Tuesday, January 16, 2018

Cara Aman Belanja Online Di Toko Terpercaya

"Mah, aku harus bawa properti untuk pemotretan di sekolah"

Percakapan ini terjadi beberapa waktu yang lalu, ketika Pascal pulang sekolah. Ceritanya di sekolahnya akan diadakan pemotretan untuk pembuatan buku tahunan. Masing-masing siswa akan difoto sesuai dengan profesi yang diinginkan. 

Sebetulnya Pasacal memilih profesi sebagai sutradara film animasi atau anime. Berhubung dibutuhkan satu alat yang bisa menunjukkan bahwa dia seorang sutradara, maka saya punya ide untuk membawa clapper board saja. Tapi, cari clapper board dalam waktu yang sempit ini di mana, agak susah pastinya kalau harus mengunjungi toko atau mall. Untung saja ada toko online yang bisa membantu saya mendapatkan barang dengan cepat, apalagi pengiriman bisa dilakukan di hari yang sama juga.



Biasanya toko online menawarkan berbagai sistem pembayaran, dari transfer antar bank, COD, hingga menggunakan kartu kredit. Namun, saat harus belanja menggunakan kartu kredit, pastikan belanja online di toko terpercaya .

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan kartu kredit untuk berbelanja online diantaranya yaitu kemudahan bertransaksi, ada promo cicilan nol persen, dan promo menarik lainnya. Namun, menggunakan kartu kredit saat belanja online harus tetap waspada dan berhati-hati. Berikut ini yang harus diperhatikan ketika menggunakan kartu kredit di dunia maya :


Pilih situs terpercaya

Pastikan hanya memilih situs belanja online yang terpercaya dengan reputasi yang baik ketika ingin berbelanja online. Saat ini banyaknya penipu ulung yang membuat situs palsu yang seolah seperti situs aslinya sudah banyak. Oleh karena itu dalam hal ini jangan sampai kita dengan mudah masuk ke berbagai link di situs-situs aneh.

Waspada ketika ketik URL

Ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit, akan lebih aman untuk dapat mengetik alamat URL-nya sendiri. Biasanya ketika mengetik pada browser, mesin pencari akan memberikan beberapa pilihan. Untuk bisa terhindar dari penipuan atau masuk ke situs berbahaya, maka lebih baik ketik URL sendiri sehingga bisa memastikan situsnya benar.

Keamanan masukkan data

Tentunya sebelum bisa bertransaksi dengan kartu kredit, maka diperlukan memasukkan beberapa data tertentu. Jika demikian, maka pastikan jika memasukkan data tersebut secara benar.Untuk ciri URL yang aman adalah diawali https://. Apabila situs tersebut tidak diawali demikian, maka harus berpikir ulang untuk masukkan data pada web tersebut.

Lindungi dengan anti virus

Device yang digunakan sebaiknya juga sudah terpasang antivirus. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari pencurian data oleh pihak yang tidak diinginkan.


Bertransaksi di perangkat pribadi

Sebisa mungkin gunakan perangkat milik sendiri ketika melakukan transaksi kartu kredit secara online. Karena berbagi perangkat seperti di warnet atau milik teman, maka tingkat keamanannya tidak terjamin.

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan jika ingin bertransaksi secara aman dengan kartu kredit. Memang tak dapat dipungkiri belanja online di toko terpercaya begitu menawarkan kemudahan dan banyak keunggulan. Namun tidak dengan alasan itu kita jadi tidak waspada. Tetap berhati-hati ya karena identitas diri menjadi taruhannya.

3 comments:

  1. Saya belum berani transaksi online pakai kartu kredit meskipun terpercaya. Itulah kenapa saya senang belanja online karena bisa nahan diri untuk gak pakai CC. :D

    ReplyDelete
  2. Memang suka dagdigdug ya mba.. tapi kalau di sini ada jaminannya untuk secure transaction dan kalau ada apa2 kita bisa tuntut :)

    ReplyDelete
  3. Udah lama gak transaksi online menggunakan kartu kresit, pilihanku selalu transfer atm mbak,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...