Program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Kurikulum Internasional Untuk Indonesia Timur

Wednesday, June 12, 2019
Sering lihat status jualan seliweran di whatsapp?  Itu merupakan salah satu cara para UMKM memasarkan produknya selain melalui iklan penjualan. Ternyata banyak pelaku UMKM di Indonesia dilakukan oleh kaum perempuan. Gak ada yang salah kok dengan pekerjaan seperti ini, mereka lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, bahkan komunitas di sekitarnya jika usaha yang dilakukan melibatkan tenaga warga sekitar.

Lalu bagaimana dengan para pelaku UMKM yang berada di Indonesia Timur, apakah sama besarnya dengan daerah lain?


Menurut informasi  yang saya dapatkan, UMKM di Jayapura memang didominasi oleh perempuan juga, namun kebanyakan belum bersaing secara global sehingga ada kendala untuk menambah kesejahteraan keluarganya. Menurut survei Literasi dan Inklusi Keuangan oleh OJK mencatat pengetahuan keuangan di Indonesia Timur lebih rendah dibandingkan wilayah lain. Untuk itu diperlukan pelatihan dan pendampingan agar para UMKM bisa berinovasi dan bersaing secara luas.

Untuk meningkatkan pertumbuhan pengusaha muda di Indonesia Timur khususnya di Papua, Prudential Indonesia meluncurkan Program Pemberdayaan Indonesia Timur (Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment) pada 13 Agustus 2018 lalu di Jakarta. Hal tersebut sejalan dengan empat pilar CSR dari Prudential yaitu Pendidikan, Filantropi, Kesehatan & Keamanan dan Pemberdayaan Indonesia Timur.


Program Pemberdayaan Indonesia Timur


Program Pemberdayaan Indonesia Timur dimulai di Jayapura 2 Mei 2019. Prudential Indonesia bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melakukan inaugurasi kepada 60 calon pengusaha muda peserta Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda. Pemberdayaan tersebut bersifat jangka panjang selama tiga tahun untuk menyejahterakan komunitas dengan menerapkan kurikulum internasional yang sudah diimplementasikan di lebih dari 100 negara dan disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua.


Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda sejalan dengan fokus perusahaan yaitu "We DO Good" - Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia.

Prudential sudah melebarkan jangkauannya secara geografis ke wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua sejak tahun 2108 lalu.


Kerjasama Prestasi Junior Indonesia Untuk Pemberdayaan Indonesia Timur


Prestasi Junior Indonesia sebagai pelaksana program Pemberdayaan Indonesia Timur yang membantu Prudential fokus pada kewirausahaan sebagai program unggulannya dengan melihat dan menilai langsung di lapangan. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui area dan kelompok masyarakat mana saja yang cocok dan sesuai dengan target dan penerima manfaat selama tiga tahun ke depan.

Generasi muda Jayapura sangat potensial untuk menjadi pengusaha. Diperlukan pembinaan yang tepat untuk mengoptimalkan potensi yang ada - Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia.

Dengan diadakannya pemberdayaan kepada kaum muda maka diharapkan adanya pertumbuhan ekonomi kerakyatan dengan membangun wilayah yang potensial secara merata di Papua.


Program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan


Para pengusaha muda yang terpilih berusia 18 - 35 tahun akan mendapatkan pendidikan dan pendampingan secara intensif selama 9 bulan oleh coach PJI dan mentor pengusaha profesional melalui program kewirausahaan yang diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Amerika Serikat. Modul, alat, dan metode pembelajarannya pun sudah diadaptasi khusus untuk Prudential Indonesia sehingga sesuai dengan kebutuhan kaum muda di Jayapura.

Kegiatan yang akan diikuti oleh peserta antara lain :

  • Business Motivation Workshop yang berguna untuk membangun semangat kewirausahaan
  • Financial Literacy Workshop diharapakan peserta bisa memiliki pemahaman yang lebih baik lagi dalam mengelola keuangan
  • Business Model Canvas Workshop dengan tujuan peserta bisa menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan ke depannya.

Efek Snow Ball Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia



Setelah dibina secara intensif selama 9 bulan, para peserta terpilih ini pun akan terus dipantau selama 3 tahun agar bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan pengusaha muda asli Papua yang lebih kreatif dan memiliki daya saing serta mampu menjawab tantangan zaman.



Program yang diberikan juga diharapkan bisa memberikan efek snow ball yang menginspirasi bagi masyarakat sekitarnya dan bisa membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan ekonomi Indonesia.

Apresiasi besar atas inisiatif Prudential Indonesia dalam menghadirkan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang bisa melengkapi upaya pemerintah setempat untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran - DR. Drs. Benhur Tommy Mano, MM, Wali Kota Jayapura.


Setelah menjalani program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan pastinya kaum muda di Papua bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan bisa meningkatkan ekonominya untuk menghidupi keluarganya. 

Maju terus untuk UMKM di Papua, yuk terus bersaing di kancah global dengan memberikan inovasi yang berbeda.

46 comments

  1. Bagus banget program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan untuk anak anak muda di Indonesia Timur, semoga semakin banyak yang usaha dan sukses semua nya Amin

    ReplyDelete
  2. Yeayyy! Kalo di-support dengan program pendidikan dan pendampingan kewirausahaan gini, niscaya seluruh UMKM siap maju bersama, demi Indonesia yg lebih baik dan sejahtera! :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Support dari berbagai pihak gini penting banget ya mba, agar perkembangan masyarakat dalam segala bidang merata di seluruh Indonesia.

      Delete
  3. Hebaaaat.. Papua ini potensi sumberdaya manusianya emang luar biasa. Yang di Tangerang itu, universitas jurusan matematika dan fisika dikuasai oleh mereka.

    Salut ama Prudential yang mewujudkan cita cita mereka ya

    ReplyDelete
  4. oic jadi lama bimbingannya 9 bulan ya mb, sedangkan program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan dari Prudential nya 3tahun. Semoga UMKM di Indonesia Timur makin maju

    ReplyDelete
  5. Nah gini dong, jadi kemajuan yang dialami oleh para UMKM enggak hanya berpusat di Jawa saja. Indonesia Timur memang butuh sentuhan juga agar perkembangannya tidak kalah dengan daerah yang lain.

    ReplyDelete
  6. Menarik juga pengen lihat UMKM di Indonesia Timur maju, terutama Papua. Kan banyak juga hasil kerajinan Papua yang bagus-bagus

    ReplyDelete
  7. Keren ini mah teh, ada program pendidikan dan pendampingan kewirausahaan. Semoga Indonesia timur juga makin maju dan berkembang ya UMKMnya.

    ReplyDelete
  8. Program2 untuk Indonesia Timur makin banyak ya Mbak Lid. Seneng banget dengernya. Apalagi UMKM yang notabene bergerak di bidang perekonomian. Jadi bisa mendongkrak daerah-daerah tertinggal. Next, semoga ada juga di bidang pendidikan ya. Biar makin rata. Kan keren perpaduan kewirausahaan sama pendidikan yang bisa memajukan SDM setempat, khususnya Papua.

    ReplyDelete
  9. Program yang sangat bagus ini.. Semoga dengan adanya pendidikan kewirausahaan di wilayah Indonesia Timur, bisa mencetak wirausaha muda yang mampu bersaing di pasar global. Semoga program seperti ini lancar dan menyebar di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Salut untuk Prudemtial, upaya demikian bisa memberdayagunakan masyarakat di wilayah Indonesia Timur. Ya, pemerataan pembangunan jangan hanya berpusat di Pulau Jawa saja, masih ada wilayah di ujung lain yang butuh perhatian serius.
    Semoga kian banyak warga yang terbantu berkat adanya upaya Prudential ini.UMKM tetap merupakan lahan andalan bagi masyarakat untuk memandirikan perekonomian dan taraf hidup mereka.
    Bagaimanapun, pelatihan dan pembinaan sangat dibutuhkan para pelaku usaha muda, apalagi yang masih baru berkecimpung dalam dunia usaha.

    ReplyDelete
  11. Wah bagus sekali program ini ya..dan semoga makin banyak pihak-pihak yang mbantu UMKM mengembangkan diri, baik di Indonesia Timur maupun bagian lain dari negeri tercinta ini..

    ReplyDelete
  12. Pendidikan, Filantropi, Kesehatan & Keamanan dan Pemberdayaan Indonesia Timur. Ini jadi salah satu pilar CSR Prudential?? Two thumbs..sampai spesifik menyebut area gitu loh.

    ReplyDelete
  13. Pendidikan, Filantropi, Kesehatan & Keamanan dan Pemberdayaan Indonesia Timur.Ini jadi salah satu pilar CSR Prudential? Two thumbs. Sampai spesifik menyebut area gitu loh.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah makin banyak perhatian untuk Indonesia Timur. Semoga UKM di sana makin banyak dan bisa maju. Sehingga kesenjangan sosial bisa makin rapat.

    ReplyDelete
  15. Saluut dengan program-program dari Prudential. Bahkan sekarang juga memperhatikan UMKM di wilayah Indonesia timur ya ...

    ReplyDelete
  16. Programnya keren banget nih.. semoga semakin banyak UMKM yang mendapat kesemoatan seperti ini ya

    ReplyDelete
  17. Pendampingan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM ya mbak lyd, apalagi untuk kawasan Indonesia Timur seperti Papua

    ReplyDelete
  18. Wih, Prudential kerja sama lagi dengan PJI ya, kini fokusnya ke wirausahawan di Papua. Mentoring 9 bulan seperti ini lebih efektif dibanding ikut workshop sekali aja. Semoga perekonomian di timur Indonesia makin maju dan mandiri, ya.

    ReplyDelete
  19. Iya ya kita kadang tidak kepikiran saudara kita di sebelah timur bagaimana kabarnya?
    Semoga dengan adanya program ini keberhasilan UMKM bangsa kian merata. Amin

    ReplyDelete
  20. Nah, program kayak gini nih yang benar. menyejahterakan dengan memberi kail bukan memberi ikan. Jadi sodara2 kita di papua bisa optimal mengebangkan potensinya. Keren banget nih

    ReplyDelete
  21. Wah program yang keren ni dari Prudential untuk mendukung usaha para business women muda dari Indonesia Timur jadi mereka juga bisa mengembangkan dirinya ya

    ReplyDelete
  22. luar biasa banget, semoga kerjasama model ini semakin banyak biar negeri ini tambah jaya

    ReplyDelete
  23. Kerenlah Prudential pokoknya. Ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat di Timur Indonesia :)

    ReplyDelete
  24. Iya sih, di mana2 memang kebanyakan yang bikin usaha (sampingan) ya emak2. Cuma ya gitu, butuh banget bimbingan seperti ini.

    ReplyDelete
  25. Bagus2 nih, programnya. Semoga banyak menebarkan hasil yg bermanfaat, ya

    ReplyDelete
  26. Bagus ya programnya semoga ukm di sana semakin berkembang.

    ReplyDelete
  27. Dulu Bapak pernah di tempatkan di Indonesia wilayah timur begini.
    Dan memang terasa sekali perbedaan dari mulai harga hingga pendistribusian barang.
    Dengan adanya Program Kewirausahaan, semoga gak ada lagi istilahnya Indonesia terbelakang.

    ReplyDelete
  28. mantap ya mba Prudential kok kefikiran buat pendampingan ini juga melirik Indonesia Timur yang memang harus juga berkembang yees mba keren nih programnya

    ReplyDelete
  29. Wah makin luas aja nih jangkauan CSR Prudential ya, udah sampai ke Papua. Semoga bermanfaat untuk penduduk di sana.

    ReplyDelete
  30. Dukungan positif dari Prudential bahkan diharapkan juga dari pihak2 lain yg memedulikan daerah2 terpencil seperti yg dilakukan oleh Prudential thd UMKM di wilayah Indonesia Bagian Timur akan bisa mewujudkan kesejateraan secara tidak langsung masyarakat di wilayah sekutar setaracdengan wilayah lain yg lbh dahulu maju. Aamiin.

    ReplyDelete
  31. Program CSR nya kece banget. Jarang2 yang mau perhatian sama Indonesia timur.

    ReplyDelete
  32. Salut sama Prudential yang peduli dengan program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan untuk anak anak muda di Indonesia Timur. Semoga makin banyak perusahaan yang melakukan kegiatan CSR seperti ini ya mba

    ReplyDelete
  33. Amiin ya Allah turut mendoakan kebaikan saudaraku di Papua sana.
    Senangnya mendapatkan pendidikan kewirausahaan, karena buat bekal banget usaha.

    ReplyDelete
  34. Programnya baguuus ya Lia.. dan semoga membawa banyak manfaatnya untuk teman-teman kita di Indonesia Timur

    ReplyDelete
  35. Program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan untuk anak anak muda di Indonesia Timur ini disponsori sama Prudential ya mba? Bisa bantu masyarakat muda di Indonesia Timur untuk ngembangin UKM

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah, dengan adanya inisiatif Prudential untuk menghadirkan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, semoga menjadi trigger lahirnya banyak wirausaha muda yang berdaya di Indonesia, sehingga pilar perekonomian semakin kokoh.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah ya ada program pendampingan pendidikan kewirausahaan bagi masyarakat di Indonesia Timur hingga kemajuan ekonomi di berbagai bidang termasuk wirausaha bisa dirasakan hingga berbagai wilayah

    ReplyDelete
  38. Programnya bagus. Semoga dengan adanya program ini semakin banyak pengusaha, terutama kaum muda di Indonesia Timur.

    ReplyDelete
  39. Membayangkan luasnya Indonesia ini membuat Pemerintah harus memeratakan hasil pembangunan dan pendidikan hingga pelosok.
    Semoga upaya dan usahanya Pemerintah membuahkan hasil yang baik.

    ReplyDelete
  40. Apresiasi sebesar-besarnya buat Prudential. Menggunakan dana CSR untuk pengembangan wilayah timur Indonesia seperti Papua sementara perusahaan lainnya hanya fokus di wilayah Barat. Bangga dan berbahagia untuk anak-anak muda Papua.

    ReplyDelete
  41. Salah satu program Prudential kyknya emang condong ke pembangunan Indoensia Timur ya mbak> Kali ini melibatkan UKM2 keren banget.Kalau kyk gu gak cuma kasi umpan tapi lbh ke kail yaa

    ReplyDelete
  42. Wah PJI sekarang gandeng Prudential ya untuk inovasi terbarunya
    Hebat nih PJI
    Pernah ikut seminarnya di SD yang ada di Surabaya tentang pendidikan dini soal finansial

    ReplyDelete
  43. programnya Prudential keren ini,adanya pelaithan begini kesejahteraan makin merata di Papua ya. Saya pernah ketemu wirausaha muda yg berasal dari Sulawesi dan Papua, semangat dan usaha mereka luar biasa lho.

    ReplyDelete
  44. Wahh salut dengan Prudential ;) jarang kan ada perusahaan yg melirik program pendidikan untuk indonesia timur. Jadi bangga karena aku pakai Prudential juga.

    ReplyDelete
  45. kota2 besar kayak di Makassar juga ini udah mendukung banget UMKM berkembang malah saling support terus ya semoga bertahan dan makin maju

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...