Ngeblog Dengan Hosting Berbayar? Kenapa Gak!

Monday, January 7, 2019
Your website is your greatest asset. More people view your webpages than anything else - Amanda Sibley.


"Li aku mau dong dibuatin website buat jualan!" atau " Li membuat website susah gak sih? ajarin dong!" Beberapa kali teman-teman di sini minta tolong seperti itu, ada yang serius dan menjalankannya, tapi ada juga yang cuma semangat di awal aja. Mulanya sih karena mereka sering melakukan pencarian dan nemu blog saya.


Biasanya saya minta mereka meluangkan waktu sehari untuk belajar dasar-dasarnya dulu supaya lebih mengerti karena gak cukup satu kali aja kalau belum terbiasa.

Sebelum mulai belajar membuat blog, sebaiknya harus tau dulu tujuannya terlebih dahulu agar lebih fokus. Beberapa alasan mereka membuat blog diantaranya adalah :


Mengenalkan Produk Yang Dijual


Dengan mengenalkan produknya mereka punya harapan  bisa meningkatkan penjualannya kalau sudah punya blog sendiri. Kebanyakan dari mereka memasarkan produknya melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Tapi, mereka juga mau melebarkan sayapnya supaya lebih terpercaya dengan membuat blog.

If your business is not on the internet, then your business will be out of business - Bill Gates

Bener juga sih quote dari Bill Gates di atas, pantesan teman-teman yang punya usaha sampingan pada pingin punya website atau blog buat mendukung usahanya di rumah, bukan untuk gaya-gayaan lagi tapi jadi kebutuhan.


Berbagi Ilmu Buat Orang Lain


Nah, kalau teman saya yang lain dia suka banget masak kue, katanya mau posting resep-resep yang biasa dibuatnya. Saya aja suka ngiler kalau lihat hasil masakan atau kue yang dibuatnya. Sesekali nyicipin juga sih kalau pas dikasih :)

Dari dia juga saya tau dimana membeli perlengkapan membuat kue atau bahan-bahan yang murah tapi berkualitas. Hal-hal seperti inilah yang bisa dishare dan berbagi ilmu buat orang lain.


Belajar Menuangkan Ide Dalam Tulisan


Suka nulis-nulis di notes atau di hp, supaya tulisannya tetap ada bisa dituangkan dalam sebuah postingan di blog pribadi. Dengan seringnya menulis bisa mengasah kemampuan sekaligus belajar dari tulisan-tulisan orang lain di blognya masing-masing.

Setelah tahu tujuan membuat sebuah blog atau website, maka bisa beralih apa saja yang harus diperlukan untuk merealisasikan blog tersebut antara lain :

  • Memilih platform untuk blog
  • Berbagai platform bisa dipilih bagi pengguna untuk membuat sebuah blog seperti wordpress, blogger dan lain-lain. Atau teman-teman juga bisa membuat website sendiri yang disimpan pada hosting. 
    Banyak penyedia hosting gratis, tapi bisa juga memilih self-hosting berbayar untuk blog. Coba bayangkan kalau penyedia hosting gratis tersebut tutup, lalu tulisan-tulisan kita yang sudah ada di blog gimana nasibnya? bisa hilang begitu saja, atau harus dipindah ke hosting lainnya. Lebih baik dari awal saja menggunakan self-hosting
  • Menggunakan domain
  • Domain itu ibarat alamat rumah, supaya sebuah blog mudah diingat pilih domain yang sesuai dengan isi blog atau niche yang dimiliki oleh blog tersebut. Memang tidak mudah menentukan sebuah nama untuk domain, apalagi digunakan untuk branding ke depannya.
  • Memilih hosting
  • Dalam memilih hosting harus memperhatikan kapasitas penyimpanan, semakin besar maka semakin banyak ruang untuk menyimpan. web hosting murah merupakan salah satu hosting yang banyak dicari, namun harus diperhatikan juga kecepatan dan keandalan server yang digunakan serta adanya layangan pelanggan yang bagus.


Web Hosting DomaiNesia

DomaiNesia sebagai salah satu penyedia web hosting mempunyai penyimpanan SSD yang cepat dan stabil sehingga bisa menjaga performa sebuah blog. Selain itu juga tersedia cPanel, kalau gak ngerti tenang aja ada halaman cPanel demonya kok.





Dengan 4 penawaran hosting murah bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya mulai dari paket Lite Rp8,000/bulan, Paket Extra Rp16,000/bulan, Paket Super Rp32,000/bulan dan Paket Monster Rp64,000/bulan. Masing-masing paket pastinya memiliki space yang berbeda, bahkan untuk paket Extra bisa digunakan untuk 5 website sekaligus. Untuk rekomendasi saat ini ada pada Paket Super selain unlimited bandwitdh juga memiliki unlimited website dan ada tambahan unlimited email serta bisa mengakses SSH dan fasilitas gratis domain.

Jadi, teman-teman gak ragu lagi bukan untuk menggunakan hosting berbayar untuk blognya? :) Selamat ngeblog

30 comments

  1. Aku pengguna blogspot, Mbak. Kadang pas teman-teman pada bahas wordpress aku manggut-manggut aja. Mau pindah tapi aku takut tambah mumet mikir codingnya. Hahahha.

    ReplyDelete
  2. Aku pun berbayar..buat langsung dari blogspot dan ngga pakai ribet. Bayarannya juga masuk akal per tahunnya. Thanks buat infonya dengan harga yang lengkap Liaaa :)

    ReplyDelete
  3. Aku masih nggak paham sama hosting. Baru sedikit paham tentang domain aja baru beberapa bulan ini. Yang penting aku tetap punya semangat nulis di blog aja sih untuk saat ini.

    ReplyDelete
  4. Ya, Mbak, saya gak pernah ragu dan gak pernah menyesal sudah membuat blog saya sebagai blog berbayar. Supaya keliatan lebih profesional. ya, kan? Hehehe ...
    Lagi pula, dengan blog berbayar, blog kita bisa lebih menghasilkan.

    ReplyDelete
  5. Wah harganya mulai 8 ribu ya, cukup terjangkau rupanya Domainesia ini. Terima kasih informasinya, mbak Lidya.

    ReplyDelete
  6. Masih terjangkau ya kisaran harga untuk hostingnya. Jadi kepikiran untuk dotcomin terus nih :))

    ReplyDelete
  7. Yes, dengan bayar hosting jelas lebih bebas bereksplorasi tanpa mikirin space yang terbatas ya mba. Namanya usaha juga pasti harus mengeluarkan modal. Nah blogger ya modal awalnya beli hosting

    ReplyDelete
  8. Aku nih lagi cari hosting dan domain. Masih menimbang2 mau beli di mana. Mau cari yg helpfull, dan cs bisa dihubungi kapan saja. Heehhe

    ReplyDelete
  9. Mba Lid ajarin aku dong biar PV-nya besar lalu mb Lid jawab >> nulis Va nulis nulis nulis :D

    btw aku baru tahu nih domainesia murah buat hosting berbayar yah sempat mau hosting sendiri cuman aku masih suka M ngeblognya

    ReplyDelete
  10. Pengalaman saya kalau yang cuma semangat di awal tuh karena maunyta banyak. Walaupun gak sering, tetapi pernah juga ada beberapa yang minta tolong diajarin bikin blog. Biasanya tuh kalau yang cuma semangat di awal, pengennya blognya langsung kelihatan bagus. Pokoknya ketinggian ekspektasinya hehehe.

    Padahal saya sependapat dengan Lidya. Kalau mau mulai ngeblog ya harus mengenal dasarnya dulu. Termasuk juga kalau mau memilih hosting. Nanyi kalau udah paham dasar dan konsisten mengisi blog juga lama-lama akan bagus

    ReplyDelete
  11. Seminggu yang lalu aku ikut kelas menulis online. Pertama kali materi yg disampaikan tentang membuat web dengan hosting berbayar gini, Mbak. Nah, kebanyakan yang ikutan memang pemilik online shop gitu. Akan tetapi, banyak juga yg mundur teratur pas di tengah2 tepatnya saat pemateri menyebutkan nominal yang harus dibayar.

    ReplyDelete
  12. Baru tau saya ad hosting di domainesia, cek ah barangkali cocok jadi rumah baru 😊

    ReplyDelete
  13. Wah dengan domainesia blog tld jadi lebih murah ya...

    ReplyDelete
  14. Hosting berbayar bikin usaha online terlihat beda, punya karakter yang bisa dipercaya karena mudah dicari di online. Era digital gini dunia usaha perlu mengoptimalkan promosi lewat sosial media ya mba.

    ReplyDelete
  15. harganya terjangkau ya mba. Aku punya blog wordpress nih, rencana mau beli hosting dan domain untuk blog itu. Thank you infonya mba.

    ReplyDelete
  16. Terimakasih mb infonya ini aku juga lagi nyari domain cuma masih bimbang antara com, net, apa yang id ya? Sebaiknya yang mana mb?

    ReplyDelete
  17. mba aku tuh ngiler sebenernya pake hosting sendiri rasanya semua kendali dalam genggaman ya. tapi kok takut ada apa2

    ReplyDelete
  18. Saya jg yg idajourneys pake hoating berbayar Mba...banyak keuntungannya emang. Asal pemanfaatannya optimal insya Allah terbayar biaya tahunannya oleh hasil ngeblog.

    ReplyDelete
  19. Hari gini mah ya, gak hanya yang monetize, yang curhat suka2 pun kayaknya lebih oke pake domain sendiri. Berasa punya rumah sendiri gitu. :D

    ReplyDelete
  20. Nah yang hosting ini aku belum punya Mba Fit, heheeh ... semoga lain kali bisa ada rejeki punya hosting. Kemarin kebetulan ada yang nyaranin patungan rame-rame hahaha asik kayaknya jadi terbantu secara hosting kan agak mahalan di banding domain.

    ReplyDelete
  21. Karena aku pake blogger.com jadi aku ga sewa hosting lagi. Pake hosting berbayar itu malah banyak keuntungannya. Apalagi kalo milih bigsize

    ReplyDelete
  22. Aku memang ada rencana mau bikin blog 1 lagi yang pakai hostin brbayar nih mba. Makasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
  23. Aku sejak awal ngeblog udah pake hosting berbayar krn suka sama wordpress dan gk puas pake yg gratisan. Heuheu

    ReplyDelete
  24. Btw, aku lg mempertimbangkan untuk pindah histing nih, mau intip Domainesia ah, kalik cocok

    ReplyDelete
  25. Aku baru 2 tahun berjalan ini pake yg berbayar, lebih ngerasa orofesprofes Aja mba,, ya terasa tulisan adaAda berha sedikit klo pakai yg domain yg berbayar

    ReplyDelete
  26. Iyes setuju, kalau mau buat blog harus belajar dasar-dasarnya dulu ya..kadang ada yang mau instan tanpa belajar, ini yang repot

    ReplyDelete
  27. Akuu ngeblog di wordpress dengan hsosting berbayar, Mba Li. Meski memang harganya lumayan, tapi worthed banget kok. Bebas banget mau desain sesuka kita dengan tampilan yang lebi pro. Dan yang pasti bisa jadi salah satu motivasi ngeblog, dengan nginget2 kalau biaya hostingnya nggak murah, hihi.

    Semangat!

    ReplyDelete
  28. Loh mba ternyata gak mahal ya bayar hosting di domainesia, aku cek di web lain bayarnya bikin mengelus dada jadi aku stay di blogspot hehe

    ReplyDelete
  29. yap, sebaiknya self hosting, lebih aman. karena hosting gratis bisa saja tututp dan postingan kita bakalan....ahhhhh. Alhamdulilah sudah self hosting

    ReplyDelete
  30. Waduh punyaku masih hosting Free, nggak kepikiran sama sekali dan semoga saja mereka nggak tututp soalnya tahun lalu denger denger mreka mau tutup...ahhhhh psotinganku gimana. baiklah, mulai kupikirkan Self hosting.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...