Berburu Wisata Gratis di Jakarta yang Pasti Hemat Bujet

Monday, September 23, 2019
Sebagai ibu kota, tak heran bila banyak orang yang menganggap biaya hidup di Jakarta cukup mahal terutama untuk sebuah tempat wisata. Padahal nyatanya Jakarta juga memiliki beragam wisata gratis yang bagus dan cocok untuk swafoto Instagram kamu lho. Apa sajakah wisata tersebut? Yuk, simak ulasan mengenai sejumlah tempat wisata gratis di Jakarta berikut ini. 




Kota Tua Jakarta


Berada di kawasan Jakarta Utara, Kota Tua merupakan salah satu lokasi wisata gratis yang ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Selain menunggu datangnya senja, beberapa aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan disana mulai dari menyusuri tiap sudut kota sembari mempelajari sejarah Jakarta pada masa penjajahan Belanda, hingga berswafoto di beberapa spot yang instagrammable

Taman Ayodya


Siapa sih yang tidak tahu taman ayodya ini?  Taman dengan luas lebih dari 7 meter persegi ini, menyuguhkan fasilitas wifi khusus untuk pengunjung yang ingin bersantai sore disana. Selain itu pula, kamu juga bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan yang asri dan sejuknya taman yang ada di Jakarta Selatan ini. 

Galeri Nasional Indonesia


Penggemar seni khususnya lukisan pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat satu ini. Adalah Galeri Nasional Indonesia yang menyimpan seribu lebih karya seni dari para pelukis Indonesia, mulai dari mural, patung, instalasi, dan karya-karya seni lainnya. 

Bahkan, galeri yang menjadi tempat wisata gratis di Jakarta ini juga menyimpan lukisan dari seniman legendaris Indonesia yakni Raden Saleh dan Affandi. Untuk melihat karya seniman di Galeri Nasional Indonesia, kamu cukup mendatangi gedung yang letaknya persis di seberang stasiun kereta Gambir. 


Car Free Day 


Seluruh hiruk pikuk kota Jakarta di hari kerja terkadang membuat kita enggan berlama-lama di luar rumah. Tetapi berbeda halnya ketika hari Minggu tiba. Karena saat Minggu pagi, kamu tidak akan menemukan kendaraan berlalu-lalang di jalan, terutama pada jam 6 hingga 10 pagi. 

Beberapa ruas jalan seperti Jalan Sudirman sampai MH Thamrin sengaja ditutup agar bisa digunakan oleh para pejalan kaki dan pengguna sepeda untuk olahraga maupun berburu kuliner. Kalau kamu sedang berlibur ataupun tinggal di Jakarta, tidak ada salahnya untuk bangun lebih pagi di hari Minggu dan menghabiskan waktu dengan mengunjungi lokasi Car Free Day. 

Museum Tengah Kebun


Kalau kamu sedang mencari museum yang letaknya tidak didalam gedung, maka Museum Tengah Kebun adalah jawabannya. Walaupun museum ini gratis, tetapi untuk mengunjungi museum tersebut kamu harus membawa rombongan paling sedikit berjumlah 7 dan paling banyak 12 orang untuk bisa masuk kedalam museum. 

Museum yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini bisa kamu kunjungi di hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.30 hingga 3 sore. Jangan lupa pula untuk mengabadikan setiap momen yang ada saat berkunjung ke Museum Tengah Kebun ini ya!

Setu Babakan


Ingin menyaksikan pagelaran budaya khas Betawi? Setu Babakan adalah tempatnya. Danau yang terletak di perkampungan Betawi tradisional ini bisa dikunjungi oleh siapa saja tanpa dipungut biaya sepersenpun. 

Tidak hanya bisa menonton pagelaran seni saja, salah satu wisata gratis di Jakarta ini juga menyuguhkan pemandangan rumah-rumah khas adat Betawi. Kalau kamu berminat kesana, catat waktu kunjungannya ya yaitu dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. 

Nah itulah beberapa wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan tiba. Tetapi kalau kamu sudah pernah mengunjungi semua tempat wisata diatas, maka tidak ada salahnya untuk membaca referensi lain seputar wisata Jakarta melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/bingung-wisata-di-jakarta-cek-hal-hal-yang-sering-terlupakan-soal-ibukota/

26 comments

  1. buanyaaakkk wisata gratis dan menarique di JKT ya mba
    Mauuu coba satu demi satu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Aku kok pengin ke Setu Babakan ya
    Pengin tahu budaya betawi gitu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Lumayan ya ada banyak pilihan wisata gratis di Jakarta. Pengen ke Setu Babakan sama museum tengah kebun euy..

    ReplyDelete
  4. Iya, ya. Sekarang banyak fasilitas wisata gratis di jakarta. Ada taman, museum dll. Terima kasih referensinya ya

    ReplyDelete
  5. Di Jakarta, masih ada yang gratis?
    Seneng ya kalau bisa piknik dan masuk area pikniknya gratis, lumayan bisa menghemat.

    ReplyDelete
  6. PEnasaran, ternyata ada beberapa ya tempat wisata yang minim budget di Jakarta. Semoga bisa ke sana suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  7. Iya mba di jakarta banyak tmpt wisata yg bisa di explore .

    ReplyDelete
  8. Kalau Setu Babakan tuh aku baru dua kali datang mba. Padahal nggak jauh dari rumah. Baiklah kayaknya emang harus ke Setu babakan lagi :)

    ReplyDelete
  9. Ih noted banget semua teh! Akk, baru tau ada wisata gratis gini. Next time ke Jakarta nggak mati gaya mesti ke mall muluk. Thanks sharingnya teh.

    ReplyDelete
  10. Berkali-kali ke Jakarta selalu cuma urusan kerjaan, kalau enggak urusan kampus. Gak sempat jalan-jalan. Wajib dicoba nihhhh...

    ReplyDelete
  11. Belum pernah menginjakkan kaki ke Jakarta mbak
    Etapi kalau bisa sampai ke sana, wajib deh mampir ke Kota Tua Jakarta, mbak heee

    ReplyDelete
  12. Waah aku belum pernah ke Museum Tengah Kebun Mbak. Kapan kapan perlu dicoba ya ke sana. Tapi harus rombongan ya.

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke Taman Ayodya, cuma lewat aja, dan Museum Tengah Kebun. Penasaran dengan Museum Tengah Kebun karena ada syarat masuknya:)

    ReplyDelete
  14. Pastinya banyak tempat wisata gratus di jakarta. Sayangnya belum pernah menjejakkan kaki ke ibu kota ini. Semoga suatu saat, aamiin.

    ReplyDelete
  15. Pernah ke kota tua, tapi belum pernah ke taman Ayodya, jadi penasaran sama taman itu, letaknya dimana ya mbak? Deket kotu ya?

    ReplyDelete
  16. Explore Jakarta memang menarik. Saya masih pengen balik lagi ke Kota Tua.

    ReplyDelete
  17. paling suka ke kota tua, seharian di sana awet aja doyannya

    ReplyDelete
  18. Baru tahu kalau ke Setu Babakan itu gratis. Saya kira bayar loh Mbak. Ya ampuuun hehe. Padahal pas menjelang lebaran lalu sempat lewat sana.

    ReplyDelete
  19. cuman Kota Tua doang yang sudah aku kunjungi nih mba hahaha..yang lainnya malah belum tahu apalagi museum tengah kebun tpi kudu rame-rame yah :)

    ReplyDelete
  20. Aku harus catet niih...karena gratisan adalah koenji.
    Hiihii~
    Kalau Kota Tua, udah.
    Naah...bawah-bawahnya belom pernah. Apalagi Car Free Day.
    Cari jajanan khas Ibukota, seperti kerak telor yaa, kak...

    ReplyDelete
  21. Di antara list di atas, aku cuma tau car free day.
    Huhuhu
    Emang butuh jalan2 aku ya huhuhu

    ReplyDelete
  22. Pengin loh kapan-kapan diajakin ke Kota Tua. Pengin ngebandingin dengan Kota Lamanya Semarang nih. Pasti sama indahnya ya untuk dieksplorasi.

    ReplyDelete
  23. Wisata yang gratis menag selalu menjadi pilihan ya mbak. Aku pun lebih sering jalan" ke tempat wisata yang gratis juga biar hemat hehe

    ReplyDelete
  24. Jujur terkejut kalau masih ada tempat wisata gratis dijakarta. Coba nanti ah kalau pas maen ke Jakarta

    ReplyDelete
  25. Banyak juga ya tempat wisata gratis di Jakarta, Mbak, aku penasaran dengan Setu Babakan dan Museum Tengah Kebun..

    ReplyDelete
  26. Iya bener bnget nih klau ajak keluarga weekend Ada bbrp list tuh kak yg diatas lumayan bngt hemat dn yg terpenting lg Instagramable

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...