Tiga Maskot Asian Games 2018 Dengan Energi Berbeda

Thursday, July 5, 2018
Jaman masih sekolah saya selalu menunggu-nunggu event pesta olahraga  seperti PON, Asian Games, atau Olimpiade walaupun hanya bisa menyaksikan pertandingan lewat layar televisi. Tahun ini Asian Games akan diadakan di Indonesia tepatnya di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

Asian Games merupakan pesta olahraga yang diadakan setiap emapt tahun sekali yang diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh Asia. Asian Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951 di New Delhi, India dengan Jepang sebagai juara umum.

Meskipun juara umum Asian Games selama ini dipegang oleh Jepang dan RRC (Republik Rakyat China), saya tetap mendukung perjuangan atlet Indonesia yang ikut berjuang di event tersebut. Memang sih di tingkat Asia negara kita masih jauh tertinggal dengan negara lain, tapi semua pertandingan menarik untuk disaksikan. Indonesia masih bisa berpeluang di beberapa cabang olahraga seperti angkat besi dan bulutangkis. Kalau saya suka melihat perlombaan di cabang olahraga renang, rasanya para atlit bisa melucnur secepat kilat di kolam, belum lagi kalau atletnya ganteng:)

Oh ya ngomongin Asian Games, ternyata Indonesia baru dua kali menjadi tuan rumah, setelah sebelumnya pada tahun 1962. Kali ini Jakarta bekerjasama dengan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games ke-XVIII. Bagi mereka yang tinggal di Bekasi bisa berbangga juga loh karena stadion Patriot Chandrabaga juga ikut digunakan sebagai tempat pertandingan cabang sepak bola, selain wibawa mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi.


Maskot Asian Games


Setiap event olahraga selalu muncul maskot-maskot menarik sebagai branding atau promosi suatu acara. Nah, di Asian Games ini juga punya maskot loh, tidak cuma satu tapi ada 3 maskot yang menggambarkan ciri khas Indonesia dan merepresentasikan energi yang berbeda. Yuk, kenalan sama maskot-maskotnya :



  • BHIN BHIN  digambarkan dengan seekor burung Cendrawasih yang menggunakan rompi motif Asmat dari Papua dan merepresentasikan strategi.
  • ATUNG, seekor rusa Bawean yang mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta dan merepresentasikan kecepatan.
  • KAKA adalah seekor badak bercula dengan pakaian tradisional motif bunga khas Palembang dan merepresentasikan kekuatan.
Ketiga maskot tersebut sengaja diambil dari hewan-hewan yang berasal dari Indonesia dan sekaligus memperkenalkan pada masyarakat Asia. 

Logo Asian Games 2018


Selain maskot, Asian Games juga punya logo resmi yang sudah diluncurkan oleh pemerintah. Logonya berbentuk sketsa Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dilihat dari atas dengan matahari di bagian tengahnya sebagai lambang sumber energi yang menyebar melalui delapan jalur keseluruh Asia dan dunia dengan adanya Asian Games. Makna lainnya adalah energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia.




Merchandise Asian Games



Logo dan maskot Asian Games tersebut tidak hanya menghiasi arena pertandingan, juga dalam berbagai merchandise seperti tshirt, boneka, gantungan kunci, tas, dan lain-lain. Saya tertarik dengan boneka maskotnya terutama Kaka yang berbadan besar.

Beli merchandise Asian Games Bukalapak bisa dijadikan pilihan buat teman-teman lho. Dengan demikian kita juga ikut serta dalam mendukung Indonesia berlaga di Asian Games.

Teman-teman suka melihat pertandingan cabang olahraga apa? Yuk dukung Timnas berlaga dan selamat berjuang bagi para atlet.

2 comments

  1. Terima kasih ya mba untuk tulisannya, saya baru tahu makna ke-3 maskot Asia Games 2018 ini. Oia kalau untuk penamaan sendiri diambil dari mana ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...