badge

Wednesday, October 26, 2011

Belajar Sempoa

Hampir seluruh teman-temannya Pascal disekolah mengikuti berbagai macam kursus atau les.Seperti kursus membaca,menulis dan berhitung. Tapi tidak ada tidak dengan Pascal, dia hanya mengaji di TPA saja. Tapi bukan berarti aku lepas begitu saja, aku tetap mengajarkan Pascal belajar sambil bermain dirumah.Allhamdulillah Pascal sudah lancar membaca,menulis, berhitung serta bisa membaca Al Qur'an. Aku pernah posting bagaimana cara aku mengajarkan Pascal membaca di sini.

Tapi namanya anak-anak, ketika temannya ikut les atau kursus terkadang ada rasa ingin mengikuti kursus juga.Kebetulan teman dekatnya Pascal mengikuti kursus sempoa atau abakus. Pascal juga merengek untuk belajar sempoa,Allhamdulillahnya tidak merengek ikut lesnya. Kebetulan suamiku punya buku belajar sempoa dan sempoanya yang dibeli sejak Pascal bayi.

Untuk memenuhi keinginan Pascal belajar sempoa, aku rela belajar dari awal yang diajarkan oleh suamiku sendiri. Kenapa ya aku tidak ada keinginan belajar sejak awal. Tapi demi anak aku bisa kok ternyata belajar dengan cepat. Sehingga aku bisa mengajarkan sempoa sendiri ke Pascal.

Antusias sekali Pascal belajar sempoa, mulai belajar mengenal manik angka 1-10 hingga ribuan sudah bisa. Beberapa penambahan juga sudah mulai dikuasai dalam waktu seminggu. Tapi khusus untuk penambahan yang melibatkan manik 10 masih agak bingung, jadi aku ajarkan penambahan yang sesuai dengan kemampuannya dulu.


36 comments:

  1. Wah keren, diajarin sendiri sama mamanya. Oya perasaan aku punya buku itu, hihihi.

    Aku waktu kecil juga sempoa, dan itu bermanfaat banget. Karena sampe sekarang aku masih bisa ngitung perkalian puluhan kali satuan dengan cepet. *curhat*

    ReplyDelete
  2. Sejak kecil kalau Pascal dibiasakan mengenal angka, besok klo sudah besar pastinya dia tidak akan keberatan klo disuruh berhitung Mbak, semoga saja :)

    ReplyDelete
  3. wow, pinta nian anak mba, siapa dulu mamanya :D
    umur pascal berapa mba?

    ReplyDelete
  4. Walah, the power of kepepet ya mbak hikz. Saya dl diajari ga bisa2

    ReplyDelete
  5. pas kecil gua pernah diajarin sempoa. tapi seakrang udah lupa. hehehe

    ReplyDelete
  6. sempoa sekarang yang sebelahnya cuman satu ya..?
    telat info neh
    soalnya tahu sempo tuh sekitar 30 tahun lalu
    hehe

    ReplyDelete
  7. Ibu saya ahli menggunakan sempoa. Sayangnya saya nggak belajar dari beliau, heehehe..

    ReplyDelete
  8. pengen bs sempoa, tp tak ada wktu

    ReplyDelete
  9. Wah, saya juga sama...udah lupa dengan tata cara berhitung pake sempoa...salam sayang buat Pascal, Lidya!
    :)

    ReplyDelete
  10. waaah ngajar sendiri???
    kalo gitu Azam bisa numpang belajar sekalian

    mana bagus dengan teknik Kumon? ga mudeng aku

    ReplyDelete
  11. disini-nya gg nge-link tan

    adekku pinter nih sempoa, dia namatin lesnya, tapi matematikanya jelek yak :P

    ReplyDelete
  12. Dulu pas di bandung sempet belajar Teh, tapi keknya skrg mah udh lupa deh, ajarin lg dunk, etapi, khawatir kalah sm Pascal nih hihihihi

    ReplyDelete
  13. wah keren bisa belajar sempoa dalam waktu seminggu..

    ReplyDelete
  14. hehehe....
    pascal pinter bgt y....
    siip dech, semangka pascal...
    **semangat kakak pascal**

    ReplyDelete
  15. saya ga bsa ngitung pake sempoa, karena memang ga pernah belajar cara make sempoa, :D

    ReplyDelete
  16. jawabnya di blog mba aja ^__^....iklan juga review dah...lumayan mba dapat fee...per artikel.

    ReplyDelete
  17. kalau gtu mama sama anak jadi pinter sempoa dunk ya mba hehe

    ReplyDelete
  18. saya dulu juga pernah belajar sempoa, tapi dah lupa...ajarin saya juga mbaaaaaak >.<

    ReplyDelete
  19. Hebat pascall ya,
    junior udah khatam belajar sempoanya, bosen :)

    ReplyDelete
  20. hehe..aku nggak ngerti pake sempoa mba.

    ReplyDelete
  21. Mba Lid, anak saya dua-duanya waktu kecil hanya belajar di TK, tidak ikut les apapun. Alhamdulillah sekarang lancar-lancar saja. Hanya setelah SD ikut les Bahsa Inggris.

    ReplyDelete
  22. wew Pascal sudah belajar Sempoa nih,,ntar kalau sudah pinter kita main tebak²an pakai sempoa ya...

    ReplyDelete
  23. Aku malah nggak mudeng makai sempoa..hiks..hiks... Malu ah sama Pascal :D

    ReplyDelete
  24. kayla jg pernah ikut les sempoa...itupun dia sdr yg minta...dan...saya malah yg diajari kayla bila ada materi baru...tp skr anaknya sdh tdk les lg...sh bosen...maunya kami dianjut atau minimal tetep belajar di rumah biar nggak lupa

    ReplyDelete
  25. Manfaat banget lho sempoa .. .
    Kalau junior sudah paham bener. kedepannya bakal lebih mudah matematika

    ReplyDelete
  26. wah..si Pascal pinter banget mba..
    duh adik saya yang kecil bisa gak yah kalo diajarin sempoa...dia sekarang cuma ikut TPA...
    kalo saya mah dulu suka banget "main" sempoa..hehehe

    ReplyDelete
  27. secara ttdk langsung mamanya juga ikut belajar sempoa juga ya kan,, berarti sekali mendayung 1 sampai 2 pulau terlewati,, hehe

    ReplyDelete
  28. istilah sekarang macem-macem ya bu. dulu saya gak kenal sempoa, kenal juga rempoa

    ReplyDelete
  29. wah keren. jadi instruktur anak. bisa nih buat les buat anak yang lain. bisnis bisnis.

    aku ngak kenal sempoa. biasanya pake kalkulator ajah

    ReplyDelete
  30. wahhh seneng nih aku baca postingan ini.. itung2 buat pengalaman aku nanti.. eheemmmm! :D

    ReplyDelete
  31. sekarang beragam agar anak2 bisa dengan cepat utk belajar matematika, ada yang sempoa, jarimatika, tapi menurutku utk anak2 kelas dasar bagusnya sih sempoa terlebih dahulu..
    semangat yah buat mama dan nak pascal

    ReplyDelete
  32. ajarin aku juga dong Mbak....

    ReplyDelete
  33. keren euy!

    belajar lagi untuk menjadi pengajar... kayaknya hrs kucontoh nih mbak... sukses selalu mbak Lid.. :-)

    ReplyDelete
  34. mbak, itu pengarang bukunya siapa ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...