Wednesday, May 30, 2018

Hai Kaum Hawa Jangan Sepelekan Anyang-anyangan, Atasi Dengan Uri-Cran

Sempat heran waktu itu anak teman saya mengalami ISK atau Infeksi Saluran Kencing. Kasihan sekali melihatnya ketika buang air kecil sampai menangis karena perih.

Awalnya saya pikir ISK itu hanya bisa terjadi pada perempuan yang sudah menikah saja. Tapi, nyatanya anak-anak, perempuan yang belum menikah, dan ibu hamil pun bisa mengalaminya. Kalau tidak segera diatasi atau diobati bisa berbahaya dan menyebar ke ginjal. Duh, mengerikan sekali ya.

Untuk itu sebagai perempuan perlu sekali mengetahui apa sih ISK itu dan bagaimana cara pencegahannya. Ilmu itu dapat dicari dari mana saja baik bertanya dari dokter atau menghadiri acara seminar dan talkshow kesehatan.  Nah, hari Sabtu lalu tanggal 26 Mei 2018 saya baru saja menghadiri Blogger Gathering dan Talkshow yang bertema "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita" di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta.




Menurut Ibu Diah Parikuning talkshow yang diselenggarakan oleh Combiphar ini ingin membantu  memberikan informasi yang benar mengenai Infeksi Saluran Kemih pada masyarakat. Karena masih banyak masyarakat yang mengandalkan mesin pencarian pada dunia maya yang belum tentu kebenarannya. Seperti motto dari Combiphar yaitu Championing a Healthy Tomorrow.





Mengenal Infeksi Saluran Kencing atau Kemih


Gak afdol kalau infromasi kesehatan tidak diberikan oleh ahlinya yaitu dokter. Sore itu hadir dr. Boy Abidin, SpOG(K) Boy Abidin yang akan memberikan informasi mengenai ISK. Siapa sih yang gak kenal dengan dokter ganteng yang satu ini, beliau adalah Dr. OZ Indonesia. Tidak hanya enak dipandang, dokter Boy juga ramah dan bisa menyampaikan materi dengan enak sehingga dapat dimengerti.



Infeksi saluran kencing atau kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih akibat KOLONI KUMAN yang masuk secara hematogen (aliran darah)dan ascending (mnejalar ke atas). Saluran tersebut terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra tempat urine di simpan dan dibuang dari dalam tubuh.


ISK ini memang bahasa kedokteran yang umum dipakai untuk anyang-anyangan. Menurut dokter Boy di tiap daerah pastinya punya bahasanya sendiri, seperti di Jawa Barat dikenal dengan jeungjeriheun. Ternyata dokter Boy juga orang sunda ya :)




Kenapa sih ISK paling sering dialami oleh wanita?

Sekitar 50-60% ISK lebih banyak terjadi pada wanita terjadi karena uretra atau saluran pembawa urine dari kandung kemih ke luar lebih pendek dari laki-laki. Bakter yang masuk akan lebih cepat sampai di uretra karena tempatnya lebih dekat ke anus. Dan 20% wanita bisa  Infeksi Saluran Kemih berulang kalau tidak dilakukan pencegahan.


Gejala ISK yang sering terjadi


Kadang wanita tidak menyadari kalau dirinya sedang mengalami anyang-anyangan, tapi salah satu yang perlu diperhatikan adalah ketika merasa ingin buang air kecil terus-menurus. Saya pernah mengalami ini tapi tidak sampai sakit sih. seketika langsung minum air putih yang banyak saja untuk mengatasinya.

Sedangkan gejala Infeksi Saluran Kencing terbagi menjadi dua yaitu

ISK bawah gejalanya :
  • Mengalami rasa perih dan panas di uretha
  • Buang air kecil  sering di malam hari tapi jumlah yang dikeluarkan sedikit
  • Tidak dapat  menahan rasa buang air besar
  • Buang air besar tidak tuntas
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Demam ringan

Gejala ISK atas:
  • Demam tinggi dan menggigil
  • Hilang napsu makan
  • adanya mual muntah


Penyebab Anyang-anyangan?


Anyang-anyangan ditimbulkan oleh bakteri Escherichia coli (E.Coli) yang ada pada saluran pencernaan. Penyebabnya antara lain salah dalam membersihkan organ intim, toilet dan air yang terecmar E.Coli untuk membasuh sehingga bisa masuk ke dalam saluran kemih.

Beberapa faktor lain yang terjadi antara lain :
  • Aktif melakukan hubungan intim biasanya terjadi pada pengantin baru di mana perempuan akan mengalami honeymoon Cystitis.
  • Menopause dimana adanya penurunan kadar estrogen sehingga terjadi perubahan elastisitas kandung kemih dan aliran urine yang dapat memicu tumbuhnya bakteri E.Coli lebih cepat.
  • Wanita yang memakai alat kontrasepsi spermisida juga bisa mengubah komposisi bakteri E.Coli pada organ intim.
  • Penderita diabetes yang menyebabkan imun yang menurun sehingga mudah terkena infeksi
  • Ibu hamil juga rentan mengalami anyang-anyangan terutama yang sering mengalami keputihan

Pada ibu hamil yang mengalami anyang-anyangan akan berisiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, preeklamsia, hipertensi, gagal ginjal hingga kematian janin.

Bagi mereka yang kurang minum air putih dan menahan pipis juga rentan sekali mengalami anyang-anyangan loh. 

URI-CRAN Datang, Anyang-anyangan Hilang




Gak enak ya mengalami anyang-anyangan tidak bagi diri sendiri tapi juga bisa membahayakan janin jika terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi anyang-anyangan adalah dengan mengonsumsi buah Cranberry. 

Di Amerika Cranberry sudah diteliti dan efektif digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantoacyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E.coli pada dinding saluran kemih.

Duh, buahnya aja kaya apa saya gak tau, lagi pula pasti susah ditemukan di sini. Kalaupun ada harganya mahal dan tidak praktis karena harus membuat jusnya terlebih dahulu. Untungnya sekarang ada Prive uri-cran yang lebih praktis.

Prive uri-cran mengandung ekstrak cranberry yang bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan dari gangguan anyang-anyangan.

Prive uri-cran yang diproduksi oleh Combhipar ini tersedia dalam dua jenis yaitu Prive uri-cran kapsul dalam satu box berisi 30 kapsul dengan komposisi 250mg, sedangkan Prive Uri-cran Plus dalam satu box isinya 15 sachet mengandung komposisi 375mg. Keduanya diminum 1-2 sachet atau kapsul per hari.

Sekarang yuk saya kasih tau rasanya uri-cran sachet yang sudah pernah diminum. Rasanya hmmm segar sekali apalagi disajikan dingin. Warna merah dari buah cranberry bisa terlihat jelas ketika sudah dicampur dengan air.


Mencegah Anyang-anyangan

Teman-teman gak mau kena anyan-anyangan dong? Ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya anyang-anyangan hilang dan gak datang kembali.

  • Minum air putih yang cukup yang berguna untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  • Menghindari minuman yang bisa menimbulkan iritasi pada kandung kemih seperti minuman yang mengandung jeruk dan kafein.
  • Jangan lupa untuk buang air kecil setelah berhubungan.
  • Jangan menahan buang air kecil, jika akan bepergian bisa memperkirakan berapa lama perjalanan. Sebaiknya buang air kecil terlebih dahulu sebelum berangkat.
  • Pilih toilet yang bersih, tapi kalau sekiranya sulit bawa saja air bersih dari rumah dalam botol untuk mencegah masuknya bakteri E.Coli
  • Bersihkan organ kewanitaan dengan cara yang benar yaitu dari arah belakang menuju arah depan.
  • Keringkan organ kewanitaan dengan lap bersih dan kering supaya tidak lembab. Tidak disarankan menggunakan produk untk area keanitaan. Tapi dokter Boy Abidin mengatakan boleh-boleh saja membersihkan area kewanitaan dengan cairan pembersih asalkan mempunyai pH balance. Tidak dianjurkan membersihkannya dengan sabun mandi. 
  • Konsumsi Prive uri-cran untuk mengatasi anyang-anyangan.

Kalau sudah tahu cara pencegahannya selamat tinggal anyang-anyangan.




www.uricran.co.id
Facebook : Prive Uri-Cran
Instagram : uricran.id



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...