Ini Alasan Harga Apartemen di Bandung Semakin Tinggi

Sunday, March 3, 2019
Siapa yang masih ingat dengan cerita dongeng Sangkuriang dan Dayang Sumbi? Cerita legenda dari Jawa Barat ini cukup terkenal waktu saya masih SD dulu. Dari cerita tersebut menghasilkan legenda tentang terbentuknya gunung tangkuban perahu.

harga apartemen di bandung



Jaman saya masih SD suka sekali baca-baca buku legenda seperti ini. Akhirnya setelah hampir 30 tahunan saya bisa kembali melihat keindahan alam Gunung Tangkuban perahu bersama anak-anak. Gunung yang berlokasi di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini hingga sekarang masih ramai dikunjungi pengunjung baik untuk menikmati suasana alam maupun melihat legenda yang ada.

Berlibur satu hari saja di Bandung untuk menikmati pemandangan alamnya yang sejuk rasanya kurang sekali, karena banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Banyak masyarakat ibu kota yang berlibur setiap weekend ke sana. Kebanyakan mereka akan menginap di hotel yang berada di kawasan Bandung. Nah, karena seringnya bahkan ada yang berkeinginan mempunyai hunian di Bandung supaya bisa irit pengeluaran menginap. Masalahnya susah sekali mencari rumah dengan lokasi strategis karena lahan yang kurang di perkotaan. Untuk itulah para investor membangun apartemen di kota-kota besar untuk memenuhi kebutuhan hunian konsumennya.

Apartemen sebagai hunian vertikal menjadi primadona baru bagi masyarakat metropolitan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Persaingan dalam pemasaran apartemen pun meningkat sehingga membuat konsumen yang sedang mencari hunian makin bingung dibuatnya apalagi diiming-imingi dengan gimmick-gimmick menarik seperti "hari Senin harga naik", maksudnya sih supaya pembeli buru-buru untuk memberikan tanda jadi atau down payment atas pembelian apartemen.

Supaya tidak terjebak rayuan-rayuan sebaiknya memperhatikan tips-tips mencari apartemen berikut ini.

tips mencari apartemen

1. Memilih Lokasi Strategis


Tentukan dulu tujuan membeli apartemen, apakah hanya untuk berlibur atau sebagai tempat tinggal sehari-hari. Pilih jaraknya yang dekat dengan aktivitas sehari-hari supaya memudahkan mencapai tempat tersebut. Lebih enak lagi sih jika lokasinya memiliki akses dengan trasnportasi umum. Kalau pembelian apartemen hanya untuk berlibur juga penting memilih lokasi strategis supaya kemana-mana lebih dekat terutama tempat wisaya.

Apartemen yang strategis juga bisa dijadikan investasi lho, misalnya disewakan atau dijual kembali karena nilainya pasti akan lebih besar daripada saat kita membelinya.


2. Fasilitas Yang Lengkap


Salah satu alasan saya pingin punya apartemen adalah adanya fasilitas keamanan dan olahraga seperti fitness center, jogging track, dan kolam renang. Selain itu fasilitas laundry, minimarket, sampai ke apotek juga perlu ada agar memudahkan kita jika melakukan aktivitas sehari-hari. Biasanya fasilitas-fasilitas tersebut berada di lantai dasar, jadi penghuni tinngal turun saja menggunakan lift untuk memenuhi kebutuhannya tanpa harus naik kendaraan lagi.


3. Cek Track Record Pengembang


Kebanyakan apartemen yang dipasarkan bukanlah ready stock, melainkan dalam tahap pembangunan. Tapi herannya walaupun begitu selalu laris manis bak kacang goreng lho. Di sini pembeli harus jeli dalam memilih apartemen karena ada kalanya pengembang yang nakal dan menipu pembelinya. Untuk itu perlu sekali mencari tahu track record pengembang sebelum memastikan akan membeli apartemen.

Izin pembangunan apartemen dan dokumen penting lainnya juga harus dicermati, boleh kok kita sebagai calon pembeli mengeceknya terlebih dahulu misalnya ke dinas Pertanahan setempat.


4. Sesuaikan Budget Dengan Kemampuan


Jangan karena gengsi lalu memilih dan membeli apartemen yang tidak sesuai dengan kemampuan. Jika budget yang dimiliki sekiranya tidak memenuhi syarat jangan terlalu memaksakan kehendak. Apalagi jika apartemen yang dibeli tersebut akan kita tempati sendiri dengan keluarga, pastinya harus merasakan kenyamanan saat tinngal di sana.


Tren Apartemen Di Kota Bandung


Bandung sebagai kota besar yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai kota terdekat, saat ini juga sedang kena tren pertumbuhan apartemen yang pesat. Harga apartemen yang ditawarkan di Bandung juga terus meroket dari yang  harganya Rp12,61 juta permeter pesegi pada kuarta II tahun 2016 hingga naik menjadi Rp13,94 juta permeter persegi pada kuartal II tahun 2017.

Menurut Liputan6 tren kenaikan harga apartemen di Bandung karena adanya sejumlah proyek infrastruktur yang banyak dikerjakan di sana. Apalagi ada pembangunan sebuah kota dengan basis teknologi informasi di kawasan Gedebage yang konon bisa menyamai pusat teknologi kelas dunia Cyber Jaya di Malaysia atau Silicon Valley di Amerika. Buat mereka yang berlatar belakang teknologi pastinya tau dua kota besar di dunia tersebut. Pembukaan akses pintu tol menuju Gedebage juga membuat investor berlomba-lomba membuat hunian vertikal di sana.

fakta dan mitos investasi apartemen


Jika tidak ada kendala dua tahun mendatang kereta cepat (high Speed Train) Jakarta-Bandung juga akan segera dibuka sehingga membuat harga apartemen di Bandung semakin melonjak. Wah kalau ini sih memudahkan para orangtua yang tinggal di Jakarta dan anak-anaknya kuliah di Bandung nih. Mudah-mudahan cita-cita Pascal yang akan berkuliah di Bandung juga tercapai sehingga bisa ikut menikmatinya.

Kalau saya punya apartemen di Bandung bisa-bisa tiap weekend ke sana deh. Atau bisa juga malah jadi tempat tinggal tetap. Aamiin. Pilih-pilih lokasi ah, ada ide gak dari teman-teman yang tinggal di Bandung kira-kira lokasi yang strategis ada di mana?

30 comments

  1. Liburan ke tangkuban perahu? Seru pasti nih...

    Ngomong2 ttg apartment ya katanya gak bisa dihuni selamanya ya ada jangka waktu berapa puluh tahun gitu kalau gak salah. Ia gak sih teh? Tapi harganya aduhai sekarang tapi ya desain interiornya juga oke sih. Oh Bandung ku...

    ReplyDelete
  2. Kebetulan saya orang Bandung mbk, Di Soedirman atau di daerah Soekarno-Hatta, soalnya strategis

    ReplyDelete
  3. Ngecek track record pengembang itu walaupun mungkin terasa merepotkan tapi penting banget ya Mba, harus diniat-niatin kalau emang udah suka, apalagi kalau Senin harganya naik.. :D

    ReplyDelete
  4. Jadi slh satu faktornya krn pembangunan infrastruktur ya. Hmm klo gt saat ini adlh yg tepat utk invest di apartemen ya

    ReplyDelete
  5. Iya, trend apartemen semakin meningkat di Bandung. Apalagi di lokasi yang ada kampus. Itu udah berjejer deh apartemen. Harganya lumayan, tapi buat investasi kayaknya bagus juga, ya

    ReplyDelete
  6. Mungkin karena akses ke Bandung makin mudah ditambah fasilitas yang makin lengkap membuat harga apartemen di Bandung makin mahal ya mbak. Tapi saat ini harga material pun juga mahal lho. Belum lagi ongkos kuli bangunan yang selalu naik dari tahun ke tahun. Bisa jadi faktor2 inilah yang sedikit banyak mempengaruhi tingginya harga apartemen di Bandung.

    ReplyDelete
  7. huaa gak kerasa ya Mbak, gak lama lagi lho itu Pascal masuk kuliah.
    mau masuk ITB ya? moga lulus ya Pascal biar Mama beneran jadi beli apartemen di Bandung ;)

    ReplyDelete
  8. Ayok Mba Lidya beli apartemen di Bandung, buat tabungan dan investasi juga. Ntar Pascal kuliah udah tinggal ditempati. Dan bener sih bisa jadi pilihan rumah kedua, untuk extend tiap ke Bandung

    ReplyDelete
  9. Ihiyyy bandung tuh kota impian aku lid. Hawanya sejuk banget. Sempet kepikiran mana sanggup punya property di bandung tp boleh juga nih klo apartemen mah ya buat staycation tiap liburan

    ReplyDelete
  10. Wah, pembangunan di Bandung begitu pesat dan akan semakin pesat ya ternyata. Semakin banyak tempat wisata dan bahkan akan dibangun kota berbasis IT, ya. Luar biasa.
    Turut mendoakan saja semoga mbak Lidya bisa segera punya apartemen di Bandung :).

    ReplyDelete
  11. Apartemen emang lebih praktis dan juga lokasinya slalu di tempat strategis/ Pengen punya apartemen di Bandung tapi entah kapan :)

    ReplyDelete
  12. Japi pembangunan infrastruktur bisa meningkatkan nilai jual bangunan-banguan yang ada di sekitarnya yaa, Mba :)

    ReplyDelete
  13. asyik banget yaa punya apartment di Bandung, kalo sedang liburan ke sana gak perlu nyewa-nyewa tempat lagi deh. Tapi kapan yaa, kita bisa punya apartment di sana, Mba? hehehe

    ReplyDelete
  14. Iya bener, di Bandung mah gak cukup kalau sehari, belum tempat wisatanya, belum kulinernya. Uwuwu...pengen balik ke sana lagih.

    Kalau cari apartemen emang enaknya cari yang strategis ya Mbak, gampang kalau ke mana2.

    ReplyDelete
  15. Cek track record pengembang itu penting karena ada beberapa kasus yang pembangunannya mangkrak gara2 sengketa lahan. Kan gawat kalau mau invest malah gagal

    ReplyDelete
  16. Daerah wisata sekarang apa2 ada harganya termasuk apartemen ini. Wajar sih tapi tetap harus hati-hati. Dicatat tipsnya

    ReplyDelete
  17. Bandung memang selalu ngangenin yaa, mulai dari wisatanya sampai kulinernya. Aku dulu juga sempat pingin punya rumah di Bandung, biar bisa jalan-jalan terus, eh malah pindahnya ke Jogja hahaaah

    ReplyDelete
  18. Kalau rumah tinggal aja juga mahal kah harganya di Bandung kak...? Aku kurang pengen masa tinggal di apartemen

    ReplyDelete
  19. Pasti menguntungkan nih kalo kita investasi apartemen di Bandung ya. Apalagi di sana banyak kampus. Mahasiswa sekarang kan maunya ngekos di apartemen.

    ReplyDelete
  20. Ya Allah Bandung, akhirnya aku ke sana juga Mba Lid, pas acara bloggerday
    aku liat apartemen2nya, keren. Dan hidup di sana biayanya cukup mahal juga ya

    ReplyDelete
  21. Aku suka Bandung terutama yg daerah dekat gunung2nya, adem. Dan kayaknya daerah situ harga property juga tinggi yak

    ReplyDelete
  22. Bandung pemgen juga nih ke sana lagi, apalagi kalau nyari hunian itu seerti nyari jodoh ya, Mbk. Aparterment begini jadi pilihan banget ya buat yang tinggi aktivitas.

    ReplyDelete
  23. Iya ya skrng kyknya apartemen lg hits di Bandung, selain krn banyak kampus, jg krn dipakai buat berlibur. Saya sendiri kalau ke Bandung kadang suka cek2 apartemen buat menginap ketimbang hotel.

    ReplyDelete
  24. Bandung tuh jadi magnet kedatangan para wisatawan ya dengan hawa sejuk dan banyak tempat wisata yang oke. Makanya ga heran kalau ada yang sampai memutuskan untuk punya hunian di sana. Harga apartemen naik menyesuaikan dengan nilai investasi berarti ya, itu ada berbagai pembangunan yang menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan kota Bandung.

    ReplyDelete
  25. Saya belum pernah injak Bandung mbak, padahal pengen banget liburan ke sana tapi ya sampai saat ini belum kesampaian aja ke sana. Btw tentunya enak banget ya mbak klu bisa beli dan punya aparten sendiri di Bandung jadi nggak pusing-pusing lagi cari penginapan, apalagi klu anaknya juga mau lanjut kuliah dan lulus PT di Bandung

    ReplyDelete
  26. Sayaa.. masih inget banget cerita daerah sangkuriang dan pas udah gede dan jalan2 ke Bandung, salah satu tempat wajibnya ya Tangkubanperahu 😄 btw rata2 kota besar harga apartmen terus naik ya mba. Apalagi kalau ada banyak mahasiswanyaa..

    ReplyDelete
  27. Wow, kereta api cepat Jakarta - Bandung akan membuat kota Bandung semakin ramai, pantas kalau harga apartemen di Bandung akan tinggi harganya, kuy ah ke Bandung

    ReplyDelete
  28. Ku pernah cari rumah tu mba daerah gedebage dan sekitarnya krn pertimbangan jalan tol yg baru. Tp ga jodoh dan alhamdulillah nemu di daerah bandung coret alias batujajar yg juga ada akses tol barunya (sungguh ku lupa nama tol nya krn syudah lamaaaa tak mengingatnya 😂). Konon RK bilang batujajar bakal dijadikan pusat pemukiman. Dan bisa jadi kontraktor apartemen bakal lirik batujajar juga nih.

    ReplyDelete
  29. wohh hampir sama persis dengan harga properti di seluruh kota besar di Indonesia mb.. naik teruss. ga cuma Bandung, Jogja yang dulu terkenal daerah murah pun.. boom! sekarang harga properti naik gila-gilaan. ruar biasa.. maka jangan sampe deh salah pilih hunian.

    ReplyDelete
  30. Kalau ke bandung paling nginep tempat kost temen yang deket ITB karna dia kerja di kantor deket itb jg. kalau menurutku sii masih seneng di kost dari pada apartement. Wajar aja sii harga tinggi soalnya kota besar, gk beda jauh sama surabaya and malang kalau di jatim. thanks sharing nya kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...