Persiapan Ulangan Harian? Bimbel Online Interaktif Pelajaran Eksakta di Sinotif Aja

Benarkah pelajaran eksakta itu mengerikan? Kalau tahu trik belajarnya pasti anggapan seperti ini akan hilang. Intinya harus fokus dan punya motivasi yang kuat dalam belajar. Ketika tiba waktunya ulangan pun anak-anak sudah siap. Persiapan ulangan harian itu gak bisa dilakukan secara kilat alias pakai sistem kebut semalam. Penasaran cara belajar mata pelajaran eksakta yang efektif?





Kurang lebih sudah 2 bulan anak-anak masuk sekolah di tahun ajaran 2023-2024 ini, artinya sebentar lagi akan memasuki masa ulangan harian nih. Nilai ulangan harian ini gak bisa dianggap remeh karena akan dikumulasikan dengan nilai lain sehingga menghasilkan nilai total untuk bekal masuk sekolah selanjutnya. 

Cara belajar mata pelajaran eksakta yang efektif?

Jarang sekali satu anak bisa menguasai semua mata pelajaran dengan sempurna, namun mereka juga dituntut untuk menguasainya kalau tidak mau nilainya anjlok. Mungkin untuk mata pelajaran hapalan lebih mudah dikuasai asalkan rajin membaca dan mempelajarinya. Lalu bagaimana dengan mata pelajaran eksakta? Gak semua anak dengan mudah menguasainya.

Pahami Dulu Konsep Dasarnya


Pada dasarnya pelajaran eksakta itu penuh dengan hitung-hitungan. Setiap permasalahan pasti ada rumusnya, nah di sini siswa jangan sampai hanya bisa menghafal rumus saja melainkan memahami terlebih dahulu konsep dasarnya.

Dengan menghafal saja dikhawatirkan siswa tidak bisa mengerjakan soal-soal lain yang sudah dimodifikasi. 


Berlatih Lebih Sering Mengerjakan Soal-soal


Banyak berlatih dan mengulik soal-soal pelajaran eksakta merupakan cara lain belajar yang efektif. Beruntungnya anak-anak yang hidup di zaman teknologi seperti saat ini karena banyak contoh-contoh soal yang bisa didapatkan juga secara gratis tanpa harus membeli buku. Tinggal diniatkan dan mendisiplinkan diri untuk mempelajarinya Insya Allah akan jauh lebih mudah ketika menyelesaikan ulangan nantinya.


Membuat Catatan Agar Lebih Mudah


Dengan membuat catatan hal-hal penting dari pelajaran akan membuat kita bisa lebih mudah mengingat juga. Buat catatan dengan simple dan mudah dipahami, ketika dibutuhkan bisa langsung dilihat.

Afirmasi Positif


Gimana mau bisa pelajaran matematika atau pelajaran eksakta lainnya kalau di dalam diri kita sudah ditanamkan pelajaran ini sulit. Alangkah lebih baik jika memiliki afirmasi positif terlebih dahulu bahwa pelajaran eksakta itu juga menyenangkan kok.

Sebagai orangtua juga kita wajib memberikan support pada anak-anak bukannya malah menambah kesulitannya. Ikuti pelajaran anak-anak supaya bisa membantu dan membimbingnya. Jika tidak bisa lagi membantu coba deh ikut bimbingan belajar saja.

Ikut Bimbel Online

Ikut bimbingan belajar itu bukan cuma buat anak-anak yang sudah paham tentang pelajaran saja, tapi juga berlaku buat anak yang ingin meningkatkan kemampuan dan punya target lainnya misalnya masuk universitas, masuk sekolah unggulan dan lain-lain.

Loh kok pilihnya bimbel online sih? Kenapa gak pilih bimbel offline saja apalagi masa pandemi sudah lewat dan anak-anak sudah bisa kembali belajar tatap muka kembali.

Kalau menurut saya bimbel online juga masih dibutuhkan kok, apalagi anak-anak juga sudah banyak aktivitas di sekolahnya. Dengan ikut bimbingan belajar online maka anak mempunyai waktu istirahat lebih lama dan bisa menghemat waktu karena tidak perlu pergi ke tempat les. Ketika memutuskan untuk memilih bimbel online harus yang bisa memahami kebutuhan siswa sehingga proses belajar lebih mudah dan menyenangkan. Ada loh tempat bimbel online interaktif rasa tatap muka di Sinotif.





Sinotif Bimbel Online Rasa Tatap Muka


Pada postingan blog sebelumnya saya membahas juga tentang bimbel online interaktif rasa tatap muka di Sinotif. Jadi di sini murid dan guru dapat berkomunikasi dua arah dalam pembelajarannya. Menggunakan metode Sinotif Learning Method yang sudah teruji dan terbukti lebih dari 20 tahun membantu murid-murid dalam bimbingan belajar mulai dari tingkat SD hingga SMA baik menggunakan kurikulum Nasional, Nasional Plus maupun Internasional

Karena penasaran dengan Sinotif, saya pun mendatangi lokasi tempat bimbingan belajar yang ada di Kemang Pratama, Bekasi untuk mendapatkan informasi lebih detail. Di sana saya bertemu dengan Kak Juan, konsultan edukasi di Sinotif. Kalau selama ini hanya tau informasi Sinotif melalui websitenya saja, sekarang sudah jelas banget apa saja yang didapatkan siswa jika bergabung di bimbel online Sinotif

Siswa yang belajar di sinotif akan mendapatkan pelajaran dengan pemahaman materi sesuai kebutuhan dan tingkatan sekolahnya masing-masing. Seperti yang kita ketahui kalau gaya belajar anak itu berbeda-beda.mulai dari visual, auditori, kinestik, hingga sosial. Menurut Kak Juan nantinya guru yang mengajarkan akan memberikan pemahaman yang berbeda sesuai dengan gaya belajar siswanya, yang sebelumnya sudah dites terlebih dahulu pastinya.

Meskipun belajar secara online tapi siswa bisa berinteraksi langsung dengan guru melalui Zoom. Untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa, Sinotif juga memberikan latihan soal-soal untuk siswanya. Jika ada PR yang tidak dimengerti juga dapat berkonsultasi secara langsung.

Bimbingan Belajar Khusus Eksakta


Sinotif sudah berdiri sejak 25 Maret 2000 dan punya fokus pada mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Metode yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswanya. Tiap siswa punya target belajar yang ingin dicapai maupun ada tuntutan dari sekolah. Nah Sinotif Learning Method ini dapat menyesuaikan.

Saya sarankan untuk teman-teman yang membutuhkan bimbel online matematika di Sinotif untuk datang langsung terlebih dahulu ke lokasi atau dapat berkonsultasi melalui zoom agar mendapatkan metode yang tepat untuk anaknya. di Sinotif ada 3 paket bimbingan belajar yaitu Premier Gold, Premier Diamond, dan Premier Platinum.




Bagi orangtua yang anaknya belajar di Sinotif juga diberikan laporan perkembangan pembelajaran anaknya, sehingga sampai mana progres dan kemampuannya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan target yang diinginkan. Untuk guru-guru yang mengajar di Sinotif merupakan guru specialis dan full time sehingga fokus mengajar sisa di Sinotif saja.

Ada dua kelompok siswa yang mengikuti bimbel online di Sinotif yaitu:
  • Siswa yang kesulitan dalam memahami pembelajaran dan nilainya mengkhawatirkan
  • Siswa berprestasi ingin memaintain nilai dan punya tujuan ke sekolah impian
Kedua kelompok siswa ini ke depannya mempunyai persiapan ulangan harian yang lebih matang setelah mengikuti bimbel online interaktif pelajaran eksakta di Sinotif yang memiliki metode dan teknik pembelajaran fun serta mudah dipelajari sesuai dengan kebutuhan siswanya.

Anak-anak masuk di kelompok mana? 



Post a Comment

23 Comments

  1. Dulu, pelajaran eksak berasa sulit karena cara belajarnya monoton. Mana guru eksak, terutama matematika, kesannya selalu killer hahaha.

    Tapi, zaman sekarang banyak buku-buku eksak yang menyenangkan. Bahkan ada yang dalam bentuk komik. Semakin bagus lagi, ada bimbel seperti Sinotif yang juga peka dengan hal ini. Bisa membuat konsep supaya pelajaran eksata gak lagi menyeramkan.

    ReplyDelete
  2. Eksakta ini memang gampang2 susah ya. Kudu banyak menghafal, merangkum dan latihan. Tentunya dengan adanya bimbel online Sinotif, siswa jadi terbantu untuk lebih memahami materi dan soal2

    ReplyDelete
  3. berhubung masih orang doeloe,
    anak-anak kok masih nyaman ada tatap mukanya ya, jadilah aku ambil yang bisa online offline juga

    ReplyDelete
  4. Sip Mbak Lidya, thanks informasinya yang sangat berguna. Aku jadi punya pilihan untuk bimbel Aisyah, siapa tahu nanti diperlukan untuk mata pelajaran eksakta. Aku tertarik dengan paket Premiere Platinum. Gak terlalu rame, tapi tetep perlu ada teman supaya suasana belajarnya tetep mengundang semangat.

    ReplyDelete
  5. Si kakak nomor 1 dan 2 tuh lagi pingin juga ikutan bimbel, memang terutama utk mata pelajaran science dan matematika, tapi memang mereka cenderung lebih prefer yang tatap muka. Nah cuma klo yg online tuh jauh lebih felsibel sih ya soal waktu

    ReplyDelete
  6. seru banget jaman now bimbel nya udah tersedia yg online, makin efektif dan juga Sinotif ini ternyata worth it yaa karena semua guru2 nya pasti kredibel dan fokus mengajar di sini. Apalagi ada reporting tentang progress pembelajaran anak2

    ReplyDelete
  7. Kayaknya rekomend nih buat anakku yang SMP, apalagi via online ya karena kebetulan dia jarang bisa offline. Pulang sekolah sudah sampai rumah teler, karena dari pagi hinggal sore

    ReplyDelete
  8. Jaman saya sekolah, pelajaran eksakta itu identik dengan hal yang menyeramkan saking merasa susah dalam hal pelajaran. Padahal kalau tahu metode pembelajaran seperti yang diterapkan oleh Sinotif, sepertinya bayangan menyeramkan itu akan sendiri hilang ya

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu bimbel sinotif ini ya Mba, anak aku juga sedang berjuang nambah ilmu dan wawasan melalui kelas online. Jadi butuh yang rekam jejaknya bagus dan bisa membatu problem anak dalam belajar

    ReplyDelete
  10. Enak ya kalau bimbelnya online gini, karena anak sekarang tuh jam sekolahnya saja sudah sampai sore. Jadi kalau habis dari sekolah langsung bimbel tuh suka kasihan, aku lebih senang belajar online dari rumah sih.

    ReplyDelete
  11. Sekarang gak perlu ribet nyari guru yang oke karena ada bimbel online kaya Sinotif ini. Menurutku jadi memudahkan banyak orang sih. Orang tua gak perlu ribet antar jemput anak buat les karena pakainya zoom. Tinggal ngawasi doang yaaa

    ReplyDelete
  12. Pelajaran eksakta memang seringkakinya menjadi hal yg menakutkan buat anak ya mba. Tapi dengan bantuan program bimbel biasanya memudahkan anak untuk mengerjakan soal yg rumit. Sinotif pastinya bisa jadi pilihan yg tepat untuk anak2.

    ReplyDelete
  13. Pelajaran IPA emang susah. Kalo dari sekolah masih belum paham perlu dapat tambahan bimbel ya. Anakku jurusan MIPA sekarang tapi masih belum ikut bimbel.

    ReplyDelete
  14. iya mbak, kalau ekstakta gak ngerti konsepnya bakalan gak bisa mengerjakan soal yang sudah mulai sulit. kalau sudah paham konsep, serumit apapun latihan yang diberikan akan bisa mengerjakannya dengan baik

    ReplyDelete
  15. Salut banget sama anak jaman sekarang yang belajar based on pemahaman. Gak kaya anak dulu yang catetannya banyak, bukunya juga banyak. Anak sekarang alhamdulillah, konsepnya uda dapet, dan bisa memahami.

    Dengan pembiasaan waktu belajar yang baik dan dibantu Bimbel Online Interaktif Sinotif, bisa menambah keilmuan anak untuk hadapi berbagai jenis pertanyaan yang mungkin muncul saat ujian.

    ReplyDelete
  16. Mungkin karena abis pandemi ya. Aku ngerasa pelajaran di sekolah gak bisa deh banyak diandalkan untuk anak menguasai pelajaran. Harus ada tambahan bimbel supaya makin ngerti. Apalagi buat ulangan, harus bener2 ngerti. Dan ya, bimbel online ini pilihan yang paling mudah.

    ReplyDelete
  17. Next mau ikutan juga anak2ku mba terutama yg cowok deh.. mau aku les di sinotif lumayan juga gak keluar rumah dan hemat waktu d jalan juga apalg dh berpengalaman

    ReplyDelete
  18. Menarik ya Sinotif ini. Jadi kepikiran masukin anak ke-3 bimbel online juga. Soalnya ngandelin pelajaran dari sekolahg rasanya gak cukup. Soalnya udah deket kelulusan nih.

    ReplyDelete
  19. Aku dulu malah terbalik mbak, malah gak suka pelajaran hafalan, enakan eksakta yang langsung praktek. Tapi menarik banget ya ini Sinotif, kita jadi bisa memberi pelajaran tambahan ke anak tanpa keluar rumah lagi dan bikin anak makin capek. Kadang yang bikin anak gak mau itu bukan karena mereka gak tertarik, tapi karena mereka udah capek ke sekolahnya lalu harus pergi lagi untuk bimbel ya, huhuhu.

    ReplyDelete
  20. aku tertarik nih mak dengan tawaran paketannya. Anakku ada yang butuh nih untuk persiapan ujian akhir. di Jogja ada ASPD untuk ujian akhir daerah

    ReplyDelete
  21. Sinotif rekomendasi banget buat anak mendapatkan bimbingan belajar tambahan selain dari sekolah. Khususnya untuk ilmu eksak, Matematika, Fisika, dan Kimia.

    ReplyDelete
  22. belajar secara online tuh enaknya gak peduli cuaca hujan panas, les bisa tetap berjalan sesuai jadwalnya. Tapi ada sih orang tua yang udah underestimate anaknya isa atau gak buat ikutan les online.

    ReplyDelete
  23. Keren banget Mak ada layanan 24 jam juga. Bisa bantu temen2 yang begadang belajarnya biar sekalian konsultasi kalo ada kesulitan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya