Fashion Show 3 Generasi Hadirkan Koleksi Budaya Indonesia

Fashion Show 3 Generasi Hadirkan Koleksi Budaya Indonesia - Gimana jadinya kalau 3 generasi designer berkumpul dalam satu perhelatan fashion show? Pastinya pengunjung dan penonton bisa melihat penampilan 3 ciri khas desain pakaian dari masing-masing designer tersebut.

fashion show 3 generasi



Event menarik ini saya saksikan 18 Juni 2022 lalu di Atrium Mal Neo Soho, Jakarta. Fashion Show 3 Generations yang diselenggarakan oleh USG Education dan HOPE (Gelang Harapan) ini merupakan serial dari UIC for HOPE Festival dengan mengambil tema REINVENTING HERITAGE. Ada pun tujuan diadakan gerakan pada event tersebut untuk mengangkat budaya Indonesia dan menjaga kesinambungan alam lintas generasi.


Tentang HOPE (Gelang Harapan) dab USG Education


Sebelum saya cerita tentang keseruan malam itu, kayanya teman-teman harus mengenal dulu tentang HOPE dan USG Education terlebih dahulu deh supaya tahu juga latar belakang adanya kolaborasi tersebut.


HOPE

Nama HOPE (Gelang Harapan) ini sudah saya kenal beberapa tahun silam yang digagas oleh Wulan Guritno, Amanda Soekasah, dan Janna Soekasah. Mereka ini membentuk sebuah gerakan sosial masyarakat pada tahun 2104 karena kepeduliannya pada penderita kanker di Indonesia. Melalui Gelang Harapan, mereka bekerjasama dengan berbagai organisasi maupun komunitas untuk mendapatkan dana yang akan diberikan pada pejuang kanker.

Kenapa diberi nama Gelang Harapan? Karena mereka ini mencari dana dari penjualan gelang yang terbuat dari kain-kain sisa dari mamanya Amanda & Janna yaitu Ghea Panggabean. Nah, hasil penjualan Gelang Harapan tersebut salah satunya dibuat House of Hope yaitu rumah singgah untuk para penderita kanker. Tahu dong kalau pengobatan kanker itu tidak murah, keluarga yang mengantar kadang tidak mempunyai tempat untuk tinggal sementara ketika berobat. Masih banyak aksi lainnya yang dilakukan dari hasil campaign Gelang Harapan ini.

USG Education

UniSadhuGuna International Education atau (USG) Education adalah sebuah sekolah yang memiliki 4 unit bisnis  yang terintegrasi dengan program Pendidikan Internasional . Jadi siswanya bisa melanjutkan ke pendidikan jenjang berikutnya di kampus luar negeri.


3 Generasi Berkumpul Saling Berbagi Pengalaman



Meskipun ada 3 generasi yang berkumpul ada event ini tapi satu sama lain tidak saling jumawa dengan kehebatannya masing-masing. Justru di sini mereka berbagi pengalaman barik dari yang masih junior maupun terhadap seniornya. Ada siapa saja desainer dari 3 generasi tersebut?


HOPE (Gelang Harapan)




Ghea Panggabean


Nama Mama Ghea Panggabean ini sudah saya kenal sejak masih sekolah dulu, beliau ini sudah terkenal di dunia fashion yang mengedepankan unsur budaya Indonesia. Di sini Mama Ghea juga memberikan inspirasinya pada murid UIC. Kali ini Ghea Panggabean mengangkat Wayang Beber dan Kain Cual. Dengan penggunaan bahan chiffon tetap bisa dibuat fashion yang nyaman digunakan tapi tetap terlihat eksklusif.

Buat yang belum tahu Wayang Beber, Mama Ghea juga menjelaskan nih kalau ini adalah seni pertunjukan wayang yang ditampilkan dengan bentangan lembaran kertas atau kain bergambar. Dan kisahnya diambil dari cerita Mahabarata atau Ramayana. Sedangkan Tenun Cual adalah celupan awal benang yang akan diwarnai.

Ghea Panggabean

Selain Mama Gheam hadir pula kedua putri beliau Yaitu Amanda dan Janna yang mempunyai brand Ghea Resort by Amanda Janna. Kali ini Amanda dan Janna mengangkat tema Harimau Sumatera dan Suku Mentawai dalam desainnya. Karya mereka ini ready to wear alias sudah dibuat dan bisa dipakai sehari-hari. 


Rinda Salmun


Nahm kalau Rinda Salmun menghadirkan tema Sustainability pada karyanya untuk mengangkat isu pencemaran alam. Rinda Salmun membuat dan mendaur ulang pakaian lama untuk dijadikan pakaian baru. Jika pakaian tidak bisa dimodifikasi, maka akan dikumpulkan untuk ditenun kembali dan menghasilkan kain untuk membuat fashion kembali.


Penampilan Siswa  UIC College of Fashion BSD


Sebelum talkshow di mulai ada 4 orang siswi dari UIC College of Fashion BSD yang menampilkan karya yaitu Beverly Hanson, Jennifer Patrecia, Patrecia Saputra, dan Graciella Violetta. Mereka ini hebat bisa mempresentasikan budaya dan alam Indonesia.

Graciella Violetta



Saya sempat ngobrol dengan Graciella Violetta, siswi ini idenya menarik sekali yang menuangkan tema Pala dari Banda Neira pada desain fashion karyanya. Ternyata hanya dari buah pala, Graciella bisa membuat karya yang brilian.

Oh ya bukan hanya fashion show dan talkshow saja yang ditampilkan pada HOPE Festival ini, tapi juga ada exhibition yang menampilkan karya para siswa UIC College, dimana penjualan dari produk tersebut didonasikan untuk HOPE (Gelang Peduli). Penggalangan dana untuk para pejuang kanker ini juga diikuti dengan penjualan Gelang Harapan. Gimana kalian sudah punya belum Gelang Harapan?


Post a Comment

0 Comments