Tips Mendongeng Untuk Ibu Pada Anak

Monday, December 3, 2018
Jangan mencari waktu luang tapi meluangkan waktu dalam mendongeng untuk anak


Suka mendongeng buat anak? Jujur saya gak bisa mengongeng, tapi membacakan buku cerita saja waktu anak-anak masih kecil. Pada dasarnya membacakan buku cerita juga bisa dijadikan salah satu cara orang tua belajar mendongeng loh.

Melalui dongeng bisa meningkatkan bonding time bersama anak, namun sayang sekali saat ini tradisi tersebut sudah banyak yang ditingalkan karena kesibukan. Padahal kegiatan mendongeng dapat merangsang banyak aspek bagi anak salah satunya aspek bahasa dan bisa mengembangkan kemampuan komunikasi.

Beruntung sekali pada tahun ini Nivea kembali hadir dengan kampanye #SentuhanIbu melalui dongeng dan mendorong para ibu dengan menjadikan kegiatan mendongeng sebagai kegiatan yang menarik dan esensial. Saya hadir dalam press conference acara tersebut di pada hari Rabu (28/11) di Foyer Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1.

Pada kesempatan tersebut hadir Mr. Holger Welters (President Director PT. Beirsdorf Indonesia), Kak Seto Muyadi (Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia), Ariyo Zidni (Pendiri Komunitas Ayo Mendongeng Indonesia), dan Arum Nurhandayani (Brand Manager NIVEA Creme  PT Beiersdorf Indonesia) serta Mona Ratuliu sebagai pembawa acara yang juga konsen dibidang anak.



Kebetulan sekali pada tanggal 28 November bertepatan dengan Hari Mendongeng Nasional, jadi pas ya kami yang hadir kembali diingatkan akan pentingnya mendongeng buat anak yang juga bermanfaat bagi ibu.

Salah satu kendala ibu dalam mendongeng adalah waktu dan kurangnya rasa percaya diri ketika menyampaikan dongeng pada anak. Berikut ini beberapa tips yang saya dapatkan ketika menghadiri Kampanye #SentuhanIbu Melalui Mendongeng yaitu :

Luangkan Waktu



Jangan pernah mencari waktu luang untuk mendongengkan anak, tapi meluangkan waktu karena kesibukan tidak akan ada habisnya setiap hari. Dalam mendongeng tidak perlu waktu yang banyak kok, setidaknya 10-15 menit sudah dapat menghadirkan antara ibu dan anak. 

Melalui dongeng anak bisa menerima nasihat tanpa digurui dan membuatnya luluh. Dongeng juga bisa memperkuat karakter anak. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mendongeng pada anak? Malam sebelum tidur bisa dilakukan, tapi di waktu-waktu yang lainnya pun bisa kok dilakukan, yang penting ada waktu khusus tanpa terdistract dengan pekerjaan lain termasuk ponsel. Setiap anak punya waktu yang berbeda kapan kegiatan mendongeng bisa dilakukan, hanya ibu yang dapat mengetahuinya.


Cari Cerita Yang Disukai Orang Tua



Gak bisa mendongeng? banyak kok buku cerita atau buku mendongeng sebagai bahan yang bisa disampaikan. Allhamdulillah kemarin saya diberikan mini buku yang bisa dijadikan bahan untuk mendongeng. Dengan mencari cerita yang disukai oleh orangtua, maka dalam penyampaiannya pun akan mengalir dengan lancar dan pesanpun akan diterima dengan baik oleh anak tanpa merasa seperti diperintah.


Baca Terlebih Dahulu Isi Buku Dongeng


Biasakan membaca terlebih dahulu isi buku dongeng sebelum mendongengkan pada anak. Hal tersebut untuk mengetahui apakah isi cerita sudah sesuai dengan usia anak atau tidak. Dengan membaca dulu, ibu juga bisa membuat rencana poin-pin mana yang akan ditekankan dan diberikan gimik-gimik menarik saat mendongeng pada anak. Percaya deh anak-anak suka ketika didongengkan ada surprise menarik yang disampaikan.


Berikan Rasa Ketika Mendongeng



Boleh-boleh saja mendongeng sambil membaca buku cerita, tapi kembali ke poin di atas dibaca terlebih dahulu ya. Gunakan suara, expresi, dan bahasa tubuh supaya ada rasa ketika mendongeng.  Tiga poin penting tersebut membuat anak antusias mendengarkan dongeng dan tidak membuatnya bosan. Di sela-sela mendongeng, ibu juga bisa sambil memeluk atau menyentuh si kecil supaya ikatan bonding bisa terjalin. Anak suka loh kalau kita mendongeng jika ada aktivitas fisik yang diberikan.


Ajak Menonton Drama Musikal



NIVEA yang mengembangkan konsep mendongeng melalui digital video musikal dan drama musikal  menghadirkan "Dongeng Pohon Impian". Melalui lagu-lagu yang cerita diharapkan anak-anak pasti disukai anak dan bisa dijadikan inspirasi ibu dalam mendongeng buat anak di rumah karena di dalam drama musikal tersebut sudah mengandung poin-poin gerak, expresi, dan suara.



Dongeng Pohon Impian akan menceritakan tentang seorang ibu (Imaji) yang selalu ingin membahagiakan anaknya (Angan). Di dalam drama musikal ini penonton akan melihat petualangan Angan dalam mendapatkan Pohon Impian bersama teman-temannya. 

Anak-anak juga akan belajar bahwa dalam perjalanan itu harus melewati berbagai rintangan, namun semuanya bisa dilewati jika ada ikatan yang kuat. Banyak hal-hal lain yang dapat diambil hikmahnya. 

Penasaran gak lihat Dongeng Pohon Impian? nantikan drama musikalnya pada tanggal 22 Desmeber 2018 nanti yang bertepatan dengan hari Ibu di Ciputra Artpreneur. Untuk pemesanan tiket bisa didapatkan di Lazada atau melalui web www.nivea.co.id dengan 2 jadwal pertunjukkan yaitu pukul 14.00 dan 19.00.

Ayo, luangkan waktu untuk mendongeng mulai hari ini ya. Banyak pekerjaan? tinggalkan dulu saja 10 menit dan lihat hasilnya. Anak akan makin erat dengan kita. Selamat Mendongeng.


28 comments

  1. aku tiap malam harus cerita mba, anakku pasti minta buat bacain buku kalau aku uda loyo palingan dongengnya cuman 1 cerita aja hahaha btw pengen banget ajakin nonton drama musikal deh soalna anak sulungku demen banget yang begini

    ReplyDelete
  2. Walaupun belum menjadi ibu-ibu tapi aku suka membacakan keponakanku cerita dongeng. Kemarin itu aku sama keponakan juga baca buku fabel dongeng. Senang aja gitu kalau lihat keponakan bisa aku latih untuk rajin membaca buku.

    ReplyDelete
  3. Anak-anak udah gede, jadi kalo mau tidur udah nggak ndongengin lagi deh emaknya ini hehe. Tapi pasti nggak bakalan nolak kalo lihat drama musical gini, pasti seruuu.

    ReplyDelete
  4. Nnati terasanya saat anak-anak sudah dewasa dan mereka tidak lagi mau untuk didongengin. Kadang aku juga bingung Mbak Lia kapan waktu untuk meluangkan mendongeng untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Aku punya baju seperti yang dipakai Mona Ratuliu. Tapi pasti harga bajunya Mona puluhan kali lipat baju aku deh. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Dulu saya juga suka mendongeng saat anak-anak menjelang tidur. Terkadang anak-anak menikmati ceritanya, tapi juga kadang emaknya yang terkantuk-kantuk saat mendongeng hihihi...
    Dengan mendongeng, hubungan saya dengan anak-anak memang bisa lebih dekat, dan yang paling penting, saya bisa memasukkan nilai-nilai baik saat mendongeng.

    ReplyDelete
  7. Inget waktu anak-anak masih kecil, mereka suka banget kalo emaknya ini mendongeng. Karena aku suka bikin suara menirukan binatang yg ada dalam buku cerita. Tiap Jumat dan sabtu malam mereka selalu menanti waktu mendongeng

    ReplyDelete
  8. Mendongengkan anak, khususnya sebelum tidur, bisa jadi bonding antara orang tua dan anak, ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Saya suka mendongeng Mb
    Dulu waktu kecil sering didongengin

    Yg menonton drama musikal itu belum pernah lg krn ank sy yg 19 bulan masih aktif2ny

    ReplyDelete
  10. Jadi inget kalau udah lama ngg dongen untuk Bo et Obi.. seringnya sharing cerita sekarang

    ReplyDelete
  11. Saya pernah hadir seminar mendongeng beberapa bulan lalu, agak csnggung karena yang hadir itu rata2 guru, tapi saya pikir gak ada salahnya untuk belajar toh untuk bekal nanti 😊 mudah2an acaranya juga hadir di Makassar yah mba 😍

    ReplyDelete
  12. Bener banget mendongeng bisa mempererat bonding antara ibu dan anak dan juga menstimulasi kreativitas anak juga sih menurut ku juga si anak bisa mendapatkan kosakata baru.

    ReplyDelete
  13. Salah satu kegagalan saya dalam membaca dongeng adalah saya tidak membacanya terlebih dahulu heuuu... jangan ditiru!

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat waktu ponakan masih kecil2 suka kalau didongengin..jadi seru kalau mo bobo mesti siap2 nyari dongeng dulu..haha..

    ReplyDelete
  15. MEmang kesempatan bonding yang bagus melalui aktivitas mendongeng ya Mbak?

    ReplyDelete
  16. aku salfok asli... itu lia sama mona ratuliu kayak ibu sama anak ih.. mona ratuliu ibunya dan dirimu anaknya... mungil banget sih dirimu

    ReplyDelete
  17. aku suka mendongeng.. dulu pernah ngumpulin anak2 kecil sekitar rumah cuma buat aku bacain cerita doang.. iseng banget ya.. hehehe

    ReplyDelete
  18. Mendongeng selalu jadi aktivitas saya dan anak-anak sebelum tidur saat mereka masih kecil. Sekarang udah enggak lagi karena mereka udah remaja. Tinggal, saya yang kangen banget dengan kebersamaan kayak gitu

    ReplyDelete
  19. Kamu mengapa gak bisa mendongeng. Apa penyebabnya. Apakah dulu kamu anak yang suka mendengarkan dongeng? Lalu dongeng apa yang kamu suka. Lalu lalu laluuu.... :)))))

    ReplyDelete
  20. Masih jarang kalau mendongeng bebas u anak. Tapi kalau membacakan buku, hampir setiap hari.

    ReplyDelete
  21. anak anakku siuka banget didongengin sebelum tidur, alhamdulillah, mestipun banyak juga buku yang akhornya sobek karena ketiduran

    ReplyDelete
  22. Aku kalau di dongengin sama Lidya palingan udah ngakak deluan, kira-kira Lidya mau dongeng apa yaa...

    ReplyDelete
  23. Mbak Lid tiket nonton drama musikal ini berapaan?
    Anak2ku jg paing suka didongengin, biasanya sebelum bobo gtu, entah aku ngrang cerita atau nyontek buku cerita :D

    ReplyDelete
  24. Wah nampol banget nih pesannya karena aku masih aja nyari waktu luang, bukan meluangkan waktu untuk mendongeng wkwk

    ReplyDelete
  25. Mba Lid, dirimu udah tinggi, jejeran sama Mona aja msh kalah tinggi yaaa.

    Btw, dr 4 anakku, yg paling sering aku dongengin si Karla, pake boneka2nya ngarang bebas tapi. Haha

    ReplyDelete
  26. Karena anakku sekarang uda bisa baca, ia kadang menolak di dongengin buku anak-anak. Mintanya buku-buku ensiklopedi.

    Jadilaaa~
    Di samping tempat tidur harus selalu ada galon...buat minum kalo cape bacain.

    ReplyDelete
  27. Waktu anak2 masih kecil dulu, mpe pegel rasanya mulut ngedongeng. Tiap malam sebelum tidur tuh, baik pake buku ataupun ngarang sendiri. Mpe berbusa-busa :))

    ReplyDelete
  28. Saking terbiasanya didongengin, Salfa selalu minta kalau sebelum mau tidur.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...