Anak Aktif Bergerak? Jangan Lupa Penuhi Nutrisinya

Thursday, December 21, 2017
Aktivitas fisik sangat diperlukan bagi anak-anak usia 6-12 tahun untuk membangun kekuatan koordinasi dan rasa percaya dirinya. Makanya saya suka komplain kalau Pascal dan Alvin mager di rumah cuma main gadget saja. Mengenal teknologi juga penting tapi harus ada batasan dan pengawasan dari orangtua.


Kalau di sekolah sih jangan ditanya, mereka aktif melakukan berbagai aktivitas seperti bermain bola, kejar-kejaran dengan temannya, atau loncat-loncat. Sepertinya tenaga mereka tidak ada habisnya untuk selalu bergerak, apalagi mereka melakukannya dengan teman-temannya sehingga makin menyenangkan.



Lalu, ketika di rumah dengan space yang tidak seluas di sekolah, apakah mereka berhenti bergerak? Tentu saja tidak, hal apapun dapat mereka lakukan dan terus beraktivitas fisik. Pintu dan jendela bak arena fitness bagi anak-anak yang aktif di rumah. Ada saja keisengan yang mereka lakukan. Tiba-tiba Alvin bisa naik dan merayap di pintu seperti spiderman. Kadang-kadang kalau ada  neneknya pasti dilarang 😊. Sebetulnya tidak masalah asal diawasi dan berhati-hati.

Ajak Anak Aktif Bergerak

Jadi, jangan larang mereka ketika aktif bergerak di rumah yah, ini merupakan salah satu cara agar mereka tetap bugar dan sehat. Ada kalanya mereka enggan bergerak, sebagai orangtua bisa lho menciptakan aktivitas bersama yang menyenangkan agar mereka tidak hanya duduk saja. Misalnya, mengajarkan mereka untuk membersihkan kamarnya atau ajak jalan-jalan di Car Free Day pada hari minggu. Mereka senang sekali kalau diajak ke CFD, biasanya akan menghitung langkah yang sudah dilakukan menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone.
Workout with your kids, They're not excuses, They're Sponge. Lead by Example
Kalau bukan orangtua yang memberi contoh, mana bisa anak-anak ikut kebiasaan yang sehat seperti ini. Anak-anak hanya dapat mencontoh dan mengikuti apa yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya. Jika mereka melihat contoh yang baik, otomatis akan mengikuti dengan senang tanpa merasa dipaksa.
Dengan aktif bergerak membuatnya menjadi anak yang tumbuh lebih sehat, karena akan melancarkan sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuhnya sehingga tubuhnya menjadi lebih bugar dan fit.


Nutrisi Yang Cukup

Setelah beraktivitas fisik dilakukan, tentunya energinya akan terkurang, untuk itu anak-anak butuh nutrisi yang baik untuk mengembalikan energinya kembali. Sebagai orangtua sudah wajib hukumnya memberikan nutrisi yang terbaik untuk tumbuh kembangnya.
Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam memenuhi gizi seimbang. Oh ya, dalam menyediakan makanan sehat buat mereka juga harus sesuai dengan aturan piring makan (My Plate) yang direkomendasikan oleh WHO, yaitu setiap kali makan terdiri dari :

  • 1/2 dari piring makan harus mengandung sayur dan buah-buahan.
  • 1/4 piring terdiri dari protein nabati dan hewani.
  • 2/4 piring termasuk biji0bijian utuh dari beras, gandumm atau pasta. Pilih saja mana yang disukai oleh anak-anak, tapi sebaikay diberikan variasi agar tidak bosan.
  • Jangan terlalu banyak minya dan batasi penggunaan garam serta gula.


Tambahkan Susu Pada Nutrisi Anak

Bagi anak-anak usia 6-12 kebutuhan susu masih diperlukan untuk pembentukan tulangnya dalam jangka panjang. Apalagi susu merupakan sumber kalsium nomor satu dan diperkaya dengan vitamin D yang erat kaitannya dengan kesehatan tulang.



Pascal dan Alvin biasa minum susu UHT di rumah, selain praktis juga karena rasanya yang segar. Kesukaan mereka susu UHT rasa plain. Saking sukanya dengan susu, kadang-kadang Alvin minum susu seperti minum air putih saja. Tapi, saya memberitahunya kalau minum susu itu jangan berlebihan, cukup dua gelas sehari saja karena susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya di luar makanan


Cara Anak-anak Menikmati Susu UHT Indomilk 1L

Susu UHT Indomilk 1L pilihan kami sekeluarga, karena gurihnya Indomilk sangat terasa dan tidak menjadikan tenggorokan kering. Oh ternyata ini alasannya kenapa Alvin lebih memilih minum susu saja saat kehausan setelah bermain. Karena susu UHT Indomilk 1L tanpa penambahan garam, sehingga rasa gurih susu tetap terasa dan tidak membuat dia kehausan lagi.

Kalau menemukan susu UHT yang membuat kita kehausan setelah meminumnya atau tenggorokan menjadi kering, itu tandanya terdapat garam di dalamnya. Padahal rasa susu segar saja sudah terasa gurihnya.




Kalau Pascal dan Alvin biasa ambil sendiri susunya dari lemari eh, tinggal tuang deh ke gelas. Mereka juga suka menuangkan susu uhtnya ke dalam mangkuk berisi sereal. Gak perlu takut jatuh atau tumpah saat menuangnya, karena kotak susu UHT Indomilk 1L dengan teknologi Nutrikeep –nya yang membuat semua kebaikan susu sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak mudah rusak. Lagi pula kemasannya yang ramping memudahkan anak-anak memegang dan menuang sendiri susunya.
Saya biasa menyetok susu UHT Indomilk 1L beberapa dus sekaligus, agar tidak harus mondar mandir ke mini market untuk membelinya. Satu atau dua dus saya simpan dalam lemari es, sisanya di dimpan dalam suhu ruang saja. Gak perlu khawatir susu akan terasa basi, karena susu UHT Indomilk 1L sudah melalui proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time) yang dipanaskan pada suhu 140-145 derajat celcius selama 4 detik, sehingga akan membunuh bakteri yang jahat. Selain itu susu UHT Indomilk 1L akan tahan pada suhu ruang hingga 9 bulan.
Yuk rutin berolahraga! Weekend ini kami mau berenang. Kalau kamu? Jangan lupa bawa susu UHT Indomilk 1Lnya ya.

13 comments

  1. Susu indomilk aku sukaa 😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Ohh aku baru tahu kalau minun susu jadi terasa kering itu krn banyak garam.ini aku juga lagi gencar kasih susu ke intan..biar sekalian mau disapih

    ReplyDelete
  3. Faris ya sukaaa banget dengan UHT yg tanpa garam ini. Ga mencekik leher ;)

    ReplyDelete
  4. Week end ini aku mau ngajak nonton jumanji aja di bioskop

    ReplyDelete
  5. Anakku juga doyan nih minum Indomilk uht. Buat sarapan pagi biasanya.

    ReplyDelete
  6. Duh, Alde dan Nai juga Indomilk maniaa..cepet abiis ukuran seliter hihi..

    ReplyDelete
  7. Anak sekarang banyak yang kurang gerak karena megangnya gadget. Jarinya doang yang gerak 😅😅 aku juga mulai batasi banget nih anak2 pegang gadget biar mereka aktif bergerak, lebih sehat.

    ReplyDelete
  8. Wah cocok jg nih buat si ken yg aktif bergerak. Semacam bola bekel, mendul mendul gerak terus. Makasih sharenya ya mbk.

    ReplyDelete
  9. Jadi inget Bo et Obi waktu di Indonesia.. hobi bangeeet susu ini

    ReplyDelete
  10. Banyak bergerak sedari kecil kebiasan yang bagus mbk.. perlu banget buat dijadiin lifestyle

    ReplyDelete
  11. Hai mbak Lidya, ya ampun sudah lama banget gak mampir ke blog mbak, sekarang anaknya uda gede banget ^^

    ReplyDelete
  12. Susu Indomilk UHT full cream ini kesukaan anakku yang sulung. DIminum dingin, segeer

    ReplyDelete
  13. Anak-anakku sampai sekarang masih minun susu UHT Indomilk. Aku belikan yg ukuran 1lt juga yg praktis, bisa untuk Milzam ama Naufal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...