Thursday, April 26, 2018

Rak Buku Dinding Untuk Mempercantik Ruangan

Minggu lalu kami mengajak anak-anak ke Perpustakaan Nasional di Medan Merdeka Barat, Jakarta. Waktu memasuki lantai 7, mereka senangnya bukan main, bak menemukan harta karun yang tependam. "Wah banyak buku Why di sini", teriak Alvin.





Sebenarnya di rumah mereka juga sudah punya koleksi buku Why sekitar 20 buah, tapi saat melihat di perpustakaan ada banyak seri Why lainnya yang belum mereka baca dan punya. 

Setiap ke toko buku memang mereka biasa membeli buku seri ini atau buku lainnya secara bergantian tergantung mood mereka mau memilih buku yang mana. Lucunya sebelum membeli salah satu judul, mereka akan membaca terlebih dahulu judul buku lainnya. Jadilah mereka dapat 2 bacaan, yang satu dibaca di toko buku sedangkan yang satuya dibeli untuk dibaca di rumah.

Satu buku Why bisa dibaca khatam dengan cepat, bahkan bisa berulang kali bacanya. Nah, masalahnya koleksi buku mereka makin lama makin bertambah saja padahal lemari buku yang kami miliki sudah full dengan buku-buku lainnya juga. Bahkan lemari besar yang isinya buku sudah disimpan dengan berlapis. Tapi saya tetap menyimpanya dengan posisi berdiri, tidak menumpuk buku supaya lebih mudah ketika mencarinya.



Iseng-iseng saya mencari rak buku untuk menyimpan buku-buku lainnya yang sudah tidak tertampung. Ternyata bentuk-bentuk rak unik dan lucu juga ya, selain berguna sebagai tempat penyimpanan juga bisa dijadikan desain ruangan.

Bagi kami yang punya rumah minimalis alias sempit, pastinya gak bisa membli rak buku yang besar karena akan membuat sempit ruangan. Maunya sih punya ruangan khusus seperti perpustakaan pribadi tempat menyimpan koleksi kami sekeluarga. Tapi apa boleh buat, kami harus memanfaatkan yang ada dulu.

Ruangan yang terbatas, masih bisa kok diakali kalau mau mengatur buku-buku dengan rapi seperti :

Memilih rak buku yang sesuai

Untuk mengatasi ruangan yang sempit, bisa membeli rak yang menempel di dinding, sehingga tidak banyak memakan ruang karena tidak ada kaki maupun bagian rak seperti layaknya lemari. Banyak pilihan model dan desain rak buku dinding di Bukalapak yang bisa dipilih. Rak buku seperti ini, selain bermanfaat sebagai tempat penyimpanan juga akan menambah keindahan ruangan khususnya dindin atau wall art.

Memanfaatkan ruangan lain sebagai tempat penyimpanan buku

Bagi yang mempunyai rumah dua lantai bisa memanfaatkan ruangan kosong di bawah tangga sebagai tempat penyimpanan buku. Ukuran rak buku bisa disesuaikan dengan luasnya bawah tangga. Rak siap pakai atau memesan bisa dijadikan pilihan.

Rak buku dijadikan penyekat ruangan

Punya ruangan yang los atau tanpa sekat, bisa loh rak buku dijadikan alternatif sebagai penyekat ruangan. Pilihan rak buku dengan ukuran besar yang biasa digunakan, namun perlu diperhatikan juga ukuran ruangannya.

Lorong rumah sebagai rak buku

Di rumah punya lorong kecil yang dibiarkan kosong? tempat ii bisa dijadikan tempat penyimpanan buku dengan menempatkan rak disepanjang lorong. Jadi lorong kosong ii lebih bermanfaat.

Jadi gak bingung lagi kan di mana menyimpan buku-buku yang belum dirapikan. Ada banyak cara agar koleksi buku bisa terjaga. Kalau sudah begini, rasanya gak tahan untuk menambah koleksi buku lagi nih:)

3 comments:

  1. Belum punya rak buku sendiri. Buku2 saya masih keleleran di rak plastik kecil. Sedangkan koleksi buku kian bertambah. Apalagi bila hadirnya sekecil tiba dan saya ingin membiasakan mereka gemar membaca sejak dini. Rasanya saya pingin mempunyai rak buku. Kebetulan ruang utama rumah kami luas masih lowong. Jadi masih bisa dtarih rak buku. Selain bs jadi perpustakaan pribadi, jg bs mengenalkan ke para tamu yg datang tg pentingnya ada buku d rumah, khususnya buat anak2. Ini sih impian saya :)

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen punya rak buku juga yang keren untuk nyimpan koleksi buku-buku, biar nggak terlalu berantakan.

    ReplyDelete
  3. buku saya cukup banyak, tapi ga ada rak buku di kosan. jadi pengen punya rak buku
    thanks artikelnya kak, menginsipirasi banget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...