7 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Sewa Apartemen

Friday, June 8, 2018
Berkurangnya lahan membuat bangunan hunian vertikal kian menjamur sebagai solusi keterbatasan lahan. Ditambah lagi, harga rumah tapak yang melonjak naik membuat apartemen kian dilirik sebagai hunian yang modern dengan harga lebih terjangkau. Bagi yang belum mampu untuk membeli sebuah apartemen, maka menyewa adalah pilihannya. Tertarik untuk mencoba sewa apartemen? Ada beberapa hal yang wajib dijadikan bahan pertimbangan sebelum mencoba untuk sewa apartemen.




Lokasi apartemen


Apa statusmu sekarang? Apakah mahasiswa atau pekerja kantoran? Mahasiswa tentu mencari hunian dekat kampus dan karyawan akan mencari hunian dekat kantor. Ketahui apa saja apartemen yang lokasinya dekat dengan kantor atau kampusmu untuk dimasukkan ke dalam daftar calon apartemen yang akan kamu huni. Dari daftar yang ada, kamu bisa menyeleksi lagi untuk mendapatkan apartemen yang cocok. Cek juga seberapa dekat apartemen dengan fasilitas publik seperti rumah sakit, mall, dan jalan tol.

Harga sewa


Berapa budget yang kamu siapkan untuk sewa apartemen? Perlu diketahui bahwa semakin dekat apartemen dengan kampus atau area perkantoran, maka semakin mahal juga harga sewanya. Jika ingin harga lebih murah, maka pilihlah apartemen yang agak jauh namun perhitungkan juga ongkos pulang pergi yang harus dikeluarkan. Jangan lupa bahwa biasanya harga sewa apartemen belum termasuk dengan biaya listrik, air, parkir, dan IPL sehingga kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk hal-hal tersebut. Begitu juga dengan sistem pembayaran sewa, biasanya biaya sewa apartemen terasa agak memberatkan karena dibayarkan secara tahunan. Mungkin kamu bisa mencoba untuk nego dengan pemilik apartemen agar bisa membayar sewa apartemen bulanan ataupun cara lain.

Cobalah untuk melihat ke beberapa unit sekaligus agar kamu punya pilihan dan perbandingan harga sewa. Begitu juga dengan tipe unit, sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu akan tinggal sendirian, maka unit tipe studio atau satu kamar tidur tentu lebih cocok sementara unit dua kamar tidur pas untuk pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil dengan satu anak. Pertimbangkan mana yang lebih menguntungkan, sewa apartemen unit unfurnished, semi furnished, atau full furnished. Ketiga unit tersebut memiliki harga sewa yang berbeda-beda. Unit unfurnished biasanya lebih murah namun kamu juga harus mengeluarkan uang untuk membeli perabotan kecuali kamu akan pindah dengan membawa perabotan lengkap dari tempat tinggal sebelumnya. Unit semi furnished bisa dipilih jika kamu akan pindahan dengan membawa tidak terlalu banyak barang dan perabotan. Unit full furnished biasanya lebih mahal namun sudah menyediakan perabotan dengan lengkap sehingga kamu tinggal pindah membawa pakaian saja. Kekurangannya, mungkin perabotan yang tersedia kurang sesuai dengan seleramu.


Transportasi umum


Ada halte busway di dekat apartemen dan kampus atau kantormu? Manfaatkan untuk berhemat! Dengan menggunakan busway, tentu kamu akan lebih hemat ongkos dibandingkan membawa kendaraan sendiri atau memakai kendaraan online. Ada juga apartemen yang menyediakan kendaraan shuttle dengan rute tertentu. Jika beruntung, kamu bisa pulang pergi gratis tiap hari dengan memanfaatkan shuttle tersebut.


Lingkungan apartemen


Bagaimana kondisi di lingkungan sekitar apartemen? Jika rawan kriminalitas, segera coret apartemen tersebut dari daftar calon apartemen. Apartemen di lingkungan rawan biasanya sepi peminat sehingga harganya lebih murah. Namun, apakah kamu mau menukar rasa aman dengan harga murah? Tentu kamu tidak mau ditodong atau dijambret saat sedang berjalan kaki pulang menuju apartemen. Untuk mengetahui tingkat keamanan lingkungan, tanyakan pada karyawan apartemen, penduduk sekitar, atau googling berita kriminal di lingkungan tersebut. Pastikan juga apartemen menyediakan CCTV, kartu akses, dan security yang siaga selama 24 jam untuk berjaga-jaga.


Lahan parkir


Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, lahan parkir menjadi salah satu faktor penting dalam memilih apartemen. Ketahui berapa perbandingan lahan parkir untuk tiap unit dan biaya parkir bulanannya. Tentu akan merepotkan jika setiap hari harus berputar-putar mencari parkiran kosong. Beberapa apartemen ada juga yang menggratiskan biaya parkir kendaraan pertama dan membebankan biaya untuk kendaraan kedua dan seterusnya per unit. Cek juga bagaimana keamanan di lahan parkir apartemen, apakah ada asuransi atau penggantian jika terjadi hal tak diinginkan seperti kerusakan atau hilang saat diparkir dalam kompleks apartemen?


Fasilitas memadai


Biasanya apartemen sudah dilengkapi dengan fasilitas bersama seperti kolam renang dan fitness center gratis yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga dan menghemat biaya keanggotaan di gym. Apartemen yang sudah agak lama dibangun juga biasanya sudah cukup ramai dengan berbagai kios penjual makanan, laundry, minimarket, dan lain sebagainya. Pastikan apartemen incaranmu sudah memiliki fasilitas-fasilitas tersebut agar kamu bisa membeli makanan, laundry, atau berbelanja snack tanpa perlu keluar dari kompleks apartemen. Beberapa apartemen bahkan memiliki akses langsung dengan pusat perbelanjaan sehingga memudahkan penghuninya mencari hiburan. Namun, tentu saja harganya juga akan lebih mahal dibandingkan apartemen yang berdiri sendiri tanpa mall.


Wifi dan sinyal


Biasanya apartemen sudah bekerja sama dengan salah satu provider internet untuk seluruh bangunan dengan menyediakan beberapa paket seperti paket internet dan TV kabel. Jika kamu tidak terlalu suka menonton TV, maka kamu bisa berhemat dengan membeli paket internet saja. Ketahui seberapa kencang provider internet tersebut agar kamu bisa browsing dengan nyaman dan lancar. Cek juga bagaimana sinyal operator telepon genggammu di unit yang akan kamu huni. Tentu akan menyusahkan jika kamu sulit dihubungi karena miskin sinyal.

1 comment

  1. waahhh makasih ya informasi yang telah di sampaikannya, jadi semakin tahu harus bagaimana nya ketika akan beli apartement

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...