Monday, March 19, 2018

Memilih Nama Domain Untuk Blog

"Blognya sudah pakai domain belum?"

Pertanyaan seperti ini sering kali dilontarkan orang teman-teman baik sesama blogger, agency, maupun brand.

Sejak pertama kali membuat blog sekitar tahun 2008 saya sudah menggunakan domain lho, pakai www.fitrian.com. Tujuannya sih supaya gampang diingat dan gaya sedikit :-D. Tapi ternyata menggunakan TDL atau Top Level Domain pada blog pribadi bisa mempunyai manfaat. Selain sebagai branding diri sendiri juga lebih mudah diindeks oleh Google.



Dulu saya buatnya halaman depan sebagai halaman utama yang berisi halaman-halaman selanjutnya yang dilink ke sub domain. Wah ada foto Pascal di sana, waktu itu umurnya masih 2 tahunan kalau gak salah. Gak berasa ya sekarang dia sudah mau masuk SMP. Dan dia pun tertarik menggunakan domain sendiri buat blognya yang berisi gambar-gambar hasil karyanya.

Alasan saya menggunakan nama belakang buat domain blog sih simple aja. Selain gak kreatif mencari nama,  juga karena mau punya domain yang singkat dan mudah diingat. Kalau nama Lidya pastinya sudah ga tersedia lagi, makanya pakai nama Fitrian.

Sebelum mencari tahu tipsnya, ada baiknya mengenal dulu apa itu domain. Jadi domain itu ibaratnya alamat komputer yang bisa berhubungan satu sama lain menggunakan alamat IP atau IP Address. Nah, IP Adress ini terdiri dari deretan angka yang susah diingat. Dari situlah domain tercipta, agar pengguna lebih mudah mengingatnya.


Domain adalah alamat website yang dituliskan oleh pengguna Internet di kolom bar URL.

Arti Domain


Sebelum memilih nama domain, sebaiknya harus tahu dulu nama tersebut akan digunakan untuk apa, blog pribadi, website perusahan, atau toko online. Cari nama yang tepat sesuai degan branding yang dimiliki. Misalnya untuk blog, mungkin bisa memilih nama diri sendiri. Bisa juga disesuaikan dengan niche dari blog tersebut.

Nama Domain Yang Singkat


Nama yang singkat akan memudahkan pembaca mengingat domain tersebut. Memilih satu kata nama domain lebih baik daripada dua kata atau lebih, karena akan terlihat terlalu panjang. Tapi, semua kembali lagi ke selera pemilih blog juga. 

Tentukan TLD (Top Level Domain)

Untuk .com dan .net umumnya dipakai untuk blog atau website baik pribadi maupun perusahan dan toko online. Untuk TLD. org biasanya digunakan untuk nama domain dari organisasi.

Domain Indonesia juga bisa dipilih seperti .id .co.id .web.id .sch.id atau .or.id . Untuk blog aatau website personal bisa menggunakan .web.id karena.co.id digunakan untuk nama domain perusahaan seperti CV dan PT dan biasanya menggunakan dokumen khsus sperti NPWP dan lainnya.

Pilih Tempat Membeli Domain


Banyak penyedia hosting plus domain yang bisa kita pilih, salah satunya adalah Niagahoster. Di sini kita bisa mendaftarkan domain tidak hanya untuk blog atau domain saja lho tapi juga buat beberapa akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Tumblr, dan lainnya.


Kenapa NiagaHoster?

Selain domain, sebuah website juga memerlukan hosting sebagai penyimpanan datanya. Niagahoster merupakan penyedia solusi domain dan hosting murah Indonesia.

Ada 4 pilihan Web Hosting yang ditawarkan oleh Niagahoster sesuai dengan keperluan, yaitu :

  • Paket Bayi Rp19.800/bulan 
  • Paket Pelajar Rp44.800/bulan
  • Paket Personal Rp67.800/bulan
  • Paket Bisnis Rp91,800/bulan




Best sellernya ada pada paket personal yang memiliki unlimited disk space, bandwidth, Database, Add on Domains dan POP3 Email. Selain itu bagi pelanggan yang memilih paket ini tidak perlu lagi membayar domain. Asyik kan, sewa hosting bisa dapat gratis domain selamanya, asalkan tetap berlangganan hosting.

Di Niagahoster ada garansi harga murah. Jika menemukan paket web hosting IIX lain yang lebih murah dan paket yang ditawarkan setara maka pelanggan bisa mendapatkan harga tersebut.



Meskipun Niagahoster  punya jaminan harga termurah, tapi bukan berarti kualitasnya kurang lho. Karena didukung oleh performa server uptime sampai 99,98%. Pelanggan juga bisa menikmati kuaitas server terbaik yaitu server Green Data Center Tier-4 berstandar Internasional dari DCI Indonesia. DCI merupakan dara center bersertifikasi Tier-4 berstandar Internasional dan bagian dari Equinix penjedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan andal dengan jaminan uptime 99,999%.

Selain itu jika membutuhkan bantuan tim support akan melayani pelanggan selama 24 jam melalui telepon, live chat, email atau tiket yang diberikan.

Oh ya buat pemula yang masih bingung menghubungkan domain dengan webnya gak perlu khawatir karena di Niagahoster memiliki banyak e-book  yang dapat dibaca dan pelajari, mulai dari tutorial Cpanel hingga panduan SEO.



Program Afiliasi Indonesia


Mendaftar di Niagahoster juga bisa menghasilkan keuntungan loh. Ada komisi 70% langsung yang didapatkan dengan mengikuti program afiliasi Niagahoster. Keuntungan yang didapatkan akan langsung dibayarkan ke rekening bank masing-masing dalam waktu 30 hari. Cara kerja afiliasi ini juga mudah dengan menggunakan banner referal yang dibagikan pada banyak orang atau menggunakan kupon yang bisa digunakan oleh pelanggan baru.

Untuk bisa mengikuti program afiliasi Niagahoster cukup me-like facebook Niagahoster, karena pencairan komisi dilakukan secara kolektif dan diumumkan di halaman facebook setiap tanggal 6 tiap bulannya.

Jadi gak ragu lagi kan memilih NiagaHoster? Karena punya 4 keuntungan yang bisa dinikmati yaitu :

  • Harga termurah
  • Server Uptime 99,98%
  • Support Terbaik
  • Garansi Uang Kembali



www.niagahoster.con
0274-2920443


4 comments:

  1. Waaah jadi nama domainku udah termasuk singkat lah ya dan mudah diinget. 😁😁

    ReplyDelete
  2. Hosting blog aku disini, sukaaa bgt krn unlimited harga bersahabat dan free domain seumur hidup. Hoho

    ReplyDelete
  3. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan domain personal ya mbak Lyd.
    Bisa banget jadi referensi jika mau menggunakan self hosting ini *tapi, masih mikir terus hiks*

    ReplyDelete
  4. Itu murah aja yaa mba.. domain aku mah namaku aja hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...