Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta

Thursday, February 28, 2019
"Ma, ini ada buku punya temen Mama..." Kata Alvin waktu di Gramedia beberapa waktu lalu.

Oh yang dia maksud teman saya itu Fita Chakra. Anak-anak memang tahu beberapa teman saya yang suka ketemu, sering diceritakan, atau penulis buku (karena mereka suka baca buku)


Waktu tau di rumah ada buku Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta, Pascal sempat ngiri kok Ade punya buku itu sih? Ternyata dia lihat ada tanda tangan penulisnya yang ditujukan buat Alvin. Walaupun sudah SMP ternyata si Aa ini ngiri, padahal bukunya juga dia yang pertama baca tuntas.

Psssst, kalau mau dapetin tanda tangan penulisnya belinya jangan di toko buku, tapi pesan langsung aja ke penulisnya (duh saya bakal dimarahin gak ya hehehe, apa sekalian aja saya buka PO ya).



Penasarankan dengan isi bukunya? yuk saya review bukunya.


Judul Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta
Penulis: Fita Chakra
Penerbit: Qibla
Ilustrasi: Fransisca Ayu, Hilman Makhluf, Lanting Studio, Maureen Monitan
Tahun: 2019
Jumlah halaman: 100 halaman


Allah adalah sang Maha Pencipta (Al Khaliq), sebagai umat muslim pastinya tau arti nama-nama baik milik Allah yang disebut juga Asmaul Husna.  Bukti bahwa Allah Al Khaaliq adalah salah satunya diciptakannya alam semesta yang luas. Kita sebagai makhluk ciptaan-Nya pastinya baru melihat sebagian kecil dari bumi.

Dari buku ini anak-anak bisa belajar tentang alam semesta melalui 10 dongeng yang menarik dan ditambah dengan ilustrasi yang penuh warna ceria.

Waktu selesai baca bukunya Alvin langsung bilang kalau cerita kesukaan dia judulnya "Rahasia Lebah" soalnya dia suka banget madu katanya. Anak-anak memang rutin minum madu di rumah, jadi kalau sehari saja terlewatkan mereka akan menagih sendiri. 

Membaca judul cerita ini, anak-anak jadi lebih mengenal hewan yang mempunyai manfaat bagi manusia  karena menghasilkan madu yang menyehatkan bagi tubuh. Di sana juga dijelaskan tentang bentuk sarang lebah tempat menempelnya madu.

"Dan Allah mengilhamkan kepada lebah, "Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Allah yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang beraneka warna, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkannya. - QS An-Nahl : 68-69.

Setelah membaca Rahasia Lebah makin semangat lagi Alvin minum madunya nih di pagi hari atau malam sebelum tidur.

Nah, kalau Pascal suka dengan cerita tentang Pesawat Prince Ramazan yang menceritakan tentang Prince Ramazan yang menyukai pesawat, bahkan dia tahu banyak jenis pesawat. Sayang sekali bukan bercerita tentang kereta api kata Pascal hihihi. Soalnya dari kecil dia suka sekali dengan kereta api.

Menurut saya dari cerita ini kita bisa sekaligus mengajarkan bahwa jika punya impian misalnya seperti Prince Ramazan yang ingin membuat pesawat yang bisa menembus penjuru langit, bisa terjadi asalkan tetap belajar dan bekerja keras. Tapi, jangan dilupakan bahwa semuanya hanya dengan kekuasaan dan kekuatan Allah sebagaimana yang tercantum dalam surat Ar-Rahman ayat 33.

Selain 2 cerita yang ada masih ada 8 cerita menarik lainnya yang bisa dibaca semuanya berisi tentang alam semesta seperti kekayaan laut, binatang ternak, hujan, dan lain-lain. Di setiap judul akan dijumpai petikan ayat yang menjelaskan tentang cerita yang dimaksud dan informasi  menarik yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang terdapat di dalamnya.

Buat anak-anak yang belum bisa membaca sendiri, mamanya bisa bacain kok isi ceritanya dengan ala-ala dongeng. Di dalamnya penuh dengan pesan-pesan bagus yang bisa disampaikan pada anak-anak.

Oh ya membeli buku Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta artinya juga ikut menonaskan sebagian royaltinya ke Taman Bacaan Masyarakat.

Selamat membaca! :)

27 comments

  1. Mau juga bukunya buat anak-anak apalagi mau ramadhan gini pasti seru baca buku ini sama anak-anak ngabuburit

    ReplyDelete
  2. Cerita alam semesta disesuaikan dengan dongeng2 dan baik untuk ilmu pengetahuan anak. Buku yang menarik dan bagus untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  3. mau juga doong Mbak baca bukunya.
    Si Kakak Faraz suka pesawat, heboh dia klo dibilang mau naik pesawat :D

    ReplyDelete
  4. Isi bukunya sepertinya bagus bagus semua ya mba, sepertinya juga bisa untuk mendongengkan anak saya, di usia 3 tahun saat ini dia sudah mulai tertarik dengan cerita bergambar :)

    ReplyDelete
  5. Hidayah SulistyowatiFebruary 28, 2019 at 10:46 PM

    Buku Fita yang terbaru bagus ya mbak? Aku bisa rekomendasikan pada adikku yang punya anak usia 8 tahun. Bisa belajar tentang alam semesta dari buku ini ya

    ReplyDelete
  6. PO nya ke mana nih mba? anak saya suka baca, tapi maunya komik, dia kurang begitu suka baca buku yang isinya tulisan doang.
    Waktu BBW di Surabaya, saya beliin beberapa buku yang ternyata bukan komik, dan ga dibaca dong huhuhu.

    Padahal ceritanya bagus2.
    Buku ini keren banget deh, jadi pengen beli juga hahaha

    ReplyDelete
  7. Mba lia, bukunya dlm bahasa Indonesiakah? Btw suamiku mau pulang awal maret ini ke indo. Boleh nitip pesenin buku ini ga ya ... huhuhu. Itu kl ga merepotkan sih. Nanti aq hub mba lewat wa 😍😍😍

    ReplyDelete
  8. Tentang alam semesta memang menarik bagi anak-anak ya.. imajinasi mereka jadi terbuka lebar dan mereka bisa mengekspresikan tentang alam semesta versi mereka sendiri.. aku beberapa kali bacain dongeng tentang alam semesta ke anak-anak dan Alhamdulillah mereka sangat senang dan exited banget.

    ReplyDelete
  9. Keren banget nih, mengedukasi anak lewat media yang colorful;-)

    ReplyDelete
  10. dongeng ini secara tidak lansung bisa mempengaruhi anak ya :D anak saya juga kalau dibacakan dongeng terus jadi meniru tokoh di dongeng. Kalau anak saya lebih suka dibacakan dongen tanpa buku, jadi saya musti hafalin dulu isi cerita di buku baru cerita :D

    ReplyDelete
  11. wahhh pengen juga, Mba. Anakku kebetulan suka banget dibacakan dongeng. Baca buku dongeng ini pasti menyenangkan nih :)

    ReplyDelete
  12. Nanti mau coba cari ke Gramedia ahhh, mudah-mudahan di gramedia di kotaku ada bukunya :)

    ReplyDelete
  13. Wah ada buku bagus buat anak-anak yang mba.. mo beliin buat si kecil kami aah..

    ReplyDelete
  14. Bahasanya benar-benar untuk anak ya mba, agar lebih memahami tentang alam semesta. Jadi mau punya juga buat banni

    ReplyDelete
  15. Seru banget ya isi bukunya, bercerita sekaligus mengajarkan tentang alam semesta dan kemegahannya, apalagi anak-anaknya mba Lidya pada senang baca ya, jadi nambah koleksi buku keren kayak gini mereka senang

    ReplyDelete
  16. Kapan2 deh cari buku ini. Ponakanku sekarang udah mulai nanya buku cerita. Kalau ada gambarnya siapa tahu cocok apalagi cerita muslim kan

    ReplyDelete
  17. mau beli ah untuk muridku. Dia suka banget baca cerita. Thanks mba untuk rekomendasinya.

    ReplyDelete
  18. Sampai sekarang aku juga paling seneng deh kalau bisa punya buku lengkap dengan tanda tangan penulisnya...

    ReplyDelete
  19. Keren mba Fita ini ya, produktif sekali dalam menulisnya. Aku dulu juga suka baca buku mba Fita. Terus sampe sini, aku mulai ngeblog dan malah ga produktif nulis. Kangen nulis lagi. Buku ini keren ya, layak rekomended untuk anak rekomin ah buat keponakan ku

    ReplyDelete
  20. Aku punya bukunya, Bagus ya mbak. Anak2 jd belajar ttg alam semesta gtu, dengan cara yang menyenangkan krn karaktenya princess2. Bukunya jg tebal dengan ilustrasi yang menarik.

    ReplyDelete
  21. ilmu alam semesta yang diceritakan dari sisi islami, kayaknya bagus dan bermanfaat banget yaa, jadi pelajaran yang bakal didapat anak lebih banyak. Mau cari juga di Gramed aah :)

    ReplyDelete
  22. Aku belum punya buku ini jadi pengen tumbas. Mbak. Selama ini baru punya yang bukunya al qolam doang yang buku islami

    ReplyDelete
  23. Terima kaish Mbk ulasannya, aku ikutan pengen punya buku ini deh. Cocok buat anak-anakku yang senang cerita alam semesta.

    ReplyDelete
  24. Yang pesawat Prince Ramadzan tadi juga kesukaan anakku lhoo.. diulang-ulang melulu bacanya, kebetulan dia suka banget dengan pesawat.

    ReplyDelete
  25. Wah Alvin sama kayak I'am nih cerita favoritnya juga yg Prince Ramazan. Apa semua cowok2 sama ya cerita favoritnya? 😂

    ReplyDelete
  26. Eh, ini bukunya Mbak Fita ya, aku jadi pengen beli buat sepupuku.
    Alvin, sukaaa bukunya yaaa.

    ReplyDelete
  27. produk buku yang sangat bermanfaat! :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...