Thursday, November 29, 2012

Menanam Jagung

Thursday, November 29, 2012

Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
cangkul-cangkul cangkul yang dalam
tanah yang longgar jagung kutanam

Beri pupuk supaya subur 
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita

Lirik lagu menanam jagung yang harus Pascal hafalkan untuk Ujian Praktek UAS mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Kesenian). Awalnya sih Pascal belum hafal semua tapi sekarang sudah mulai hafal nih. Liriknya pun sudah ada di buku Tematik 1D. Agar Pascal lebih semangat menghafalkan lagunya aku download lagu menanam jagung ini jadi bisa sering didingarkan dirumah.

Kalau aku lihat sekarang anak-anak jarang ya tau lagu-lagu seperti ini. Semoga saja ada yang lebih peduli lagi dengan lagu-lagu anak Indonesia.



Wednesday, November 28, 2012

Puzzle Pertama

Wednesday, November 28, 2012
ini dia puzzle pertamanya Pascal dulu 
Kebiasaanku menyimpan mainan-mainan Pascal waktu kecil dulu ternyata ada untungnya juga nih. Hampir semua maianan mas kecil Pascal masih ada loh, mulai dari Thomas, laptop, puzzle bahkan mainan bayipun masih ada. Jadi diumurnya Alvin sekarang kadang-kadang memainkan mainan yang ada, sesekali membeli yang baru.

Waktu seumur Alvin dulu Pascal suka sekali main puzzle. Sekarangpun kadang masih suka beli puzzle tapi tentu saja dengan kesulitan yang berbeda saat Pascal kecil. Aku ingat betul puzzle pertamanya Pascal berbentu pesawat. Baru-baru ini aku mengajari Alvin bermain puzzle itu hanya 2 kali dia sudah mulai bisa dan lancar memasang puzzle pesawat tersebut. Karena butuh tantangan Alvin minta puzzle lainnya milik Pascal. Sayang sekali puzzle yang lainnya belum bisa dimainkan oleh alvin, dia bilang nanti dibelikan lagi puzzle yang lainnya ya. 

Karena sering dimainkan oleh Alvin, mainan-mainan Pascal dulu jadi hak milik Alvin tuh, kalau ditanya mainana itu punya siapa pasti dijawab punya dede:). Sesekali Pascal juga bernostalgia dengan mainan-mainannya.

Ini laptop pertamanya pascal , foto yang pertama foto pascal sedangkan yang kedua foto Alvin dan laptop yang sama hanya sudah ditempeli stiker




Monday, November 26, 2012

Tempat Charger

Monday, November 26, 2012
Punya ponsel, laptop dan aneka gadget lainnya dong? mau tanya nih biasanya menyimpan aneka charger-charger tersebut dirumah menggunakan apa? bisa sharing disini :)

Sementara ini aku sudah berganti-ganti tempat penyimpanan charger dirumah mlai dari laci kecil-kecil, laci lemari dan saat ini menggunakan semacam tempat serbaguna yang terbuat dari plastik seperti dibawah ini.


Thursday, November 22, 2012

32 Bulan

Thursday, November 22, 2012
22 November gak berasa umurnya Alvin sudah 32 bulan, sebentar lagi mau 3 tahun. Udah kepingin sekolah dia, kalau ada yang tanya sekolah dimana Alvin pasti jawab sekolah di TKnya Pascal dulu.

Alvin sudah berani naik permainan seperti disamping loh, padahal sebelumnya dia gak mau paling cuma mau lihat aja. Karena kemarin ditinggal nonton breaking dawn sama kakek neneknya diajak ke Fun World 

Monday, November 19, 2012

Breaking Dawn Part 2

Monday, November 19, 2012
Seminggu baru bisa online nih maaf ya baru bisa berkunjung lagi ke blognya teman-teman. Bagaimana long weekendnya?

Akhirnya bisa nonton Part 2 film Breaking Dawn. Minggu siang aku nonton berdua suami, setelah tahun lalu juga nonton berdua. Sejak punya anak dua agak susah untuk nonton berdua, Allhamdulillah kemarin anak-anak bisa dititipkan sama kakek neneknya.

Sehari sebelum kita sudah membeli tiketnya menggunakan MTIC jadi tidak perlu mengantri lagi diloket untuk membeli tiketnya. Waktu aku sampai ke XXI Mega Bekasi Antriannya panjang sekali, kita langsung masuk ke jalur khusus untuk menukarkan tiketnya.

Tepat pukul 12.30 filmnya dimulai, gak usah diceritakan disini jalan ceritanya ya :). Yang pasti aku puas bisa nonton film ini juga  bisa pergi berduaan dengan suami. Gara-gara film ini jadi sering dengar lagunya Christina Perri - A Thousand years.

Lyrics | Christina Perri lyrics - A Thousand Years lyrics


Tuesday, November 13, 2012

Shuriken Buatan Pascal

Tuesday, November 13, 2012
shuriken hadiah dari koko crunch :)
Tiap hari Pascal dan Alvin tuh dirumah sukanya main kertas, baik kertas bekas maupun kertas origami. Kadang buat pesawat atau menggunting-gunting sesuai selera. Tapi akhir-akhir ini Pascal suka sekali membuat shuriken. Kalau membuat Shuriken tidak cukup satu apalagi pasti Alvin juga minta dibuatkan.

Awalnya Pascal tahu Shuriken waktu nonton Ninja Hatori. Shuriken ini adalah senjata tradisioanal dari Jepang berbebntuk bintang. Cara menggunakannya dengan melemparkan shuriken itu pada musuhnya. Mungkin Mbak Imelda lebih tau nih mengenai shuriken ini .Tapi jangan khawatir Pascal dan Alvin gak pernah melempar-lempar shuriken kertas ini kok. Ternyata ada ilmu beladiri yang menggunakan shuriken ya, namanya shuriken-jutsu.

Jangan tanya aku bagaimana cara membuat shuriken kertas ini ya hehehe. Pascal yang bisa membuatnya, gak tau dia ide sendiri saja buat shuriken ini. Kalau sudah dibuatkan shuriken Alvin akan memegang dan membawanya kemana aja nih dirumah, jemput Pascal sampai tidurpun dibawa.
Thursday, November 8, 2012

Belajar Makan Sendiri

Thursday, November 8, 2012
Mengajarkan anak atau bayi makan sendiri dari kecil ternyata banyak keuntungannya ya. Selain melatih motorik anak juga bisa mengajarkan kemandirian pada anak. Beberapa orang tua lebih senang menyuapi anaknya dengan alasan supaya cepat selesai juga tidak kotor dan berantakan pada saat makan. Itu juga terjadi pada aku loh :) (ngaku nihhh).

Waktu Pascal kecil memang aku terbiasa menyuapinya makan, hingga saat ini kalau sarapan pagi juga masih suka disuapi karena makannya lama. Jangan ditiru ya tindakan aku ini. Kekurangannya Pascal jadi malas makan sendiri kalau dirumah, kecuali di sekolah dia bisa makan sendiri walaupun agak lama.

Tiap anak memang unik, tanpa bermaksud membeda-bedakan antara Pascal dan Alvin. Mungkin karena Alvin anak kedua dia banyak melihat dan belajar dari Pascal jadi dia lebih bisa makan sendiri saat ini. Ini juga karena aku tidak mau mengulangi kesalahan yang sama.

Alvin saat ini bisa loh makan nasi sendiri dan habis walaupun masih ada makanan tersisa, dia juga bersih kalau ada makanan tumpah diambil pakai tissue. Kalau Pascal bisa makan sendiri dirumah untuk makanan tertentu saja.

Saranku sih memang sebaiknya anak-anak dari dini sudah diajarkan memegang dan makan sendiri supaya melatih otot-otot tangannya sehingga lebih besar lagi dia sudah mandiri dan bisa makan sendiri. Berapa poin yang aku catat selama mengamati anak-anak makan sendiri:
  • Biarkan anak explorasi makanannya, memegang dan menyuap sendiri
  • Beri contoh cara memegang dan menyuap
  • Berikan tatakan atau alas supaya makanan yang tumpah-tumpah gampang dibersihkan
  • Jika si anak masih dibawah 1 tahun pakaikan bibs atau celemek supaya tidak kotor mengenai pakaiannya.
  • Kalau makan diluar bawa tissue basah atau kering jadi bisa cepat dibersihkan kalau kotor, ini sih aku yang malu kalau meninggalkan tempat makan dapam keadaan kotor :)
Itu aja sih menurut pengamatanku, mungkin ada yang mau menambahkan?
Sunday, November 4, 2012

Sedikit Atau Sekaligus?

Sunday, November 4, 2012
Pilih mana belajar setiap hari atau belajar sekaligus saja bila musim ulangan atau test tiba waktunya? Masing-masing ada keuntungan dan kerugiannya tentunya. Belajar sedikit-sedikit tentu saja akan lebih mudah bila ada ulangan dadakan, berbeda dengan belajar dengan menggunakan SKS alias Sistem Kebut Semalam. Keuntungan belajar SKS mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang bisa belajar cepat dan mengerti dengan cepat.

Minggu ini Pascal memasuki Tes Formatif 2 atau Ulangan harian. Seperti tes formatif 1 semua murid sudh diberikan jadwal kapan tes tiap mata pelajaran akan diberikan. Walaupun bukan guru yang sempurna dirumah aku selalu mengajarkan Pascal apa yang akan dibahas esok harinya disekolah, maksudnya sih supaya dia lebih siap, biasanyakan setelah membahas suatu materi akan diberikan soal latihan.

Hari selasa dan Jum'at lalu ternyata ulangan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ternyata sudah diujikan terlebih dahulu, tidak sesuai dengan jadwal. Allhamdulillah sih materi bahasa arabnya Pascal sudah menguasi yaitu angka 1 - 10 dimana dia sudah pernah belajar waktu di TPA. Bahasa Inggris juga aku sudah ajarkan sore sebelum hari H. Mudah-mudahan saja dapat hasil yang maksimal.

Ada beberapa orang tua murid yang menyayangkan dengan tes yang tidak sesuai dengan jadwal ini. Katanya sih jadi orang tua tidak maksimal mengajarkan anaknya dan si anak belum siap. Tapi menurutku sih wajar saja ya diadakan ulangan tidak sesuai jadwal toh ini ulangan harian. Aku menganggap ini ulangan dadakan saja, seberapa siap si anak bisa mengerjakan soal-soal.

Doakan aku selalu bisa mengajari anak-anak ya. Materi-materi sekolah sekarang sepertinya sudah tinggi tidak seperti jaman aku SD dulu :)

sumber gambar http://frediansyahfirdaus.blogspot.com/2012/06/gak-bisa-bisa-bahasa-inggris.html
Thursday, November 1, 2012

Belajar Berbagi Sejak Dini

Thursday, November 1, 2012
Sejak masuk Playgroup 3 tahun lalu disekolahnya Pascal rutin setiap hari jum'at murid-muridnya diharapkan untuk membawa uang amal yang dikumpulkan dikelas masing-masing. Uang tersebut akan dikumpulkan selama setahun dari TK dan SD, dan akan dikeluarkan pada saat bulan Muharam untuk diberikan kepada anak yatim piatu yang akan diundang ke Sekolah. Kenapa dipilih bulan Muharam mungkin bertepatan dengan lebarannya Anak yatim ya.

Setiap hari Jum'at Pascal pasti ingat untuk meminta uang amal sama mamanya. Terkadang aku lupa, Pascal yang selalu mengingatkannya. Allhamdulillah hal ini Pascal selalu ingat. Pada saat waktunya santunan untuk anak yatim tiba, biasanya anak-anak diminta membawa sesuatu yang sudah tidak terpakai tapi masih layak pakai untuk diberikan pada anak yatim. Disini aku terharu sekali waktu Pascal bilang kalau mau memberi itu harus yang bagus-bagus jangan yang bekas.

Muharam tahun lalu pascal minta dibelikan 10 krayon dan alat tulis untuk diberikan pada anak yatim di kelasnya nanti. Selain mendapatkan santunan dari uang amal anak-anak, mereka juga senang mendapatkan beberapa barang pemberian anak-anak.

Minggu lalu juga disekolahnya Pascal ada program wakaf buku, masing-masing anak diminta membawa buku. Pascal minta dibelikan buku baru untuk diwakafkan, Akhirnya aku membelikan 2 buku yang sama supaya Pascal tidak bingung memilih mana yang harus diberikan karena dia mau memberikan buku yang bagus katanya. 

Belajar berbagi sejak dini memang penting sekali apalagi ini diajarkan pada anak-anak, agar mereka mempunya rasa cinta terhadap anak yatim maupun sesama. Semoga saja dari hal kecil mereka bisa menanamkan kecintaan pada anak-anak yatim jika sudah besar nantinya.


Artikel  ini diikutsertakan pada Gaveaway: Cinta untuk Anak Yatim
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...