Morinaga Morigro Penambah Nafsu Makan Anak Untuk Anak Susah Makan

Pernah mengalami anak susah makan? Sebagai orangtua pasti bingung dan cari cara untuk mengatasinya. Ada gak sih penambah nafsu makan anak supaya gak susah makan dan tidak pilih-pilih makanan?

penambah nafsu makan anak

Cari Tahu Penyebab Anak Susah Makan


Momen MPASI pertama anak selalu ditunggu, begitu pula oleh saya. Rasanya sudah gak sabar ingin menyuapinya, sampai-sampai tidak memperhatikan porsi maupun keberagaman makanan yang diberikan. Sebagai ibu baru hingga saat ini setiap harinya selalu belajar hal-hal baru termasuk urusan makan pada anak.

Senangnya jika semua makanan yang diberikan masuk ke mulut anak dan dimakan dengan lahap. Tapi hidup ini gak berjalan manis saja pasti ada lika liku yang dihadapi salah satunya adalah drama makan seperti gangguan tutup mulut, picky eater hingga mengemut makanan.

 Ciri-ciri anak mengalami masalah makan (feeding difficulties) itu beragam diantaranya menolak makan, makan dalam waktu yang lama, terdistraksi, pemberian ASI yang berkepanjangan, terlambat mengenalkan MPASI, tidak ada variasi menu makanan dan lain-lain. Anak susah makan pasti ada penyebabnya, jika tidak dicari penyebabnya dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Gimana sih cara mencari penyebabnya? Konsultasi dengan ahli gizi atau bisa juga mengikuti talkshow kesehatan supaya mendapatkan edukasi lebih tepat untuk penanganan anak susah makan.

 Kebetulan sekali saya menghadiri talkshow kesehatan yang diselenggarakan oleh Morinaga Morigrow (18/7) di Habitate Jakarta. Tema talkshow yang diangkat adalah "Kenali Sebab & Dampak Anak Susah Makan". Di sini saya akan berbagi informasi kesehatan yang pastinya bermanfaat untuk saya sendiri juga pembaca lain yang kebetulan mengalami permasalah anak susah makan. Diharapkan dengan membaca artikel ini dapat membantu mengatasinya.

Pada talkshow narasumber yang hadir memberikan informasi seputar kesehatan antara lain:
  • Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(k), Ph.D (pakar gastrohepatologi)
  • Vera Itabiliana, S.Psi, M.Psi (Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan UI)
  • dr. Bernie Endyarni Medise , Sp.A(k).M.Ph (dokter tumbuh kembang anak RSCM)
  • dr. Muliaman Mansyur (Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals)
  • Junita (Business Unit GUM Head KALBE Nutritionals)
Talkshow kesehatan
(ki-ka) Helly Oktaviana - Business Unit Infant & Baby Head KALBE Nutritionals, Ronald Unadi Director Of Baby, Woman And Children Nutrition, Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gastrohepatologi, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM, Vera Itabiliana S. Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals, dr. Dewi Virdianti, Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals 



Pada kesempatan itu narasumber memberikan informasi mengenai penyebab anak susah makan. Tahun pertama anak pertama kali makan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan karena jika dipaksakan makanan akan menjadi ancaman buat anak dan membuatnya trauma. Selain itu kebiasaan makan orangtua, interaksi antara pengasuh (orangtua maupun orang dewasa yang ada di rumah) ikut mempengaruhi kebiasaan makan anak.


Kebiasaan Makan Berhubungan Dengan Tumbuh Kembang


Makan itu tidak hanya memenuhi asupan nutrisi saja tetapi ada interaksi di dalamnya antara anak dan orangtua maupun pengasuh. Makan berhubungan dengan proses menelan dan dibutuhkan koordinasi antara otot dengan central yaitu otak. Menelan berhubungan dengan central, makanan masuk ke dalam mulut, kemudian makanan masuk napas akan tertutup dan makanan siap menuju ke bawah.

Morigro



Ketika proses makan terganggu maka akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, adapun faktor yang mempengaruhinya antara lain generik, nutrisi, dan lingkungan.

Salah satu narasumber yang hadir memberikan infromasi tanda-tanda anak tidak mau makan yang perlu diwaspadai orangtua:
  • Berat badan ada yang tetap, naik atau turun
  • Merujuk kurva yang ada pada KIA
  • Penyakit stunting segera konsultasi dan berkunjung ke tenaga kesehatan untuk melakukan evaluasi serta terapi yang tepat
  • Kebutuhan nutrisi tidak cukup sehingga menyebabkan pertumbukan otak dan fisik terganggu.
  • Timbung fungsi lain seperti imunitas tubuh menurun dan infeksi
  • Mengalami gangguan perkembangan seperti tidak ada energi untuk bermain dan mengalami keterlambatan perkembangan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Setelah mencari tahu penyebab anak susah makan, selanjutnya adalah cara mengatasinya. Apabila ditemukan banyak penyebab cobalah untuk membuat catatan seperti berikut :
  • Pastikan tidak ada masalah organik seperti lingkungan dan kebiasaan meliputi kisah di balik aktivitas makan, tempat makan, ekspresi pemberi makan dan lain-lain.
  • Evaluasi kembali jika ada kesalahan dengan reflexi diri dan melakukan afirmasi positif yaitu sabar dan buat suasana makan dengan santai dan menyenangkan.
  • Jika dibutuhkan meminta bantuan ahli ketika orangtua sudah kewalahan dan mencoba mengatasi masalah susah makan pada anak dengan berbagai cara.
  • Membangun komunikasi yang baik dengan anak.
  • Memberikan nutrisi tambahan agar tumbuh kembang anak bisa optimal. Untuk masalah nutrisi dapat diberikan MORIGRO agar anak bisa tumbuh maksimal.

Peluncuran Susu Morinaga MORIGRO


Setelah pelaksanaan talkshow kesehatan, di tempat yang sama juga diadakan peluncuran susu pertumbuhan yaitu susu MORIGRO yang baik untuk tumbuh kembang di kecil. Bertepatan juga dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Morinaga MORIGRO juga ingin tetap membantu para ibu untuk melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak khususnya untuk anak yang susah makan. Tujuan tersebut juga sejalan dengan teman Hari Anak Nasional tahun 2023 yaitu "Anak Terlindungi Indonesia Maju."

susu morinaga Morigro



MORIGRO ini hadir dengan formula GROMAX di mana didalamnya mengandung :
- Minyak Ikan untuk meningkatkan nafsu makan anak,
- Tinggi Kalsium dan Vitamin D
- Vitamin ACE & Zinc
- DHA, Omega 3&6, number 14 vitamin & 9 mineral
- Bifidobacterium longum BB536 dan serat FOS.

Ada dua varian rasa Morinaga Morigro yaitu Morigro vanila dan Morigro madu. Kandungan gula di dalamnya ednah, saya pun sempat mencicipi rasa madu, rasa manisnya bisa ditolerir buat saya yang gak suka manis.

 Perlu dicatat ya kalau Morinaga Morigro ini bukan susu pengganti makanan melainkan nutrisi penambah nafsu makan anak agar anak lahap makan kembali.

Morinaga Morogro hanyalah asupan tambahan agar anak tidak susah makan. Selanjutnya orangtua wajib memperbaiki kebiasaan makan anak dengan baik terapkan aturan dengan disiplin serta memberikan pengertian kepada anak sesuai dengan usianya.

Dengan konsumsi Morigro anak dapat mengambil manfaat susu bagi pertumbuhan. Di mana susu ini juga bergungsi sebagai susu pertumbuhan anak 1 tahun dan susu penambah berat badan anak 1 3 tahun serta susu penambah nafsu makan anak.



Website : https://morigro.id/ | Instagram : @morigro.id

Post a Comment

9 Comments

  1. Aku ngefek loh buat anakku, Alhamdulillah solusi lahap makan anak udah ketemu

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kak, dengan kandungan formula gromax dan minyak ikan, jadi nambah nafsu makan anak, si Kecil ku juga jadi lahap setelah konsumsi Morigro

    ReplyDelete
  3. Datang ke acara ini jadi dapat info lebih banyak ttg anak susah makan. Seneng bangeet

    ReplyDelete
  4. Anakku juga suka banget ni mba, dia suka varian yg vanila, rasanya manis2 ga terlalu gimanaaaa gt :) aku pas coba juga suka vanila

    ReplyDelete
  5. Udah coba kak susu morigro untuk anakku dan ponakan juga ...beneran nih ada perubahan di pola makannya..

    ReplyDelete
  6. Wah banyak kelebihannya ya Bun

    ReplyDelete
  7. Aku pernah mengalami, tapi gak lama karena memang waktu itu langsung tanya dokter anak dan langsung bikin variasi makanan. Kalau sekarang karena sudah minum Morigro juga jadi aman deh, malah tambah lahap makannya.

    ReplyDelete
  8. Susu Morigro ini ternyata rasanya enak, anakku sampai suka banget minumnya, makannya jd lahap

    ReplyDelete
  9. Wah kok bisa dapat undangannya? Beruntung sekali

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya