Nonton Film SlumDog Millionaire Penerima Penghargaan Oscar

Nonton Film SlumDog Millionaire Penerima Penghargaan Oscar di bioskop, ambil hikmah dari setiap jalan cerita yang disajikan. Awalnya saya tidak tertarik untuk menonton film Slumdog Millionaire waktu suami mengajak. Ternyata Film ini meraih penghargaan Oscar 2009 yang diumumkan 22 Februari lalu dan di Indonesia rupanya film ini tidak beredar di jaringan 21 dan hanya di Blitz saja.

SlumDog Millionaire



Film SlumDog Millionaire 



Film Slumdog Millionaire ini mengalahkan film The Curious Case of Benjamin Button, Frost/Nixon, Milk dan The Reader dalam peraih penghargaan Oscar. Untuk The Reader tergolong bagus, lain waktu akan saya tulis reviewnya untuk film ini, yang kebetulan artisnya Kate Winslet merebut piala Oscar untuk Best Actress.

Film Slumdog Millionaire menceritakan tentang seorang pemuda yang beruntung memenangkan hadiah sebesar 20 juta Rupee dari kuis Who Want to be Millionaire. Pemuda itu bernama Jamal yang mempunyai kakak kandung bernama Salim dan keduanya adalah anak yatim. Sesungguhnya Jamal bisa menjawab semua pertanyaan bukan karena dia cerdas melainkan karena dia memiliki ingatan yang kuat terhadap pengalaman - pengalaman yang dilaluinya, Jamal cuma bekerja sebagai seorang office boy di sebuah perusahaan telekomunikasi bernama XL5.  


Pekerjaan sehari - hari Jamal hanya mengantarkan minuman teh ke pegawai - pegawai di perusahaan tempatnya bekerja.

Alur ceritanya bolak balik dari masa kini ke masa lalu kemudian lompat lagi ke masa kini. Untuk masa kini sebenarnya ceritanya cuma terjadi 2 hari saja. Hari pertama adalah hari dimana Jamal memenangkan 10 juta rupee dan tinggal selangkah lagi menuju pertanyaan terakhir dengan hadiah sebesar 20 juta Rupee. Hari kedua adalah hari dimana Jamal menjawab pertanyaan terakhir dan memenangkan hadiah utama.

Pada hari pertama Jamal memulai penampilannya di Kuis Who Want To Be Millionaire, kehadirannya nampaknya di remehkan oleh pembawa acara yang diperankan dengan cukup baik oleh aktor kawakan Anil Kapoor. Pertanyaan pertama tentang nama aktor pemeran sebuah film yang ngetop di tahun 1973. Ingatannya kemudian melayang ke masa kecilnya saat perjumpaannya dengan Amitabh Bachan untuk meminta tanda tangan. 

Sebaiknya kalau pas nonton adegan ini jangan sambil makan, kemungkinan bisa muntah - muntah.  Jamal kecil bela-belain nyemplung septic tank demi mendapatkan tanda tangan. Jawaban kuis pertama berhasil melaluinya dengan mudah. Selanjutnya setiap pertanyaan akan dia jawab berdasarkan dari ingatannya akan pengalamannya, Misalnya pertanyaan tentang senjata apa yg dipegang di tangan kanan Dewa Rama. Ingatannya langsung melayang ke tahun 1993 dimana dia kehilangan ibunya karena serangan orang - orang yang anti muslim di India pada tahun 1993.

Sayang sekali durasi acara habis sebelum Jamal menerima pertanyaan terakhir sehingga harus dilanjutkan esok hari. Jamal dicurigai berbuat curang di kuis sehingga harus diperiksa secara paksa oleh polisi dan disiksa. Di kantor polisi inilah kilas balik dari perjalanan Jamal dipaparkan oleh Jamal. Meskipun ditahan, tapi akhirnya Jamal tetap dibebaskan karena besoknya dia harus hadir di kuis untuk pertanyaan terakhir. Acara ini ternyata mengandung magnet yang menarik perhatian sebagian besar rakyat India untuk melihat penampilan Jamal di pertanyaan terakhir. Detik - detik terakhir akan tersingkap alasan di balik keikutsertaan Jamal mengikuti kuis. Selamat menonton..

Post a Comment

0 Comments