Tuesday, August 31, 2010

Android VS Pocket Viewer

Tuesday, August 31, 2010
Allhamdulillah dapet hadiah ultah nih dari suami. Sebenernya sih ultahnya belum, nanti tanggal 11 pas di hari kedua lebaran.
Hasil dari obrolan dua hari sebelumnya, suami bilang kalau mau beliin Android, tapi masih bingung mau beli merk apa.

Hari minggu akhirnya suami membelikan android merk Samsung Galaxy Spica GT-I5700. Kalau sebelumnya pernah merasakan bagaimana enaknya menggunakan Blackberry, Ternyata menggunakan Android ini aku merasakan lebih enak ya. Bisa dibilang perpaduan antara BB dan Iphone. Oops maaf loh untuk para pengguna BB dan Iphone bukan bermaksud meremehkan. Ini hanya pendapat pribadi.

Di hp andoid ini aku bisa merasakan browsing seperti biasa aku browsing di laptop, cuma dalam versi kecil. Tapi tidak perlu kecewa karena bisa dizoom. Tujuannya dibelikan ini karena saat ini aku sibuk dengan kedua anak, jadi jarang sekali bisa didepan laptop.


Lihat, ada blog fitrian.net di hp ku :) sekarang kalau BW juga via itu,asyik nya sambil tidur-tiduran.




Dan.....akhirnya masalah baru timbul.:) Pascal pingin coba-coba hp barunya tapi tidak diperbolehkan, wah nanti dia nyentuhnya gimana ya, secara hpnya touch screen.
Akhirnya aku ingat punya Casio Pocket Viewer, pemberian saat aku masih kerja dulu tahun 2002.

Aku kasih deh Pocket Viewer ini buat Pascal. Gayanya deh ga mau kalah sama mama nya. Kadang-kadang dia pakai tangan buat menyentuh layarnya, padahal udah ada pen nya.

Sunday, August 29, 2010

[Ketika Balitaku Punya Adik] Ketika Pascal punya Alvin

Sunday, August 29, 2010



Cerita berawal ketika jagoanku Pascal berumur 3 tahun 3 bulan. Saat itu di bulan juli tahun 2009 aku dinyatakan positif hamil. Antara siap dan tidak, di satu sisi kami menginginkan untuk menambah anak. Disisi yang lain kami masih mempunyai seorang anak yang masih balita. Apalagi saat itu jagoanku baru saja satu bulan masuk sekolah playgroup. Tentu saja masih membutuhkan perhatian yang sangat besar dari kami orang tuanya.

Tentang kehamilanku ini, Pascal tentu saja kami beritahukan. Dan memang jauh sebelum aku hamil lagi, kami sudah mempersiapkan segala kemungkinan kelak nanti Pascal akan mempunyai adik. Seperti hal nya balita lain, Pascal juga senang akan mendapatkan seorang adik.

Dirumah kami memang tidak memiliki seorang asisten rumah tangga (ART),semua kami kerjakan bersama antara aku dan suami. Bukannya kami tidak mau mencari ART, tetapi kami merasa nyaman untuk hidup tanpa ART. Di awal kehamilanku yang kedua ini pastilah ada sedikit kendala tanpa adanya ART, apalagi aku mempunyai seorang anak Balita.

Allhamdulillah, semua masih bisa aku atasi. Dimulai dari mengurus rumah, memasak, mengantar Pascal sekolah hingga menemani Pascal belajar dan bermain, walaupun sesekali mengalami morning sickness. Apalagi di bulan berikutnya sudah memasuki bulan Ramadhan, tentunya akan terasa makin berat. Untuk mengatasi kemungkinan kelelahan, akhirnya untuk urusan makan kami menggunakan jasa catering rumahan. Cukup membantu juga, jadi waktuku bersama Pascal masih ada. Apalagi Pascal termasuk anak yang cukup aktif bergerak dan bertanya, ini yang bisa membuat aku cepat merasa lelah selama kehamilan ini.

Tidak dapat dipungkiri,walaupun Pascal senang akan mendapatkan seorang adik, terkadang keluar juga sifat jeleousnya. Tetapi sejak diberitahukan akan mempunyai adik, Pascal tidak pernah minta digendong mamanya lagi. “Kasihan ada dede bayinya” begitu ucap Pascal. Disekolah pun Pascal cerita kepada teman dan gurunya bahwa dia akan mempunyai adik, tidak disangka ternyata untuk ukuran Pascal yang kurang bersosialisai dapat mengungkapkan apa yang ingin dia ungkapkan disekolah.

Selama kehamilan ini , kami berusaha mengikutsertakan Pascal dalam segala hal. Pada saat control ke Dokter Kandungan, Pascal kami bawa. Disana dia melihat calon dede nya melalui mesin USG,sembari dia terus bertanya semua alat-alat yang ada diruangan dokter. Begitupula pada saat dirumah, kami terus mengikutsertakan Pascal dalam segala hal. Kadang dia membacakan cerita keperut aku, dia akan merasa senang apabila merasakan gerakan dari dalam perut. Tidak lupa juga Pascal berdoa diperutku, calon adiknya juga diperlihatkan hasil gambar-gambar Pascal.

Namanya anak balita, terkadang juga akan bersikap diluar kendali kita. Entah dia rewel atau lainnya. Apalagi kalau Pascal sedang dalam keadaan sakit, tentu saja akan bertambah rewel. Meski lelah,terkadang aku merasa kesal juga, itu hal yang wajar bukan. Allhamdulillah suamiku sangat mambantu sekali dalam segala hal. Apabila aku menginginkan suatu makanan tidak segan untuk mencari dan membelikannya. Biasanya Pascal akan ikut dan tidak lupa membelikan aku susu,buat dede bayi katanya.

Disaat kehamilanku berumur 3 bulan, aku juga merasakan pulang mudik ke Semarang tempat mertuaku. Banyak yang menghawatirkan keadaanku karena mudik sedang hamil. Allhamdulillah semua baik-baik saja. Entah aku karena aku nya fit atau karena disugesti agar semua baik-baik saja.

Disaat kehamilanku memasuki minggu ke36-37 ada tanda-tanda air ketubanku sudah berkurang. Dan benar saja tanggal 22 Maret 2010 pukul 12 malam ketubanku pecah. Aku langsung membangunkan suamiku dan Pascal. Pascal diberitahu bahwa dia akan ikut ke rumah sakit karena dede bayinya akan lahir.

Dirumah sakit, selagi suamiku mengurus semua administrasi rumah sakit, Pascal ikut ke dalam ruang persalinan yang sebenarnya tidak diperbolehkan. Tetapi karena tidak ada yang jaga akhirnya Pascal diperbolehkan masuk, sembari menunggu kakek dan neneknya datang. Pascal tetap saja banyak tanya diruang persalinan,untungnya susternya baik, Pascal diajak mengobrol juga. Aku suruh tidur di tempat tidur berdua aku, dia tidak mau. Oh ya aku harus menunggu pagi untuk dilakukan operasi cesar untuk mengeluarkan bayinya.

Tepat di hari senin tangal 22 Maret 2010 pukul 8.10 putera kami yang kedua lahir lebih cepat dari semestinya yang diperkirakan lahir pada bulan April.Mungkin karena ingin menyamain kakaknya Pascal yang lahir dibulan maret. Pas sekali di umur Pascal yang ke 4 dia mempunyai adik yang terpaut umur 4 tahaun.Putera kami yang kedua diberi nama Alvin Khwarizmi Nugroho. Nama ini terinspirasi dari nama Ilmuwan Islam abad ke-7 , Al-Khwarizmi, beliau ini Ilmuwan Matematika, Astronomi & Geografi. Tidak jauh dari nama kakaknya Pascal yang diambil dari Ilmuwan besar Prancis, Blaisse Pascal.


Tiga hari setelah kelahiran Alvin, aku dan Alvin pulang kerumah. Mulai lah terjadi kerepotan. Dari awalnya Pascal yang sudah bisa tidur sendiri sekarang maunya tidur bersama-sama aku dikamar. Belum lagi dia maunya dekat-dekat dengan adiknya terus yang otomatis Alvin terganggu. Sempat stress dan kesal juga. Pascal sempat di bawa kerumah kakek dan neneknya untuk mengurangi kerepotan aku. Tetapi aku merasakan kehilangan padahal baru saja pergi 2 hari.

Sedikit demi sedikit aku mulai mengerti dan terus belajar untuk mengatasi sifat jealous Pascal. Aku mencoba mengikutsertakan Pascal dalam segala hal. Sewaktu memandikan Alvin,atau dalam segala hal. Pascal senang dimintai tolong demi kepentingan adiknya. Kalau Alvin mau mandi dengan senang hati Pascal menyiapkan segala sesuatunya. Bahkan kalau Alvin pup, pascal tidak dimintai tolong,akan ngambek.

Ada beberapa peristiwa lucu setelah Alvin lahir. Kalau sedang muncul jealousnya Pascal minta nenen juga, atau terkadang dia tidur di stroller yang kebetulan memang itu stroller Pascal sewaktu bayi dulu. Yang lebih menyenangkan lagi kalau Pascal membacakan buku untuk Alvin. Allhamdulillah Pascal sudah lancer membaca jadi Alvin bisa sering-sering mendengarkan Pascal menceritakan buku-buku miliknya. Pernah juga Pascal membacakan cerita sebelum tidur,dan akhirnya Alvin tertidur pulas, bukan main senangnya Pascal. Ternyata hal kecil kelihatannya tapi cukup berarti buat Pascal.
Dan yang tidak disangka Pascal saat ini lebih mandiri dari sebelumnya. Kesekolah naik jemputan,tapi setiap sabtu aku masih meluangkan waktu untuk mengantar dan jemput sehingga Pascal tidak akan merasa tersisihkan.
Pascal paling suka kalau mengajak ngobrol Alvin,dan adiknya tertawa terbahak-bahak.Memang awalnya Alvin tidak merespon tapi lama-lama kenal mungkin.

Dari dini juga kita memberitahu Pascal untuk berhati-hati dengan semua mainan dan benda-benda kecil pada saat didekan Alvin. Akan sangat berbahaya kalau dimakan Alvin. Soal memberi makanan juga Pascal mengerti kalau adiknya hanya minum ASI saat ini. Yang nantinya akan dilanjut dengan MPASI. Pascal juga tahu kalau Alvin tidak boleh diberi makanan sembarangan. Hanya mama nya saja yang boleh memberikan makanan.

Allhamdulillah semua bisa aku lalui, dari awal kehamilan, melahirkan sampai saat ini. Semua ini atas bantuan dan dukungan penuh suami. Suamiku tidak segan-segan membantuku dalam urusan rumah tangga. Suami juga yang selalu mengingatkan untuk menjaga makanku, agar kebutuhan ASI untuk Alvin tercukupi. Terkadang suamiku membelikan makanan kesukaanku.

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba Ketika Balitaku Punya Adik
Friday, August 27, 2010

Belajar Membaca

Friday, August 27, 2010
Sekedar sharing tentang bagaimana Pascal bisa membaca saat ini. Sebelum masuk Playgroup tahun lalu Allhamdulillah Pascal sudah bisa membaca meski ada beberapa kata yang sulit dibaca. Tapi tahun ini masuk TKA sudah lumayan lancar, bahkan sudah bisa menulis sendiri tanpa diberitahu, begitu pula membaca text film.
Oh ya bu guru nya bilang, bikin ringan tugasnya, hehehe ada-ada aja.

Awalnya sih aku mengajarkan huruf sambil main-main aja, pakai karpet evamat alfabet dari umur 1 tahun. aku memang ga ada target apa-apa.


Waktu ke book fair tertarik dengan Glenn Doman, setelah dipikir-pikir ga ada salahnya dicoba. Metode belajarnya juga harus fun kok, paling mama nya aja yang sedikit repot menyiapkan bahan Glenn Doman perhari. Biasanya aku siapkan malamnya jadi besoknya bisa langsung diterapkan. Oh ya metode ini sih masih banyak pro kontra, tapi kita yakin aja terserah orang bilang apa.


Waktu ke Gramedia iseng-iseng ada buku Pandai membaca, dibeli deh. pokoknya aku sih semua metode pingin tahu syukur-syukur bisa diterapkan. Apalagi saat ini masuk SD harus sudah bisa membaca. Walaupun belum TK ya sedikit2 belajar sambil bermain dirumah. Kebetulan Pascal dirumah tidak ada temannya.

Sewaktu pulang sekolah Pascal cerita disekolah belajar membaca bukunya sama kaya punya dia dirumah. Setelah aku confirm keguru nya benar ternyata. Jadi sekarang kalau waktunya belajar baca Pascal dikasih buku bacaan untuk dibaca, takut nya bosan belajar dengan buku yang sama.


Allhamdulillah dari main-main sekarang Pascal sudah lancar membaca dan menulis. Bahkan kadang-kadang chat juga dengan bapaknya, meskipun masih agak lama mencarihuruf dikeyboardnya.

Teman-temannya Pascal saat ini banyak yang ikutan kursus membaca. Allhamdulillah Pascal ga usah ikutan kursus, kalo gak kebanyang deh repotnya punya bayi tanpa ART harus antar kursus.

Untuk Iqro awalnya aku mengajarkan sendiri dirumah,tapi sejak masuk TK A,pascal masuk TPA dekat rumah. Selain untuk memperlancar juga supaya Pascal banyak bersosialisasi dengan temannya.Selagi mama nya sibuk ngurus adik bayinya.
Di TPA tidak hanya diajarkan Iqro saja tapi ada bahasa Arab, surat-surat al quran dan lain-lain.

Mama nya punya dua PR sekarang
1. Mengajarkan berhitung nih. Tapi belum menemukan metode yang dipakai sekarang itu seperti apa ya. Walaupun sudah bisa juga berhitung dan mengerjakan penjumlahan sederhana. Tapi untuk tahap selanjutnya aku harus banyak tanya dulu ke orang yang lebih paham mengenai ini.

2. Belajar kosa kata bahasa arab, sehingga bisa tau apa saja yang diajarkan kepada Pascal baik di sekolah ataupun diTPA.
Tuesday, August 24, 2010

Buka Bersama 2010

Tuesday, August 24, 2010

Buka Bersama di rumah salah satu temannya Pascal sewaktu Playgroup. Walaupun tidak semua bisa datang, Allhamdulillah kebersamaan bisa terjalin. Tidak hanya ibu-ibu nya yang datang tapi para suamipun ikut datang.

Sayang, karena sibuk dan repot gak semua aku foto, terutama anak-anak dan para suami.
Oh ya ada bu gurunya Pascal juga loh datang ke buka bersama ini.






Monday, August 23, 2010

Sarung Instan Hadiah

Monday, August 23, 2010

17 Agustus kemarin iseng-iseng ikutan kuis di salah satu Online shop yang ada di Facebook.
Allhamdulillah jawabannya benar dan dapat hadiah Sarung Instan karakter, dengan gambar Pesawat. Ukurannya masih agak kebesaran buat Pascal, tapi nanti juga bisa dipakai ya.

Setelah menang dan dapat hadiah,ada kuis lagi dengan sukses ditolak karena sudah pernah menang hahaha.


Nambah lagi nih sarung nya Pascal setelah beberapa waktu yang lalu beli sarung instan juga
Friday, August 20, 2010

Baju Muslim

Friday, August 20, 2010

Setiap di bulan Ramadhan di TK Al Huda sekolahnya Pascal diharuskan memakai pakaian muslim setiap harinya.
Waktu masih Playgroup sih gak terlalu mikirin banget karena seminggu masuk 3 kali. Nah sekarang sudah TK A setiap hari masuk, otomatis butuh beberapa baju muslim untuk dipakai.

Karena badan Pascal yang imut tahun ini aku cuma membeli 1 stel pakain muslim aja. Irit atau pelit ya hehehe. Selagi yang lama masih bisa dipakai aku pergunakan aja deh.

Berhubung cuma ada 5 baju muslim, yang sehari nya aku pakaikan kaos lengan panjang aja deh plus celana panjang dan pecinya. Kadang aku pakaikan baju muslim warna putih bekas Playgroup dulu hanya aku ganti saja celananya.

Ini dia seragam Pascal selama ramadhan.
Thursday, August 19, 2010

Dapet Lelang Buku

Thursday, August 19, 2010

Kamis kemarin Alikastore mengadakan Lelang buku. Buat seru-seruan aja sih. Ada beberapa buku baru yang sengaja di lelang oleh Rara.
Rabu kemarin bukunya sudah datang.Ini lelang teraneh deh, udah ga pernah ikut lelang sekalinya ikutan kacau hehehe. Tapi membuahkan hasil deh.

Dari awal memang mupeng sama 3 buku anak ini, selain buku yang lain ada juga yang di incar. Tapi berhubung kewalahan sama para pelelang, agak susah mantengin semua. Akhirnya aku mantengin buku ini aja deh.

Allhamdulillah dapet, bid terakhir 45ribu. Tapi aku cukup membayar 15 ribu aja :) Murah kan. Kata sang pemilik blognya sih itu harga dia beli di toko nya, ga tega kali ya bukunya laku dengarn harga tinggi :). Aku sih sengaja untung2an dapet syukur gak juga gak apa2, eh tenryata dapet apalagi ini buku buat Pascal seneng banget deh dikasih buku lagi.
Sunday, August 15, 2010

Berpisah Sementara

Sunday, August 15, 2010



Akhirnya aku mengucapkan perpisahan sementara buat domain http://fitrian.com dan semua yang berhubungan dengan review. Tapi untuk domain blog yang sekarang akan terus dipertahankan kok. Jadi masih bisa menemui teman-teman semua di dunia maya.

Awalnya mau aku pertahankan domain nya saja karena banyak email yang ditujukan kesana, tapi setelah dipikir lagi, aku ikhlaskan untuk berpisah dulu sementara. Insya Allah nanti kalau bisa aku beli lagi:)

Begitupula dengan review, terima kasih buat Irient yang sudah mengajarkan review buat aku. Allhamdulillah sudah menuai hasil juga. Tetapi untuk batas waktu yang belum ditentukan saya mundur sementara dulu. Mau fokus ke anak & keluarga dulu.

Semuaku lakukan demi Anak deh. Kebetulan dirumah gak ada ART yang membantu, jadi semua aku pegang sendiri. Kalau untuk duduk depan laptop sih masih bisa, tapi untuk membuat review hihihi dasar ibu2 gak bisa konsen kalau diganggu anak. Malam pun sudah cape & ngantuk.
Pelan-pelan Insya Allah semua bisa teratasi.
Monday, August 9, 2010

Sayang Anak

Monday, August 9, 2010



Iseng-iseng jualan nih, semoga bermanfaat. Awalnya karena anak sendiri suka baca jadi apa salah nya dicoba jualan juga. Untuk perkenalan memeang gak banyak yang saya tawarkan.
Berhubung masih banyak kesibukan, blog Gerai Buku Murah nya belum dibuka tapi udah ada kok isi bukunya.

Kalau berminat silahkan dilihat saja di http://mamapascal.multiply.com . Stok bukunya juga masing-masing hanya ada satu. Sengaja ga terlalu banyak nyetok karena masih permulaan, juga karena sambil momong anak :).

Belum dimulai jualan bukunya saja Pascal sudah merengek minta buku juga, walaupun sebagian besar Pascal udah punya semua buku-bukunya.
Doa kan ya teman-teman semoga banyak stok buku-buku lainnya dengan harga murah tentunya. Bisa dilihat di toko harganya jauh lebih murah disini deh :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...