Kredit Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha

Thursday, March 14, 2019
Seorang teman menghubungi saya minta bantuan dipinjamkan modal karena dia kekurangan dana untuk membuat pesanan furniture di tokonya. Katanya pembayaran customer baru bisa dibayarkan bulan depan, sedangkan dia membutuhkan dana dalam waktu cepat. Mau mengajukan kredit ke bank pastinya butuh waktu, makanya dia mau pinjam saya. Wah, uang sebanyak itu dari mana saya dapatkan untuk meminjamkannya. Saya jadi ingat kenapa dia tidak mencoba apply  kredit tanpa agunan (KTA) aja supaya lebih cepat.



Masalahnya teman saya itu kebingungan, dia gak punya agunan untuk dijadikan jaminan karena sertifikat rumah pun belum ada, maklum masih nyicil katanya. Ternyata dia tidak mengerti kalau yang namanya KTA itu gak diperlukan agunan. Dia pun akhirnya tertarik untuk mengajukan kredit tersebut.

Sebenarnya saya pun belum pernah mengajukan kredit semacam itu, tapi pernah membaca dan mencari infonya di internet. Siapa tahu saja saya mau buka usaha dan membutuhkan modal bisa mengajukannya juga.


Mengenal Kredit Tanpa Agunan



Judulnya aja kredit tanpa agunan, pastinya gak diperlukan jaminan apapun saat melakukan permohonan pinjaman. KTA berupa kredit dari bank atau lembaga keuangan pada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Umumnya kredit macam ini diajukan untuk modal usaha kecil hingga besar dan prosesnya dapat dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan mudah.

Dibandingkan dengan pinjaman ke bank dengan agunan yang membutuhkan waktu serta persyaratan panjang sebelum pinjaman disetujui, belum lagi harus mempunyai jaminan supaya proses kredit bisa diapprove.

Nah, untuk KTA biasanya gak perlu lagi ada BI checking, itu loh proses pengecekan ke Bank Indonesia apakah kita punya masalah kredit macet atau tidak. Beberapa KTA juga tidak diwajibkan memiliki kartu kredit sebagai jaminan. Dalam proses pencairan dana pun relatif cepat apalagi bisa dilakukan secara online.


Persyaratan Pengajuan KTA

Meskipun mudah menganjukan KTA, pastinya harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh penyedia kredit baik bank atau lembaga keuangan lainnya. Yang wajib itu pemohon harus punya penghasilan yang dibuktikan dengan slip gaji atau surat keterangan kerja. Bagi yang punya usaha sendiri dibutuhkan SIUP, TDP, NPWR atau izin praktek dan laporan keuangan. Masa iya gak punya penghasilan atau pekerjaan mau mengajukan pinjaman, sudah pasti akan ditolak karena nantinya bisa bayar cicilan pakai apa :)

Dokumen pendukung lainnya yang harus disiapkan antara lain, KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah (bagi yang sudah berkeluarga), rekening 3 bulan terakhir, dan tagihan kartu kredit. Saya pernah baca jika punya kartu kredit dan pembayarannya lancar makan proses persetujuan akan lebih mudah, karena dari situ bisa terbaca apakah pemohon disiplin dalam melakukan pembayaran atau tidak.


Keuntungan Pengajuan KTA Online



Melakukan pengajuan KTA secara online akan menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke bank dan tidak terikat jam kerja bisa kapanpun dan di manapun yang penting mempunyai koneksi internet. Selain itu nasabah bisa membandingkan satu produk dengan produk lainnya lebih cepat.

Dalam membandingkan produk KTA nasabah bisa menggunakan beberapa poin berikut ini :
  • Berapa besarnya kredit yang bisa diberikan pada nasabah
  • Mengecek lamanya kredit (tenor) yang bisa diajukan
  • Lamanya waktu pencairan pun penting diperhatikan, lebih cepat lebih baik tentunya.
  • Syarat pengajuan kredit mudah
  • Biaya administrasi yang harus dikeluarkan ringan
  • Lebih enak jika cicilan bisa dilunasi sebelum masa tenor habis, karena beberapa KTA akan mengenakan biaya penalti tinggi ketika akan dilunasi. Buat apa coba kalau harus dilama-lama pelunasannya kalau kita punya dana untuk melunasi kredit saat itu juga, ya mungkin aja teman-teman bisnisnya sudah makin maju jadi mendapatkan keuntungan lebih cepat.
  • Plafon pinjaman lebih tinggi

Bijak Sebelum Mengajukan KTA


Setelah membandikan keunggulan produk KTA yang ada, maka kita pun bisa mulai mengajukan pinjaman. Sebaiknya tidak dengan mudahnya main mengajukan KTA, tapi dipertimbangkan terlebih dahulu dananya akan digunakan untuk apa, misalnya untuk keperluan modal usaha, renovasi rumah, atau biaya sekolah anak-anak? Yang paling utama adalah harus bisa menjaga kedisiplinan dalam melakukan pembayaran cicilan KTA tersebut, karena satu kali saja lalai maka akan menumpuk hutangnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pengajuan KTA adalah menyesuaikan kebutuhan pinjaman dengan kemampuan bayar seseorang supaya tidak terjadi kredit macet. Lagi pula jumlah penghasilan bisa mempengaruhi limit pinjaman KTA yang dapat kita ajukan. Bank pun akan menghitung kemampuan bayar dari calon pemohon kredit tersebut. Semakin besar penghasilan makan pinjaman yang didaparkan juga bisa semakin besar.

Nah, kira-kira seperti itu seluk beluk tentang Kredit Tanpa Agunan yang bisa saya jelaskan, siapa tau aja ada teman-teman yang sedang membutuhkan modal cash untuk membiayai kebutuhan yang sedang dialami.

kredit tanpa agunan


Oh ya, tadi saya bercerita kalau mengajukan KTA bisa secara online. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan pinjaman tanpa harus datang ke bank adalah melalui web https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Di website kita bisa membaca dan mencari informasi secara detil bank mana saja yang bisa membantu memenuhi kredit yang kita butuhkan. Akhirnya teman saya pun bisa mendapatkan solusi modal usaha dengan cepat.


No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...