Cari Tahu Penyebab Anemia dan Cara Menggatasinya

Thursday, May 9, 2019
Paling suka deh kalau menghadiri acara kesehatan selain dapat ilmu juga bisa mengikuti berbagai tes. Seperti pagi itu saya ikut mengetes kadar hB atau Hemoglobin. Kamu berani gak tes seperti ini? gak sakit kok cuma ditusuk sedikit saja jari tangannya untuk diambil darahnya.

Setelah dicek ternyata hB saya 11,8 berada di bawah rata-rata kadar hemoglobin yang normal untuk perempuan yaitu 12-15 gram/dL sedangkan untuk laki-laki 13-18 gram/dL. Jadi makin penasaran apa sih penyebabnya.


Untungnya saya ikut menghadiri Maltofer Woman Community Kamis (2/5) di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta. Tema yang diangkat pun cocok sekali yaitu" Cegah Anemia Sedini Mungkin - Peran Penting Zat Besi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (Golden Age)".

Acara tersebut dihadiri oleh nara sumber dr. Herbowo A.F Soetomenggolo, Sp, A[K], Ibu Dyah Pari Koening (head Head of Brand Activation Combiphar), Ibu Deloni Anggraeni (Branch Manager Maltofer)  dan beberapa karyawan Kementerian Ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan Klinik Pratama. Bagus juga ya acaranya untuk mengedukasi karyawan supaya tahu mengatasi anemia sehingga bisa lebih semangat bekerja dan gak mudah lelah.

Kondisi hB rendah ternyata menunjukkan kekurangan sel darah merah atau yang lebih dikenal dengan anemia (kurang darah).

Salah satu tanda kita mengalami anemia adalah mudah lelah, letih, lesu, gampang mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. Wah dari beberapa gejala tersebut saya pernah mengalaminya nih, yang paling sering sih mudah lelah padahal gak banyak aktivitas yang dilakukan juga, ternyata saya anemia.



Penyebab hB Rendah

Banyak penyebab seseorang mengalami anemia diantaranya adalah kurangnya asupan gizi seperti vitamin dan mineral. Bukan berarti seseorang kurang konsumsi makanan lho namun kekurangan gizi disebabkan oleh asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh kita kurang yang menyebabkan hB menjadi rendah. Duh ngeri juga ya ternyata kalau kekurangan zat besi karena berfungsi sebagai energi dan perkembangan otak, kalau terjadi pada anak-anak bisa mempengaruhi perkembangannya.

hB rendah juga paling banyak dialami oleh perempuan yang sedang hamil. Jika tidak diatasi maka akan berpengaruh pada janin dan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, prematur atau si bayi juga mengalami anemia sehingga akan menghambat pertumbuhannya.

Penyebab lainnya seseorang mengalami hB rendah karena sedang menderita penyakit kronis seperti thalassemia atau sedang mengalami haid yang berlebihan. Wah yang terkahir ini saya juga sering mengalaminya nih kalau sedang haid. Nah, kalau anemia terjadi pada remaja putri bisa berbahaya juga loh apalagi di masa sekolah bisa-bisa ga fokus dalam belajar, kurang konsentrasi dan daya pikir menurun. 


Perhatikan Konsumsi Makanan Untuk Mengatasi Anemia



Sebenarnya mudah kok untuk mencegah anemia, cukup dengan konsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi diantaranya yaitu :

  • Daging-dagingan seperti daging sapi dan daging kambing 
  • Seafood
  • Sayuran yang berwana hijau adalah sumber zat besi yang baik seperti bayam dan brokoli
  • Kacang-kacangan


Dari semua jenis makanan tersebut sudah saya makan, tapi kok hB-nya tetap rendah ya kadang-kadang. Padahal saya juga pernah mengikuti donor darah, saat itu hB dalam keadaan normal. Usut punya usut ternyata terlalu banyak konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi juga bisa menyebabkan kadar hB menjadi rendah. Wah ini ternyata penyebabnya, saya suka  banget minum air teh, sehari bisa 2-3 gelas.

Dokter Herbowo juga mengatakan kalau masyarakat Indonesia memang pecinta teh, sampai-sampai ada jargon apapun makannya minumnya juga teh :)

Ternyata untuk mengatasi anemia yang terjadi pada saya dengan menghindari makanan yang mengandung kafein karena zat-zat yang terdapat pada  teh atau kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Baiklah dok, saya mau mulai mengurangi minum teh, apalagi saat ini juga sedang bulan puasa, supaya gak mudah buang air kecil terus dan menyebabkan dehidrasi.


Atasi Anemia Agar Perkembangan Periode Emas (HPK) Berjalan Dengan Baik



Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi bahwa kekurangan zat besi ketika hamil akan mempengaruhi janin padahal di masa itulah kecerdasan anak sudah dimulai yang biasa disebut juga periode emas.



Dokter Herbowo menjelaskan mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan harus diperhatikan sejak dini, bahkan dari si ibu sebelum hamil sampai anak berusia dengan mencukupi asupan gizinya termasuk zat besi.

Fungsi zat besi itu sendiri bagi anak-anak dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu :
1. Bagi janin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dan otak
2. Saat bayi untuk meningkakan volume darah secara cepat dan perkembangan postnatal
3. Usia pra sekolah pastinya untuk perkembangan dan pertumbuhannya.
4. Usia sekolah supaya anak-anak berkembang dan tumbuh.
5. Remaja untuk masa menstruasi dan penambahan volume darah serta meningkatkan massa otot

Di 1000 Hari Pertama Kehidupan inilah ibu harus benar-benar memperhatikan asupan gizi anaknya karena terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat yang bisa mendukung seluruh proses pertumbuhan anak dengan sempurna. Ketika anak kekurangan gizi pada 1000 HPK tidak dapat diperbaiki di masa kehidupannya.

Nah ibu hamil gak mau kan nanti kalau si kecil mengalami defisiensi zat besi? Makanya penuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan ya supaya anak tidak mengalami kinerja kognitif, fungsi motorik  yang buruk. Yang lebih mengerikan adalah ganguan perilaku emosional pada anak

Kekurangan zat besi pada bayi atau anak efeknya bisa bertahan sampai remaja.


Maltofer, Suplemen Zat Besi



Untuk mencegah anemia, selain konsumsi makanan yang mengandung zat besi juga bisa menambahkan suplemen zat besi seperti Maltofer. Kami yang hadir di acara tersebut juga diberikan satu tablet Maltofer Chew yang bisa langsung dikonsumsi dengan cara diemut seperti layaknya makan premen.

Waktu saya makan tablet Maltofer tidak merasakan eneg sama sekali lho, gak seperti multivitamin lainnya yang pernah saya konsumsi. Penasaran dong dengan 3 keunggulan Maltofer, nih saya kasih tahu ya :


  1. Rasa Cokelat Yang Enak
  2. Saya suka banget makan cokelat, jadi pas banget dengan Maltofer yang mempunyai cita rasa cokelat Swiss yang enak rasanya. Siapa sih yang tidak mengenal kelezatan cokelet Swiss. Pantesan aja setelah konsumsi saya gak merasakan eneg atau mual.
  3. Minim Efek Samping
  4. Sering konsumsi Maltofer khawatir ada efek sampingnya. Gak usah khawatir Maltofer minim efek samping bahkan tidak ditemukan efek samping apapun setelah konsumsinya seperti mual, luka lambung, atau susah BAB karena mengandung zat besi Iron (III) Polymaltose Complex yang dapat melepaskan kandungan zat besi secara aktif dan terkontrol sesuai kebutuhan ke dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan zat besi.
  5. Aman Dikonsumsi Dengan Makanan dan Minuman lain
  6. Awalnya saya khawatir memberikan Maltofer buat anak-anak, ternyata aman juga lho dan enaknya bisa dicampur dengan makanan atau minuman kesukaan mereka karena bersifat Body Friendly Iron yang artinya bersahabat dengan iron dalam tubuh.

Oh ya Maltofer ini punya 4 jenis yaitu :
  • Maltofer Drops 30 ml yang cocok untuk bayi dan anak
  • Maltofer Syrup 150 ml bisa dikonsumsi oleh anak dan dewasa
  • Maltofer Chew 30 tablet merupakan tablet kunyah untuk semua usia
  • Maltofer Fol untuk ibu hamil dengan penambahan asam folat




Pada acara tersebut saya langsung membeli Maltofer Chew yang bisa dikonsumsi keluarga di rumah. Gak mahal kok harganya Rp87,500 yang berisi 30 tablet kunyah. Waktu saya berikan pada anak-anak mereka malah tidak merasakan sedang minum obat, tapi mikirnya sedang makan premen.

Untuk mengatasi defisienzi zat besi saya dianjurkan untuk mengonsumsi 1 tablet Maltofer sehari 1-3 kali selama 3 sampai 5 bulan. Berarti nanti saya harus melakukan cek hB lagi, kalau sudah diangka yang normal konsumsi Maltofer juga aman dilanjutkan cukup 1 tablet per hari untuk melengkapu cadangan zat besi.

Ternyata anemia itu tidak bisa dianggap sepele ya karena akan berpengaruh untuk kehidupan dan kesehatan kita. Yuk jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi termasuk yang mengandung zat besi juga ditambah suplemen zat besi Maltofer. Kalau saya suka Maltofer Chew, teman-teman suka yang mana?


#maltoferwomancommunity
#maltofer
#combiphar


Allhamdulillah berkah sekali ya saya bisa mengikuti event bermanfaat seperti ini. Untuk info lebih lanjut mengenai Maltofer bisa dilihat langsung di websitenya ya. http://maltofer.combiphar.com/

54 comments

  1. Pernah sekali ditolak donor darah, kata petugasnya kadar Hb terlalu rendah, terus saya disarankan untuk makan sate kambing.

    Kalau sekarang nggak perlu ke warung sate ya, tapi ke apotek beli maltofer

    ReplyDelete
  2. Walah baru tahu mbak ternyata teh bisa jadi penyebab hB rendah. Saya sering anemia apalagi pas mestruasi dan setelahnya, pusing2 nggak karuan, dan makin sering ngeteh kalau udah gitu. Harus sedia maltofer nih ya dirumah.. Thanks infonya mbak,

    ReplyDelete
  3. Wah daku banget ini, pas hamil berjuang Ama mual pegal dan entah apalagi sampe bedrest !

    ReplyDelete
  4. Waktu hamil aku jg konsumsi maltofer dikasih dari dokternya, sekarang juga anak-anak konsumsi yang drop karena emang direferensiin sama dsa, ternyata emang perlu ya vitamin zat besi itu, dulu2 sebelum hamil & punya anak aku ngga ngertiii :D

    ReplyDelete
  5. Orang tua saja bisa menderita Hb rendah dan pastinya pusing banget ya, Mbak. Kalau anak-anak biasanya nih makan susah, makan milih milih, duh agak ngeri juga ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. aku suka nyari sate kambing kalo ngerasa kayak kena anemia :D
    pengen nyobain maltofer chew

    ReplyDelete
  7. Wah jenis nya banyak juga ya mbak, dari mulai untuk bagi sampai yang dewasa. Maltofer ini produk baru kah mbak? Belum coba, biasanya pake merk sebelah, hehe, soalnya aku sering anemia juga huhu. Ada yang chew nya juga ya, asik nih jadi ga berasa makan obat.

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya mba. Waktu hamil HB saya rendah. Kalo minum Maltofer berasa ga minum vitamin ya.. Yg ada kaya ngemil cokelat kali ya

    ReplyDelete
  9. Aku paling sedih kalo ditolak donor darah karena persyaratan Hb kurang 0,5 atau nggak sampai satu poin. Gemes sih karena udah makan daging dan sayuran hijau sebelumnya, eh tetep ditolak. Tapi sekarang Hb ku udah normal, mbak. Udah konsumsi Maltofer rutin

    ReplyDelete
  10. Aku juga Hb-nya rendah, mbaaaa. Disarankan buat rutin ber-Maltofer. Alhamdulillah, ini bodi lebih enak, dan relatif ngga terlalu gampang ngantukan aku :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  11. Aku nih Anemia. Dan bulan puasa bikin anemia gampang banget muncul. Kudu siap selalu suplemen penambah darah dan zat besi. Jadi kepengen nyoba deh Maltofer.

    ReplyDelete
  12. Aku perlu banget nih meltofer soalnya langganan animea apalagi sekarang lagi menyusui pucet banget kayak disedot drakula. Hahahaha

    ReplyDelete
  13. Kalo sering pusing gt tanda anemia jg ya Mba, perlu maltofer ini mah ya. Aq jg sering ngeteh n ngopi Mak huhu

    ReplyDelete
  14. nah ngeteh dan ngopi ini mbak yang aku belum bisa hindarin. padahal dulu pas kuliah aku rutin donor darah. Tapi setelah kerja, aku ga bisa donor karena HB rencah. Setelah resign dan menikah, aku juga baru satu kali donor krn Hb sering rendah.

    ReplyDelete
  15. Maltofer? Waah, boleh jugalah diatur dosisnya buat ninik-ninik geganti Sangobion yang selama ini bunda konsumsi. Lidya, seneng ya bisa kumpul2 ikutan workshop pr something. Bunda udah jarang banget.

    ReplyDelete
  16. Kurang istirahat juga katanya bisa bikin anemia. Jadi penasaran berapa hB saya sekarang. Kadang-kadang suka kena anemia juga. Makanya suka nyetok suplemen penambah darah

    ReplyDelete
  17. Bener banget, anemia ga boleh dianggap sepele. Dan jangan konsumsi kafein berlebihan (talk to my self) aku justru ngopi 2-3 gelas sehari hehehe. Anemia jangan dianggap remeh, ibu mertua lagi struggling sama anemia, karena udah beberapa bulan ini harus transfusi.

    ReplyDelete
  18. Wuih gaya, ada suplemen zat besi rasa cokelat swiss... Lengkap jg variannya ya utk segala usia... Asyik banget...

    ReplyDelete
  19. Aku pernah alami Hb rendah, nggak tau gimana kok waktu itu efeknya ke kepala, aku kena vertigo.

    ReplyDelete
  20. Wah ternyata konsumsi teh juga bisa bikin HB rendah ya mbak..harus dikurangi nih..maltofer enak ya rasanya...

    ReplyDelete
  21. Di usia renta bunda madih mengkonxumxi Sangobion. Skrng afa ug baru mantofer, harus dicari nih.

    ReplyDelete
  22. Daripada ngemut permen, mending ngemut Maltofer, ya. Bikin nggak anemia. Enak kayaknya rasa coklat.

    ReplyDelete
  23. Aku dulu penderita anemia krn gak suka makan daging, akhirnya pas hamil anemia berat. Skrng makan segalanya, apalagi daging haha.
    Ini obatnya bebas dibeli di apotek gtu ya mbak?

    ReplyDelete
  24. Boleh nih maltofer buat akuh cocok kayaknya kadang klo duduk kelamaan bangun suka kleyengan kurang darah Kali ya ,,, apalg klo lg mens mudah2an cocok ini mau coba

    ReplyDelete
  25. Aku nih gak pernah bisa donor darah karena darahku rendah. Jadi sudah beberapa kali mencoba selalu gagal terus. Mau juga nih nyobain Maltofer siapa tau membantu.

    ReplyDelete
  26. Aku anemia teh, waktu itu karena haid berlebihan. Dan itu memang bikin ga enak banget deh. Makasih informasinya teh

    ReplyDelete
  27. Wah belum pernah cek HB sih mbak, tapi aku juga doyan ngopi nih. Curiga rendah jugak kayak mbak Lidya deh huhuhu (anaknya suka ikut-ikutan)

    ReplyDelete
  28. Gejala Anemia memang pernah saya rasakan mbak. Suka letih dan mudah ngantuk bikin konsentrasi berkurang. Apalagi saat haid bener2 rasanya seperti kurang darah, sepertinya butuh maltofer ya mbak agar tubuh kembali bugar. TFS mbak

    ReplyDelete
  29. Saya tipe ber hB rendah Mbak, maka enggak bisa donor darah. Ulasan yang lengkap tentang anemia ini..dan ada solusinya pula. Pas ini buat penderita anemia seperti saya. TFS

    ReplyDelete
  30. Laa...iya kak Lia.
    Aku pun suka merasa letih dan lesu, walau sudah istirahat cukup.
    Haruskah aku jadi Putri Tidur untuk mendapatkan kesehatan yang prima?

    Ternyata solusinya, konsumsi maltofer.
    Ini dosisnya gimana, kak?
    Hanya diminum ketika merasa kelelahan kah?
    Atau harus tes HB dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu, juga sering minum minuman yang berkafein.
      Heuheuu..

      Delete
  31. Manfaat Maltofer ini banyak sekali ya mbak. Apalagi aku sering banget Hb nya turun jadi mudah lemas dan pusing. Mungkin bisa aku check di Apotik terdekat merk ini, biasanya pakai merk S*ngobi*n

    ReplyDelete
  32. Aku nih anemia karena kurang zat besi. Apalagi di bulan puasa kayak sekarang, sering kambuh. Ngatasinnya ya dengan suplemen zat besi. kepengen deh nyoba Maltofer, pengen tahu efeknya yang biasanya bikin BAB jadi susah, katanya bisa minimal.

    ReplyDelete
  33. Duh..gejala2nya kok sedang kurasakan ya mba.. memang sih kmrn sempat tensi rendah, tapi blm sempat cek Hb nih. Jadi pengen periksa juga ah..biar segera ketahuan kena anemia / tidak.. TFS mba...

    ReplyDelete
  34. HB rendah itu riskan untuk ibu hamil dan juga janinnya. Jadi kudu diawasi kalo ada bumil HBnya rendah.

    ReplyDelete
  35. Jadi penasaran, bbrp kali cek darah utk donor HBku selalu rendah, tp memang selama ini ga pernah cek lab sih...apakah ini perlu suplemen juga ya? Mungkin nanti cobain maltofer deh...kalau anakku emang diresep maltofer sama dokternya

    ReplyDelete
  36. Saya memang gak terlalu suka ngopi, tapi suka banget minum teh, bisa satu teko sendiri. Tambah gula tapinya hehe ternyata bisa menyebabkan Hb rendah ya. Wahh noted nih. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  37. Pantesan ya Mbak, bumil tidak disarankan minum teh atau kopi secada berlebihan ternyata efeknya itu lho bisa mengakibatkan hb kurang dan berpengaruh ke janin. Boleh dicoba nih suplemennya

    ReplyDelete
  38. Iya ya bener sering banget terjadi pd wanita hamil saya jg sempet tuh...tp mmg hamil ga hamil sy kadang kena anemia

    ReplyDelete
  39. Sebagai penyintas anemia aku tau rasanya gak enak banget. Sampai skrng jg masih suka cek apa hbku rendah apa gak. AKu kyknya butuh nih asupan zat besi kyk maltofer ini mbak

    ReplyDelete
  40. Ternyata banyak minum minuman berkafein bisa menyebabkan hb rendah ya, kurangi minum teh dan kopi deh

    ReplyDelete
  41. Hamil kedua ini alhamdulillah HB dan tekanan darah normal, beda banget dengan hamil pertama dulu HBku rendah hingga harus minum obat penambah dari dari dokter.

    Ternyata kekurangan zat besi bisa berbahaya yaa, Mba?

    ReplyDelete
  42. jadi inget waktu hamil dulu, dikasih obat tambah darah utk naikin hB tapi ga pernah kuminum. Enegh banget baunya. Sekarang sih paling kalo lagi haid minum supleman zat besi tapi ga rutin. sesekali aja. jadi pengen coba maltofer deh hehe

    ReplyDelete
  43. Pas di Semarang aku ikut nih Mba Fit
    Alhamdulillah aku mendekati anemia kurang 1 angkat takut
    jadilah beli maltofer biar aman

    ReplyDelete
  44. Anemia memang ngga bisa dianggap enteng yaaa mba. Dan banyak makanan berguzi yang bisa jadi sumber gizi dan mineral penting

    ReplyDelete
  45. Betul Mbak, anemia bahaya banget. Apalagi kalau sedang hamil. Mama saya uda wanti-wanti dari awal. Karena kami ada turunan anemia.... Semoga kita sehat selalu ya Mbaaaa.....

    ReplyDelete
  46. Dulu Hb aku rendah dan cenderung anemia, gampang pusing dan nggliyeng, bawaannya lemes aja. Pas hamil dipaksa harus minum suplement yang mengandung zat besi. Alhamdulillah teratasi. Sekarang aku perhatikan banget dengan urusan zat besi gak mau anemia lagi

    ReplyDelete
  47. Boleh nih sedia maltofer di rumah, jd pas butuh bisa langsung dikonsumsi

    ReplyDelete
  48. makasih nih, saya baru tau beberapa penyebab anemia heheh.

    ReplyDelete
  49. HB rendah tyta banyak faktor ya mba, hbhkan minuman berkafein jg mempengaruhi. HB rendah saat moment dbutuhkan itu bkin sedih loh, dlu aq oernah mau donor ke org yg membutuhkan tapi ditolaj krena HB rendah. Skrg rajin maltofer deh, lagian maltofer rasanya enak...

    ReplyDelete
  50. sama mbak aku juga suka kalau diundang ke acara kesehatan
    ilmunya dan bisa jadi mood booster juga untuk hidup sehat ya
    aku nih masih sering bandel begadang

    ReplyDelete
  51. Wah,,
    Cek hb dllnya perlu banget ya, jangan sampe drop tapi ga sadar ya mbak.

    Aku baru tau kalo kafein juga bs bikin hb rendah

    ReplyDelete
  52. Wah aku tertarik dengan rasa cokelatnya nih. Terus terang sekarang lagi dapat tablet zat besi plus vitamin lain. Mau coba maltofer juga ah karena rasanya unik

    ReplyDelete
  53. Aku baru tau nih, untuk anak anak bisa banget nih ya apalagi mereka gak doyan beragam makanan yang baik untuk kebutuhan tubuh mereka

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...