Friday, March 30, 2012

Selamat Tinggal Sembelit

Friday, March 30, 2012

Pentingnya peranan orang tua dalam tumbuh kembang anak memang sangat diperlukan tidak hanya ibu tapi ayah pun turut andil dalam hal ini. Usia balita merupakan periode emas atau golden moment untuk itu saya sebagai ibu rumah tangga Allhamdulillah bisa selalu mengikuti tubuh kembang anak-anak setiap harinya.

Sebagai orang tua saya harus terus belajar karena tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua yang baik dan benar. Semua ilmu dan informasi saya dapat dari buku, internet maupun teman-teman. Sebagai ibu saya juga pernah mengalami masa sulit ketika Pascal, anak pertama saya mengalami sembelit.

Pascal bolak balik ke toilet untuk pup atau buang air besar, dalam waktu lama dia berada didalam tapi belum selesai juga. Lama-lama dia kesal dan menangis karena kesakitan. Saya mencoba menenangkannya dan memberikan segelas air putih untuk diminum, siapa tahu setelah minum air yang banyak perlahan pupnya akan keluar.

Karena terlalu lama dan belum keluar juga, saya menyuruhnya keluar dari toilet. Saya mengoleskan minyak kayu putih pada perut dan punggungnya untuk mengatasi rasa mulas yang dirasakannya. Saya tahu penyebab sembelit ini pasti karena tidak ada atau kurangnya makanan berserat yang di makan oleh Pascal.

Setelah itu saya mencoba berbicara pada Pascal mengenai sembelit ini, kenapa hal ini bisa terjadi tentu saja dengan bahasa yang bisa dia mengerti saat itu Pascal berusia 5 tahun. Saya katakan kalau saja Pascal sering makan sayur dan buah perutnya tidak akan sakit dan pupnya lancar, tidak keras.

Untuk melancarkan buang air besarnya saya memberikan beberapa potong pepaya, awalnya Pascal menolak tapi ketika saya tanya ingin sembuh dari sakit perutnya atau tidak, dia akhirnya mau memakan buah pepaya potongan tersebut. Allhamdulillah tidak lama setelah itu Pascal bisa buang air besar dengan lancar walaupun masih agak keras.

Sejak saat itu setiap makan dengan sayur Pascal mau memakannya, sesekali menolak tapi saya selalu mengingatkan sayur dan buah baik untuk pencernaan sehingga tidak akan mengalami sembelit lagi. Hingga sekarang Pascal suka makan sayur dan juga buah. Selamat tinggal sembelit, selamat datang pencernaan sehat.

Ternyata dari pengalaman ini Pascal menyukai hampir semua sayuran baik matang maupun sayuran mentah dalam bentuk salad, begitupula dengan buah. Ada beberapa buah yang sampai saat ini tidak disukai Pascal yaitu jeruk tapi setidaknya bisa digantikan dengan buah yang lainnya. Selain itu juga Pascal pernah saya perlihatkan foto penderita wasir, saya beritahukan bahwa ini akibatnya kalau susah makan sayur dan buah.

saya bersama Pascal (6thn) dan Alvin (2thn)


Tulisan ini di-share dalam rangka mengikuti “GA GOLDEN MOMENT WITH TOUR CHILD” yang diadakan oleh penerbit byPASS www.penerbitbypass.com.
Thursday, March 29, 2012

Flaper Craft

Thursday, March 29, 2012
Jangan bosen ya postingan Giveaway lagi nih :) Bw pertama ke blognya Mbak Keke dan Mbak Nique kok nemu giveaway yang sama. Ikut dong ah, siapa tau beruntung bisa ikutan berkarya kalau dapat hadiahnya.

Mbak Vina mengadakan Maret Giveaway, cara mengikutinya mudah cukup share saja giveawaynya. Dan hadiah yang akan diberikan adalah PaperQuilling Kit yang berisi  1 jarum quilling, 1 gunting, 1 lem putih, 1 pinset, 8 pak kertas quilling 5mm, kertas emboss, kertas buat card, tag.


Semoga Mbak Vina diberikan kesehatan dikehamilannya ya dan acara giveawaynya sukses.

Postingan ini diikutsertakan pada March Giveaway yang diselenggarakan Mbak Vina
Wednesday, March 28, 2012

Menikmati Teh Batik

Wednesday, March 28, 2012
Batik sebagai warisan budaya sudah selayaknya kita lestarikan. Apalagi UNESCO sudah mencanangkan batik sebagai warisan leluhur asli Indonesia. Dimana setiap tanggal 2 Oktober kita memperingati hari batik nasional. Dengan adanya hari batik diharapkan masyarakat Indonesia lebih menghargai  dan mencintai Batik Indonesia.

Goofy Test

Postingan refreshing aja hari ini. Dapat tag dari Vera untuk mengerjakan Goofy test dibawah ini. Pertanyaannya mudah kok cukup menjawab dengan menyertakan gambar yang kita cari diinternet. Dulu pernah juga mengerjakan PR ini tapi diblog yang lama.

1. The age of my previous birthday
link gambar

Tuesday, March 27, 2012

Domo Rice Cooker

Tuesday, March 27, 2012
Ortuku memang saat ini tinggal di Cikampek, tapi kalau ada keperluan membeli suatu barang atau ke Rumah Sakit pasti ke Bekasi. Selain dulu tinggal di Bekasi juga sekalian menengok anak dan cucu-cucunya tentu saja. Tujuan didapat, kangen-kangenan dengan cucu juga didapat.

Beberapa saat yang lalu mama datang berniat untuk mencari Rice Cooker, katanya rice cooker yang dirumah fungsinya sudah tidak begitu maksimal. Aku langsung teringat pernah melihat penawaran menarik dari dikotakita.com mengenai rice cooker. Tanpa pikir panjang aku langsung melihat diwebnya, ternyata benar promonya masih ada nih.

Ada promo Domo Rice Cooker DR 1802 W dari Modena kita mendapatkan potongan harga sebesar 30%. Kebetulan aku masih mempunyai saldo disana, aku bilang sama mama gak perlu beli rice cookernya nanti aku aja yang membelikan. Setelah dipikir lagi, aku juga mau beli sekalian untuk stock rice cookerku dirumah yang sudah lama. Mumpung ada diskon :) aku manfaatkan kesempatan ini.

Setelah aku melakukan transaksi dikotakita tidak harus menunggu lama respon dari CS Dikotakita. aku langsung ditelp mengenai pengiriman barangnya, puas dengan pelayanan dikotakita. Ini bukan pertamakalinya aku menggunakan jasa mereka loh. Karena aku bertransaksi hari jum'at maka barangnya baru bisa dikirim hari senin. Penerimaan barangnya juga tepat waktu sesuai yang dijanjikan oleh pihak dikotakita.

ini dia ricecooker dari dikotakita, hanya ada 1 barang karena yang 1 sudah dibawa mama.

Monday, March 26, 2012

Sikat Gigi Bareng Sali

Monday, March 26, 2012
Mengajarkan suatu hal pada anak biasanya lebih masuk lewat contoh, apalagi contohnya melalui hal yang disukai oleh sang anak.

Disini aku akan sharing pengalamanku mengajarkan mengosok gigi pada Pascal dan Alvin. Kalau Alvin otomatis langsung mencontoh pada Pascal jadi lebih mudah mengajarinya.

Sejak kecil aku sudah membiasakan menggosok gigi Pascal sejak belum numbuh giginya. Biasanya aku membersihkan lidah serta gusi Pascal menggunakan kasa yang dibasahi dengan air matang hangat. Pernah juga menggunakan sikat lidah yang lentuk yang dimasukkan pada jariku. Aku memang bukan ahlinya seperti bunda Monda,atau mama Vania, tapi menurut yang aku baca memang anak harus dibiasakan membersikhan gigi sedari kecil.

Pada saat anak sudah mengerti, biasanya akan memilih sikat gigi sendiri yang beraneka macam warna maupun bentuk. Pascal dan Alvin mempunyai gagang sikat gigi bentuk Doraemon dan kawan-kawannya. Jadi lebih semangat loh sikat giginya tanpa disuruh biasanya sebelum tidur dan setelah sarapan pagi mereka sikat giginya. Khusus untuk Alvin masih aku bantu menyikat giginya, setelah itu dia pegang sendiri untuk menggosok giginya.

Selain itu aku juga sering membacakan buku seri halo balita yang berjudul Aku bisa Mandi SendiriPada buku itu ada bagian Sali sedang belajar mandi sendiri juga menggosok gigi sendiri. Pascal dan Alvin selalu ingat bagian ini makanya bilang mau seperti Sali bisa gosok gigi sendiri. Sekarang Pascal bisa baca sendiri bukunya kadang membacakan Alvin.


Ternyata kita bisa mengajarkan anak melalui berbagai macam cara, secara tidak sengaja pun mereka bisa mengingatnya. Dari membaca buku jadi satu masalah terselesaikan. Allhamdulillah hingga usia 6 tahun ini giginya Pascal masih bagus.

ps: untuk Herry - http://hiakuherry.blogspot.com maaf saya tidak bisa komen diblognya baik dari laptop maupun tab bagian kotak komennya tidak ada.

Saturday, March 24, 2012

Tekwan

Saturday, March 24, 2012
gambar diambil dari sini
Salah satu makanan kesukaanku adalah makanan khas dari Palembang diantaranya pempek yang pernah aku tulis juga disini.

Makanan khas Palembang lainnya yang aku suka adalah tekwan. Tekwan adalah  yang dibuat dari ikan dan sagu dengan kuah udang. Biasanya ada tambahan pelengkap lainnya seperti jamur kuping, bengkoang, bihun, ketimun, bawang goreng, daun bawang, seledri serta bunga sedap malam.

Kebetulan malam jum'at kemarin pengajian rutin malam jum'at bertempat dirumahku. Kalau malam-malam yang dingin (kaya judul lagu hehehe),enak juga nih kalau aku sajikan tekwan yang hangat, tentu saja ditambah dengan cemilan lainnya.

Aku pesan tekwan ini sama mamanya temannya Pascal disekolah. Dia bikin tekwannya dirumah tapi membuat kuahnya dirumahku. Sekalian mengajarkan aku bagaimana membuat tekwan. Aku beli tekwan ini 3 paket. Alhasil hari jum'atnya seharian kita dirumah makan tekwan. Biasanya selain ditambah sambal aku lebih  suka ditambah cuka pempek.

tekwan sesaat sebelum disajikan belum ditambahkan kuah

Thursday, March 22, 2012

Dua Tahun

Thursday, March 22, 2012
Tidak terasa dua tahun sudah umur Alvin sekarang, rasanya baru saja melahirkannya kemarin.

Selamat Ulang Tahun ya untuk Alvin Khwarizmi Nugroho, semoga menjadi anak yang sholeh. Hanya doa yang bisa kita ucapkan dihari yang bahagia ini.

Semoga Alvin sehat selalu, dan menjadi anak yang pintar jangan lupa selalu rajin sholat dan mengaji ya dan doakan kita juga.

Allhamdulillah Alvin sekarang sudah lulus ASInya walaupun tidak sampai genap 2 tahun. Minggu-minggu lalu aku mencoba menyapih Alvin ternyata tidak mengalami kendala yang berat apalagi sampai nangis-nangis. Hanya minta dipeluk dan tiduran dibadanku. Terkadang cukup memluk guling atau boneka sebelum tidur.

Setelah disapih ini, tidurnya Alvin pulas tidak bangun dimalam hari juga lebih gampang saat mau tidur. Merasa sedikit sedih harus menyapih Alvin yang coba-coba ini.


Wednesday, March 21, 2012

Panen Jambu Air

Wednesday, March 21, 2012
Suka jambu air gak? didepan rumahku jambunya sedang berbuah banyak nih, sampai berjatuhan. Kalau pagi suamiku membersihkan jabu-jambu yang jatuh banyak sekali. 
jambunya merah , besar dan manis
Tuesday, March 20, 2012

Jauh Atau Dekat

Tuesday, March 20, 2012
Saat membaca postingan Mas Dewo tentang S3 : Senyum, Salam, Sapa,  aku langsung senyum-senyum sendiri, jadi ada ide menulis :) .
Saling menyapa dan tersenyum terhadap sesama mudah sebetulnya ya tapi harus iklas dan inisiatif dari diri sendiri jadi terlihat tulus.
gambar diambil dari sini

Sejak mewabah  Facebook apalagi bisa diakses dari gadget pipih hitam bernama buah itu juga bikin orang lupa pd sekelilingnya (pinjam istilah yang ditulis oleh Bunda Lily). Ini ada benarnya juga loh. Yang jauh akan terasa dekat karena kita bisa mengobrol dan bertegur sapa melalui fasilitas itu. Tapi bagi orang disekelilingnya akan terasa jauh karena terkadang kita dianggap tidak ada, beberapa orang sibuk dengan gadgetnya.

Belum lama ini kita masuk ke toko mainan langganan yang lokasinya dekat dengan rumah. Saat masuk aku sudah senyum dan menyapa sambil menanyakan barang yang aku cari. Tapi si mbaknya itu malah asyik dengan gadgetnya sampai aku tanya 3 kali baru dia menyimpan gadgetnya tersebut. Disini tidak ada lagi istilah pembeli itu raja. Apalagi sang pemilik tokonya disaat yang sama datang juga dan langsung bilang "Kakak, udah lama yang gak kesini, beli mainannya ditempat lain ya?" walah itu hak kita bukan untuk berbelanja dimanapun yang penting tidak merugikan siapapun.

Tulisan ini sekedar pengingat bagiku, agar lebih perhatian terhadap sekeliling apalagi jika sedang memegang gadget, aku yakin sahabat-sahabatku disini tidak seperti itu. 

ps: mulai saat ini aku akan mereply komen-komen yang masuk kesini loh :) maaf kalau selama ini tidak direply langsung. Tapi blognya juga masih di renovasi fasilitas replynya belum keluar :)
Sunday, March 18, 2012

Melatih Anak Tidur Sendiri

Sunday, March 18, 2012

Kapan waktu yang tepat untuk melatih anak tidur sendiri dikamarnya? Masing-masing anak mempunyai kesiapan sendiri tidak bisa disamakan satu sama lain. Yang penting kita sebagai orang tua konsisten dan juga menjelaskan pentingnya tidur sendiri bagi si anak.

Tidur bersama anak tentu saja akan mendekatkan anak dengan orang tuanya, tapi kita juga harus mengajarkan kemandirian agar si anak menjadi anak yang berani untuk tidur sendiri. Diawal memang agak susah dan perlu pengertian dari orangtua dalam hal ini ibu.
Thursday, March 15, 2012

Captcha Arab

Thursday, March 15, 2012
Postingan kali ini sekedar cerita ringan saja ya. Maaf kalau ada blog teman-teman yang belum sempat saya kunjungi. Ada juga blog yang belum masuk kembali kebloglistku karena sempat menghilang.

Saat Blogwalking ke blognya Mbak Yuni aku menemukan capcai alias captcha dengan tulisan arab. Walah dikeyboadku kan gak ada huruf arabnya hehehe. Memang sih gampan tingal direload saja untuk mendapatkan captcha yang baru. Seperti biasanya aku sering melakukan reload karena kesulitan membaca tulisan disana.
Wednesday, March 14, 2012

Festival Anak Taqwa 2012

Wednesday, March 14, 2012
Hari ini Pascal baru saja mengikuti Festival Anak Taqwa 2012 di Pasar Seni Ancol dalam rangka Hari Ulang Tahun Kementrian Agama yang ke 66. Berbagai macam lomba diadakan yang diikuti oleh RA (Raudhatul Athfal) Se Kota Bekasi. Tahun lalu Pascal ikutan Lomba menyanyi bersama, kalau tahun ini Pascal kebagian mengikuti lomba Angklung dengan memainkan lagu Lihat Kebunku.

Seperti biasa dari sekolahnya Pascal melarang orang tua mengikuti anak-anaknya karena untuk melatih kemandirian. Tapi para ibu khawatir karena Pasar Seni akan banyak orang yang juga mengikuti lomba ini, jadi kita menyewa bis. Selain itukita sebagai orang tua juga ingin melihat anaknya perform. Suatu kebanggaan sendiri loh sebenarnya sebagai orang tua melihat anaknya tampil, tidak masalah itu menang atau kalah.

Tuesday, March 13, 2012

Segitiga Emas

Tuesday, March 13, 2012
Postingan ini saya tulis juga di Warung Blogger pada hari yang bersamaan :)

Tidak perlu malu untuk menjadi seorang ibu rumah tangga, walaupun sudah sekolah setinggi mungkin, ilmu itu akan tetap terpakai sampai kapanpun. Tulisan ini bukan untuk menyinggung ibu pekerja, karena saya tahu pasti mereka pun pasti memperhatikan anak-anaknya seperti halnya ibu rumah tangga. Bahkan ibu pekerja itu hebat juga loh karena mereka bisa membagi waktu antara pekerjaan dan anak. Menjadi ibu rumah tangga maupun ibu pekerja merupakan pilihan masing-masing dan harus bisa dipertanggung jawabkan.

Disaat saya memasukkan anak ke Playgroup atau Taman Bermain, ada salah seorang teman bilang sebaiknya tidak perlu dimasukkan kesekolah kalau umur 3 tahun, cukup bermain-main dirumah. Beliau bilang Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya.
Sunday, March 11, 2012

Majalah Anak

Sunday, March 11, 2012
Ketika bunda Monda menuliskan postingan yang berjudul Majalah Anak, aku teringat masa SD dulu. Disana bunda monda menuliskan salah satu majalah yang dibacanya dulu ada majalah bobo.



Majalah bobo juga adalah majalah kesayanganku waktu SD dulu. Allhamdulillah orangtuaku membolehkanku berlangganan majalah bobo. Saat itu aku berlangganan melalui tukang koran langganan yang biasa mengantarkan koran kerumah.

Bertemu Melalui USG

Kehamilan merupakan anugerah bagi perempuan. Hamil dan mempunyai anak adalah hal yang paling ditunggu oleh pasangan pengantin baru. Berbagai cara dilakukan mulai dari membaca buku, bertanya pada orang yang lebih berpengalaman mengenai cara cepat hamil.

Allhamdulillah tepat dibulan ke 4 setelah menikah aku dinyatakan hamil, padahal sebelumnya kita berniat ke dokter kandungan untuk memeriksakan diri dan bertanya mengapa belum hamil. 
Saturday, March 10, 2012

Inilah Aku

Saturday, March 10, 2012


Kita sebagai manusia tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam diri kita masing-masing. Semua harus disyukuri karena itu adalah nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Thursday, March 8, 2012

Gelap Atau Terang

Thursday, March 8, 2012
Artikel ini sudah pernah saya tulis di warung blogger, tapi tidak ada salahnya ya saya publikasikan ulang disini :)

Terbiasa tidur malam dengan lampu menyala atau lampu gelap (remang-remang)? Sedari kecil aku selalu tidur dengan lampu menyala, hal ini terjadi karena kebiasaan dari orang tua kita masing-masing. Tapi sejak kenal internet aku tahu manfaat lampu dimatikan pada saat tidur malam.

Tuesday, March 6, 2012

Hadiah Special

Tuesday, March 6, 2012
Allhadulillah hari mnggu 4 Maret kemarn umur Pascal genap 6 tahun, tak terasa juga tahun ini akan masuk SD. Semoga Pascal menjadi anak yang sholeh. Terima kasih buat teman-teman yang sudah mendoakan pascal bisa masuk SD yag diinginkan.

Dari malam senin aku bolak balik mengecek web thariq untuk melihat apakah pengumumannya sudah ada atau belum. Karena penasaran senin pagi setelah mengantran Pascal sekolah aku menuju SD Thariq, yang lokasinya juga dekat dengan TKnya Pascal. Disambut langsung oleh kepala sekolahnya, begitu hangat dan serasa tau kegelisahan ita para orang tua yang menunggu hasil pengumuman ini. Allhamdulilah Pascal lulus, yang seharusnya surat pemberitahuannya  dikirim kerumah kita ambil langsung ke sekolah.

Saya Bukan Blogger Semusim

Mencoba mengikuti tantangan Pakde Cholik untuk membuat artikel Bukan Blogger Semusim. Semoga saya bisa menulis pandangan saya mengenai tema tersebut dalam waktu yang singkat ini.

Awal mulanya membuat blog pada tahun 2008 untuk mengisi waktu luang dan membuat semacam jurnal keseharian anak terutama Pascal, pada saat itu anak baru satu. Saya tidak mengerti apa itu blogwalking maupun blogger. Lambat laun dari belajar dan membaca blog-blog sahabat saya mulai mengetahui istilah-istilah yang awam. Dari sana juga saya mempunyai banyak teman dan tentu saja memperoleh ilmu yang banyak dari ngeblog ini.
Friday, March 2, 2012

Menghitung Hari

Friday, March 2, 2012
Ini bukan judul lagu loh :), tapi ini menghitung hari menuju Ultahnya Pascal dan pengumuman masuk SDnya Pascal. Sabtu kemarin Pascal ikut tes di SDIT Thariq bin Ziyad , doakan Pascal diterima ya. Walaupun Pascal sudah bisa baca, berhitung dan mengaji tapi ada rasa cemas juga aku sebagai orang tua. Aku menginginkan Pascal sekolah disitu selain karena jarak juga karena menurut kita itu yang cocok.

Sabtu kemarin, sempat nervous juga sewaktu mengantar Pascal tes, seperti biasa kalau gugup aku suka mules hehehe, jadi ingat jaman sidang skripsi dulu. Ini nih yang buat aku sampai sekarang kurang konsentrasi ngeblog maupun BW. Ada juga sih faktor utamanya Laptopku sekarat hiks :(
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...