebihan yang Bisa Dirasakan

Berinvestasi menjadi salah satu langkah untuk bisa mempersiapkan keuangan di masa depan. Dibanding dengan menabung, investasi dirasa lebih menguntungkan di masa depan mengingat nilai uang di masa ini akan lebih kecil di masa mendatang. Instrumen investasi pun saat ini semakin banyak mulai dari investasi dalam bidang properti, emas, saham dan  investasi reksadana . Reksadana kini sedang menjadi banyak perbincangan di masyarakat lantaran kemudahan dalam berinvestasi dan hasilnya yang cukup lumayan.

Reksadana kini memang sedang menjadi primadona lantaran sistemnya yang mudah dan para investor pun tak butuh modal banyak untuk bisa terjun di dalamnya. Bahkan untuk reksadana yang terendah adalah dengan harga 100 ribu rupiah saja Anda sudah bisa ikut berinvestasi. Selain itu, kini sudah tersedia banyak layanan reksadana online dimana Anda bisa mendaftarkan diri berinvestasi reksadana tanpa perlu ke kantor reksadana langsung melainkan hanya secara online.



Lalu apa kelebihan investasi reksadana dibanding dengan investasi lainnya? Mungkin pertanyaan ini yang kini sedang ada dalam pikiran Anda. Berikut ini beberapa kelebihan reksadana:

1. Dikelola secara profesional

Manajer investasi adalah seorang yang bertugas untuk memutar uang investasi dari para investor reksadana. Jangan salah karena manajer investasi ini bukanlah orang yang sembarangan dan merupakan seorang yang amat profesional di bidang investasi. Perannya penting karena akan menjadi wakil dari para investor dalam memutarkan uangnya disertai dengan analisis yang tepat.

2. Menurunkan resiko yang kemungkinan terjadi

Ketika Anda berinvestasi dengan reksadana, maka jenis investasinya tidak hanya fokus pada satu jenis investasi saja. Hal ini tentu saja akan mengurangi resiko kerugian yang terjadi nantinya meski memang tidak menghilangkan resikonya. Resiko reksadana ini akan tersebar ke beberapa instrumen investasi lain, namun untuk keuntungan juga akan tersebar kemungkinannya sehingga potensi keuntungan juga meningkat.

3. Informasi transparan

Dengan berinvestasi di reksadana, Anda akan mendapatkan informasi berupa portofolio investasi dengan berkelanjutan. Hal ini akan membuat pemegang unit penyertaannya selalu bisa memantau dari segi biaya, keuntungan maupun resikonya setiap saat. Manajer investasi juga akan selalu mengumumkan nilai aktiva bersih pada setiap harinya serta menerbitkan laporan keuangan dengan teratur. Adanya transparansi ini akan membuat investor mudah untuk melakukan monitoring terkait investasinya.

4. Likuiditas tinggi

Likuiditas adalah kemampuan dari perusahaan untuk bisa membayar kewajiban jangka pendek. Jika semakin tinggi likuiditas perusahaan, maka akan semakin tinggi juga perusahaan bisa dipercaya lantaran kemampuan dalam membayar kewajiban untuk jangka pendeknya sangat baik. Dengan adanya likuiditas yang tinggi inilah investor akan mampu mencairkan kembali Unit Penyertaan dengan lebih mudah.

5. Potensi return tinggi

Reksadana adalah alternatif untuk investasi dengan keuntungan yang bisa dinikmati di jangka panjang. Hal inilah yang menjadikan potensi untuk return juga lebih tinggi sehingga bisa Anda gunakan sebagai tabungan untuk pensiun, pendidikan dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa keunggulan dengan investasi reksadana. Anda juga tidak perlu khawatir akan besaran biaya dari investasi ini karena sudah terbukti jika reksadana berbiaya rendah. Selain itu, tingkat resikonya juga cukup rendah untuk para investornya sehingga lebih aman dibanding jenis investasi lainnya. Tak perlu takut penipuan karena dana yang Anda investasikan tersebut tidaklah dipegang langsung Manajer Investasi, melainkan dipegang Bank Kustodian sehingga akan lebih terjaga keamanannya dan bisa meminimalisir tindak penipuan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...