Sunday, August 6, 2017

Paduan Kebaya Modern Dengan Kain Batik

Dulu kebaya adalah pakaian yang dipakai oleh keluarga kerajaan di Jawa. Waktu mulai beralih, kebaya pun mulai dikenakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia untuk pesta atau resepsi. Namun, saat ini, penggunaan kebaya bisa digunakan dalam berbagai kegiatan seperti di sekolah, kantor, dan lain-lain. Tidak jarang juga kebaya dijadikan dresscode acara informal.

Saya juga beberapa kali mengenakan kebaya pada resepsi pernikahan keluarga. Gak enaknya pakai kebaya itu, kalau mau ke toilet susah harus membuka kain yang agak repot. Tapi, kalau sekarang sudah banyak kebaya yang dikombinasikan dengan kain yang berbentuk rok sehingga memudahkan penggunanya.

Kebaya dan Kain Batik.

Nah kalau kebaya yang dipadukan dengan kain batik sih tentunya sudah tidak asing lagi ya. Baik menggunakan kain yang sudah jadi berbentuk rok , maupun kain yang masih lembaran.


Kebaya modern di atas di padukan dengan kain batik khas dari Pekalongan. Ciri khas kain batik dari Pekalongan adalah warnanya yang beragam dan kebanyakan menggambarkan flora dan fauna, sebagaimana dengan alam yang ada di sana. 


Pada resepsi pernikahan, kebaya selain dipakai oleh pengantin juga dikenakan oleh keluarga serta pengisi acara. Seperti pada foto di atas, para penari dalam kelompok lengser (upacara adat khas Sunda untuk menyambut pengantin) juga mengenakan kebaya.

Kebaya dan Celana Panjang

Saat ini kebaya tidak hanya dipadukan dengan kain saja, tapi ada pula yang memilih menggunakan celana panjang. Biasanya sih untuk acara informal, lebih nyaman menggunakan celana. Selain praktis, nyaman juga lebih sporty aja, apalagi buat mereka yang kurang menyukai kain atau rok.

Saat menggunakan kebaya dengan celana panjang, kita juga tidak perlu memakai kebaya dengan lengan panjang. Karena banyak pilihan kebaya berlengan pendek yang mempunyai berbagai model menarik dan bagus sesuai dengan selera dan gaya masing-masing.

Kebaya yang dipadukan dengan celana panjang juga bisa loh dipakai untuk ke kantor, tinggal dipilih saja model yang sesuai. Ternyata penggunaan kebaya tidak hanya untuk acara resmi saja bukan.

Kalau dulu memakai kebaya dan celana panjang pasti dianggap aneh, tapi sekarang merupakan hal yang biasa. Gak perlu juga harus menjahit kebaya setiap mau memakainya. Sudah banyak kok yang menjual kebaya modern baik di toko maupun secara online. Seperti halnya kebaya modern  di Zalora banyak sekali model kebaya yang disediakan. Jadi, mau pilih kebaya yang mana? buat teman-teman yang berhijab harus disesuaikan ya pemilihan kebayanya agar bisa menutupi aurat.

2 comments:

  1. cantiiiik...aku juga suka padu padan kebaya dengan baitk, tapi lebih sering tenun hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...