Sunday, April 25, 2010

Ulbul,Purple days, Kartini

Sunday, April 25, 2010
.


Tanggal 22 April ini Alvin genap 1 bulan. Berat badan sudah mulai bertambah. Berat badan pulang setelah di sinar 2.8 kg sekarang sudah 4.3 kg. Minum asi nya sudah pintar & banyak.
Tanggal 24 April kemarin sudah di imunisasi Hepatitis yang ke 2.


Tanggal 22 April kemarin di sekolahnya Pascal merupakan purple day, semua murid diharuskan memakai pakaian berwarna ungu. Seperti biasa semua jalan-jalan sekitar sekolah.





Hari kartini diperingati hari sabtu nya tanggal 24 di sekolahnya Pascal. Pascal pakai pakaian dari daerah padang. Sengaja dipilih pakaian ini selain simple juga karena sewa nya mendadak, karena pada awalnya Pascal akan mengenakan pakaian profesi yaitu Tentara. Tapi di cancel sama mama nya. Ada acara fashion show ala anak-anak.
Monday, April 19, 2010

Kapal Perang

Monday, April 19, 2010
Ini gambar KRI Hasanuddin, karena cari KRI Teluk penyu gak ketemu jadi upload foto ini aja deh


Sejak Alvin lahir, Pascal udah jarang aku bacain buku lagi apalagi dia sekarang sudah bisa membaca buku sendiri. Pascal selalu bacain ade nya katanya, tapi tetap aku awasi takut ada kesalahan waktu membaca.
Akhir-akhir ini ada ritual baru kalau mau tidur, suami ku suka mendongenkan cerita buat Pascal. Jadi setiap mau tidur selalu nagih di dongengin. Isi dongeng nya bermacam-macam, tidak hanya dongen yang fiksi tapi juga dongeng mengenai kehidupan sehari-hari. Sambil diselipkan sesuatu yang bisa membuat Pascal mengikutinya. Seperti makan harus habis dan lain-lain.
Suamiku juga kadang membaca terjemahan tafsir al quran dulu untuk menceritakan tentang agama atau nabi.

Minggu malam senin kemarin jam 8 sudah masuk kamar dan di dongengkan. Awalnya aku gak tau di dongengkan tentang apa. Jam 8.30 Aku asyik nonton tv, lalu suami ku keluar dan melihat aku sedang nonton acara "Militer" di O channel. Suami ku bilang barusan baru aja mendongeng tentang kapal perang. Wah pas banget nih, jadi suami ku minta pascal boleh nonton dulu. Ya udah deh akhirnya aku ijinkan.

Kebetulan di acara "militer" itu sedang dibahas mengenai KRI Hasanuddin dengan nombor lambung 366. KRI Hasanuddin merupakan kapal jenis corvet sigma.Disitu juga dibahas mengenai torpedo, misil, radar. Pas banget dengan yang diceritakan bapaknya tadi sebelum tidur.
Wah senengnya bukan main Pascal. Minggu depan yang di bahas adalah KRI Dewaruci yang merupakan kapal latih bagi taruna AAL (Akademi Angkatan Laut), TNI angkatan Laut. Nama kapal yang diambil dari nama istilah pewayangan. Oh ya aku sempat lihat KRI Dewaruci ini loh di Surabaya.

Kalau lihat kapal perang ini jadi ingan tahun 1993 kalau tidak salah. waktu itu baru aja lulus SMP mau masuk SMA. Waktu itu aku ikutan BJRB (Bintal Juang Remaja Bahari). Kebetulan peserta nya banyak sekali. Ada dari instansi ada juga anak-anak TNI. Kebetulan tempat kerja bapak ku di Indosat juga menawarkan hal ini untuk anak-anak karyawan.
Wah menarik juga nih buat pengalaman.

BJRB ini diselenggarakan selama 1 minggu. Jadi kita naik KRI Teluk Penyu dengan nomor lambung 513, dari kolin lamin Tanjung priok menuju surabaya pulang-pergi.
Kita di didik seperti TNI tapi dalam taraf ringan. Kegiatan sehari-hari ada apel juga acara lain yang biasa di lakukan oleh TNI AL. Karena ini baru pertama kali naik kapal full selama 1 minggu, memang agak-agak mual. Tapi Allhamdulillah gak sampai Mu***h.

Awalnya sih bosen pingin buru-buru pulang, tapi di akhir aku mendapatkan pengalaman yang berharga, kapan lagi bisa naik kapal perang. Sepertinya sih sampai saat ini acara BJRB ini masih ada karena teman SMA ku ada yang pernah ikutan juga.
Oh ya kalau ada teman-teman yang dulu ikutan kontak-kontak aku ya, karena aku kehilangan banyak kontak teman-teman, baru menemukan 1 orang aja di facebook.

Oh ya di Surabaya kita sempat turun dari kapal untuk ke AAL (Akademi Angkatan Laut), kebayang dong semua cowok-cowok dan peserta cewek banyak yang histeris karen aganteng-ganteng versi kita dulu loh :). Di AAL kita diajak makan bersama taruna nya, dan makan nya dengan cara mereka.

Sayang nih foto-foto nya gak ada dirumah waktu posting ini, foto nya masih di rumah ortu. Padahal mau banget ketemuan sama teman-teman dulu. Ada gak ya yang masih ingat?
Friday, April 16, 2010

Chatting anak & Bapak

Friday, April 16, 2010
Seharian chat sama Bunda Nay, tapi chat nya ditinggal-tinggal loh. Sambil makan, nyusuin, nyuapin, beres-beres. Pokoknya multitasking deh :).

Emang sengaja seperti biasa YM tetap nya online walaupun gak chat. Habis mandi tadi Pascal pingin ngetik-ngetik di laptop. Allhamdulillah sekarang dia udah bisa baca dan nulis sedikit-sedikit.
Akhirnya aku suruh chat aja di YM sama bapak nya. Untuk baca tulisan bapaknya sih dia agak cepat, tapi untuk bales nulisnya yang agak lama, maklum masih cari-cari huruf nya. Inti nya sih sampai deh kedua belah pihak ngerti.

Eh di chat malah dijanjiin mau dibeliin buku tentang kodok. Kebetulan Pascal lagi suka sekali sama kodok. Jadi dia seneng banget mau di beliin buku tentang kodok nanti pulang kerja.

Ini nih hasil chat nya. tapi yang bagian chat pascal aja ya, yang lain di sensor hehehe

Saturday, April 10, 2010

Nilai Apgar

Saturday, April 10, 2010
Berawal setelah melahirkan , trus membandingkan nilai apgar antara Pascal dan Alvin. Jadi pingin lebih tau apa itu nilai Apgar atau Skor Apgar.
Mungkin teman-teman sudah tau mengenai ini, tapi apa salahnya kalau aku coba share lagi disini mengenai nilai apgar. Ini juga hasil googling loh :)

Nilai apgar nya Pascal : 7/10 sedangkan Alvin nilai apgarnya 9/10

Apgar score di ambil dari nama salah seorang dokter yaitu Virginia Apgar yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1952. Nilai Apgar itu sendiri adalah suatu penilaian kondisi kesejahteraan bayi sesaat setelah lahir. Dr. Apgar mengembangkan metode skor ini untuk mengetahui dengan pasti bagaimana pengaruh anestesi, obstetrik terhadap bayi.

Ada 5 kriteria yang dinilai untuk menentukan skor apgar ini. Penilaian dilakukan pada menit pertama dan menit ke lima. untuk memudahkan APGAR itu dibuatkan singkatan yaitu Appearance, Pulse, Grimace, Activity, Respiration (warna kulit, denyut jantung, respons refleks, tonus otot/keaktifan, dan pernapasan), untuk mempermudah menghafal.

Ada 5 komponen yang dinilai:(0,1 dan 2 adalah nilai yang diberikan sesuai dengan kondisi yang digambarkan)

Denyut jantung bayi:
0 - Tidak berdenyut
1 - Kurang dari 100x/menit
2 - Lebih dari 100x/menit, bayi terlihat bugar.

Pernafasan:
0 - Tidak bernafas
1 - Menangis lemah; terdengar seperti merengek atau mendengkur
2 - Baik, Menangis kuat

Kekuatan Otot:
0 - Lumpuh
1 - Gerakan membengkokkan (fleksi) kaki atau lengan
2 - Gerakan aktif

Respon terhadap reflex:
0 - Tidak ada respon saat di stimulasi
1 - Meringis
2 - Meringsi dan batuk atau bersin saat stimulasi saluran nafas

Warna kulit:
0 - Biru atu pucat
1 - Badan merah, kaki dan tangan biru
2 - Seluruh tubuh dan anggota gerak merah
Friday, April 9, 2010

Cerita Tentang Calvin = Pascal dan Alvin

Friday, April 9, 2010
Ayo tebak foto diatas mana yang Pascal dan mana yang Alvin?

CALVIN = PASCAL + ALVIN

Sekedar ingin bercerita saja mengenai Pascal & Alvin.
Kedua nya banyak persamaan pada waktu lahir nya. Lahir di Hermina Bekasi dan ditangani oleh dokter yang sama yaitu dr. Adrul Muslim.


Tanggal Lahir : 4 Maret 2006
Jam : 21.10
Masa Gestasi : 39 Minggu
Berat Badan : 2,948



Tanggal Lahir : 22 Maret 2010
Jam : 08.18
Masa Gestasi : 36 - 37 Minggu
Berat Badan : 2,824


Kedua nya mempunyai riwayat lahir yang sama. Pecah ketuban duluan, cuma beda nya sewaktu Pascal aku gak ngerti dan gak tau apa-apa.
Sehinggal waktu lahir pascal, bayi nya sudah sesak dan tidak bisa nafas, alhasil Pascal harus rawat inap di Perina selama 9 hari. Sedih juga melihat bayi harus menerima suntikan dan selang dimana-mana. Minum pun harus lewat selang. Allhamdulillah sekarang Pascal sehat-sehat aja.

Di Kehamilan kedua memasuki minggu 37 kejadian hampir berulang, untungnya aku udah punya pengalaman dari kehamilan pertama. Malam-malam langsung ke Hermina sewaktu tau ketuban pecah. Wapaupun deg-deg an dan punya rasa trauma tersendiri aku tetap berdoa kelahiran anak yang kedua ini lancar-lancar aja. Allhamdulillah semua lancar-lancar walaupun harus di sinar 3 hari.

Insya Allah untuk anak kedua ini aku mau ASI Exclusive , dengan dukungan penuh dari suami tentu nya. Bahkan dia yang over protektif deh. Sampai makanan ku pun dia yang menyediakan, apalagi kemarin ini sempat meriang selama 3 hari. Serasa punya suster dan satpam sekaligus. Harus makan ini, minum susu aja di sediain. Makan pun di suapin selagi aku menyusui Alvin.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...