Rasakan Manfaat Qurban #BergerakNyata untuk Indonesia Lewat Rumah Zakat

Tidak terasa Hari Idul Adha akan tiba, sudah persiapan dong untuk melaksanakan perintah Allah yaitu berkurban. "Kurban itu setiap tahun atau cukup sekali saja?" Ada yang bisa jawab pertanyaan ini?  Pas banget nih ada Koh Dennis Lim yang menjawab pertanyaan dari banyak orang tersebut dalam acara Konferensi Pers yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat mengenai "Manfaat Qurban Anda #BergerakNyata Untuk Indonesia" yang diselenggarakan di Sofyan Hotel Menteng, Jakarta (5/6).

Rumah Zakat




Cerita Kurban Koh Dennis Lim


Pada dasarnya ibadah kurban itu tidak wajib melainkan sunnah muakkad yaitu dianjurkan (mendekati wajib) bagi yang punya kelapangan rezeki. Namun jangan sampai kita tidak mau berkurban karena takut harta berkurang.

Koh Dennis Lim yang hadir pada konferensi pers sore itu bercerita pengalaman kurban pertama kalinya hingga saat ini. Mendengar jawaban Koh Dennis Lim dari pertanyaan tadi jleb juga loh. Sebelum menjawab, beliau bertanya balik terlebih dahulu kepada tamu undangan. "Kita maunya dapat rezeki besar baik berupa benda atau hal lainnya satu kali saja atau setiap tahun?" Pasti jawabannya gak mau dong dapat rezeki cuma satu kali saja, maunya terus menerus dalam jangka panjang.

Betul sekali kita selalu maunya minta apa-apa sama Allah yang terbaik dan banyak, tapi masa iya upayanya alakadarnya saja. Koh Dennis juga bilang apapun yang diperintahkan oleh Allah itu pasti baik untuk kita dan apapun yang dilarang oleh Allah pasti tidak baik untuk kita.




Maka dari itu sebaiknya kita berkurban setiap tahun meskipun tidak wajib dan sesuai kemampuan tapi masih bisa diusahakan asalkan niatnya ikhlas karena Allah. Insya Allah selalu dicukupkan nikmatnya oleh Allah. Apalagi kita juga ditantang oleh Allah melalui Surah Ibrahim ayat 24 dan Surah An Nahl ayat 18.


"Tugas kita bukan menentukan takdir tapi mengupayakan takdir agar layak mendapatkan takdir terbaik dan pasti Allah mampukan" - Koh Dennis Lim.

Insya Allah berurusan dengan Allah adalah sesuatu hal yang tidak akan merugikan kita. Mudah-mudahan saya dan teman-teman juga bisa selalu menunaikan ibadah kurban setiap tahunnya. Aamiin.

Oh ya Koh Dennis Lim didaulat sebagai Duta Kurban Rumah Zakat untuk mengedukasi manfaat Superqurban kepada masyarakat. Menurutnya program Superqurban ini menjadi pilihan yang paling tepat agar distribusi kurban dapat sampai pada mereka yang lebih membutuhkan karena di pelosok daerah orang yang mampu berkurban terbatas.



Kurban Jadi Solusi Ketahanan Pangan Indonesia dan Dunia


Makna dari Idul Adha adalah mengajarkan kita dari sifat pelit, maka dari itu berkurban tidak cukup dilakukan satu kali saja seumur hidup, jika memiliki rezeki bisa dilakukan setiap tahun. Manfaat dari kurban ini adalah meningkatkan ketakwaan serta mendapatkan keberkahan hidup di dunia. Dengan Kurban kita merasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan bisa hidup lebih berkah serta terhindar dari penyakit hati.

Daging kurban yang kita sembelih ini ternyata juga bisa jadi solusi ketahan pangan Indonesia juga dunia loh. Untuk itulah Rumah Zakat mempunyai program SuperQurban.

Bapak Irvan Nugraha (CEO Rumah Zakat) pada kesempatan itu menyampaikan latar belakang SuperQurban karena setiap tahunnya di kota besar selalu berlimpah daging kurban sementara itu di tempat lain khususnya di pedesaan dan tempat terpencil sangat minim akan daging kurban. Hal tersebut karena para pekurban ini lebih banyak adanya di kota-kota besar. 




Untuk itulah Rumah Zakat mengelola kurban dari para pekurban dengan mengolah dan mengemas daging kurban tersebut agar memudahkan pendistribusian, tahan lama, dan praktis dibawa ke tempat-tempat terpencil lokasinya. Sehingga masyarakat di daerah terpencil bisa merasakan daging kurban juga.

Kondisi pangan dunia termasuk Indonesia masih menghadapi ancaman kelaparan, diharapkan dengan manfaat kurban bisa menjadikan solusi dalam meningkatkan ketahanan pangan Indonesia juga dunia.

Bapak Irvan juga menyampaikan data bahwa indeks Ketahanan Pangan Indonesia masih di bawa rata-rata global Indeks rata-rata Asia Pasifik. Untuk itu diperlukan kerjasama berbagai pihak untuk membangun sistem pangan yang kuat.


Superqurban dari Rumah Zakat


Bapak Irvan Nugraha terinspirasi dari cara Nabi Yusuf AS dalam menjaga ketahanan pangan negara dengan optimalisasi produk pangan, manajemen logistik pangan, mitigasi bencana kerawanan pangan sampai deteksi dini dan prediksi animali iklim serta cuaca. Dengan Superqurban jutaan ton daging kurban yang habis tiga hari dapat digantikan menjadi cadangan makanan sebagai ikhtiar terwujudkan ketahanan pangan Indonesia.




Di Rumah Zakat memiliki dua program kurban yaitu Superqurban dan Desaku Berqurban. Superqurban merupakan program optimalisasi kurban dari Rumah Zakat dengan mengolah dan mengemas daging kurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani. Pengolahan daging kurban ini diolah menjadi kornet, rendang dan kari (terbaru). Nah setelah itu barulah Desaku Berqurban sebagai program kurban untuk mendistribusikan ke desa minim pekurban supaya masyarakat desa bisa merasakan kebahagiaan di hari raya Kurban.




Adapun alokasi pendistribusian Superqurban sebagai berikut :
  • Daerah bencana 
  • Deerah rawan pangan
  • Daerah minim kurban
  • Wilayah 3T
  • Hak pekurban

Untuk hak pequrban ini akan mendapatkan 1/3 dari daging kurban yang dipotong. Nantinya ketika kita melakukan kurban lewat program Superqurban Rumah Zakat ada pilihan akan hewan kurban dan akan diolah menjadi apa dagingnya. Misalnya memilih Kurban Kambing/Sapi Kornet, Rendang, atau Kari. Dari situ ada pilihan hak daging pekurban akan dikirimkan ke alamat rumah atau disedekahkan.

Pekurban tidak perlu khawatir melakukan kurban lewat program Superqurban karena prosesnya sesuai Syariah dan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu juga produksi kornet, rendang, dan kari dibuat secara higienis serta pendistribusian ke pelosok Indonesia dan dunia.

Pak Irvan juga memaparkan distribusi kurban Rumah Zakat pada tahun 2022 dan target distribusi di tahun 2023 ini. Insya Allah tercapau bahkan melampaui targetnya.





Berqurban adalah ibadah yang paling Allah cintai. Jadi selagi mampu, jangan lewatkan kesempatan qurban di tahun ini karena qurban adalah amalan yang dicintai Allah ketika bulan dzulhijjah, sekaligus bukti mendekatkan diri kepada Allah. Dasar perbuatan kita itu dasarnya jangan yang kita suka tapi yang Allah suka. Insya Allah diberikan rezeki yang tidak diduga-duga


Tahun ini mau kurban di mana? di Rumah Zakat saja lewat Program Superqurban supaya manfaat kurban kita #BergerakNyata untuk Indonesia.











Post a Comment

0 Comments