Thursday, November 23, 2017

Cara Melindungi Keluarga Dari Nyamuk Bandel Dengan HIT Expert

Baru saja terlelap tidurnya, Alvin sudah bangun sambil menggaruk-garuk kulitnya. Ternyata ini ulah si nyamuk bandel, makanya tidurnya tidak nyenyak. Harus segera diatasi nih, kalau gak tidurnya akan terganggu.




Sejak kecil saya terlalu protektif pada anak, apalagi masalah waktu tidur. Umumnya bayi dan anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih lama dari orang dewasa, bukan sekedar nyenyak dan tidur yang berkualitas saja tetapi juga membutuhkan waktu tidur yang cukup sesuai dengan usianya. Nah, walaupun Pascal dan Alvin sudah bersekolah, saya tetap mengatur pola tidur mereka. Kalau waktu tidurnya yang kurang, bukan hanya mengantuk saja tetapi juga mereka dapat mengalami kurang konsentrasi saat belajar di sekolah.

Tidur nyenyak bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak-anak seperti kemampuan untuk berpikir, mengolah infromasi, belajar bahasa, dan lainnya. 

Salah satu gangguan tidur yang paling sering dihadapi adalah karena nyamuk yang menggigit anak-anak yang dapat menyebabkan rasa gatal atau bentol pada kulit di area bekas gigitan nyamuk. Bukan hanya itu saja lho, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, meningitis, dan demam kuning. Iiiih serem ya dari gigitan yang kecil saja bisa mengakibatkan kematian juga.

Saat menggigit mangsanya nyamuk menyuntikan senyawa yang bernama zat antikoagulan atau anti pembekuan darah inilah yang memicu reaksi alergi sehingga muncul rasa gatal dan bentol.


Untuk menghilangkan rasa gatal sih sebenarnya mudah, saya bisa mengoleskan losion atau krim yang mengandung calamine atau antihistamin. Dan usahakan tidak menggaruk kulit yang gatal tersebut supaya tidak iritasi, tapi namanya juga anak-anak kadang mereka  tidak tahan dengan rasa gatalnya. Menurut yang saya ketahui sih mandi menggunakan air dingin bisa membantu meredakan rasa gatalnya.

Bicara mengenai nyamuk, beberapa waktu yang lalu saya menghadiri talkshow yang diselenggarakan oleh HIT Expert besama dengan Blogger Perempuan, pada hari Kamis, 16 November 2017 lalu yang berlokasi di Evhive D'Lab, Menteng, Jakarta. Hujan yang mengguyur Jakarta sore itu tidak menyurutkan langkah kami untuk tetap menghadiri acara tersebut, walaupun beberapa teman kebasahan karena hujan. Pada kesempatan itu hadir dokter Lula Kamal, yang menjadi pembicara juga sebagai brand ambassador HIT. Dokter cantik yang ramah ini membagikan tips dan ilmu yang berguna untuk kami.



Dokter lula kamal juga memberikan fakta-fakta menarik mengenai nyamuk yang mengerikan.

Si Kecil Yang Mematikan

Nyamuk merupakan hewan kecil yang paling mematikan di dunia. Lho kok bisa? Meski kecil tapi nyamuk menyimpan berbagai virus pembawa penyakit seperti DBD. Menurut WHO banyak orang berisiko tertular DBD lebih dari 2.5 milliar di dunia. Di Indonesia sendiri sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang diantaranya meninggal akibat DBD.

Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue di mana penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Dan penyebaran nyamuk tersebut banyak berkembang biak di daerah padatpenduduk serta beriklim lembab dan hangat.

Nyamuk akan semakin kuat justru di cuaca yang hangat. Cuaca panas juga membuat nyamuk lebih sering kawin dan bertelur lebih banyak. Nyamuk-nyamuk kecil ini lebih agresif dalam menggigit manusia. Pantas saja di Indonesia yang memiliki iklim tropis nyamuknya ganas-ganas ya. Ternyata nyamuk betinalah si biang keladi penularan penyakin DBD, karena nyamuk betina membutuhkan darah untuk memproduksi telurnya.

Ketika nyamuk betina berada di kulit manusia dia akan menyelidiki area kulit tipis yang berada dekat dengan pembuluh darah. Nyamuk betina ini memiliki bentuk  mulut khusus.

Dan yang paling mengerikan adalah nyamuk dapat bertelur dalam air 1 cc saja. Bisa dibayangkan bukan 1 cc itu sedikit, tapi makhluk kecil mematikan ini bisa berkembang biak, bahkan di dalam rumah kita. Saat ini nyamuk semakin bandel karena adanya pemanasan global, nyamuk lebih suka kawin sehingga jumlah nyamuk ynag bertelur makin banyak dan makin kebal. Karena adanya pemanasan global ini, saat ini nyamuk juga bisa berkembang dan bertahan di udara yang dingin.

Tempat Favorit Nyamuk

Nyamuk dapat bersarang atau sembunyi di dalam dan luar ruangan lho. Sekilas memang nyamuk tidak terlihat, tapi nyatanya dia bisa bersarang di mana saja, seperti frame, sofa, pakaian menggantung, vas bunga, bantal yang menumpuk, dan benda-benda lainnya yang ada di rumah. Sebagai gambaran di mana biasanya nyamuk bersarang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Nyamuk juga bisa travelling lho, menurut dokter Lula. Ya, misalnya nyamuk ikut jalan-jalan pada mobil, kemudian pergi ke suatu tempat. Nah di sana nyamuk bisa berpindah dan berkembang biak juga. Kalau ada barang yang jarang dibersihkan atau jarang disentuh, ini bisa menjadi tempat favorit nyamuk.

Membasmi Nyamuk Bandel 

Gak mau dong nyamuk menjadi penyebab penyakit dan ketidaknyamanan di rumah. Apalagi kalau anak-anak terganggu tidurnya.

Untuk itu saya harus bisa membasmi si nyamuk kecil yang jahat ini agar keluarga terlindungi. 

  • Rutin Membersihkan dan Membuang barang

  • Nyamuk itu suka bersarang di barang-barang yang tidak pernah kita sentuh, seperti buku-buku, di belakang jam dinding, frame, atau aksessoris yang ada di rumah baik yang menggantung maupun tidak. Untuk mengatasinya rutin membersihkan barang tersebut atau memindahkannya, sehingga nyamuk enggan bersarang di sana. 

    Barang-barang bekas yang sudah tidak  terpakai lagi, jangan ragu untuk membuangnya karena akan menjadi sarang nyamuk. Lebih enak sih punya rumah dan barang yang minimalis jadi bisa barang-barang bisa tersentuh semua dan lebih mudah dibersihkan dan dirapikah.
  • Periksa penampungan air dan genangan air

  • Paling tidak seminggu sekali periksa tempat-tempat yang memungkinkan air menggenang. Berdasarkan pengalaman dan cerita-cerita teman, waspadai belakang lemari es atau tempat penampungan air pada dispenser. Kadang-kadang kalau kita mengambil air dari dispenser ada tetes air yang jatuh. Nah dari tetesan air tersebut memungkinkan nyamuk atau jentik nyamuk berkembang di sini, dan tidak mungkin dapat menyebabkan penyakit DBD. Jangan lupa juga untuk menutup wadah penampungan air supaya nyamuk tidak bisa bertelur di dalamnya. Kalau ada air menggenang di sekitar rumah sebaiknya segera ditutup.
  • Jaga Kebersihan Diri 

    Nyamuk itu suka bersembunyi pada barang yang berwarna gelap dan dia suka sekali mendekati manusia apalagi bau keringatnya. Makanya saya mengharuskan anak-anak dalam keadaan bersih dan sudah mandi pada saat akan tidur, supaya tidak mudah didekati oleh nyamuk. 
    Oh ya, ternyata panas tubuh manusia, dan aroma yang dikeluarkan oleh napas manusa bisa jadi pemikat buat nyamuk datang. Walaupun jaraknya 40 meter, di akan bisa menghampiri kita.
  • Menggunakan Pembasmi Nyamuk

  • Berbagai macam pembasmi nyamuk bisa digunakan di rumah, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Ada pembasmi nyamuk dalam bentuk spray, bakar, oles, dan elektrik. Lalu, amankah menggunakan anti nyamuk seperti ini? dan bentuk mana yang paling aman? 
    Jadi ingat dengan pertanyaan yang diutarakan oleh salah seorang teman dalam sesi Q n A pada acara tersebut. Menurut dokter Lula Kamal semua jenis anti nyamuk tersebut sebaiknya tidak terpapar langsung pada kulit dan tidak terhirup langsung oleh pernapasan. Hal ini akan membahayakan kesehatan kita, karena racun yang masuk ke dalam tubuh lewat hirupan napas atau kulit makan akan masuk ke pembuluh darah dan masuk ke organ tubuh.

Kenapa Harus HIT Expert

Sebagai seorang ibu tentunya saya selalu ingin melinudngi anak-anak dan keluarga dari berbagai macam ancaman dan bahaya, seperti dari gangguan nyamuk yang menyebalkan. Begitu pula dengan HIT yang ikut serta mempunyai komitmen untuk memberikan perlindungan kepada keluarga Indonesia yaitu dengan memasarkan produk yang terbaik dan berkualitas bagi konsumennya.



Siapa sih yang tidak kenal dengan HIT, sebagai merek insektisida yang sudah berpengalaman selama lebih dari 18 tahun. Kali ini HIT meluncurkan inovasi terbarunya HIT Expert sebagai solusi mengatasi nyamuk bandel.



Generasi Baru HIT Expert ini  mempunyai 4 kelebihan yaitu :
  1. Formula baru dengan micro particles yang efektif membasmi nyamuk bandel
  2. Double Nozzle. Semprotannya lebih jauh dan menyebar, semprot secukupknya dan tidak boros.
  3. Ergonomic Shape. Dengan design cap ergonomis lebih nyaman digenggam dan semprotan lebih halus.
  4. Harum premium dengan dua aroma yaitu sweet flower dan Citrus

Cara Menggunakan HIT Expert Dengan Baik


Nah, menuru dokter Lula Kamal menggunakan produk anti nyamuk tidak  boleh terpapar langsung pada kulit dan pernapasan. Sebagai ibu expert tentunya saya juga harus mengetahui caranya. Tadinya mau melindungi anak dari gangguan nyamuk, tapi kok malah ada efek samping dari penggunaan anti nyamuk yang salah. Untunglah dokter Lula Kamal mau juga berbagi cara penggunaannya yang benar.

  • Semprot semua sisi ruangan, karena tidak ada gunakan jika menyemprot pada salah satu ruangan saja. Masih ada nyamuk-nyamuk yang bersembunyi pada barang-barang yang jalang disentuh.
  • Semprotkan pada ruangan kosong alias tidak ada penghuninya agar tidak terhirup oleh pernapasan.
  • Meskipun aromanya wangi, ingat ya ini bukan parfum ruangan melainkan pembasmi nyamuk. Jadi semprot saja secukupnya, apalahi HIT Expert dengan double nozzle sehingga memungkinkan penyemprotan yang menyebar lebih luas.
  • Simpan terlebih dahulu makanan dan minuman ketika akan menyemprotkan pembasmi nyamuk. Sepele tapi bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lho kalau makanan ini dimakan, karena ada zat beracun yang hinggap pada makanan tersebut.
  • Nah ini yang paling penting, HIT Expert menggunakan formula U yaitu formula yang aman dab berada palling atas. U di sini artinya Unlikely to presenr acute hazard.
Menggunakan HIT Expert itu aman untuk manusia, asalkan digunakan dengan cara yang benar.

Setelah menghadiri talkshow bersama dokter Lula Kamal, saya jadi makin aware lagi nih dengan nyamuk bandel yang bisa membahayakan keluarga. Inspirasi ibu ya inpirasi HIT. Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman yang lain.




Buat Nyamuk Bandel, Pakai Yang Expert, HIT Expert


www.ibupintar.com
Instagram: @ibuinspirasihit
Facebook: Hit Terinspirasi Ibu
Twitter: @IbuinspirasiHiT
Youtube: Ibu Inspirasi HIT

Instagram: @ibuinspirasihit

4 comments:

  1. Paling takut sama nyamuk DBD klo udh mulai musim ujan gini. Tp selama ini aku jarang pake obat nyamuk krn gk tahan baunya, sesek. Hit expert mah beda kali ya, aromanya enak ya

    ReplyDelete
  2. Saya pake HIT juga Lid, udah lama. Seneng ya ternyata HIT berevolusi juga biar bisa berantas nyamuk yang makin lama makin bandel.
    Futu model di bawah cakep bener 😂

    ReplyDelete
  3. Iya mbak, patinya aman krn kalau gak aman pasti pemerintah gk bakal kasi ijin beredar di pasaran ya.
    Aku suka inovasi HIT terbaru ini, bikin nyamuk mati lbh cepet TFS :D

    ReplyDelete
  4. Paling nyeremin nyamuk dbd, aku aja masih parno liat nyamuk setelah kena DBD waktu itu.
    Dirumah aku juga pke HIT, nyokap sih yang belanja wkwkwk... tapi belum HIT yang EXPERT itu, coba nanti aku kasi tau nyokap deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...