Belajar Mengelola Uang Bersama Sahabat Cha-Ching

Monday, July 15, 2019
"Ma kapan jalan-jalan lagi? kemping aja yuk, aku belum pernah!" kata Alvin suatu hari. Kita piknik di Taman Literasi Keuangan, Maratam Park, Jakarta aja ya De. Buat kemping atau piknik beneran itu butuh uang lho, saya bilang ke Alvin. Makanya kita perlu kerja dulu dan menabung sebelum untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ih emang anak kecil ngerti dikasih tau hal seperti ini? Makanya perlu diajarkan bagaimana mengelola uang secara fun.



Justru sejak kecil anak-anak perlu mengetahui dan belajar bagaimana mengelola uang dengan tepat. Mungkin mereka selama ini cuma tahu beli sesuatu aja, uangnya dapat dari ATM:) Mereka juga harus mengetahui untuk mendapatkan uang itu harus bekerja terlebih dahulu.

Nah, untuk itulah Prudential Indonesia mengadakan acara "Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching" di Taman Literasi Keuangan, Mataram Park (14/7) kemarin. Selain untuk mengenalkan uang dan cara mengelolanya, anak-anak juga bisa bertemu dan bermain dengan para tokoh Cha-Ching yang biasanya hanya bisa dilihat melalui layar TV. Oh ya event tersebut diadakan untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli mendatang.

Tentang Cha-Ching


Cha-Ching merupakan inisiatif dari Prudence Foundation yaitu salah satu divisi dari Community Investment Prudential Corporation Asia yang dikembangkan bersama Cartoon Network. Dalam proses pembelajarannya Cha-Ching menggunakan pendekatan naratif musikal sehingga anak-anak happy dalam belajar dan bisa cepat diserap oleh mereka.


Buat anak-anak yang sering menyaksikan Cha-Ching di channel Cartoon Network pastinya tahu keenam karakter yang muncul di sana. Tapi, yang gak berlangganan TV kabel bisa kok melihat tayangannya di channel Youtube, ada yang berbahasa Indonesia juga.

Ada 6 tokoh masing-masing mempunyai kebiasaan yang berbeda mewakili kebiasaan banyak orang.

  • Prudence. Dia gemar membuat rencana dengan baik termasuk dalam mengelola uang.
  • Bobby. Hobinya menghambur-hamburkan uang sehingga tanpa sadar dia sering kehabisan uang yang didapatkannya.
  • Zul. Selalu bekerja keras dan sibuk menghasilkan uang untuk ditabung.
  • Pepper. Kerjaannya belanja dan belanja.
  • Charity. Senang membantu sesama dan menyumbangkan uangnya.
  • Justine. Pekerjaannya mencari uang


Mengenal 4 Konsep Utama Pengelolaan Uang


Pagi itu customer Prudential hadir bersama anak-anaknya untuk belajar dan bermain bersama Sahabat Cha-Ching. Anak-anak akan diajarkan mengelola uang melalui 4 konsep dasar yang perlu diketahui.

Sebelum permainan dimulai, anak-anak diberikan sebuah pasport, kartu catatan pengeluaran dan pemasukan, dan modal sebesar Rp20,000 dalam bentuk uang mainan. Di sini orangtua hanya mendampingi dan memberikan pengertian pada anak-anak, untuk keputusan mereka sendiri dalam penggunaan uangnya.

Ada 4 booth yang tersedia untuk didatangi anak-anak, setiap booth paling sedikit harus dikunjungi sebanyak 2 kali untuk memperoleh sticker. Minimal ada 8 sticket yang dapat digunakan untuk menukarkan hadiah setelah permainan usai. Namanya juga belajar sambil bermain, pastinya anak-anak senang kalau diberikan reward.

Earn (Memperoleh)


Uang itu gak datang begitu saja, di sini anak-anak belajar bekerja untuk mendapatkan uang. Ada beberapa permainan bekerja yang bisa anak-anak lakukan untuk memperoleh penghasilan sebesar Rp10,000 seperti menyiram tanaman, membersihkan taman, menyanyi, menarik, atau unjuk kemampuan yang dimiliki.

Anak-anak juga bisa belajar bagaimana tampil di muka umum dan lebih percaya diri. Bayangkan saja mereka bernyanyi di sebuah panggung dan ditonton oleh banyak orang yang tidak dikenalnya. Dari sini mereka bisa belajar bagaimana menumbuhkan tingkat percaya dirinya supaya bisa bertahan hidup besar nanti.


Save (Menyimpan)




Di booth Menabung adalah tempat anak-anak menyimpan uang yang dimilikinya baik yang didapatkan dari modal maupun hasil dari bekerja. Di sini anak-anak bisa belajar bagaimana caranya menyimpan uang yang tepat.

Dari menabung anak-anak bisa memperoleh semua keinginannya tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan. Menabung dari dari sekarang supaya besar nanti tidak menyesal. Jika punya rencana maka kehidupan bisa sukses.


Spend (Membelanjakan)



Di booth ini ujian bagi anak-anak mulai muncul, karena di sini di jual aneka makanan seperti gulai, es krim, jagung manis, pensil warna dan kertas mewarnai, serta kertas origami. Dari uang modal yang diberikan bebas aja mau digunakan untuk membeli apa.

Jika membeli kerta origami dan kertas menggambar seharga Rp5.000 nantinya kedua barang ini bisa dijual di booth "Memperoleh" dan mendapatkan uang tambahan Rp,10.000. Banyak anak yang membelanjakan uangnya untuk memperoleh keuntungan sebelum membeli makanan yang diinginkan, tetapi ada pula yang langsung menghabiskannya untuk makanan tersebut.


Donate (Menyumbang)


Anak-anak juga diajarkan untuk saling membantu sesama, begitu pula di program Cha-Ching ada booth Donate. Dari uang yang mereka miliki bisa didonasikan di kotak yang sudah disediakan, nantinya uang tersebut akan digunakan untuk keperluan membeli alat tulis bagi anak-anak yang membutuhkan di Palu.


Nah ini dia tokoh Charity yang gemar menyumbang untuk sesama. Sejak kecil anak-anak perlu dibiasakan untuk membantu dalam bentuk apapun.

Setelah waktu belajar sambil habis anak-anak pun dihibur oleh pertunjukan sulap dari Kak Wang dengan balon-balon ajaibnya. Oh ya bagi anak-anak yang berhasil mengumpulkan paling sedikit 8 sticker mendapatkan mainan hot wheel bagi anak laki-laki dan barbie bagi anak perempuan.

Sedangkan bagi anak yang memenangkan lomba pastinya mendapatkan hadiah tambahan dari mattel. Juaranya ada 3 kategori yaitu paling banyak menabung, paling banyak berdonasi, dan bekerja paling banyak.

Peranan orangtua sangat penting dalam mengajarkan anak untuk mengelola uang sejak dini agar besar nanti mereka bisa hidup sukses. Kalau teman-teman mau mampir ke Taman Literasi Keuangan bisa tiap saat lho, di sana ada permainan yang bisa digunakan untuk belajar mengelola uang. Taman tersebut memang didirikan oleh Prudential untuk masyarakat.

Masa depanmu bergantung padamu dan semua pilihan yang kau ambil

28 comments

  1. Edukatif bgt ya programnya. Anak2 belajar uang secara konkret ga ngawang2 gitu

    ReplyDelete
  2. Yuhuuu kalo mendalami literasi keuangan kayak gini sih, anak dan emak sama2 enjoy yaaak :D Soale, emang kecerdasan finansial kudu bnget diajarkan sedari dini, dgn cara yg menyenangkan!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Iya bener. Anak harus diinformasikan bagaimana uang itu bisa kita dapat dan jalan apa yang harus kita lakukan. Anak saya beberapa minggu lalu minta jajan. Saya bilang ga ada uang. Ibu sedang tidak punya. Apa coba jawabnya?
    "Makanya ke ATM, biar bisa dapat uang!"

    Lho, emang di ATM uang tinggal ngambil. Tapi ya kalau rekening ada saldonya, yaaa...

    ReplyDelete
  4. emang anak pun harus belajar keuangan dari kecil, supaya hidupnya ga boros. Inget suka ada temen yg boros dan gaya hidupnya foya2, mungkin pas kecilnya ga diajarin cara memperlakukan uang yg semestinya

    ReplyDelete
  5. Keren evennya mba Lid, megajarkan anak mengeola keuangan dan mengajarkan berbagi. Artinya mengajarkan kemandirian dan mengajarkan kasih sayang pada sesama. Prudential konsisten melakukan edukasi ke masyarakat ya

    ReplyDelete
  6. Taman Literasi Keuangan! Catet deh untuk menjadi tujuan berlibur sama keponakan2ku. Thank you for sharing this ya, Mbak.

    ReplyDelete
  7. Waah..seru sekali acaranya ya.. pasti Alvin suka deh.. Program ini keren ya..memperkenalkan pengelolaan keuangan sejak dini memang penting sekali ya..

    ReplyDelete
  8. aku setuju sama 4 konsep pengelolaan diatas sebenarnya kalau boleh nambah 1 lagi, invest biar anak anak belajar investasi sejak dini hihi

    ReplyDelete
  9. Ya ampun, seru banget ya acaranya. Jadi pingin ikutin anak di acara beginian. Kapan ya, ada di Semarang?

    ReplyDelete
  10. seruuu! SID pasti suka nih bisa langsung bertemu tokoh Cha-Ching favoritnya. Selama ini kami belajar keuangan lewat board game Cha-Ching dan nonton videonya.

    ReplyDelete
  11. Gaya Mama sama kak Alvin sama yaa...kalau di foto.
    Suka banget sama acara menyenangkan untuk edukasi anak-anak.
    Pendekatan yang sesuai bisa bikin anak paham dengan cepat.

    ReplyDelete
  12. Segala kebiasaan baik itu emang harus mulai dari kecil ya Mbak. dan aku baru tahu soal tokoh cha ching ini karena nggak punya TV dan jarang nonton YouTube hahaha nanti deh pengen intip bareng anak-anak

    ReplyDelete
  13. Wah senang banget ya bisa bermain yg bermanfaat seperti ini... Kadang ortu suka lupa memberi bekal ilmu ini ke anak2..

    ReplyDelete
  14. Wah seru ya kegiatan di Taman Literasi Keuangan ala Prudential. Setuju sih kalo mengajarkan anak-anak itu dengan cara yang asik. Apalagi menabung, kalo enggak sejak dini dikenalkan, takutnya saat kerja dapat penghasilan tapi nggak punya tabungan

    ReplyDelete
  15. Anak-anak memang harus dini di edukasikan tentang keuangan. Dan kayaknya aku akan mengajak anak untuk pelajari ini juga :)

    ReplyDelete
  16. salfok sama foto terakhir, mba lidya kaya anak-anak gitu gayanya hehehe. masih cute sih, btw namanya lucu ya mba chaching hehe

    ReplyDelete
  17. Waab asyikknya bermain sambil belajar bersama Cha-Ching. Pastinya lewat konsep ini anak-anak jadi lebih mudah paham dalam menggunakan atau mengelola uang ya Mbak.

    ReplyDelete
  18. Mbak, aku suka banget sama konsep dan kurikulum Cha cing ini. Emang sejak awal anak anak kudu dikenalkan dan melek finansial yaa. Ini caranya fun, jadi anak juga asik belajarnya ya

    ReplyDelete
  19. Duh senangnya lihatnya adeknya Pascal udah gede gini
    Makin pinter kelola keuangan pasti ya karena belajar sama Prudential dengan tokoh Cha Ching

    ReplyDelete
  20. Acaranya seru dan menarik ya. Anak2 enggak sekadar bermain tapi juga secara enggak langsung belajar caranya menghargai uang. Jd supaya enggak dijajani mulu dan punya rasa eman2 jajan kalau gk butuh banget haha

    ReplyDelete
  21. Keren ya program literasi keuangan lewat metode Cha-Ching ini. Bikin anak melek keuangan sejak kecil. Jadi pengen ngajarin juga deh anak tentang keuangan. Biar mereka bisa tahu nabung dan investasi sejak kecil.

    ReplyDelete
  22. Tontonan edukatif yang menyenangkan kayak gini kayaknya lebih mudah diserap daripada diajarin biasa yah mbak. Yang ada anak bosen dan pikirannya malah kemana2 deh.

    Wah moga2 nanti ada juga di Bandung nih, pengen ikutan juga.

    ReplyDelete
  23. Sayang ya uangnya gak bisa ditukar ke uang beneran. 'Kan lumayan buat jajan emaknya di minimarket huahahaha.

    Saya suka banget dengan konsep acara ini. Kalau bawa anak, pasti capek deh ngikutin mereka. Tetapi, ini capek yang asik. Bikin mereka belajar juga bagaimana mengelola keuangan

    ReplyDelete
  24. mau dooooong Lia kalua ada event serupa lagi. This will be perfect for Bo et Obi as well

    ReplyDelete
  25. Waaah, senang banget ini ada kegiatan bagus bangeeeet! Kayanya aku belum pernah mengajari anak tentang konsep EARN ni.... Aku tiru ya Mbaaak, semoga juga bisa ikutan kegiatan seperti ini nantinya....

    ReplyDelete
  26. penting banget mengenalkan cara mengelola uang pada anak sejak dini yaa, Mba. Agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang paddai mengelola keuangan di masa yang akan datang :)

    ReplyDelete
  27. Seru banget ya disana anak-anak bisa belajar mengelola keuangan mulai dari menabung, menghasilkan uang dan juga charity.

    ReplyDelete
  28. anak-anak bisa belajar dari 6 tokoh tersebut ya mba, dan sepertinya akan lebih mudah ditangkap gitu ya ketimbang kita yang jelasin soal literai keuangan untuk anak-anak ini hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...