Hati-Hati! Begini Cara Mengetahui Akun Instagram yang Tengah Diretas

Saturday, September 21, 2019
Selain Facebook, Instagram merupakan salah satu jenis media sosial yang memiliki pengguna terbanyak dan telah tersebar di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya remaja, pengguna media sosial Instagram itu sendiri bahkan telah merambah ke berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang-orang dewasa. 



Menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang terus meningkat dari waktu ke waktu, bukannya tidak mungkin hal tersebut membuat banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab bermunculan untuk melakukan tindakan yang bersifat merugikan masyarakat. Nah, salah satu tindakan yang dimaksud ialah peretasan atau hacking

Perlu diketahui bahwa hadirnya media sosial membuat masyarakat tidak memiliki ruang privasi lagi. Jika kamu sadari, ketika membuat akun media sosial apapun itu, pasti kamu akan diminta untuk memasukan nomor telepon  atau email yang disertai dengan membuat password. Dengan begitu saja, tanpa kita sadari kita sudah memberikan data pribadi kita. 

Dengan munculnya peretas atau hacker, tentu hal-hal tidak menyenangkan tidak menutup kemungkinan untuk terjadi, seperti penipuan yang memanfaatkan data pribadi kita. Maka dari itu, ada baiknya kita menambah wawasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Instagram ataupun dunia maya, mulai dari cara mencegah peretasan, cara mengetahui akun Instagram diretas, hingga cara memulihkan akun Instagram yang telah diretas

Tetapi untuk saat ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengetahui akun Instagram yang tengah diretas. Yuk kita simak bersama-sama.

Cara Mengetahui Akun Instagram yang Diretas


1. Perubahan Akun 


Yang paling mudah dilihat ialah perubahan akun. Pertama, kita tidak akan menyadari apabila foto profil berubah secara tiba-tiba. Selain itu, para pengguna Instagram biasanya telah memiliki konten-konten yang ingin mereka posting dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Namun, kalau suatu saat kamu melihat konten Instagram mu berbeda jauh dari apa yang kamu inginkan, bahkan jika konten tersebut sama sekali tidak kamu kenali, waspadalah, bisa jadi akun Instagram mu telah diretas. 

2. Following Bertambah


Biasanya jika kamu follow suatu akun, pastinya kamu akan sadar dan tahu kira-kira siapa saja akun-akun yang telah kamu follow. Selain itu, kebanyakan pula para pengguna Instagram akan lebih memperhatikan jumlah pengikut atau follower dibandingkan dengan yang kamu ikuti atau following.
Nah, apabila kamu tidak merasa menfollow siapapun namun jumlah following justru bertambah, hal ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa hacker tengah melakukan aksinya. Ada hacker yang memiliki kemampuan dalam memaksa akun lain untuk menfollow suatu akun tertentu. Jadi, ada baiknya apa bila mulai sekarang perhatikanlah jumlah following mu. 

3. Tidak Bisa Login


Yang terakhir, bila kamu sudah tidak bisa melakukan login terhadap akun Instagram mu, maka iklaskan lah, karena sudah dapat dipastikan bahwa hacker telah berhasil memecahkan dan mengganti password dan alamat email mu. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut, ada baiknya apabila kamu mengganti password dan email mu secara rutin, bisa itu setiap sebulan sekali atau beberapa minggu sekali. 

Dan apabila hal ini telah terjadi kepada kamu, janganlah langsung panik. kamu masih bisa kok memulihkannya sebelum hal terburuk terjadi, yaitu dengan mencari tahu cara memulihkan akun Instagram yang telah diretas melalui situs pencarian yang bisa kamu akses di laptop dan ponsel pintar. Ingin tahu cara memulihkan akun Instagram yang sudah diretas? Baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/jangan-panik-ini-dua-langkah-mudah-pulihkan-akun-instagram-yang-diretas/


No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...