Menu Makanan Favorit Saat Sahur Yang Praktis Untuk Keluarga

Menu Makanan Favorit Saat Sahur Yang Praktis Untuk Keluarga. Masuk minggu terakhir puasa Ramadan, gimana sahurnya makin semangat dong? Memang sih ada kalanya sudah mulai malas makan, tapi diusahakan untuk bangun sahur ya, makan apa pun yang bikin kalian semangat sahurnya.

Menu Makanan Favorit Saat Sahur






Dalam agama Islam, sahur itu memang gak wajib karena bukan syarat sah puasa. Namun, sahur itu hukumnya sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan sesuai dengan HR. Bukhari dan HR. Muslim "Bersahurlah karena dalam makanan sahur terdapat keberkahan".

Makan sahur di jam rawan dini hari, di mana jam kebanyakan orang lagi pulas-pulasnya tidur bikin gak mood. Tapi, untuk anak-anak saya selalu mewajibkan untuk makan sahur, gak mesti makan nasi kok tapi makanan lain yang bisa bantu mereka bisa berpuasa seharian dan tentunya ada nutrisinya juga.

Berikut ini ada beberapa makanan favorit anak-anak saat sahur yang sering diminta atau dikonsumsi.


Susu + Sereal atau Oatmeal


Di saat anak-anak bosan makan nasi saat sahur, solusi yang praktis adalah makan sereal atau oatmeal dengan susu.

Saya sengaja stok oatmeal karena makanan ini bisa mengenyangkan ketika dimakan saat sahur. Selain mengandung serat dan sumber vitamin juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Alhamdulillah anak-anak cocok makan oatmeal atau sereal untuk sahur dan kuat hingga berbuka puasa magrib.

Sesekali saya juga memberi granola yaitu jenis makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan kering. Kadang malah saya camil begitu saja granulanya. Sahur dengan granola juga bikin kenyang kok buat saya, apalagi bisa menurunkan kadar gula darah.


Spaghetti Aglio Olio


Pasta khas Italia ini juga sebagai salah satu menu sahur praktis dan favorit kami di rumah. Selain cara membuatnya mudah juga bisa menambah semangat makan sahur anak-anak. Cukup dengan bawang putih saja membuat spaghetti aglio olio sudah enak rasanya, tinggal ditambah topping sesuai stok yang ada di rumah saja seperti daging giling, smoked beef, bakso atau lainnya. Untuk menambah sensasi rasanya, saya juga menambahkan parutan keju di atas spaghetti.


Roti Bakar


Ini juga menu sahur yang praktis lainnya, terutama jika saya agak telat bangun di waktu sahur dan gak sempat memasak. Biasanya di rumah memang sudah stok roti tawar jadi tinggal dibuat saja kapanpun diinginkan.

Untuk roti bakar saya panggang menggunakan sandwich maker atau pop up toaster tergantung permintaan anak-anak. Topingnya pun disesuaikan dengan mood mereka, kadang olesan keju dan cokelat atau telur dadar.


Kurma dan Buah-buahan


Khusus untuk saya dan suami, menu sahur favorit adalah kurma atau buah-buahan. Kami jarang sekali makan sahur dengan nasi. Dengan kurma saja biasanya sudah cukup dan kenyang, paling ditambah dengan minuman sereal atau minuman cokelat atau susu untuk menambah rasa manis dan ditutup dengan air putih.


Insya Allah dengan konsumsi menu makanan favorit saat sahur maka makan sahur lebih semangat dan puasanya pun tetap kuat. Kalau kalian menu sahur favoritnya apa sih? Share yuk siapa tau bisa dijadikan rekomendasi buat saya menyediakan menu sahur nanti.


#Hari25
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments