Aktivitas Liburan di Nusa Lembongan

Thursday, July 25, 2019
"Bali yuk!" pinta saya ke suami untuk liburan mendatang. Beberapa kali ke Bali tapi belum pernah sekalipun pergi bareng keluarga, begitu pula dengan suami waktu ke Bali pergi bareng rombongan kantor. Sepertinya next liburan harus diagendakan ke Bali dengan keluarga *KODE* nih. Aamiinin aja ya.





Banyak tempat berlibur di Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, lokasinya tergantung dengan kesukaan masing-masing. Objek wisata yang saya san suami kunjungi juga masing-masing berbeda. Tapi kali ini saya mau bercerita tentang kunjungan ke Nusa Lembongan Bali.

Saya sudah dua kali berkunjung ke pulau ini, tapi dua-duanya punya cerita dan pengalaman yang berbeda. Waktu pertama kali ke Nusa Lembongan saya naik Bali Hai Cruise dari Bali Hai dengan jarak tempuh1,5 jam. Kapalnya sih bagus dan mewah, banyak wisatawan asing yang naik kapal ini juga cuma  waktu tempuhnya cukup lama ya, mungkin karena supaya bisa menikmati perjalanan dengan santai. Nah, yang kedua kalinya saya hanya menaiki kapal motor biasa tapi waktu tempuhnya lebih cepat hanya sekitar 30 menit saja, tapi dengan dermaga yang berbeda tentunya. Di kesempatan yang kedua ini saya malah menginap 3 hari 2 malam di hotel denngan kamar private yang memiliki kolam renang private juga.


Oh ya Nusa Lembongan ini merupakan satu dari 3 pulau terluar dari Bali selain Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Ketiga pulau ini jaraknya berdekatan. Berlibur di ketiga pulau ini hanya bisa menikmati wisata alam saja khususnya wisata pulau dan pantai, karena memang tempatnya yang bersih dan cocok untuk bersantai jauh dari hiruk pikuk kota.

Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan? Berikut ini beberapa aktivitas yang saya jalani.

Naik Semi Sub Marine


Ada beberapa paket aktivitas yang ditawarkan oleh Bali Hai untuk berlibur fullday maupun menginap seperti banana boat, Snorkeling, Parasailing, Scubadiving atau Semi Submersible Coral Viewer. Dari dalam Semi Sub Marine ini saya bisa melihat kehidupan di bawah laut yang penuh dengan ikan berwarna-warni dan karang-karang yang indah. Meskipun bukan kapan selam asli, setidaknya semi kapal selam ini saya bisa merasakan menyelam ke dalam laut tanpa harus basah-basahan.



Desa Penghasil Rumput Laut



Tahu rumput laut dong? iya kalau yang sering makan sushi pasti ada deh di dalam atau luarnya :) Rumput laut atau biasa juga disebut dengan Gulma laut atau gangguang laut merupakan sumber daya hayati yang biasanya dibudidayakan di daerah pesisir atau laut.



Selain dikonsumsi sebagai makanan, rumput laut juga bermanfaat untuk kesehatan seperti diet, menguatkan tulang dan gigi, bahkan  untuk meningkatkan energi akibat kurangnya zat besi.

Di Nusa Lembongan ini saya sempat berkunjung ke desa penghasil rumput laut, tapi sayang sekali saya lupa desanya. Tahu gak sih kalau rumput laut yang dibudidayakan di sini penjualannya sudah diekspor sampai ke China dan Jepang. Rumput laut yang sudah dijemur kemudian harus dikeringkan selama 2-3 hari baru bisa dijual

Devil Tears


Mau dengar dentuman ombak yang keras di antara tebing-tebing yang besar? Ke Devil Tears aja. Ketika ombak menghantam tebing terjadi cipratan air di sekitar.  Katanya sih di sini bagus kalau mau melihat sunset, sayangnya saya tidak lama berada di sini karena harus melanjutkan perjalanan ke tempat lain lagi.



Meskipun di Devil Tears bagus untuk foto-fotoan, sebaiknya tetap berhati-hati ya jangan sampai terlalu pinggir dan terpeleset apalagi nanti kaget mendengar suara ombak yang kencang ketika menghantam tebing.

Masih banyak aktivitas pulau dan pantai yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Mau jalan-jalan di pantai aja, berenang, atau bersantai sambil melihat perahu-perahu yang sedang merapat juga seru. Di pulau ini wisatawan bisa menyewa motor untuk berkeliling sekitar pulau kalau malas jalan kaki jauh. Motor milik warga setempatlah yang disewakan dengan biaya harian cukup murah kok.



Rasanya di Bali cuma 3 hari 2 malam aja gak akan cukup deh, apalagi kalau harus explore tempat wisata lainnya di luar pantai seperti ke Desa Penglipuran atau berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana di mana saat ini patungnya sudah lengkap terpasang. Beberapa waktu kami melihatnya terpisah di Bali dan Bandung.

Ke Bali bersama keluarga enaknya nginap di apartemen aja lebih nyaman dan bisa santai. Cari apartemen yang punya fasilitas olahraga lengkap juga, jadi anak-anak bisa berenang, bermain, dan berolahraga selama berlibur. Klik di sini untuk rekomendasi apartemen di Bali saat berlibur bersama keluarga.

Teman-teman kira-kira ada rekomendasi tempat wisata adventure di Bali gak yang bisa dinikmati sama ana-anak? Karena Pascal dan Alvin lebih suka wisata seperti itu.


20 comments

  1. Aku trakhir ke Bali tuh waktu Sidqi umur 2 thn. Sekarang doi udah mau 13 :D
    Whaaaaa kudu diagendakan lagi buat ke Bali. Aku bakal ceki2 apartment di traveloka ahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk anak-anak enaknya ke mana, ya? Saya juga bingung jawabnya. Belum pernah ke Bali sama anak-anak. Malah mereka pernahnya sama kakek neneknya :D

    ReplyDelete
  3. Baliii ya alloh mau banget, mudah2an bisa ke bali tahun ini Ya Alloh, amiinnn. Bagus banget Bali, apalagi sama keluarga ke sananya

    ReplyDelete
  4. Duh..sudah lama nggak ke Bali nih.. Ke Nusa Lembongan pun blm pernah aku..hiks... Semoga bisa segera ke sana dan menikmati hal2 menarik seperti yg mbak Lia ceritakan ini.. Aamiin..

    ReplyDelete
  5. Aku pertama ke Bali tuh beberapa tahun lalu dan masih cupu, gak ngerti apa-apa. Jadi manut guide aja. Kalau ada kesempatan ke Bali lagi, mau lah eksplor sana sini

    ReplyDelete
  6. masyaAllah, keren ya mba. Dulu waktu aku PKL di Bali ga nyampe kesini. Padahal bagus banget yaak...

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah sama sekali ke Bali mba Lid hahaha doain ya semoga bisa ke Nula Lembongan sama Desa Panglipuran yang hitz ituuu.

    ReplyDelete
  8. Jadi ngiler pengen ke Bali belum pernah huhu Bali bagus banget masha Allah

    ReplyDelete
  9. Asik bisa ke Bali jalan-jalan mbak, aku jadi kangen Bali huhu. Beberapa kali ke Bali dan enggak pernah bosan mengeksplore bagian-bagiannya. Tapi aku belum pernah ke Desa Penglipuran itu mbak.

    ReplyDelete
  10. Banyak banget lokasi wisata ramah anak di Bali itu. Saya suka iseng ngegugling aja, hehehe...
    Akurat kok

    ReplyDelete
  11. DUH BALI!
    Jadi pengen liburan juga akutu :((
    Seru banget yah kak cerita perjalanan liburannya apalagi bersama orang tersayang

    ReplyDelete
  12. Aku beberapa kali ke Bali belum ke Nusa Lembongan mba, baru ke Nusa Dua aja hehe. Next trip semoga bisa mampir deh.

    ReplyDelete
  13. Asyik banget ya di Lembongan, saya belum pernah nih hehehe.

    ReplyDelete
  14. Bali Hai...
    Hihii...rasanya tak pernah habis kisah berlibur ke Bali yaa..
    Banyak sekali wisata yang seru untuk dikunjungi, terutama Devil Tears.
    Jadi pengin ikutan nangis..
    ((laah?? Apeu hubungannyaa...??))

    ReplyDelete
  15. Duh akutu juga pengen banget bs ke Bali bareng keluarga tapi masih blm bs aja nih.. semoga next ah..

    ReplyDelete
  16. Kemarin di Bali belum sepet ke Nusa Lembongan. Sedih jadinya. hahaha mungkin Next ke Bali mau kesini. liat postingan bunda jadi makin pengen kesini hahah

    ReplyDelete
  17. Bali selalu menarik hati untuk dikunjungi, aplagi bisa ke Nusa Lembongan, seru banget bisa naik semi kapal selam, lihat dunia bawah laut tanpa harus basah-basahan

    ReplyDelete
  18. Pemandangan di Nusa Lembongan ini cantik-cantik ya. Pengen deh bisa ke sana eh tapi ke kapan ya, injak Bali aja belum pernah.

    ReplyDelete
  19. Dasar, aku kurang piknik banget nih, Mbak. Baru kali ini dengar Nusa Lembongan, apalagi Nusa Ceningan. Karena yang kutahu, ya, hanya Nusa Penida. Tapi, lihat foto-foto Mbak di atas kok ya memang bagus juga, ya, nggak kalah sama keindahan Nusa Penida yang sering dipamerkan di TV.

    ReplyDelete
  20. Indah bgt masya Allah, kapan ya aku ke Nusa Lembongan hehehe. Pengen jg kesana kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...