Yuk Stimulasi Rasa Peduli Melalui Permainan Edukatif di Bebeland

Sunday, September 15, 2019
"Di balik anak hebat, ada orangtua hebat"


Orangtua mana sih yang gak mau punya anak hebat? Pastinya siapa pun mau. Untuk menjadikan anak hebat diperlukan orangtua yang hebat terlebih dahulu. Dengan cara apa? mau belajar dalam segala hal termasuk memberikan stimulasi pada anak.

Setiap anak mempunyai kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Untuk menjadi anak yang hebat, orangtua perlu memberikan stimulasi yang tepat dan seimbang.

Anak yang peduli dapat mempengaruhi pola pikir. Rasa peduli anak bisa distimulasi melalui permainan.

Ngomongin aneka permainan yang bisa menstimulasi rasa peduli anak, Bebelac mengadakan Bebeland di Summarecon Mal Bekasi 7-8 September 2019 lalu. Selain ada permainan edukatif, di Bebeland juga menghadirkan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi orangtua dan anak.

Bebelac kini hadir dengan nutrisi yang sudah diupdagre yang terdiri dari higer fish oil & Omega 6, omega 3,  PAtented FOS:GOS 1:9 for gut health, dan 13 vitamin dan 9 mineral. Dengan kandungan tersebut Bebelac dapat membantu memaksimalkan perkembangan otak anak dan membantu orangtua untuk menstimulasi tingkat kecerdasan anak.


Talkshow Bersama Ahli


Dengan rasa peduli dan empati, anak dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, bersimpati, dan akan berusaha menyelesaikan masalah yang ada dari sudut pandang orang lain - Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi, Psi.



Mbak Vera menekankan bahwa sejak dini anak-anak harus diajarkan membantu orang lain tanpa pamrih. Setiap anak mempunyai tahapan tumbuh kembang yang berbeda, sehingga harus distimulasi sesuai usianya. Libatkan anak untuk membantu orang lain, dan jika usianya sudah lebih besar bisa mengajaknya dalam emotional talk yaitu membantu mereka agar bisa menyampaikan apa yang sedang dirasakan, jangan lupa juga memberikan pujian dan penghargaan kepada mereka.

Waktu talkshow kemarin hadir juga Jonathan Frizzy dan istrinya Dhena Devanka serta ketiga orang anaknya. Ijonk juga menceritakan bagaimana dia dan istri melakukan stimulasi pada anak-anaknya agar mempunyai rasa peduli terhadap lingkungannya. Oh ya waktu awal, anaknya Ijonk ini gak malu untuk menyapa kami semua lho, jadi bisa terlihat kan kalau si anak ini bisa bersosialisasi dengan baik.


Belajar Sains


Di event Bebeland juga anak-anak bisa belajar sains bersama profesor Hoho loh. Anak-anak dilibatkan langsung dalam berbagai percobaan.


Salah satu percobaan yang dilakukan adalah meniup balon dengan cara lain yaitu tidak menggunakan mulut atau pompa melainkan menggunakan botol plastik kosong, cuka, dan baking soda. Senangnya mereka dapat meniup balon dengan cara mudah seperti ini. Selain dapat ilmu yaitu mengenai gas karbon dioksida yang dapat mendorong gak oksiden sehingga balon bisa menjadi menggelembung karena dipenuhi okseigen, mereka juga bisa belajar bekerja sama dengan teman lainnya yang baru saja bertemu di acara tersebut.

15 Permainan Edukatif di Bebeland

Semua permainan yang ada di BebeLand ini memilki nilai-nilai untuk mengasah kecerdasan emosi dan sosial anak. Si setiap permainan ada orang dewasa yang menjadi instruktur, di mana di harapkan anak-anak bisa mendapatkan sosial experiment.

Setiap anak yang ingin bermain di arena Bebeland harus mempunyai Paspor terlebih dahulu yang didapatkan melalui pembelian Bebelac 3/4 dan Bebelac Gold pada saat event berlangsung. Selain mendapatkan paspor dan bermain, setiap pembelian juga akan mendapatkan berbagai hadiah menarik.

Area BebeLand ini terbagi menjadi 3 kategori permainan yaitu BebeTown, BebeSea, dan BebeForest.

BebeTown


Pets Ambulance. Di sini anak-anak melakukan social experiment untuk menolong hewan yang sedang sakit. Ketika berkendara dan menemukan seekor kucing yang sakit, apa yang akan dilakukannya? Tentunya menolong dan membawanya ke dokter hewan.

Nah di Pet Hospital ini, si kecil akan berperan sebagai dokter hewan yang bertugas menyelamatkan hewan yang sedang terluka. Dari social expereiment ini mereka bisa lebih berempati terhadap makhluk hidup.


Di area permainan lainnya si kecil bertugas membantu mobil ambulance yang tidak bisa lewat karena terhalang batang pohon yang tumbang di tengah jalan. Nah tugas mereka adalah menyingkirkan batang pohon tersebut dengan alat yang ada di sana yaitu traktor. Anak bisa belajar peduli dan menolong orang lain yang sedang kesulitan.


Bebe Sea


Bebeapa permainan ada di kategori ini seperti Harbour yaitu si anak memperbaiki dermaga yang rusak untuk membantu nelayan agar bisa naik kapal. Setelah memperbaiki jembatan si anak pun diajak naik kapal dan membantu mengumpulkan sampah dan limbah di laut. Dengan demikian selain anak belajar peduli terhadap sesama juga bisa peduli terhadap lingkungan dan membantu membersihkan laut yang tercemar.



Di area permainan lainnya anak bisa belajar membantu menyelamatkan temannya yang terdampar di suatu pulau dengan mengendarai perahu. Pastinya tidak mengendarai perahu di sungai sungguhan ya hanya melalui layar interaktif saja.

Di area permainan Coral Relief, anak belajar mengenai terumbu karang dan bintanag laut yang hampir punah. Tugas mereka adalah membantu melestarikanya dengan melakukan penanaman kembali terumbu karang.

Bebe Forest


Ada bebeapa permainan di kategori ini seperti River, Find the Way, Grow the Tree, dan Feed the Animals.



Pada area permainan river si anak bertugas membantu memindahkan batang pohon dan membuat aliran sungai. Anak juga bisa belajar akibat lahan hutan yang kering akibat sumber air yang terhambat batang pohon sehingga tidak bisa mengalir.

Semua permainan yang hadir di Bebelad sudah memenuhi persyaratan dan direkomendasikan oleh Roslina Verauli, Psikolog Anak agar anak-anak bisa belajar meningkatkan rasa peduli dan daya pikirnya.


Untuk teman-teman yang berada di kota Surabaya dan Medan tunggu kehadiran BebeLand di sana ya. Di Surabaya akan diadakan pada tanggal 28-29 September 2019 di Tunjungan Plaza Surabaya dan Medan akan ada di tanggal 26-27 Oktober 2019 di Plaza Medan Fair. 

16 comments

  1. Stimulasi yg tepat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak yg optimal ya Mak.
    Semangaaattt, untung ada Bebelac mitra parents dalam hal nurturing children
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Seru banget acaranya. Apa lagi ada permainan edukatif yang bikin anak2 betah selama acara :)

    ReplyDelete
  3. Whuaa senengnya main disini, btw ku jadi pen nyoba niup balon pake botol kosong, cuka dan soda jadi penasaran nih,
    Permainan yang edukatif banget di Bebeland nih

    ReplyDelete
  4. Keren ini Bebeland, bisa jadi alternatif area bermain anak yang edukatif. Sayang akunya udah tak punya anak kecil nih. Tapi udah kureferensiin juga sih ke adik-adikku yang masih punya anak kecil. Mereka perlu banget kayaknya ajak anak main di Bebeland

    ReplyDelete
  5. Seru acara bebeland ini ya mba, ada banyak permainan edukatif yang bisa juga melatih rasa peduli dan empati anak, anak-anak jadi bisa bermain sambil belajar :D

    ReplyDelete
  6. Sayang ya kak eventnya cuma sebentar, coba ada terus tuh di SMB, duuh kayanya aku bakal rajin main ke situ deh..

    ReplyDelete
  7. Saki juga main di Bebeland mbak, seru banget ya. Sampai dia belum move on hingga sekarang hihi

    Permainan favorit saki itu mbak yang clean the sea. Dia bolak balik pengen main ke sana. Satu lagi yang rescue the cat. Dia mau main serodotan dan meluncur di kolam bolanya itu sih haha

    ReplyDelete
  8. Seru banget ini Bebeland Mba Lid, pengen deh ajakin Neyna ke sana smeoga nanti ada di Cimahi aamiin :) mupeng sama permainannya

    ReplyDelete
  9. saya tersentak sekali, berarti secara tidak langsung saya mengajarkan anak saya membantu orang dengan pamrih karena selalu saya bilang nanti mommy kasih coklat, rupanya gak boleh ya

    ReplyDelete
  10. Wah bagus nih menstimulasi rasa peduli sejak dini membuat nya jd terasah sejak kecil...penting ini.

    ReplyDelete
  11. yang distimulasi bukan hanya kecerdasan saja tapi juga rasa peduli yaaa Lia..anak - anak masih main ke sini?

    ReplyDelete
  12. Seruu...
    Aku mau coba di BebeSea.

    **loh...ini yang main emaknya, bukan anaknya...hahaha...Happy banget aku kalo nemu nemu playground tematik begini.

    Asa berpetualang beneraan...

    ReplyDelete
  13. Huaaa seru banget sih ini arena bermainnya luas, wahananya juga banyak ya anak-anak pasti happy banget kesini terus bisa belajar juga disini.

    ReplyDelete
  14. Wuih banyak permainannya. Anak2 pasti betah dan gak mau pulang haha :D
    Ortunya jg bisa mendapat pencerahan ttg parenting ya mbak :D
    Moga ada event serupa nih di area Depok Bogor :D

    ReplyDelete
  15. Waha acaranya sudah lewat ya, terlambat nih informasinya.
    Arena mainnya keren sekali, sunguh mengandung nilai edukatif buat anak-anak

    ReplyDelete
  16. Bermain sambil belajar ya ini Mba.
    Bunda dan anak bisa klop untuk belajar simulasi sejak dini. Jadi pengen main ini jugaaa asiknyaa permainan anak anak itu banyak ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...