Sekecil Apapun Prestasi Anak Perlu Mendapatkan Apresiasi

Friday, April 27, 2018
Assalamualaikum Bu Iin.
Maaf Bu, minta tolong diinfokan di grup ortu ya Bu, kalau bsk formatif b.arab Bab 5 dan 6. (Formatif yg sempat tertunda). Terima kasih Bu 

Minggu lalu saat perjalanan ke Lampung, tiba-tiba saya membaca informasi dari wali kelas Alvin mengenai tes formatif Bahasa Arab di group Whatsapp. Waduh, langsung paniklah, karena setahu saya minggu di mana saya melakukan perjalanan aman dari berbagai tes.




Saat itu juga saya telpon Alvin di rumah, memintanya untuk membaca dan menghafalkan pelajaran tersebut. Eh, dia dengan santainya bilang "Aku udah hafal kok, kan itu pelajarannya udah diajarin sebelumnya, nanti malem aku baca lagi". Allhamdulillah, saya pun lega sambil memuji dan bersyukur kalau dia sudah hafal.

Sebenarnya tidak ada yang harus dikhawatirkan mengenai tes yang mendadak seperti ini, karena saya selalu mengajarkan untuk membaca sebelum pelajaran diajarkan di sekolah. Ya untuk jaga-jaga ada tes seperti ini dan membiasakan anak-anak tidak hanya belajar saat ada ujian saja.

Jum'at malam, Alvin pun menunggu kedatangan saya dari Lampung hingga malam. Dia cuma mau menunjukkan hasil tes formatif Bahasa Arabnya dengan nilai sempurna. Saya pun langsung memujinya sambil menciumnya karena kangen tiga hari tidak bertemu. Alvin pun senang ketika tahu saya bawa oleh-oleh pempek favoritnya.

Dalam keseharian, Alvin juga punya inisiatif untuk belajar duluan setiap malam ba'da Magrib. Malam hari sebelum tidur memang waktu yang selalu kami tunggu-tunggu, karena bisa mempererat bonding satu sama lain. Memanfaatkan kesempatan yang ada untuk membentuk premium bonding besama anak agar mereka merasakan kedekatan dan kenyamanan saat berada di rumah. 


Untuk mengapresiasikan prestasinya kami pun punya waktu untuk sayang-sayangan setelah selesai belajar. Yang dimaksud sayang-sayangan di sini adalah kumpul bersama saling peluk atau menemaninya bermain atau membaca buku kesukaannya sambil menyediakan camilan kesukaannya.

Oh ya premium bonding bisa diciptakan tiap saat, tidak hanya di malam hari saja. Karena untuk mendekatkan diri pada anak banyak cara bisa dilakukan. Contohnya selalu ada dan hadir di momen penting mereka. Sabtu lalu saya menghadiri wisuda tahfidz dan tahsin di sekolah. Beberapa hari sebelum saya berangkat ke Lampung, Pascal memberitahukan informasi mengenai wisuda tersebut dan meminta saya untuk datang. Pastinya saya akan datang dan mengosongkan hari tersebut dari berbagai jadwal yang ada. 



Meskipun kecil apa yang sudah dilakukan oleh anak-anak, tapi jika diberikan apresiasi mereka akan menjadi anak yang lebih percaya diri dan mandiri, juga menjadikan mereka peduli terhadap orang lain.

Setiap anak itu unik dan mempunyai kemampuan belajar yang berbeda-beda, sebagai ibu perlu mengetahui gaya seperti apa yang cocok buat anaknya. Kalau Alvin lebih suka membaca sendiri terlebih dahulu, jika ada kesulitan baru tanya kemudian setelah selesai dia akan minta ditanyakan kembali.

Waktu belajar atau menghafal, Alvin akan lebih suka kalau ditemani apalagi sesekali sambil dipeluk dan dicium pasti belajarnya bisa cepat bisa dan mengerti.

Ternyata menurut penelitian penting sekali menciptakan rasa senang dan nyaman saat belajar agar proses belajar menjadi efektif. 

Ngomongin pengalaman homework bersama anak-anak, pas sekali nih Lotte Choco Pie juga mengeluarkan video bertema sama mengenai homework.


Dalam video tersebut Quenzino Acana Naif yang biasa akrab dipanggil dengan Q sedang asyik belajar dan sang mama, Carrisa Puteri memberikan support dan apresiasi sehingga Q happy belajarnya.


Vote Video Kompetisi #PremiumMomentstogether


Ada tiga tema video yang dapat disaksikan pada web yaitu homework, shopping, dan greeting. Saya sudah ikutan vote video dengan tema homework loh, teman-teman juga bisa berpartisipasi memilih video yang paling disukai dan sesuai dengan keseharian bersama anak-anak.



Cara vote

Begini langkah-langkah untuk vote video pilihan kamu :


  • Sebelum melakukan vote, teman-teman bisa registrasi terlebih dahulu menggunakan email atau akun Facebook di website https://lottechocopieindonesia.com/activity
  • Pilih satu dari tiga video yang ada, jangan lupa untuk login dulu ya sesuai dengan akun yang sudah terdaftar.
  • Nah, kamu sudah terdaftar dan berhak mengikuti kompetisi untuk memenangkan hadiah, selain itu kamu dapat juga share ke teman lainnya melalui Facebook dan twitter. 



Penasaran kan dengan hadiahnya? nih, saya kasih bocoran hadiahnya, banyak kan. Ada hadiah untuk masih-masing tema dan hadiah utamanya jalan-jalan ke Jepang. Seru kaaaan:)




Saya berharap dapat memenangkan hadiah untuk versi homework, karena pemenangnya akan diundi untuk mengikuti kelas parenting yang membahas pentingnya momen premium #LotteChocoPiePremiumMoments serta diajak mendonasikan perlengkapan sekolah .

Bagi teman-teman lain yang memilih tema video lain juga punya kesempatan memenangkan undian dan mengikuti aktivitas yang sesuai dengan tema. Sedangkan untuk video yang paling banyak divote akan dipilih dan ditayangkan iklannya di televisi.

Yuk ciptakan #PremiumMomentstogether bersama anak sejak dini:)

12 comments

  1. Aku udah vote jugaa, tp video greeting, yg paling sesuai dan paling sering aku alami. Semoga kita dpt hadiahnya yaa. Tp yg paling penting, semoga anak2 kita tumbuh jd anak baik :)

    ReplyDelete
  2. Yeaaayy pertamax! Aku udah vote beberapa hari yang laluuuu. Semoga dapet nyantol sebiji yah hadiah dari choco pie-nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduax bu :) yuk ajak yg lain vote juga

      Delete
  3. Mba, seneng ya nemenin anak belajar ngerjain PR krn selalu ada hal baru yang kita pelajari juga dari mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak makin semngat belajar kalau ditemani

      Delete
  4. Aku juga suka deg2an kalau pas lagi gak di rumah, trus anak2 ada tes/ulangan. Eh, anaknya malah santai aja, bilangnya udah siap, mama tenang aja 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin mules ya kalau anak-anak lagi tes

      Delete
  5. Wah, kayaknya menarik kompetisi yg diadakan Lotte Choco! Baru tahu di sini. Apakah khusus diikuti oleh ibu2 yg sdh pnya anak? Soalnya sya masih mngandung anak pertama he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh diikuti siapa saja kok yuk ikutan

      Delete
  6. Anak-anak memang senang sekali dikasih perhatian

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...