Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Yang Muncul Ketika Berpuasa

Sunday, May 5, 2019
Dalam hitungan jam umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Di Bulan Ramadan ini pastinya banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan dan menyiapkan segala sesuatunya agar bisa menjalani ibadah dengan maksimal, salah satunya dengan menjaga kesehatan tubuh.

Ketika berpuasa, artinya kurang lebih selama 12 jam tidak makan dan tidak minum. Cadangan makanan dan nutrisi saat sahur akan habis dalam waktu 6-8 jam. Oleh karena itu selama berpuasa harus bisa memenuhi nutrisi dengan baik agar tidak berdampak pada kesehatan.




Gangguan Kesehatan Yang Muncul Ketika Berpuasa


Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri talkshow dari Halodoc di Ocha &Bella dengan tema "Sehat Itu Berkah" yang dihadiri oleh Felicia Kawilarang (Vice President Marketing Communication Halodoc), Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, (Dokter Ahli Gizi), dan Zivanna Letisha (Selebriti dan seorang ibu).

Dari talkshow tersebut, dokter Jovita menjelaskan berbagai gangguan kesehatan yang muncul ketika berpuasa apabila kebutuhan nutrisi tidak dipenuhi dengan baik, diantaranya yaitu :


Gangguan Lambung

Mungkin teman-teman mengenalnya dengan penyakit maag. Puasa itu tidak membahayakan bagi mereka yang mengidap asam lambung, justru bisa meringankan gejalanya asalkan menghindari pemicunya. Cara yang paling tepat adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang berlemak supaya asam lambung tidak naik, terutama ketika makan sahur. Selain itu juga hindari makanan mengandung soda, asam, dan tinggi kafein.


Dehidrasi

Kalau menahan lapar mungkin lebih mudah ya daripada menahan minum ketika berpuasa. Bayangkan aja  kurang lebih 12 jam tidak minum apalagi sambil beraktivitas di luar ruangan bisa-bisa mengalami dehidrasi dengan gejala mulut kering, lemas sampai pingsan

Ketika berpuasa usahakan mencukupi kebutuhan minum sesuai kebutuhan. Setiap orang mempunyai kebutuhan cairan yang berbeda-beda, tapi sebagai patokan saja rata-rata orang dewasa membutuhkan 8 gelas air setiap harinya.  Pada bulan puasa pun cukupan air tersebut gak boleh dikurangi. Dengan memperbanyak minum menjelang sahur atau ketika akan tidur di malam hari adalah salah satu cara memenuhi asupan cairan.

Untuk menghindari dehidrasi ketika sahur hindari makanan dan minuman yang bersifat uretik yang bisa menyebabkan banyak buang air kecil sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.




Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan penyakit yang sering dialami ketika berpuasa, hal tersebut disebabkan dehidrasi karena kekurangan konsumsi cairan. Penyebab lainnya dari sakit kepala adalah kurangnya jam tidur ketika berpuasa dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu perlu menghindari hal-hal tersebut agar sakit kepala tidak mengganggu ibadah puasa.


Konstipasi

Konstipasi atau sembelit terjadi karena selama puasa kurangnya konsusmi serat dan cairan. Selama berpuasa cukup makan sayur dan buah agar terhindar dari konstipasi.


Hipoglikemia atau Kadar Gula Darah Rendah

Waktu sahur penting banget nih menjaga makanan yang mengandung kadar gula berlebihan, karena tubuh akan menghasilkan hormon insulis berlebihan juga yang mengakibatkan kadar gula darah menurun.


Stress

Beberapa orang mungkin akan mengalami stres ketika berpuasa selama satu bulan penuh. Yang biasanya bisa bebas makan minum, dan cukup istirahat, maka di bulan puasa akan mengalami penurunan.

Ingat saja kalau puasa itu merupakan ibadah wajib untuk mendapatkan banyak pahala di bulan penuh berkah ini. Stres sedikit wajar, tapi masih bisa diatasi kok dengan aktivitas gerak seperti jalan kaki. Gak perlu berlebihan nanti malah kecapean. Jalan kaki bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh yaitu hormmon yang bisa mengurangi gejala stres sehingga bisa menjalani ibadah dengan tenang.


Obesitas

Bulan puasa selain mencari keberkahan, banyak juga yang memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan. Tapi, ada juga lho yang selama puasa berat badannya malah meningkat, kalau gak dijaga bisa berbahaya terlebih mereka yang mengalami obesitas.

Untuk mengatasinya yaitu dengan tidak makan sahur berlebihan. Jangan beranggapan makan banyak bisa menahan kenyang dalam waktu lama, yang ada malah berat badan menjadi naik. Selesai sahur dan sholat Subuh jangan langsung tidur, karena bisa memicu gangguan pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan di dalam tubuh.

Ketika berbuka puasa juga tidak memperhatikan makanan, biasanya banyak orang memilih makanan dengan karbohidrat dan kadar gula serta garam yang tinggi untuk membatalkan puasa. Selama berpuasa jangan lupa untuk olahraga dan tidur dengan cukup.



Dokter Jovita juga memberikan beberapa tips agar punya lancar dengan memenuhi kalori makan harian. Selama puasa paling tidak kita hanya makan besar selama 2 kali saja dalam sehari serta mencukupi asupan cairan minimal 2 liter per hari.

Zivanna Letisha juga berbagi pengalaman selama berpuasa bersama keluarganya. Niat hati mau menjaga pola makan yang sehat selama puasa, tapi karena padatnya jadwal berbuka puasa bersama keluarga dan sahabat membuat Zivanna kesulitan untuk menjaga pola makannya. Ditambah lagi dengan aktivitas yang padat membuatnya memilih makanan instan yang kurang nutrisi, sehingga membuatnya kurang fit. Mau konsultasi langsung dengan dokter, waktunya tidak ada. Makanya Zivanna mengandalkan konsultasi dengan dokter melalui teleconference di aplikasi Halodoc.


Konsultasi Gratis Dari Halodoc Selama Ramadan


Namanya juga manusia, kadang saya pun lalai dalam menjaga kesehatan apalagi waktu tidur yang berkurang saat berpuasa sehingga sesekali mengalami gangguan kesehatan. Enaknya saat ini kalau ada pertanyaan mengenai kesehatan bisa langsung konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc yang bisa diunduh di smartphone.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi penggunanya yang memungkinkan terhubung dengan lebih dari 20 ribu dokter berlisensi dan terlah bermitra dengan sekitar 1.500 farmasi.

Ada tiga fitur utama pada aplikasi Halodoc yaitu Buy Medicines, Talk to a doctor, dan Lab Service. Nah, selama bulan Ramadan ini, Felicia Kawilarang mengatakan bahwa Halodoc akan memberikan layanan konsultasi kesehatan bersama dokter umum, dokter ahli gizi, dan dokter spesialis kandungan secara gratis. Halodoc mempunyai komitmen untuk menyediakan akses kesehatan yang mudah dan nyaman bagi masyarakat agar tetap fokus dan bugar selama menjalani ibadah puasa.

Boleh loh teman-teman ikut berkonsultasi juga selama bulan Ramadan ini. Oh ya, Halodoc juga akan memberikan cashback 20% untuk layan antar obat menggunakan gopay dari tanggal 6 Mei sampai 20 Mei 2019. Jadi, ketika teman-teman ke Rumah Sakit, gak perlu lagi menunggu antrian obat selesai, serahkan saja melalui Layan Antar Obat dari Halodoc, praktis banget ya.

Tapi saya harap promo yang terakhir itu gak digunakan oleh teman-teman ya, Insya Allah akan menjalani puasa dengan sehat dan mendapatkan berkah karena #SehatItuBerkah.

Selamat menjalankan ibadah puasa:)


25 comments

  1. Selamat berpuasa mbak lidya, maaf lahir batin dan semoga kita golongan yang dapat berkah ramadhan. Gangguan saat puasa emang kerap terasa ya mbak, mesti kita kenali gejalanya biar bisa mempersiapkan puasa minim gangguan. Dan satu lagi yang penting bahwa sebenernya puasa ini menyehatkan, jd perlu mindset juga, puasa nggak bakal bikin kita sakit, gotu kali ya mbak ☺

    ReplyDelete
  2. Waduh, stress bisa muncul saat kita sedang berpuasa ya Mbak. Em, memang sebaiknya memperkuat iman, memperbanyak istighfar dan menjauhi hal-hal yang membuat emosi dan jatuhnya nanti stress. Aplikasi halodoc wajib banget nih diinstall.

    ReplyDelete
  3. Asik kalo ada Halodoc ini ya mba
    Praktis dan super helpful
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Enak ya pake aplikasi halodoc ini minimal malam malam ga panik. Ada solusinya sekalian

    ReplyDelete
  5. saya paling sering dehidrasi. Bagi saya lebih susah menahan haus daripada lapar, itulah mengapa es cendol lebih menawan dari bakwan eaa.
    Jadi pengen pasang halodoc juga

    ReplyDelete
  6. Aplikasi kesehatan seperti ini cukup membantu banget buat saya untuk konsultasi kesehatan. Setidaknya kita dapat penjelasan dari ahlinya, nggak meraba - raba sendiri..

    ReplyDelete
  7. Wow...ada cashback 20% untuk layan antar obat menggunakan gopay dari tanggal 6 Mei sampai 20 Mei 2019, catat biar kalau perlu halodoc saja!

    ReplyDelete
  8. Disiapin deh halodoc-nya buat jaga-jaga..

    ReplyDelete
  9. Wah asik nih aplikasinya. Aku pengin tanya ah, kenapa batuk nggak sembuh2. Udah ke dokter padahal.

    ReplyDelete
  10. keren aplikasi halodoc ini ya... konsulnya sama dokter langsung. pengen coba install semoga masih cukup memori atau jd harus hapus aplik yg jarang dipake :)

    ReplyDelete
  11. Senangnya ada Halodoc, jadi tahu banyak informasi seputar kesehatan, bisa konsultasi pula lagi.
    Dehidrasi sih yang sering kerasa saat puasa :) Hihi, tapi gak sampai stress untungnya

    ReplyDelete
  12. Keren deh aplikasi Halodoc ini. Gak hanya bisa baca artikel2 kesehatan saja, tetapi juga konsultasi dan pesan obat. Pastinya banyak yang akan merasakan manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  13. Sekarang serba mudah ya mba.. kalau mau konsul trntang krsehatan gak harus keluar rumah cukup lwt aplikasi halodoc 😍

    ReplyDelete
  14. Pernah hipoklemia gegara sahurnya dikit dan sebelumnya pas buka gak mau makan kurma dan sedikit minum yg manis. Lemes selemes2nya. Akhirnya berbaring doank gak sanggup aktivitas

    ReplyDelete
  15. Enak, nih ada Halodoc bisa tanya dengan leluasa dan dijawab langsung oleh dokter. Jadi lebih tenang. Kalau saya biasnaya kurang minum. Kalau sahur dan buka puasa malas minum air putih yang banyak. Minum sedikit rasanya sudah kenyang.

    ReplyDelete
  16. Halodoc oke banget nih membuka konsultasi untuk mereka yang membutuhkan saran seputar kesehatan selama puasa. Awal2 puasa biasanya nih asam lambungku memang naik. Gara2 sahur makan berat2 kali yaaa..

    ReplyDelete
  17. Wah bagus banget mba, kita bisa konsultasi langsung dengan dokter di HaloDoc ya jika ada keluhan atau pertanyaan, jadi lebih tenang dan nyaman menjalani puasa Ramadan

    ReplyDelete
  18. Gangguan yg nyata banget buat aku it asam lambung bund.. Duh, dulu kena ini susah banget puasa. Untung skrg udh sembuh. Malah lbh enak pas menyusui puasa kalo ga sakit ya..

    ReplyDelete
  19. Aku kemarin sempat kurang tidur jadinya sakit kepala. Soalnya anak tidur malam dan ngelilir. Habis itu aku tidur siang trs ilang deh sakit kepalanya

    ReplyDelete
  20. Senang banget ya ada aplikasi halodoc ini akan sangat membantu untuk konsultasi tentang kesehatan apalagi selama bulan Romadhon menjaga stamina agar kuat beribadah

    ReplyDelete
  21. Aku pernah tu mbak, puasa gak malah kurus malah menggendut lha makannya kalap haha., TRus masih suka makan manis2. Skrng sih udah ngurangin manis2 dan udah jd emak2 malu kalau kalap wkwkwk.

    ReplyDelete
  22. Konstipasi, gangguan kesehatan pencernaan yang cukup sering dirasakan saat puasa. Makanya kebutuhan air putih & serat pun harus diperhatikan selama berpuasa

    ReplyDelete
  23. Dengan adanya aplikasi halodoc jadi mudah ya gk perlu ke rumah sakit untuk konsultasi aplg Ada buy medicine ngebantu bngt klo tiba2 butuh obat

    ReplyDelete
  24. Ketiga fasilitas :
    Buy Medicines, Talk to a doctor, dan Lab Service ini sangat membantu sekali.

    Kalau lab service mekanismenya gimana, kak Lia?

    ReplyDelete
  25. Kalo aku kadang sakit kepala saat buka puasa. Tapi suka bingung apa karena belom ngopiii, hihi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...