badge

Wednesday, July 29, 2015

Foto Sebagai Bukti Harga Saat Berbelanja



Terinspirasi dari postingan Mak Irit yang berjudul Fakta-fakta tentang diskon nih. Saya juga punya pengalaman tentang diskon nih tapi lebih menguntungkan ke pihak saya, 

Sebelum lebaran kemarin ceritanya saya beli lampu LED 10 Watt dengan 1100 Lumen. Oh ya Lumen ini adalah yang menentukan tingkat kecerahan pada lampu. Kalau ada lampu sama-sama 10 Watt misalnya tapi Lumennya lebih kecil maka terangnya akan berbeda.

Saat saya membeli lampu tersebut sedang ada diskon, harganya lumayan bisa hemat hingga 60 ribuan dair harga aslinya. Saya beli 1 buah lampu LED, tapi ternyata saat di rumah agak nyesel juga nih kenapa gak beli dua aja sekalian, buat ganti lampu di ruang tengah supaya lebih terang ketika anak-anak belajar juga saat membaca.

Esok harinya selesai sholat tarawih kami ke salah satu supermarket besar yang dekat rumah untuk membeli lagi lampu LED seperti yang kemarin saya beli. Tapi saat di bagian lampu, saya bingung karena ada dua harga berbeda dengan jenis lampu yang sama. Yang satu harga diskon seperti harga hari kemarin saya beli dan yang satunya harga asli sebelum di diskon. Karena saya butuh akhirnya saya ambil dan putuskan untuk membeli dengan pedenya bahwa lampu tersebut masih diskon. Sebelum ke kasir saya sempat memoto harga diskon yang tertera pada rak. Jaga-jaga aja nih takutnya saat di kasir harganya berubah dan saya bisa berpatokan dengan harga yang ada disana.

Eh bener sekali waktu barcode di scan pada mesin kasir harga yang terhitung adalah harga sebelum diskon. Saya tunjukkan foto dengan harga diskon pada si mbak kasir. Menurutnya ini dibayar saja dulu nanti saya membuat laporan di informasi.

Setelah bayar, saya pun menuju ke meja informasi untuk melakukan sedikit komplain. Saya menunjukkan foto harga diskon pada ponsel. Petugas informasi pun meminta kami menunggu karena dia akan melihat ke tempat lampu dulu. Setelah itu si mbaknya balik ke meja infomasi, katanya sebetulnya sudah tidak diskon, berhubung saya punya bukti dan kesalahan mereka karena tidak mencabut harga diskonnya. Jadilah saya menerima uang cash sebesar diskon utnuk lampu LED tersebut.

Jadi menguntungkan bukan, ini karena ada bukti. Ternyata suka moto-moto harga barang ada gunanya juga ya. Ke depannya saya juga hrus teliti nih kalau ada promo diskon. Maaf sayatidak bisa mencantumkan fotonya ya karena takut ada masalah, disana tertulis nama supermarketnya soalnya.

22 comments:

  1. iya bener emang ada gunanya difoto buat bukti ya...

    ReplyDelete
  2. mbak Lid teliti banget belanjanya

    ReplyDelete
  3. Wah ide bagus nih, bisa dicoba kalau ada diskon-diskon yang salah taro tempat atau diskon kedaluwarsa kali ya :D

    ReplyDelete
  4. Kayaknya foto-foto barbuk mesti dibudayakan ...

    ReplyDelete
  5. Wah..bisa gitu ya? Sering tuh saya dapetin kayak gitu, mereka ngakuin sih kalau harga yang tertera belum sempat dibuka... saya akhirnya ga jadi beli aja.. gimanapun diskon jadi salah 1 faktor penentu keputusan dalam berbelanja kan? hihi..

    ReplyDelete
  6. beberapa juga kena jebakan kayak gini,boleh nih ditiru hehehe....difoto bukti diskon diraknya^^

    ReplyDelete
  7. aku juga pernaah... tapi gak motret, mba kasirnya minta tolong ke temannya buat jalan ke tempat barang, trus jadinya dpt harga diskon deh :D

    ReplyDelete
  8. Woo gini ya tipsnya.
    Sering bgt Mba saya ngalamin beda harga di rak dan kasir tapi ga bisa berbuat apa-apa. Makasih infonya, Mba.

    ReplyDelete
  9. Woo gini ya tipsnya.
    Sering bgt Mba saya ngalamin beda harga di rak dan kasir tapi ga bisa berbuat apa-apa. Makasih infonya, Mba.

    ReplyDelete
  10. Boleh juga tipsnya mbak, supermarket memang sering gitu, kasir bilang diskon sdh tdk berlaku tapi label diskon di tempat barang masih ttp di tempel...

    ReplyDelete
  11. Perlu dicoba kapan2 klo blanja

    ReplyDelete
  12. Kapan2 perlu dicoba tipsnya klo blanja. Tapi khawatir juga pihak swalayan tetep ngotot dh tdk berlaku diskonnya

    ReplyDelete
  13. Iya iya bener nih mak, penting banget deh. Udah gitu kadang barang diskon kan suka pakai nota duluan, nah kadang diskonannya suka salah hitung *maklum udah ngitung duluan pakai kalkulator hape* hihi

    ReplyDelete
  14. Prosesnya ga lama kan. Untung pihak supermarket nya jujur.

    ReplyDelete
  15. Wah bisa gitu yah. boleh ditiru nih kapan2, hehe

    ReplyDelete
  16. Wow..iya ya mak. Jd ada gunanya jg moto2.

    ReplyDelete
  17. Oooh gitu ya caranya? Aku sdh bbrp kali kaget sama harga sosis, selisihnya seringkali jauh banget. Kadang tertukar tempat juga, jd kudu perhatiin barcode di pack & label.

    ReplyDelete
  18. Idiih, tokonya kurang update ya, Mbak. Jadi rugi sendiri tokone kan.

    ReplyDelete
  19. Waduhh...salahnya sbnrnya krn mrk gak segera mencabut harga diskonnya ya teh

    ReplyDelete
  20. Setuju sekali, foto begitu penting. Bisa buat bukti, kan jadinya mereka ga bisa ngeles ya teh.

    ReplyDelete
  21. wkwkwkw.. jadi keinget waktu masih tinggal di Surabaya, habis beli baju lupa nglepas itu barcode-nya

    ReplyDelete
  22. saya juga pernah sewaktu membeli nugget harga diskon. akhirnya dikembalikan uang selisihnya. padahal disitu ditulis jika harga rak dan harga kasir beda makan gratis.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...