7 Pilar Pengembangan Kota Deltamas Sebagai Kawasan Terpadu Modern

Tuesday, January 15, 2019
The best way to make your dream come true is to wake up - Paul Valery

Show unit Savasa

Memang apa sih impian saya? Mau punya rumah baru supaya bisa menata ulang interior maupun furniture semuanya dari awal. Loh kok harus baru kenapa gak rumah yang sekarang aja? Pingin suasana baru aja. Bukannya gak bersyukur atas rezeki yang dimiliki saat ini ya, tapi itung-itung investasi juga buat masa depan. Apalagi waktu iseng menggunakan aplikasi yang ada di Facebook mengenai kejutan yang akan didapat di tahun 2019 yaitu punya rumah baru. Wah cocok banget ya, Aamiinin aja kalau gitu siapa tau bisa jadi kenyataan. Tapi, sesuai quote di atas saya harus bangun dulu dari mimpi, maksudnya harus berusaha supaya mimpi itu bisa terwujud.



Ngomongin soal rumah baru, beberapa waktu lalu teman-teman blogger mengunjungi grand launching Savasa di Deltamas dan membuat saya penasaran. Akhirnya kami sekeluarga ingin melihat langsung konsep hunian minimalis ala Jepang tersebut.


Perjalanan Menuju Kota Deltamas



Sebelum melanjutkan cerita kunjungan kami ke show unit Savasa, ada baiknya saya cari tahu dulu mengenai Kota Deltamas. Tak kenal maka tak sayang, untuk itulah saya berkeliling dulu di area Kota Deltamas yang memiliki lahan seluas 3.200 hektar terdiri dari kawasan industri, kawasan hunian, dan kawasan komersial.

Kota Deltamas letaknya di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dikembangkan oleh PT Puradelta Lestari Tbk yang merupakan joint venture antara Sinar Mas Land (pengembang properti terkemuka dan tercatat di Bursa Efek Singapore) dan Sojitz Coporation (Perusahaan konglomerat dengan jaringan kuat di seluruh dunia) dari Jepang. Kota Deltamas adalah second biggest developer Sinarmasland

Pagi itu kami sekeluarga menuju Kota Deltamas melakukan perjalanan melalui jalan tol. Dari gerbang Tol Bekasi Timur (tempat tinggal saya) menuju ke Deltamas kurang lebih menempuh perjalanan sekitar 20 KM menuju gerbang tol Cikarang Pusat yang terletak di KM 37. Dulunya di Cikarang hanya ada 1 gerbang tol loh, tapi dengan maraknya pembangunan di Kabupaten Bekasi beberapa gerbang tol baru dibuka termasuk gerbang tol eksklusif menuju Kota Deltamas. Selain itu akses menuju Kota Deltamas juga bisa keluar mellaui Gerbang Tol 34 Cibatu dan segera dibuka gerbang Tol 31.



Terlihat macet ya jalan tolnya, karena ini saya ambil waktu musim mudik lalu. Tapi, tenang aja ini gak lama kok macetnya apalagi kalau pembangunan tol layangnya sudah selesai. Selain gebang tol 37, ada tanda lainnya yang menunjukkan kami sudah sampai di Kota Deltamas yaitu sebuah tugu dengan lambang Delta dari kejauhan. Saya juga sempat berfoto di depan lambang Delta yang merupakan icon dari Kota Deltamas yag terletak di dekat marketing galery.



Bagi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan commuterline melalui stasiun Cikarang atau bis di terminal Cikarang.

Sebagai kota mandiri yang terpadu Kota Deltamas didesain sebagai Regional Center yang memiliki 7 (tujuh) pilar pengembangan. Yuk, teman-teman saya ajak berkeliling mengenal satu persatu dari 7 pilar pengembangan Kota Deltamas


1. Residential Center 


Kota Deltamas menyiapkan 25% luas lahannya untuk pembangunan hunian di mana saat ini sudah terbangun 16 cluster beberapa diantaranya antara lain Naraya Park, Woodchester, Malibu, Bahama, Pasadena, El Verde, Parthenon, Nice, Catania, Catalonia, dan yang terbaru adalah Savasa.

Saya tertarik untuk tingal di cluster karena memiliki keamanan 24 jam, nah semua cluster yang ada di Kota Deltamas sudah mengusung fasilitas tersebut dengan single entry point dan dilengkapi Cluster Park sebagai tempat bermain dan olahraga bagi penghuninya.

Kami mampir ke marketing galeri Savasa untuk melihat show unit dan bertanya lebih banyak mengenai hunian tersebut.


SAVASA merupakan proyek yang dibangun SinarMas Land yang bekerjasama dengan Panasonic Homes di atas lahan seluas 37 hektar. 

Kenapa saya tertarik memilki hunian di SAVASA? Pertama karena lokasinya stategis berada di jalan utama dan dekat dengan pusat bisnis Kota Deltamas. Kedua karena mengusung tagline Smart Lifestyle di mana konsep rumahnya berbasis teknologi masa depan. Bukan cuma produk elektronic yang terhubung dengan ponsel, tapi SAVASA juga dilengkapi dengan sistem keamanan finger print.



Setelah melihat show unit rumahnya, wah saya kagum sekali berasa sedang ada di rumah di Jepang yang minimalis tapi modern. Menurut marketingnya jika kami melakukan transaksi saat ini banyak bonus yang diberikan seperti peralatan elektronik.

Balik lagi ke pilar Residential Center di Kota Deltamas ini dibagi menjadi 3 zona yaitu American Zone, European Zone, dan Woodspring.




2. Commercial Center


Area komersil ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penghuninya, sampai saat ini sudah dibangun cluster komersil di 16 area diantaranya antara lain El Premio, Greenland Square, Boulevard Fresno, Calgary & Riviera, Notredame dan masih banyak lagi.

Area komersial di Kota Deltamas dibagi menjadi 3 kategori yaitu Main Boulevard (di pinggir jalan utama), Artery Boulevard (di dalam lingkar hunian/distrik), dan Community (di antara cluster). 

Di area komersil juga terdapat Pasar Modern Al Hambra, wah saya jadi ingat sebuah kompleks istana dan benteng megah di Granada, Spanyol. Oops sebenarnya sih yang paling saya ingat drama Korea Memories of the Alhambra :)

Nah, pada tanggal 8 Desember 2018 lalu Sinar Mas Land meluncurkan Diamante yang terletak di Premium Business Gallery Kota Deltamas. Nama Diamante ini diambil dari Bahasa Latin yang artinya Diamond. Diamante memiliki 3,5 lantai yang cocok digunakan untuk usaha perkantoran, bank, fastfood, atau premium restaurant apalagi lokasinya juga dekat dengan Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang memiliki karyawan sekitar 8000-an orang. Sebagaimana layaknya berlian yang terbatas, Diamante ini juga dibangun terbatas hanya 12 unit saja sehingga didesain dengan nuansa eksklusif, elegan, formal, dan megah. Unit Diamante ini dibangun lebih cepat jika ada customer yang memesannya dan memiliki ketahanan terhadap api.

Beruntung sekali saya bisa menyaksikan launcing Diamante bersama teman-teman blogger dari Jabodetabek. Saat itu juga Bapak Stanley mengumumkan bonus cashback sebesar 109 juta untuk tipe standar dan 150 juta untuk tipe huk dan vocer 15 juta untuk pembeli atau penjual jika melakukan transaksi di hari itu. Ada salah seorang pembeli yang melakukan transaksi beberapa unit sekaligus, ternyata untuk investasi alias dijual lagi. Tuh kan, bagaimana antusias masyarakat ingin berinvestasi saat  mengetahui lokasi Diamante yang menguntungkan tersebut.

Siapa sih yang gak suka rekreasi ke Mal? Di Kota Deltamas akan hadir Aeon Mall yang dibangun di atas lahan 20 hektar, di mana Mal ini akan lebih besar dari Mal BSD dan Jakarta Garden City.




3. Industrial Center


Area industri Kota Deltamas terbagi menjadi dua konsep pengembangan yaitu Greenland Batavia seluas 50 Ha dan GIIC (Greenland International Industrial Center) seluas 1,400 Ha  dikembangkan Deltamas yang ditata dan dikelola dengan baik sehingga menghasilkan kota hijau. 

Kawasan GIIC ini sudah bergabung sebagai kawasan KLIK (Kawasan Investasi Langsung Konstruksi) yaitu pembangunan konstruksi bisa langsung dilaksanakan sambil menunggu izin sehingga memudahkan investor.



Saya sempat berkeliling di kawawan GIIC yang memiliki 120 tenant dan mayoritas bergerak di dunia otomotif dengan tenant terbesar Suzuki memiliki luas 130 hektar. Selain itu di GIIC juga ada pabrik Wuling yang memproduksi Convero dan Cortez untuk pemasaran Asia Tenggara. Kita juga sebagai bangsa Indonesia patut berbangga karena di tempat inilah Mitsubishi Expander diproduksi tepatnya di Desa Pasir Ranji, Kota Deltamas. Siapa sangka dari sebuah desa tapi bisa menghasilkan produksi mobil kelas Internasional.



4. Central Business District (CBD)


Layaknya sebuah kota mandiri pastinya dilengkapi dengan komplek perkantoran. Nah, di Kota Deltamas pun sedang dalam tahap pembangunan Greenland Square yaitu kompleks area commercial lot dengan luas 17 hektar berada di Boulevard utama Kota Deltamas. 

5. Recreation Center 

Selesai berkeliling Kota Deltamas, kebetulan sekali di samping Marketing Galeri Savasa ada Mc Donalds jadilah kami makan dulu di sana karena perut sudah mulai berbunyi minta diisi.



Tempat makan lainnya juga ada di Kota Deltamas seperti restoran Alam Sari yang punya view sejuk. Selain itu di sini juga tersedia Deltamas Sport Center sebagai tempat berkumpul dan olahraga seperti futsal dan bulutangkis. Kalau mau berenang ada di Pasadena Serenade Swimming Pool. Buat teman-teman yang mau santai bisa istirahat di pinggir danau.



6. Government Center pemerintahan



Untuk mendukung dan memudahkan segala kegiatan yang berhubungan dengan admisnistratif Kota Deltamas menghibahkan tanah seluas 40 hektar dengan bentuk pentagon sebagai Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi. Bagi penghuni atau tenant yang ingin mengurus surat-surat pastinya tidak perlu repot pergi jauh-jauh dari Kota Deltamas.



Di area ini terdapat kantor Bupati, DPRD, Bawasda, Bapeda, Kejaksaan, Kepolisian, dan Masjid Raya. Semua kantor melingkar di area pentagon, dan di tengah terdapat lapangan untuk berbagai macam kegiatan seperti upacara, olahraga, atau tempat bermain karena saat saya berkunjung ke sana banyak anak-anak yang sedang bermain juga.



7. Education Center sekolah


Tinggal di Kota Deltamas juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendidikan yang berkualitas bagi penghuninya seperti Pangudi Luhur, Sekolah Islam Nur Rahman, SIT Fajar Hidayah, SMU Negeri 2 Cikarang, SMK Mitra Industri Ananda.


SMK Ananda Mitra Industri lokasinya ada di Blok C 01 dan memiliki beberapa jurusan antara lain jurusan Teknis pemesinan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Otomotif, Akomodasi Perhotelan, dan specil program Teknik Keramik Modern (Kelas Industri Kohle). Tiap jurusan sudah bekerjasama dengan tenant yang berada di Kota Deltamas sehingga mereka bisa magang dan mendapatkan pelatihan secara langsung.

Untuk Universitas ada ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) hasil kerjasama Sinar Mas dengan ITB (Instutut Teknologi Bandung) dan K-Eduplex (Korean Education Complex - Jakarta International University). Kurikulum yang diberikan di ITSB dibuat customize sesuai dengan kebutuhan perusahaan.



Menurut informasi yang saya dapatkan, pada bulan April 2019 ini Japan School akan mulai beroperasi di Kota Deltamas sebagai sekolah Jepang kedua di Indonesia. Latar belakang didirikan sekolah Jepang di sini karena banyak warga negara Jepang yang bekerja di Kota Deltamas yang membawa keluarga sehingga membutuhkan sekolah khusus.


Fasilitas Lainnya

Selain 7 Pilar di atas fasilitas pendukung lainnya juga ada di Kota Deltamas salah satunya adalah Masjid Raya At-Tauhid yang lokasinya ada di Jl. Zona Eropa Boulevard.  Sedangkan untuk fasilitas kesehatan akan segera dibangun Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Sementara itu untuk memfasilitasi para ekspatriat yang bekerja di GIIC disediakan Sakura Park Hotel Commercial Lot The Avenue dan Le Premier Hotel and Serviced Apartment Commercial Lot Sector 1.



Ribuan ekpatriat mengandalkan hotel, apartemen atau rumah sewa yang berada di Kota Deltamas, karena orang asing tidak diperbolehkan memiliki preperti di Indonesia, makanya mereka tidak memiliki rumah. Justru, ini bisa dijadikan kesempatan emas buat kita untuk berinvestasi dengan membeli hunian di sana lalu disewakan.


Setelah berkeliling di kawasan Kota Deltamas, saya makin tertarik untuk memiliki hunian di sana, syukur-syukur bisa usaha juga di sana. Meskipun huniannya dekat dengan kawasan industri tapi kita tidak perlu khawatir karena mempunyai konsep green untuk lingkungannya.

www.kota-deltamas.com | Instagram: @kota_deltamas | Twitter: @kota_deltamas



Foto : documen pribadi

40 comments

  1. Wuiihhh lengkap banget ya mba, Bekasi sekarang makin keren aja, menggeliat terus maju, gak mau kalah dengan daerah-daerah lainnya :)

    Punya rumah di kawasan seperti ini, bisa jadi investasi jangka panjang yang menggiurkan, fasilitas lengkap dan terus berbenah, bakalan untung besar deh :)

    ReplyDelete
  2. Besar bangeeet ya Lia kompleksnya.. 3200 HA! Dan enaknya kalau terpadu begini jadi banyak fasilitasnya

    ReplyDelete
  3. Wah keren yaaa, kayak one stop living gitu konsepnya. Bener mbak bisa banget ini buat investasi masa depan karena lokasi yang strategis pasti jadi inceran sejuta umat hihi

    ReplyDelete
  4. Aku suka sama konsep yang dimiliki Deltamas ini, begitu visioner.
    Tidak melulu mencari keuntungan finansial saja, kebutuhan penghuni juga dikonsep maksimal

    ReplyDelete
  5. Wah asyik banget kalau sampai punya investasi disana ya. Tempatnya bagus, huniannya nyaman lingkungannya juga asyik nih..bangun dulu dr tidur ah utk meraih mimpi..hehe..

    ReplyDelete
  6. Lidya, Deltamas itu di wilayah t4 tinggal anak2 bunda juga rmh bunda. Area di situ memang menyenangkan dengan akses yg serba gampang bagi yg punya kendaraan.

    ReplyDelete
  7. Sering lihat Deltamas kalau lagi jalan ke Bandung. Kayaknya kalau tinggal di tempat selengkap begini, bakal malas ke luar komplek, ya. Segala ada di sini

    ReplyDelete
  8. Woy itu kenapa bawa2 Memories of the Alhambra coba?

    Seneng dengan perumahan yang fasilitasnya lengkap kaya gini apalagi go green juga. Maklum anak desa, kalau gak ketemu hijau2 kadang kaget

    ReplyDelete
  9. Liat pembangunan di bekasi sekarang jadi oingin balik sana lagi hehehe. Asyik yaa kalau perumahan udah ada pintu tol khususnya, jadi lumayan gak kelamaan kena macet :)

    ReplyDelete
  10. wah, sudah lengkap ya fasilitasnya dan masih banyak lahan yang kosongnya juga jadi bisa dikembangin lagi nantinya

    ReplyDelete
  11. aku suka dengan model rumahnya. dan dia modelnya yang tanpa pagar ya jadi hubungan antar tetangga bakalan lebih akrab insya Allah

    ReplyDelete
  12. Waah sepertinya nyaman sekali ya mba. Konsepnya sederhana tapi unik..cukup strategis kemana2. Semoga mimpinya terwujud ya

    ReplyDelete
  13. Keren ya sampai mendonasikan tanah untuk keperluan kantor bupati dan jajarannya, mbak.

    Aku pun punya impian pengen beli rumah lagi. Entah nantinya yang menempati kami atau anak-anak, yang penting punya tabungan rumah

    ReplyDelete
  14. keren banget ini mba 7 pilarnya termasuk ada dprd kab Bekasi pengen banget nih kunjungin Deltamas karena biasanya aku cuman ngelewat doang dan sering lihat tandanua itu kece ya tempat rekreasi jg ada sampe edukasi.

    ReplyDelete
  15. Wah asik bisa makan di pinggir danau. Suasana inilah yang bisa mengakraban keluarga.

    Tujuh pilar kota delta mas akan membantu kita betah di rumah bersama keluarga

    ReplyDelete
  16. Fasilitasnya tambah komplit nanti jih jetelah ada AEON Mall ya lid..ku pengen punya hunian disitu :)

    ReplyDelete
  17. Pertama baca langsung disajikan sama quote yang keren banget. Untuk mewujudkan mimpi, kita harus bangun. Cool!

    Btw, di sini kawasannya enak banget ya mba. Pasti bikin betah. Apalagi yang terakhir developer mengusung konsep go green. Pengen punya hunian satu di sana. Hehehe

    ReplyDelete
  18. Kalau bukan orang Jepang, bolehkah ikut menyekolahkan anak di Japan School tersebut, kak?
    Karena kalau melihat kurikulum warga Jepang ini menarik yaa...
    Adab dahulu yang diajarkan...

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget ya mba lidya di delta mas semua ada.

    ReplyDelete
  20. Asyeeek rumah baru. Mau pindah ke Delta Mas mbak? :D
    Aku pernah ke Delta Mas sekali dua kali, kotanya kyknya bakal lbh maju dr BSD, apik.
    Perumahan2 yg dikembangkan di sana jg bagus2 dan keamanannya baik ya. Apalagi nnati kalau kereta api cepat udah dibangun pastinya di sana rame banget ya mbak :D

    ReplyDelete
  21. Dulu bekasi berasa kota nan jauh yang tertinggal ya, bahkan masih banyak daerah bekasi yang rawan. Sekarang berkembang pesat banget, ke sana pas hamil kemarin mall di sana dah keren-keren

    ReplyDelete
  22. Unik sekali yaa, deket komolek industri tapi lingkungannya dibikin asri dan mengusuk konsep hijau

    ReplyDelete
  23. lama gak mampir-mampir blog mbak Lidya
    apakabar mbak syg ?
    alhamdlilah ya sekarang udah milih2 rumah baru ciee hehehehe
    pilihnya di delta mas ya mbak?
    kalau baca reviewnya mbak Lidya sih ini
    wajib ditau banget nih sama pengantin baru yang pengen rumah baru

    ReplyDelete
  24. setelah lihat koleksi foto-foto deltamas, memang Deltamas memiliki konsep kota modern dengan dilengkapi fasilitas modern yah, jad pengen banget ke sana

    ReplyDelete
  25. Kalau aku pengen punya rumah setelah nikah nanti. Dan aku baru tahu kota Deltamas itu lokasinya di Bekasi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  26. Kalau aku pengen punya rumah setelah nikah nanti. Dan aku baru tahu kota Deltamas itu lokasinya di Bekasi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  27. Wah lengkap banget ya fasilitas di Deltamas, cocok banget untuk aku rekomendasikan ke temen yang di Cikarang nih mbak. Transportasi juga gampang kan mendukung banget.

    ReplyDelete
  28. Cita-cita dari dulu pengen punya rumah di kota mandiri kayak Deltamas. Sekolah, rumah sakit, tempat belanja, semuanya lengkap, jadi gak usah jauh2 kena macet 😅

    ReplyDelete
  29. aku naksir rumahnya yang di Savasa, mba...pengeeeennnn :)
    modelnya simple dan minimalis tapi modern ya..
    apalagi ada bonus peralatan elektroniknya

    ReplyDelete
  30. Konsepnya keren dan modern, lengkap banget fasilitasnya. Mupeng mba, semoga nanti ada rejeki pindah ke Deltamas setelah menikah. Hehe.

    ReplyDelete
  31. Fasilitasnya komplit banget yak.. bisa jadi pilihan tepat nih buat warga sekitar bekasi..

    ReplyDelete
  32. Selamat datang di Cikarang mba. Kota Deltamas memang sedang dalam tahap perkembangan. Nantinya ada AEON Mall dan sekolah Jepang yang sedang dalam tahap pembangunan.

    ReplyDelete
  33. Boleh juga ya ambil unit di sini sbg hunian atau investasi. Sepertinya fasilitasnya cukup lengkap

    ReplyDelete
  34. Rumahnya keren - keren banget yah,minimalis. Duh jadi pengen pindah rumah hihi

    ReplyDelete
  35. Waaa kompleksnya bikin mupeng.. Fasilitas lengkap , ga susah dan jauh ya buat kemana-mana. Semoga segera terwujud ya mba rumah barunya

    ReplyDelete
  36. Kereeeen. Lengkap banget. Dari hiburan, bisnis, pendidikan sampe kantor pemerintahpun ada dalam 1 komplek Kota Deltamas. Naksir rumah minimalisnya :)

    ReplyDelete
  37. Kayak keliling dunia ya di Deltamas ini. Ada Zona Amerika, Al Hambra segala. Aku ngelewatin tiap mau ke Garut nih.

    ReplyDelete
  38. Konsepnya apik nih one stop living gitu. Komplit. Memudahkan banyak keluarga kalo kayak gini.

    ReplyDelete
  39. Cucok banget, kak Lid..buat invest.
    Harga tanah yang semaki meningkat dari tahun ke tahun, in syaa Allah kalau properti nilainya bakalan naik terus.

    Apalagi Bekasi sekarang luar biasa kerennya yaa...
    Kangeeen~

    ((Babe rahimahullah dulu tinggal di salah satu perumahan Bekasi, tapi sejak pensiun, rumahnya dikontrakin dan Babe berkumpul bersama keluarga besar di Surabaya))

    ReplyDelete
  40. Aku berapa kali nih baca liputn kota Deltamas, luarbiasa lengkap ya. Belum pernah ke sana sih meski beberapa kali sudah ke Bekasi dan memang Bekasi perkembangannya semakin pesat. Padahal dulu Bekasi itu terkesan tertingga ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...