Monday, July 15, 2019

Belajar Mengelola Uang Bersama Sahabat Cha-Ching

Monday, July 15, 2019
"Ma kapan jalan-jalan lagi? kemping aja yuk, aku belum pernah!" kata Alvin suatu hari. Kita piknik di Taman Literasi Keuangan, Maratam Park, Jakarta aja ya De. Buat kemping atau piknik beneran itu butuh uang lho, saya bilang ke Alvin. Makanya kita perlu kerja dulu dan menabung sebelum untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ih emang anak kecil ngerti dikasih tau hal seperti ini? Makanya perlu diajarkan bagaimana mengelola uang secara fun.



Justru sejak kecil anak-anak perlu mengetahui dan belajar bagaimana mengelola uang dengan tepat. Mungkin mereka selama ini cuma tahu beli sesuatu aja, uangnya dapat dari ATM:) Mereka juga harus mengetahui untuk mendapatkan uang itu harus bekerja terlebih dahulu.

Nah, untuk itulah Prudential Indonesia mengadakan acara "Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching" di Taman Literasi Keuangan, Mataram Park (14/7) kemarin. Selain untuk mengenalkan uang dan cara mengelolanya, anak-anak juga bisa bertemu dan bermain dengan para tokoh Cha-Ching yang biasanya hanya bisa dilihat melalui layar TV. Oh ya event tersebut diadakan untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli mendatang.

Tentang Cha-Ching


Cha-Ching merupakan inisiatif dari Prudence Foundation yaitu salah satu divisi dari Community Investment Prudential Corporation Asia yang dikembangkan bersama Cartoon Network. Dalam proses pembelajarannya Cha-Ching menggunakan pendekatan naratif musikal sehingga anak-anak happy dalam belajar dan bisa cepat diserap oleh mereka.


Buat anak-anak yang sering menyaksikan Cha-Ching di channel Cartoon Network pastinya tahu keenam karakter yang muncul di sana. Tapi, yang gak berlangganan TV kabel bisa kok melihat tayangannya di channel Youtube, ada yang berbahasa Indonesia juga.

Ada 6 tokoh masing-masing mempunyai kebiasaan yang berbeda mewakili kebiasaan banyak orang.

  • Prudence. Dia gemar membuat rencana dengan baik termasuk dalam mengelola uang.
  • Bobby. Hobinya menghambur-hamburkan uang sehingga tanpa sadar dia sering kehabisan uang yang didapatkannya.
  • Zul. Selalu bekerja keras dan sibuk menghasilkan uang untuk ditabung.
  • Pepper. Kerjaannya belanja dan belanja.
  • Charity. Senang membantu sesama dan menyumbangkan uangnya.
  • Justine. Pekerjaannya mencari uang


Mengenal 4 Konsep Utama Pengelolaan Uang


Pagi itu customer Prudential hadir bersama anak-anaknya untuk belajar dan bermain bersama Sahabat Cha-Ching. Anak-anak akan diajarkan mengelola uang melalui 4 konsep dasar yang perlu diketahui.

Sebelum permainan dimulai, anak-anak diberikan sebuah pasport, kartu catatan pengeluaran dan pemasukan, dan modal sebesar Rp20,000 dalam bentuk uang mainan. Di sini orangtua hanya mendampingi dan memberikan pengertian pada anak-anak, untuk keputusan mereka sendiri dalam penggunaan uangnya.

Ada 4 booth yang tersedia untuk didatangi anak-anak, setiap booth paling sedikit harus dikunjungi sebanyak 2 kali untuk memperoleh sticker. Minimal ada 8 sticket yang dapat digunakan untuk menukarkan hadiah setelah permainan usai. Namanya juga belajar sambil bermain, pastinya anak-anak senang kalau diberikan reward.

Earn (Memperoleh)


Uang itu gak datang begitu saja, di sini anak-anak belajar bekerja untuk mendapatkan uang. Ada beberapa permainan bekerja yang bisa anak-anak lakukan untuk memperoleh penghasilan sebesar Rp10,000 seperti menyiram tanaman, membersihkan taman, menyanyi, menarik, atau unjuk kemampuan yang dimiliki.

Anak-anak juga bisa belajar bagaimana tampil di muka umum dan lebih percaya diri. Bayangkan saja mereka bernyanyi di sebuah panggung dan ditonton oleh banyak orang yang tidak dikenalnya. Dari sini mereka bisa belajar bagaimana menumbuhkan tingkat percaya dirinya supaya bisa bertahan hidup besar nanti.


Save (Menyimpan)




Di booth Menabung adalah tempat anak-anak menyimpan uang yang dimilikinya baik yang didapatkan dari modal maupun hasil dari bekerja. Di sini anak-anak bisa belajar bagaimana caranya menyimpan uang yang tepat.

Dari menabung anak-anak bisa memperoleh semua keinginannya tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan. Menabung dari dari sekarang supaya besar nanti tidak menyesal. Jika punya rencana maka kehidupan bisa sukses.


Spend (Membelanjakan)



Di booth ini ujian bagi anak-anak mulai muncul, karena di sini di jual aneka makanan seperti gulai, es krim, jagung manis, pensil warna dan kertas mewarnai, serta kertas origami. Dari uang modal yang diberikan bebas aja mau digunakan untuk membeli apa.

Jika membeli kerta origami dan kertas menggambar seharga Rp5.000 nantinya kedua barang ini bisa dijual di booth "Memperoleh" dan mendapatkan uang tambahan Rp,10.000. Banyak anak yang membelanjakan uangnya untuk memperoleh keuntungan sebelum membeli makanan yang diinginkan, tetapi ada pula yang langsung menghabiskannya untuk makanan tersebut.


Donate (Menyumbang)


Anak-anak juga diajarkan untuk saling membantu sesama, begitu pula di program Cha-Ching ada booth Donate. Dari uang yang mereka miliki bisa didonasikan di kotak yang sudah disediakan, nantinya uang tersebut akan digunakan untuk keperluan membeli alat tulis bagi anak-anak yang membutuhkan di Palu.


Nah ini dia tokoh Charity yang gemar menyumbang untuk sesama. Sejak kecil anak-anak perlu dibiasakan untuk membantu dalam bentuk apapun.

Setelah waktu belajar sambil habis anak-anak pun dihibur oleh pertunjukan sulap dari Kak Wang dengan balon-balon ajaibnya. Oh ya bagi anak-anak yang berhasil mengumpulkan paling sedikit 8 sticker mendapatkan mainan hot wheel bagi anak laki-laki dan barbie bagi anak perempuan.

Sedangkan bagi anak yang memenangkan lomba pastinya mendapatkan hadiah tambahan dari mattel. Juaranya ada 3 kategori yaitu paling banyak menabung, paling banyak berdonasi, dan bekerja paling banyak.

Peranan orangtua sangat penting dalam mengajarkan anak untuk mengelola uang sejak dini agar besar nanti mereka bisa hidup sukses. Kalau teman-teman mau mampir ke Taman Literasi Keuangan bisa tiap saat lho, di sana ada permainan yang bisa digunakan untuk belajar mengelola uang. Taman tersebut memang didirikan oleh Prudential untuk masyarakat.

Masa depanmu bergantung padamu dan semua pilihan yang kau ambil
Sunday, July 14, 2019

Drama Korea komedi Yang Bikin Senyum-senyum

Sunday, July 14, 2019
Serial drama Korea yang selama ini muncul menjadi judul favorit memang selalu mengedepankan unsur romantis. Kisah cinta yang penuh dengan intrik dan tentunya menyentuh jadi jalan cerita yang disukai banyak orang dan jadi trademark sebuah judul drama Korea. Tapi ternyata ada genre komedi yang tak kalah serunya untuk ditonton. Buat kamu yang suka dengan lelucon dan cerita humor yang segar, tentu ada pilihan lain selain mencari judul drama korea romantis. Kamu bisa memilih Drama Korea Komedi yang juga memiliki cerita yang unik, segar, dan tentunya akting kawakan yang tak akan mengecewakan. Berikut ini rekomendasi drama Korea Komedi yang bisa kamu jadikan alternative tontonan di akhir pekan.



Thursday, July 11, 2019

Cari Tahu Asuransi Perjalanan Terbaik Yang Tepat Sebelum Liburan

Thursday, July 11, 2019
Travel brings power and love back into your life. Tiap perjalanan ada banyak cerita dan pengalaman yang didapatkan. Sebelum melakukan traveling pastinya ada beberapa hal yang perlu disiapkan seperti dana, tiket, dan kesehatan. Apakah perlu menyiapkan asuransi perjalanan terbaik dalam melakukan traveling?

asuransi perjalanan


Bicara soal asuransi perjalanan, mungkin banyak teman-teman yang belum terlalu memprioritaskan hal ini. Kebanyakan hanya menyiapkan akomodasi dan itinerary selama perjalanan saja, karena masih banyak yang beranggapan kalau asuransi ini hanya menanggung risiko ketika nasabahnya sakit atau kecelakaan saja, padahal banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Siapa sih yang mau dalam liburannya memiliki kendala, pastinya menginginkan perjalanan yang lancar. Tapi, namanya halangan bisa datang kapanpun tidak dapat kita duga sebelumnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika membeli asuransi perjalanan sebelum melakukan traveling.

Tanggungan Penundaan Pesawat

Meskipun tiap penerbangan mempunyai jadwal yang sudah dibuat oleh maskapai masing-masing, tetapi ada kalanya kendala yang terjadi di lapangan misalnya keterlambatan pemberangkatan pesawat. Kalau terlambatnya hanya beberapa menit atau 1-2 jam mungkin masih bisa ditolerir ya, bagaimana kalau terlambatnya hingga belasan jam bahkan dalam waktu yang belum diketahui. 

Keterlambatan perjalanan pesawat pastinya menyebabkan banyak kerugian yang akan dihadapi oleh penumpang, selain rugi waktu juga maupun financial. Bayangkan jika kita mempunyai pekerjaan yang sudah terjadwal, bukankah hal demikian akan merugikan kita seandainya saja ada penalti yang harus dibayarkan kepada pihak client.

Nah, di sinilah peran asuransi dapat diandalkan karena jika kita sudah memiliki asuransi perjalanan maka keterlambatan pemberangkatan pesawat bisa ditanggung oleh asuransi. Biasanya ada batas waktu minimal keterlambatan yang sudah ditetapkan oleh tiap perusahaan asuransi sekitar 6-12 jam.

Selain kompensasi uang yang bisa didapatkan, penumpang juga bisa mengatur ulang penerbangan bahkan biaya untuk menginap di hotel jika pesawatnya akan terbang di esok hari. Apa jadinya kalau tidak ada asuransi, kita harus mengeluarkan biaya tambahan sendiri untuk booking hotel.


Kehilangan Bagasi


Jadwal pesawat yang kita tumpangi sesuai jadwal, eh di kota tujuan ternyata kita mengalami masalah lain seperti bagasi hilang atau adanya kerusakan bagasi yang dibawa. Mau minta ganti rugi ke siapa coba? Ke maskapai? buktinya apa?

Melalui asuransi perjalanan semua kerugian tersebut bisa akan mendapatkan ganti rugi yang sesuai dengan perjanjian awal yang tertera pada premi. Setidaknya kita tidak akan mengalami kerugian besar atas kehilangan semua barang.


Perlindungan Rumah Yang Ditingalkan Saat Traveling


Saat melakukan perjalanan sekeluarga, kadang kita was-was meninggalkan rumah kosong. Risiko paling buruk biasanya adalah kebakaran. Niatnya liburan untuk bersenang-senang, waktu pulang melihat rumah habis dilalap api, siapa pun akan shock. Kalau punya dana lebih untuk membangun dan membeli rumah lagi sih gak terlalu dipikirkan, apa jadinya kalau gak punya simpanan lebih.

Asuransi perjalanan ternyata juga memberikan perlindungan akan rumah yang ditinggalkan oleh nasabahnya dari risiko kebakaran.


Perlindungan Dokumen Selama Perjalanan


Selama perjalanan ke luar negeri, semua dokumen harus disimpan dan dibawa dengan aman dan hati-hati. Tapi jika mengalami musibah seperti kecopetan yang menyebabkan kehilangan semua dokumen penting asuransi perjalanan juga bermanfaat sekali karena semua biaya untuk mengurus dokumennya akan ditanggung.

Cari Asuransi Perjalanan Yang Tepat


Berbagai penawaran asuransi perjalanan bisa dipilih oleh nasabahnya, tapi ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memilih asuransi yang tepat.

Premi sesuai kebutuhan


Masing-masing asuransi mempunyai premi yang berbeda yang disesuaikan dengan perjalanan yang akan dilakukan.

Manfaat apa saja yang akan didapatkan


Jangan asal membeli premi tapi tidak mengatahui apa saja yang akan kita dapatkan. Beberapa produk asuransi mungkin saja tidak menawarkan proteksi terhadap rumah yang ditinggalkan selama perjalanan.

Klaim mudah


Jangan hanya manis janji di awal, tapi saat melakukan klaim dipersulit. Di sinilah kenapa banyak orang yang enggan membeli asuransi perjalanan. Setelah melakukan survey kita bisa menentukan asuransi mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan saat bepergian.


Pilih Asuransi Perjalanan di CekAja



Dari pada susah-susah mendatangi satu agen asuransi satu ke agen asuransi lainnya, lebih praktis kalau melakukan survey asuransi perjalanan melalui cekaja.com saja karena bisa dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun kita berada.

Di web ini kita bisa menentukan premi yang diinginkan sesuai dengan perjalanan yang akan dilakukan baik domestik maupun internasional. Dalam hitungan menit polis pun bisa dapat diterbitkan. Syaratnya pun cukup mudah, degan menyiapkan dokumen standard yang diperlukan seperti KTP dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Pastikan untuk membaca semua persyaratan dengan detil sebelum memilih dan membayar polis asuransi ya.



Sekarang teman-teman jadi tahu lebih banyak mengenai manfaat asuransi perjalanan bukan? Jadi, tidak hanya memberikan perlindungan diri saja, tapi mendapatkan perlindungan penting lainnya. Berbagai penawaran asuransi secara online bisa diperoleh melalui https://www.cekaja.com/asuransi-perjalanan. Selamat berlibur.

Wednesday, June 26, 2019

TiaraPot : Cara Cerdas Masak Tanpa Repot

Wednesday, June 26, 2019
"Ma aku mau makan lagi!" kata Alvin. Duh De padahal kan baru aja sarapan, pastinya makanan untuk makan siang belum siap karena jam 10 pagi aja belum masuk. Gini nih libur sekolah 2 bulan, mamanya harus siap sedia bahan masakan terus supaya sewaktu-waktu ada yang minta makanan bisa langsung dibuat. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...