badge

Thursday, September 7, 2017

Baby Walker Bisa Membantu Anak Supaya Lebih Aktif Bergerak

Mungkin para ibu dirumah yang mempunyai anak masa pertumbuhan tentu tidak asing lagi dengan sebuah peralatan bernama baby walker. Ya, ini merupakan salah satu alat yang mempunyai beberapa roda, tempat duduk, lubang kaki dan ada sedikit mainan diatasnya. Beragam jenis alat ini ada dipasaran baik toko online maupun offline yang sering menarik perhatian para bunda dirumah. Banyak yang mengatakan peralatan satu ini digunakan untuk merangsang gerak cepat anak supaya cepat sampai pada tahap berjalan. Tetapi entah itu hanya mitos atau sudah terbukti kebenarannya juga belum ada ahli yang berpendapat.




Untuk manfaat yang didapatkan dari pendapat satu orangtua dengan orangtua lainnya tentu berbeda. Kesimpulan dari pendapat mengenai manfaat tersebut antara lain:

  1. Membantu sistem motorik anak supaya lebih cepat bisa berjalan sendiri.
  2. Membantu orang tua untuk memberikan permainan kepada anak supaya lebih gampang saat di tinggal melakukan pekerjaan.
  3. Mengalihkan perhatian bayi dari orang tua.
  4. Membantu anak lebih gampang bergerak dengan sendirinya kesana-kemari.
  5. Membuat anak lebih senang karena tidak hanya bermain dilantai saja.
  6. Membantu anak supaya lebih aktif bergerak.


Dari kelebihan-kelebihan diatas hanyalah menurut pendapat dari orang tua, yang menjadikan penasaran apakah benar alat tersebut bisa membuat anak cepat jalan? Jika di analisa kembali alat tersebut sebenarnya bukan membuat anak cepat berjalan tetapi membuat anak gampang bergerak. Hanya menggunakan ujung jari kaki saja sudah dapat menuju tempat yang diinginkan. Bahkan bisa dibilang alat tersebut salah satu penyebab buah hati Anda lambat untuk berjalan. Sederhananya begini seorang anak yang terbiasa dapat bergerak hanya dengan menggoyangkan kaki saja akan malas untuk belajar berjalan.

Bisa dikatakan tidak ada motivasi atau semangat mereka untuk belajar berjalan karena kebiasaannya tersebut. Jadi anak dapat keliling kemana saja menggunakan baby walker  tanpa harus belajar berjalan, akibatnya akan tumbuh rasa malas. Lalu jika ada yang mengatakan baik untuk mempercepat motorik atau gerak anak sebenarnya salah. Karena dengan sering menggunakan alat tersebut hanya bagian ujung kaki anak yang sering bergerak. Bahkan paha sampai dengan atas itu tidak ada gerakan yang dihasilkan, mungkin hanya membantu jari kaki anak lebih aktif.

Selanjutnya dengan penjelasan diatas masihkah para bunda menggunakan alat tersebut, jika dilihat dari manfaatnya tidak begitu berpengaruh untuk perkembangan anak. Kemudian jika alat tersebut masih digunakan apakah membahayakan untuk anak? Dengan menggunakan alat tersebut anak tidak akan tumbuh untuk belajar jalan tetapi hanya dapat tumbuh tinggi akibat sering adanya dorongan. Tetapi adanya dorongan tersebut malah membahayakan bagi buah hati. Berikut ini kemungkinan buruk yang bisa terjadi, antara lain:

  • Seorang anak tidak mampu mengontrol dorongan dan juga kecepatan dari penggunaan alat tersebut, akibatnya bisa saja terjungkal.
  • Apalagi jika berada di dataran yang memiliki permukaan tidak rata, kemungkinan buruk terjadi jatuh.
  • Bisa berbuat seenaknya seperti mengambil pisau ditempat jauh, mengambil air panas, atau lainnya hanya dengan dorongan tersebut yang akhirnya membahayakan.
  • Pertumbuhan tulang yang tidak baik karena terbiasa duduk khususnya tulang punggung.
  • Membahayakan paru-paru dan dada datar.


Masih banyak lagi bahaya yang bisa ditimbulkan dengan penggunaan alat tersebut. Kalau bunda dirumah bertanya apakah bagus untuk pertumbuhan tentu tidak seperti yang telah dijelaskan diatas. Apakah baby walker membahayakan? Tentu iya. Solusinya lebih baik gunakan alat yang dapat membantu mereka berjalan seperti kursi dorong, atau lainnya yang memaksa mereka untuk berlatih berdiri dan melangkah. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...