Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mencuci Pakaian Bayi Baru Lahir

Friday, March 2, 2018
Masuk ke toko perlengkapan bayi memang kadang bikin kalap dan lapar mata. Baju-baju dan barang yang modelnya lucu dan cute maunya dibeli semua :). Ayo... siapa yang pernah mengalaminya?




Gak, salah kok hal tersebut dialami oleh kebanyakan perempuan, apalagi buat seorang ibu yang baru saja mendapatkan bayi. Saya juga suka kalap juga kok kadang-kadang dulu waktu anak-anak masih kecil. Salah satu cara agar gak berlebihan membeli pakaian bayi yang lucu itu, bisa membelinya secara online di situs belanja online.

Nah, waktu membelikan pakaian buat bayi yang harus diperhatikan adalah kualitas bahannya yang mudah menyerap keringat supaya kulitnya tidak iritasi. Untuk model, pilih aja yang simple dan nyaman digunakan oleh bayi. Kalau terlalu banyak pernak perniknya seperti kancing atau renda-renda akan membuatnya tidak nyaman dan rewel saat memakainya. Sedangkan untuk pemilihan warna disesuaikan dengan selera dan jenis kelamin saja.

Beberapa orang kadang ada yang memakaikan pakaian yang baru dibeli pada anaknya tanpa mencuci dulu. Iiiih, jangan sekali-sekali melakukannya ya! Walaupun pakaian baru bukan berarti bersih dari segala macam kuman dan bakteri yang menempel. Adanya zat pewarna dan bahan kimia saat pembuatan baju tersebut bisa membuat kulit bayi menjadi iritasi. Gak mau kan Si Kecil punya penyakit kulit, selain dia akan menjadi rewel juga membuatnya tidak nyaman dan tidak sedap dipandang. 

Ada baiknya kita juga tahu cara mencuci pakaian bayi yang tepat, seperti :

  • Mencuci dengan mesin cuci, rasanya sudah hampir semua orang melakukannya, karena praktis dan menghemat tenaga. Apalagi buat ibu yang baru melahirkan yang harus banyak istirahat. Tidak semua jenis bahan pakaian bayi bisa dicuci dengan mesin cuci, untuk memudahkan pilih jenis pakaian yang boleh dicuci menggunakan mesin, biasanya ada kok di label aturan perawatan pakaian.

  • Pisahkan baju bayi dengan popok kain. Namanya juga popok kain kadang-kadang kena ompol atau pup bayi, kalau langsung disatukan dengan pakaian bayi kumannya akan menyebar kemana-mana. 
  • Perhatikan detergen yang digunakan. Penggunaan detergen khusus untuk bayi tidak selamanya diperlukan, kecuali bayi mempunyai kulit yang sensitif seperti eksim atau alergi. Untuk menghindari iritasi, detergen cair lebih baik digunakan dibandingkan detergen bubuk. Selain itu juga detergen cair mudah meresap ke serat kain dan gampang dibilas sekalipun menggunakan mesin cuci.

  • Rendam baju bayi baru lahir yang masih baru dengan air panas atau air hangat untuk mematikan dan membuat zat-zat kimia yang menempel pada pakaian tersebut.
  • Jemur pakaian di bawah terik matahari agar kering dan tidak lembap serta tumbuh jamur.



Sebenarnya mudah mencuci pakaian bayi baru lahir, sama halnya mencuci pakaian dewasa. Hanya saja sebaiknya memisahkan pakaian bayi dengan pakaian dewasa saat mencucinya supaya tidak terkontaminasi kotoran.

2 comments

  1. saya hanya ibu rumah tangga muda, yang baru menikah, jadi saya sering melihat nya di tv online

    ReplyDelete
  2. baca ini ku jadi inget mba belum nyuci perlengkapan debay padahal lahiran sudah deket :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...