badge

Wednesday, September 27, 2017

Suka Kopi? Peralatan Rumah Tangga Ini Mungkin Yang Kamu Butuhkan

"Kapan ngopi bareng lagi?" Kalimat ini sering didengar saat seseorang sudah lama tidak bertemu atau ingin hangout bareng. Budaya minum kopi memang sudah dikenal banyak orang di berbagai negara, begitu pula di Indonesia.

Saat ini banyak orang memanfaatkan momen minum kopi dalam berbagai kegiatan misalnya meeting, ngobrol bersama teman,  atau lembur untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan. Bahkan banyak orang yang menunggu seseorang atau janjian di tempat kopi supaya tidak jenuh saat menunggu, lebih asyik lagi kalau ada free wifi . Makanya banyak sekali coffee shop menjamur saat ini yang tidak hanya menawarkan cita rasa kopi saja tapi tempat yang cozy dan instagramable .


pic : unsplash.com


A cup of coffee shared with a friend is happiness tasted and time well spent

Ada benarnya juga ya, kuote di atas. Dari secangkir kopi kita dapat berbagi kebahagiaan dan mengusir penat setelah seharian beraktivitas. Karena kopi bukan hanya sebagai pengusir rasa kantuk saja, tetapi juga untuk bersosialisasi atau bersantai dengan teman atau keluarga.


Sebenarnya minum kopi bisa dinikmati di mana pun berada seperti di rumah, kantor, cafe, resturant, dan tempat lainnya. Kalau orang tua jaman dulu sukanya minum kopi tubruk, tapi sekarang banyak jenis kopi dengan aneka rasa yang disajikan dengan beragam cara. Kenapa yah, kalau minum kopi buatan sendiri tidak seenak yang kita minum di cafe, apalagi disajikan oleh Barista atau peracik kopi. 
Ternyata ada trik dan rahasian khusus mungkin ya antara perbandingan air, bubuk kopi, dan lamanya menyeduh kopi yang menjadikan secangkir kopi itu enak.


Saya sih gak ngerti bagaimana caranya membuat kopi seenak buatan barista. Tapi jangan salah lho, kita juga bisa membuat kopi dengan rasa yang enak di rumah maupun dikantor dengan menggunakan alat pembuat kopi yang dapat dibeli di beberapa toko peralatan rumah tangga.

Coffee Maker / Mesin Kopi




Ada dua macam mesin kopi yang manual dan otomatis. Nah, kalau yang saya miliki adalah mesin kopi manual. Maksdunya manual ini bukan diaduk sendiri lho :) Tapi pembuatannya menggunakan waktu manual yang dipilih dan disetting pada aplikasi yang diinstall pada ponsel. Settingan disesuaikan dengan jenis minuman yang akan dibuat, bukan hanya untuk membuat kopi saja, tapi bisa untuk cokelat atau teh.


Cara membuatnya cepat, praktis, dan tidak perlu belajar khusus seperti barista sungguhan. Rasa minumannya pun tidak kalah enak seperti yang disajikan oleh barista. Hanya saja mesin kopi ini memerlukan kapsul khusus yang dimasukkan ke dalam mesin. Memang sih harganya lebih mahal dibandingkan dengan kopi sachet yang biasa dijual, dan tidak bisa ditemukan di warung-warung terdekat. Tapi, kalau dibandingkan dengan minum kopi di cafe, harganya lebih murah kok, dengan rasa yang hampir sama, bahkan tidak ada bedanya. Kekuragan lain tentu saja harus menggunakan listrik. Semua pilihan sih ada pada kita ya, mau beli alat ini atau tetap minum kopi yang enak di cafe :)


French Press


pic : pixabay

Nah, alat membuat kopi ini cocok buat kamu yang tidak mau mengandalkan tenaga listrik dalam pembuatan minuman. Lebih irit bukan jadinya, dan harganya juga jauh lebih murah dibandingkan mesin kopi. Bedanya kita harus menuangkan air panas pada alat ini. Alat ini digunakan untuk menghilangkan ampas kopi melalui teknih penekanan pada tutupnya. Teknik menuang air atau brewing harus diperhatikan, katanya sih supaya bisa menghasilkan aroma kopi yang lebih enak dan tidak membuat kembung peminumnya.


Sekilas memang mudah ya menggunakan French Press, tapi ternyata kita harus tau tekniknya agar menghasilkan kopi yang nikmat. Bagi pecinta kopi, biasanya menggunakan biji kopi yang digiling dulu sebelumnya untuk hasil terbaik. Kalau gak punya, ya beli aja kopi bubuk mungkin ya :) 


Vietnam Drip


Suka minum kopi di coffee shop? pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi drip seperti ini. Cara kerjanya mirip dengan Frech Press yang mengandalkan tekanan dari tiap seduhan kopi. Bedanya pada Vietnam drip, setelah kopi ditekan, air seduhan kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam cangkir yang ditempatkan dibawah Vietnam Drip. Kadang-kadang sudah dituangkan susu kental manis pada cangkir sebelum menyeduh kopi.


Shaker Stainless Steel




Kalau shaker seperti ini menurut saya lebih praktis, bisa digunakan dengan cepat dimanapun berada. Saya sampai membeli stok shaker seperti ini untuk disimpan di kantor lho :) Sebenarnya alat ini bukan hanya untuk membuat kopi saja, biasa juga saya gunakan untuk membuat minuman lain seperti cokelat dan teh. Saya meniru pembuat minuman di salah satu pusat perbelanjaan, kok dengan menggunakan alat ini saja saya bisa menikmati minuman yang enak. Tentu saja harus menggunakan bubuk minuman yang enak ya untuk menghasilkan rasa yang enak pula.


Oh ya, kalau membuat minuman yang ditambah dengan es batu atau air dingin akan menghasilkan busa diatasnya saat dituang.  Hal ini berasal dari air es yang dikocok cepat menggunakan shaker.


Peralatan membuat kopi di atas sih baru sebagian yang sudah saya coba dan miliki. Pastinya masih banyak alat lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan kopi atau minuman lainnya dengan rasa yang nikmat.


Selamat bersantai menikmati secangkir kopi bersama orang yang disayangi :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...