Lihat Dan Bagikan Story Terbaik Di Aplikasi Kumparan

Friday, March 30, 2018
Paling sering melihat perkembangan berita dalam maupun luar negeri dari mana? Mungkin kalau dulu banyak orang mengandalkan surat kabar alias koran atau televisi untuk mencari tahu berita. Tapi, seiring berkembangnya teknologi, saat ini berita bisa dilihat kapanpun dan di manapun melalui gadget. Apalagi hampir tiap orang mempunyai smartphone yang terhubung dengan koneksi internet sehingga memungkinkan pencarian berita mudah dilakukan dengan cepat.

Melalui ponsel, tidak hanya berita saja yang bisa saya dapatkan, tapi tip-tip menarik lainnya juga tersaji untuk membantu saya ketika membutuhkannya. Contohnya pagi ini, saya sedang scroll-scroll berita di Aplikasi Kumparan dan menemukan informasi mengenai Tips Menjaga Kulkas agar Terhindar dari Bau Tak Sedap. Wah pas sekali nih, liburan long weekend ini mau beres-beres rumah, artikel ini bisa menjadi panduan saya, apalagi tipsnya disajikan dengan infografik sehingga menarik dan memudahkan pembaca untuk memahaminya.




Mengenal  Kumparan.com


Kumparan.com merupakan media yang menyajikan platform hybrid dengan menyatukan konten berbasis editorial dan konten komunitas menggunakan konsep media sosial.

Kumparan hadir sekitar pertengahan 2016 lalu yang didirikan oleh Budiono Darsono dkk yang juga sudah sukses mendirikan situs berita terpercaya lainnya. 

Bagi mereka yang terbiasa bermedia sosial pastinya sudah tidak asing lagi dengan bentuk tampilan timeline, pada Kumparan ini juga mengusung konsep seperti itu. Jadi saat kita membukanya akan melihat timeline mirip Twitter atau Instagram. Nah, uniknya kita bisa berinteraksi dalam artikel yang ada dengan me-like dan menuliskan komentar. Benar-benar mirip saat saya membuka medsos ya.


Aplikasi Kumparan




Mengikuti perkembangan teknologi, Kumparan pun pastinya gak mau ketinggalan menghadirkan aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android dan iOS. Peluncuran Aplikasi Kumparan versi beta sejak bulan Januari 2017 lalu diharapkan bisa mendobrak bisnis media di Indonesia.

Sebelum menjelajah lebih jauh Aplikasi Kumparan sebaiknya mendownload aplikasinya terlebih dahulu di :



Uniknya Aplikasi Kumparan ini, kita sebagai pembaca bisa mendapatkan feed yang sesuai dengan minat masing-masing. Caranya pun mudah kok, cukup subscribe Media kemudian pin atau menandai topik-topik kesukaan.

Penasaran bisa subscribe media apa saja sih yang bisa dipilih? Berikut ini 14 media kumparan yang bisa dipilih sesuai selera :), yaitu :
  1. KumparanNEWS - Breaking news yang akurat dan kredibel
  2. KumparanHITS - Ada infromasi hiburan dalam dan luar negeri
  3. KumparanK-POP - Cocok buat pecinta drama Korea, film, dan musik Korea
  4. KumparanBOLA - Informasi sepak bola lebih mendalam
  5. KumparanSPORT - Semua jenis olahraga ada di sini
  6. KumparanMOM - Cocok buat ibu-ibu yang ingin tahu informasi tentang anak
  7. KumparanSTYLE - Ulasan lifestyle dalam dan luar negeri
  8. KumparanOTO - Dunia otomotif ada di sini
  9. KumparanTECH - Mau tahu tentang gadget, game, atau berita teknologi 
  10. KumparanTRAVEL - Penting buat yang mau travelling nih
  11. KumparanSAINS - Mengenal lebih jauh tentang duania sains
  12. KumparanBISNIS - Ada informasi dan analisis ekonomi - bisnis
  13. KumparanFOOD - Berisi review makanan, masakan, dan tempat makan
  14. MILLENNIAL - Untuk pembaca yang gaul, fun, dan kekinian


Beberapa media sudah saya subscribe supaya muncul di feed Aplikasi Kumparan sesuai dengan yang saya sukai. Pada feed saya muncul media KumparanTRAVEL.



Yang bisa dilakukan di Aplikasi Kumparan

Supaya bisa melakukan aktivitas pada aplikasi ini, pengguna diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Kalau gak mau repot cukup menggunakan akun Facebook atau Google saja pada saat mendaftar, karena biasanya dua akun ini sudah login pada ponsel.



Pada aplikasi ini, kita juga bisa follow profil yang disukai, tapi bedanya jangan mengharapkan timbal balik orang tersebut memfollow kita ya, toh tujuannya kita mengikuti berita yang disharenya bukan.

Halaman depan atau Home

Seperti layaknya pada halaman depan sosial media, Aplikasi Kumparan juga menyajikan timeline yang sudah dipilih sesuai dengan berita yang diinginkan. Selain itu, pada bagian My Feed kita juga bisa melihat story dari topik atau profile orang lain yang sudah difollow




Pada bagian highlights, akan ada topik khusus yang terdiri dari beberapa story pendukung dari artikel terkait. 


Buat dan Bagikan Storymu

Pada aplikasi ini, kita tidak hanya bisa membaca story milik orang lain yang sudah difollow saja, tapi pengguna pun bisa ikut membagikan storynya kepada orang lain yang berupa text dan dapat pula ditambahkan dengan video, foto, ataupun link pendukung. Nantinya story yang dibuat pun dapat dibagikan pada orang lain lagi baik di dalam Aplikasi Kumparannya itu sendiri maupun media sosial lainnya. Wah, siap-siap bisa viral nih :)

Jika menyukai story orang lain, boleh lho memberikan like pada tombol berbentuk hati, atau sebaliknya jika story yang ada sangat mangganggu seperti ada unsur sara, hoax, spam dan lainnya bisa melakukan report.

Jadi, gak ada alasan untuk ketinggal berita yang sedang trend saat ini dong, kalau semua story bisa dalam genggaman melalui Aplikasi Kumparan

Happy reading:)

3 comments

  1. Aku juga penasaran nih mba.. temen-temen Kemlu banyak yg post cerita di sini juga

    ReplyDelete
  2. Aplikasi baru yg oke banget yaaa mba

    ReplyDelete
  3. Kalau bisa bikin story, malah enak ya. seperti kita membagikan berita tapi nggak hoax karena langsung dari sumber kita sendiri. okelah, bisa dicoba aplikasinya..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...