Friday, February 16, 2018

Pentingnya Genset Untuk Menyelamatkan ASI Saat Listrik Padam

Breastfeeding is not always easy, but it is always worth it

Siapa pun tahu bahwa ASI Eksklusif adalah makanan terbaik untuk bayi hingga berumur 6 bulan. Makanya banyak ibu-ibu yang yang rela dan ikhlas memberikannya di 6 bulan pertamanya, bahkan dilanjutkan hingga 2 tahun diluar pemberian makanan pendamping.

Memberikan ASI pada bayi memang tidak mudah, tapi dengan ilmu  yang didapatkan semuanya bisa berjalan dengan lancar.  Apalagi ASI bermanfaat bagi bayi juga ibu yang menyusui. Air susu ibu yang mengandung antibodi bisa melawan bakteri dan virus, sehingga bayi mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Sedangkan buat ibu, memberikan ASI bisa lebih mendekatkan diri kepada anak.




Dari kedua jagoan saya, hanya si bungsu Alvin yang diberikan ASI full hingga 2 tahun. Trus, kenapa Pascal gak dikasih ASI sampai 2 tahun? Karena ilmu yang saya dapatkan masih kurang dan malu mencari tahu. Lupakan yang sudah terjadi, yang terpenting bagi teman-teman semua bisa memberikan ASI pada anaknya nanti ya.

Paling enak memang memberikan ASI langsung dari tempatnya ke bayi. Tapi, kadang seorang ibu diharuskan menjalani aktivitas diluar rumah dan meninggalkan bayi untuk beberapa saat. Tidak perlu khawatir, karena ASI masih tetap bisa diberikan pada bayi dengan memompa atau memerahnya. . Begitu pula dengan ibu bekerja, yang tetap bisa memberikan makanan terbaik ini untuk anaknya.

Berbagai cara dilakukan agar stok ASI tercukupi setiap harinya saat bayi ditinggalkan bekerja. Mereka memompa air susunya dan ditempatkan pada botol untuk disimpan di freezer agar awet dan tidak basi.

Salah satu kendala yang akan dihadapi ketika stok ASI banyak tersimpan di lemari es adalah ketika listrik padam. Kadang-kadang PLN tidak memberitahukan kalau ada pemadaman listrik bergilir contohnya. Pastinya ibu akan ketar-ketir mengingat stok ASI yang banyak akan rusak kalau listrik tidak segera menyala.

Saya pun penasaran dan mencari tahu, bagaimaan sih caranya menyelamatkan ASI waktu listrik padam.

Gunakan Freezer Khusus Untuk ASI Saja

Penyimpanan ASI pada freezer kulkas dua pintu lebih baik dibandingkan dengan kulkas satu pintu, karena kemungkinan buka tutup pintu lemari es makin sering dan mengakibatkan kualitas ASI tidak terjaga dengan baik.

Jika memungkinkan lebih baik memiliki freezer khusus yang hanya untuk menyimpan ASI saja. Hal ini untuk menghindari pencemaran dari makanan lain ke ASI yang disimpan di freezer bersama-sama saat terjadi pemadaman listrik

Tapi kalau memang terpaksa penyimpanan ASI dijadikan satu dengan makanan lain di satu freezer, pastikan makan tersebut dalam keadaan tertutup rapat. Saat listrik dalam keadaan mati makanan seperti  daging, ayam, atau ikan yang disimpan di freezer lama-lama akan mencair, nah pastikan tempatnya tertutup rapat ya supaya tidak mengotori ASI yang disimpan dalam satu tempat.

Minimalkan Membuka Pintu Lemari Es

Kalau tidak terlalu membutuhkan, sebaiknya pintu kulkas jangan terlalu sering dibuka tutup. Saat pintu dibuka, udara dari luar freezer akan ikut masuk dan membuat suhu berubah menjadi cepat menghangat. Sementara itu ASI perlu terus berada di ruangan yang beku pada suhu kira-kira 4ยบ C. Jika listrik mati, ASI  masih bisa bertahan hingga 12 jam di dalam freezer.

Menitipkan ASI 

Kalau sudah tahu lamanya pemadaman listrik, akan memudahkan kita mengambil langkah selanjutnya seperti menitipkan stok ASI di rumah keluarga atau teman. Atau kita juga bisa memanfaatkan cooler box yang dimiliki dengan memasukkan asi tersebut ke dalamnya. Hanya saja perlu menambahkan ice gel atau es batu yang banyak untuk menjaga agar ASI tetap beku dan dingin.

Pentingnya Punya Genset

Rasanya repot sekali ya kalau listrik sering mati di lingkungan rumah, bisa-bisa stok ASI akan cepat rusak dan banyak yang terbuang. Belum lagi aktivitas lain yang menggunakan listrik dan barang elektronik juga akan terganggu. Sebenarnya punya genset adalah salah satu cara yang bisa membantu ibu-ibu dalam menyimpan ASI dengan aman walaupun ada pemadaman listrik. Sehingga saat ibu bekerja meninggalkan bayinya tidak ada rasa khawatir dan takut lagi akan kekurangan asupan nutrisi  yang bermanfaat ini.



Harga genset yang biasa dijual beraneka ragam, sesuai dengan jenis mesin gensetnya itu sendiri. Masa iya untuk pemakaian di rumah menggunakan genset berkemampuan besar yang biasa digunakan di pabrik atau tempat usaha besar.

Hitung terlebih dahulu jumlah penggunaan perangkat elektronik yang akan digunakan sebelum membeli genset yang sesuai. Untuk penggunaan genset di rumah lebih nyaman menggunakan tipe genset silent sehingga tidak berisik. Apalagi jika di rumah ada anak-anak atau bayi bisa terganggu waktu istirahat mereka.

Untuk harga genset kita bisa mencarinya di perusahaan distributor yang menjual genset original serta berkualitas, yaitu ABC Power. Pabrik Genset ABC Power sudah mempunyai standar Internasional dan diakui oleh pabrikan besar mesin diesel dan generator dunia. Genset ABC juga menggunakan material terbaik dan sudah melalui 6 langkah perlindungan anti karat serta menggunakan bahan peredam.

4 comments:

  1. Mba aku sempat kefikiran lho buat beli genset mini yang untuk dirumah, saat lagi gencarnya kumpulin Asip. Tapi malah ga jadi2 gara2 banyak faktor. Padahal aT itu ada promo cm 1,4 JT. Nyesel banget deh ga jadi beli, padahal manfaatnya banyak banget ya mba

    ReplyDelete
  2. Perlu banget nih buat ibu menyimpan ASIP ya, kalau dulu aku di kampung punya genset karena emang sering mati lampu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ilmu dan informasinya, Mbak.
    Salam hangat untuk dua jagoan, CalVin.

    ReplyDelete
  4. Susunya banyak bangeeet ade. Pasti suka semua ya mba..anak-anak memang doyan dan perlu mengkonsumsi yang cukup

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...